Kamis, 12 Maret 2009

[daarut-tauhiid] Ibunya Rizki menangis

Ibunya Rizki menangis

By: agussyafii

Malam itu anak-anak Pengajian Amalia sedang bersemangat menghapalkan surat-surat pendek penuh semangat. Tak lama kemudian Ibunya Rizki datang. Kami berbincang bersama. Anak-anak tetap belajar mengaji diajar oleh Lusi. Istri saya menyapa, "Apa kabar Ibunya Rizki?" "Alhamdulillah baik kak."jawabnya.

"Rizki sekarang sudah hapal surat2 pendek." kata Ibunya Rizki.  "Saya aja dulu waktu sebesar Rizki belum hapal loh kak surat2 pendek itu." Rasa haru bercampur bangga menyelimuti Ibunya Rizki. "Bahkan sekarang Rizki semangat untuk belajar." Terlihat Air mata itu mengalir. Air Mata seorang ibu yang mensyukuri nikmat Alloh SWT diberi anugerah oleh Alloh anak yang sholeh seperti Rizki.

Cerita ini adalah gambaran Program Pendidikan Amalia adalah Program beasiswa bagi anak-anak tidak mampu dan anak-anak yatim di Amalia yang duduk dibangku sekolah SD & SMP,  Selain membiayai kegiatan sekolah anak-anak juga melakukan pembinaan melalui Pendidikan Al-Quran.  Program pendidikan  sudah berjalan setiap harinya dari hari senin hingga Ahad.

Program ini dengan pola terpadu disekolah, pengajian dan orang tua yang bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak menjadi Insan Mulia.

kepribadian anak merupakan interaksi dari kualitas nafs, qalb,'aql dan bashirahnya; interaksi antara jiwa, hati, akal, dan hati nuraninya. Kepribadian seseorang disamping bermodal kapasitas fitrah bawaan sejak lahir dari warisan genetika orang tuanya, juga terbentuk melalui proses panjang riwayat hidupnya, proses internalisasi nilai pengetahuan dan pengalaman dalam dirinya. Dalam perspektif ini, agama yang diterima dari pengetahuan maupun yang dihayati dari pengalaman rohaniah masuk kedalam struktur kepribadian seseorang. Orang yang menguasi ilmu agama atau ilmu akhlak (sebagai ilmu) tidak otomatis memiliki kepribadian yang tinggi, karena kepribadian bukan hanya aspek pengetahuan.

Obsesi membentuk Insan (sebagai inividu) yang berkepribadian atau yang berkarakter bisa dimiliki oleh orang tua atas anaknya, guru atas anak didiknya, atau oleh seseorang yang memiliki perhatian khusus kepada orang-orang / anak-anak tertentu. Membangun kepribadian bukanlah pekerjaan yang mudah. Anak-anak membutuhkan situasi psikologis dan sugesti yang kondusif bagi internalisasi nilai. Infrastruktur yang disediakan bagi Program Pendidikan Amalia untuk membentuk insan yang berkepribadian yaitu:

1. penanaman nilai

2. Lingkungan yang Kondusif

3. Membangun Tokoh Idola

4. Pembiasaan kepada Pola Tingkah Laku Konstruktif.

Program yang sudah dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Ahad adalah:

1. Taman Hafidz al-Quran (penghapalan al-quran untuk anak2 surah2 Juz Amma').

2. Taman Cinta Ilmu (Kegiatan keilmuan dengan metode accelerated).

3. Taman  Munajat Ilahiah ( bersama).

4. Taman Muhasabah (Kegiatan penanaman nilai Islam).

5. Bimbingan Belajar (dilaksanakan tiap hari ahad, bahasa inggris)

Wassalam,
Agussyafii

-----
alhamdullilah sudah ada 5 Anak Amalia memiliki orang tua asuh....masih ada 18 anak yang belum memiliki orang tua asuh. saudaraku... keinginan mereka utk bersekolah sangatlah besar...hanya sayang terbentur dengan kondisi ekonomi keluarga barangkali masih ada yg berkenan utk menjadikan mereka anak asuh.....hanya dengan Rp. 200/bulan kita sudah ber PMA (Penanaman Modal Akhirat).... .yuk, teman...kita berlomba dalam berbuat kebaikan dan kebajikan... insyallah Allah meridhoi langkah baik kita ini...amin ya robbalalamin. Bagi yang berkenan silahkan menghubungi 087 8777 12 431 atau http://agussyafii.blogspot.com

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Yahoo! Groups

Do More For Cats Group

Connect and share with

cat owners like you

Yahoo! Groups

Everyday Wellness Zone

Check out featured

healthy living groups.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: