Kamis, 12 Maret 2009

[dapurbunda] Digest Number 3991

Messages In This Digest (8 Messages)

1a.
Re: sisa coklat putih From: Rina Sofiany
2a.
Bls: [dapurbunda] cake From: B. Evridawati
2b.
Re: Bls: [dapurbunda] cake From: Rina Sofiany
2c.
Re: Bls: [dapurbunda] cake From: Lia F. Dewi
2d.
Re: Bls: [dapurbunda] cake From: Nie 273
3.
Resep lapis surabaya From: Atas
4.
jadwal kursus 2009 From: Melly Hayati
5a.
Re: (tanya) donat kentang? From: Rina Sofiany

Messages

1a.

Re: sisa coklat putih

Posted by: "Rina Sofiany" rina.rinso@gmail.com   rina_sofiany

Tue Mar 10, 2009 4:33 pm (PDT)

kalau aku buat ganache pakai resep ini bun :

whipcream bubuk : susu UHT : coklat = 1 : 2 : 3

maksud whipcream bubuk adalah whipcream yg dijual dalam bentuk bubuk, misalnya merek haan, pondan, dll. Bisa dibeli di supermarket di bahan-bahan kue.

susu UHT adalah susu cair dalam kemaan kotak, misalnya susu ultra, indomilk, greenfields, dll.

coklat yg dimaksud misalnya dark cooking chocolate merek tulip, collata, mercolade, dll sesuai selera.

Oh iya maksud dari 1 : 2 : 3 itu begini, contohnya

whipcream bubuk 100 gr, susu cair UHT 200 gr dan coklat 300 gr.

Kenapa aku pakai whipcream bubuk ? Soalnya

1. non dairy, jadi bisa dipakai untuk yg alergi susu
2. penyimpanannya lebih praktis, tidak perlu masuk ke kulkas, cukup ke lemari dapur
3. mudah di dapat, di warung kecil penjual bahan kue di depan rumah menjual haan.

Nah sekarang cara membuatnya :

1. campur whipcream bubuk dengan susu cair.
2. di wadah lain lelehkan coklat, bisa dengan cara di tim atau kalau aku pakai microwave.
3. masukkan coklat yg sudah cair ke dalam campuran whipcream bubuk dan susu cair. aduk rata.
4. kalau aku lebih suka dimasukkan ke kulkas, kemudian kalau sudah mengeras aku kerok dan kemudian di mikser, kemudian ganache siap digunakan.

Cuma sayangnya selama ini aku gak pernah buat ganache dari coklat putih ya bun, jadi sharing ganache ini untuk dark cooking coklat.

semoga bermanfaat.

rina rinso

http://pochopa.com
http://keluargarustamaji.blog.com

--- In dapurbunda@yahoogroups.com, Debbie Irawan <kacang_goyang@...> wrote:
>
> kalo boleh tau resep ganache nya gimana? krn ga pernah bikin ... :(
>
> Rgdrs,
>
> Debbie
>
>

2a.

Bls: [dapurbunda] cake

Posted by: "B. Evridawati" bevrida@yahoo.com   bevrida

Tue Mar 10, 2009 11:47 pm (PDT)

mbak rina...aku tu pake telor 8 (dikocok sampe kaku), dicampur ama gula halus 200gr, kasih garam dikiiiit aja, trus terigu 200 gr, mocca essence, mentega 200 gr (dicairkan setelah dingin baru dicampur dengan adonan).  btw, aku juga pake soda kue satu sendok teh...
lalu, aku masukkan ke loyang, trus dioven (sekitar 50 menit). hasilnya gitu deh...bawahnya masih rada basah... kenapa ya?
 

Evri

________________________________
Dari: Rina Sofiany <rina.rinso@gmail.com>
Kepada: dapurbunda@yahoogroups.com
Terkirim: Selasa, 10 Maret, 2009 12:02:21
Topik: Re: [dapurbunda] cake

Mungkin belum matang bu.
Boleh sharing resepnya ? siapa tahu resep itu sudah pernah dicoba
salah seorang netter di milis dapur bunda yg bisa sharing.

--
rina rinso

http://keluargarust amaji.blog. com
http://pochopa. com

2009/3/10 B. Evridawati <bevrida@yahoo. com>:
>
>
>
> ibu-ibu, kemaren aku bikin cake..tapi pas dimakan kok dibagian bawah cake
> itu terasa rada basah, padahal di atasnya udah kering n mengembang dengan
> ok...apa karena temperaturnya ketinggian ya? aku cuma pake 170 C kok...
> kenapa ya bu? kutunggu sarannya ya..... btw.. aku juga pake soda kue, ngaruh
> ga seh?
>
>
>
> regards
> Evri

Mulai chatting dengan teman di Yahoo! Pingbox baru sekarang!! Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/
2b.

Re: Bls: [dapurbunda] cake

Posted by: "Rina Sofiany" rina.rinso@gmail.com   rina_sofiany

Wed Mar 11, 2009 12:33 am (PDT)

Agak basahnya gimana bun ? berasa seperti dodol ? atau basah seperti
terendam air.
kalau berasa seperti dodol artinya cake-nya ada yg bantat.
kalau basah seperti terendam air mungkin cake belum matang sempurna.

Aku gak tahu kenapa kalau sudah menggunakan banyak telur masih
menggunakan soda kue sebagai pengembang. biasanya kalau bahannya
"berat" seperti buah-buahan dan cenderung bersifat asam ditambah
dengan soda kue, masih perlu banyak belajar nih. karena kalau melihat
resepnya mirip seperti sponge cake 8 telur, cuma karena telur dikocok
sampai kaku kemudian baru dicampur dengan gula aku juga tidak tahu.

Coba deh kalau pakai metoda sponge cake biasa. begini.
Telur dikocok bersama dengan gula sampai kental, kemudian ditambahkan
terigu dan mentega cair campur dengan cara aduk balik, kemudian
setelah rata baru tuang ke dalam loyang. Supaya aman sebaiknya
menggunakan loyang pendek, supaya waktu memanggang sebentar tapi bisa
matang merata. Misalnya kalau mbak pakai loyang tinggi 8 cm bisa
memanggang 50 menit, tapi kalau menggunakan 2 buah loyang dengan
tinggi 4 cm waktu memanggang bisa dipangkas hingga 50%

Atau mungkin ada di antara DB-ers sekalian yg pernah menggunakan resep
seperti yg di posting bunda Evri ?

rina rinso

2009/3/11 B. Evridawati <bevrida@yahoo.com>:
> mbak rina...aku tu pake telor 8 (dikocok sampe kaku), dicampur ama gula
> halus 200gr, kasih garam dikiiiit aja, trus terigu 200 gr, mocca essence,
> mentega 200 gr (dicairkan setelah dingin baru dicampur dengan adonan).  btw,
> aku juga pake soda kue satu sendok teh...
> lalu, aku masukkan ke loyang, trus dioven (sekitar 50 menit). hasilnya gitu
> deh...bawahnya masih rada basah... kenapa ya?
>
>
> Evri
>
> _

--
rina rinso

http://keluargarustamaji.blog.com
http://pochopa.com

2c.

Re: Bls: [dapurbunda] cake

Posted by: "Lia F. Dewi" mylianov@gmail.com   lia1974

Wed Mar 11, 2009 1:00 am (PDT)

itu kalo ngga salah resep dasar sponge 8 telur. umumnya pake baking powder
bukan soda kue, bisa diskip sih. tapi kalopun pake soda kue juga harusnya
ngga ngefek basah ke cake krn soda/bp justru ngasi efek kering.
harusnya aman aja meski pake loyang tinggi krn adonan sponge cukup ringan.
yg sering dikeluhkan justru kalo uda dingin permukaannya turun.
kalo basah di bawahnya, kurang paham juga kenapa.

yupp... binun juga dengan deskripsi:
aku tu pake telor 8 (dikocok sampe kaku), dicampur ama gula
> halus 200gr, kasih garam dikiiiit aja, trus terigu 200 gr,

telurnya bener dikocok sendirian tanpa gula? gula & garam dimasukin setelah
telur kaku, hampir bersamaan dengan terigu (setelahnya)?
kalo bener seperti ini aku curiga yg basah dibawah itu lelehan gula yg
mengendap dibawah adonan.
tapi kalo caranya sesuai metode sponge biasanya *telur kocok BARENG gula*
dan bawahnya basah, maap ngga tau kenapa.

On Wed, Mar 11, 2009 at 2:31 PM, Rina Sofiany <rina.rinso@gmail.com> wrote:

> karena kalau melihat
> resepnya mirip seperti sponge cake 8 telur, cuma karena telur dikocok
> sampai kaku kemudian baru dicampur dengan gula aku juga tidak tahu.
>
> Atau mungkin ada di antara DB-ers sekalian yg pernah menggunakan resep
> seperti yg di posting bunda Evri ?
>
> rina rinso
>

2009/3/11 B. Evridawati <bevrida@yahoo.com <bevrida%40yahoo.com>>:
> mbak rina...aku tu pake telor 8 (dikocok sampe kaku), dicampur ama gula
> halus 200gr, kasih garam dikiiiit aja, trus terigu 200 gr, mocca essence,
> mentega 200 gr (dicairkan setelah dingin baru dicampur dengan adonan).
btw,
> aku juga pake soda kue satu sendok teh...
> lalu, aku masukkan ke loyang, trus dioven (sekitar 50 menit). hasilnya
gitu
> deh...bawahnya masih rada basah... kenapa ya?
>
>
> Evri
2d.

Re: Bls: [dapurbunda] cake

Posted by: "Nie 273" nie_273@yahoo.com.sg   nie_273

Wed Mar 11, 2009 1:00 am (PDT)

Bunda evridawati,sy juga pernah mengalami hal seperi bunda.
Kalo saya lihat dari resepnya,kemungkinan gagal dari pengoovenan.
Kadang suhu yg di tulis di resep,blm tentu sama dgn suhu oven yg kita punya.

Pengalaman sy membuat kue,biasanya kalo terlalu panas.
Adonan kue akan Tungtah ( mutung dan masih mentah)
Mutung :Gosong atasnya dan adonannya masih mentah.
Sedangkan jika suhu oven terlalu dingin juga..biasanya atasnya basah.

Maaf jika salah

2009/3/11 B. Evridawati <bevrida@yahoo. com>:

> mbak rina...aku tu pake telor 8 (dikocok sampe kaku), dicampur ama gula

> halus 200gr, kasih garam dikiiiit aja, trus terigu 200 gr, mocca essence,

> mentega 200 gr (dicairkan setelah dingin baru dicampur dengan adonan).  btw,

> aku juga pake soda kue satu sendok teh...

> lalu, aku masukkan ke loyang, trus dioven (sekitar 50 menit). hasilnya gitu

> deh...bawahnya masih rada basah... kenapa ya?

>

>

> Evri

>

> _

--

rina rinso

http://keluargarust amaji.blog. com

http://pochopa. com











Try cool new skins, plus more space for friends.
Download Singapore Yahoo! Messenger now!
http://sg.messenger.yahoo.com
3.

Resep lapis surabaya

Posted by: "Atas" t45ya_w@yahoo.com   t45ya_w

Wed Mar 11, 2009 12:32 am (PDT)

Dear Bunda..

Ada yang punya resep lapis surabaya putih telur gak ya?
 
Mau dunk..karena saya punya stock putih telur lumayan banyak.
Mau tanya juga, biasanya putih telur dr 1 telur tuch dianggap berapa CC ya?
 
Terima kasih
 
Endah

www.pawondeso.blogspot.com

4.

jadwal kursus 2009

Posted by: "Melly Hayati" mellyhayati@gmail.com

Wed Mar 11, 2009 12:33 am (PDT)

Dear DB,

Saya baru gabung di milis DB. Boleh informasi jadwal kursus 2009?
5a.

Re: (tanya) donat kentang?

Posted by: "Rina Sofiany" rina.rinso@gmail.com   rina_sofiany

Wed Mar 11, 2009 6:24 am (PDT)

Dari bbrp kali bikin donat, donat kentang menurutku memang lebih
lembek drpd donat full terigu, mungkin krn kandungan air kentang cukup
tinggi, cmiiw. Jadinya setiap kali bikin donat kentang aku jarang bisa
mencetak dengan bentuk-bentuk lucu. Tapi kalau dibentuk bulat bolong
tengahnya masih bisa. Cuma aku belum nyoba yg resep gulaku jadi gak
bisa ngasih koemntar lebih jauh.

kalau aku bikin donat kentang, donatnya aku ulek sampai halus mbak,
kemudian baru dicampur dengan bahan-nahan lain.

trus kalau maalah adonan dibiarkan semalam juga belum pernah.

Apakah yg dimaksud mbak itu adonan yang sudah kalis dan siap dibentuk,
dibiarkan semalaman ? Wah untuk hal ini saya juga belum pernah nyoba.
Biasanya begitu buat langsung harus selesai, kalau ditunda takut gak
jadi.

Maaf tidak membantu.

--
rina rinso

http://keluargarustamaji.blog.com
http://pochopa.com

2009/3/10 Gita <anggita.novria@leighton.co.id>:
> Dear DB-ers,
>
>
>
> Minggu kemarin coba-coba bikin donat kentang, dapet resep dari Gulaku. Tapi
> ternyata hasilnya bantat, donat tidak bisa dibentuk seperti biasa dan
> warnanya bukan putih melainkan kuning. Walhasil donatku dibentuk bulat2 saja
> dan kemudian digoreng.
>
>
>
> Gimana sih caranya menghaluskan kentang untuk bikin donat kentang? Ragi
> instan yang dipakai hanya untuk dibiarkan satu jam yaa? Berhubung bikinnya
> malem (abis udah kepengen berat bikin donat kentang), aku tinggalin
> semaleman jadi besok pagi langsung bisa digoreng.
>
>
>
> Salah yaa? Need advise dong.
>
>
>
> Rgds, Gita
>
>

Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Auto Enthusiast Zone

Auto Enthusiast Zone

Discover auto groups

Cat Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about cats.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Kunjungi situs kami di http://www.dapurbunda.com

Ingat-ingat... hari jualan adalah hari SENIN
jualan harus berkaitan dengan per-dapuran.

Tidak ada komentar: