Rabu, 08 April 2009

[daarut-tauhiid] Resensi Buku "Adabul Mufrad"



Resensi Buku
Dimuat di Tabloid REPUBLIKA
                                                   Jum'at, 3 April 2009, Dialog Jum'at
 
Teladan Akhlak Rasulullah

 
Ketika Rasulullah SAW wafat, tak ada yang ditinggalkan bagi umat Muslim kecuali dua hal, Alquran dan Al-Sunnah (AI-Hadis). Keduanya, bila benar-benar digunakan dan dimanfaatkan sebagai panduan dan bimbingan, maka akan mengantarkan manusia selamat dan tidak akan pernah tersesat dalam kehidupannya. Sebaliknya, bila umat Muslim mengabaikan ajaran yang ada dalam kedua kitab tersebut, hancurlah kehidupan mereka.
 
Buku al-Adabui al-Mufrad yang ditulis seorang perawi hadis ternama Imam Al Bukhari, merupakan salah satu buku kumpulan hadis yang secara khusus membahas tentang akhlak Rasulullah. Buku ini merupakan karya terbesar Imam Al Bukha­ri setelah kitab Shahih Bukhari dengan memuat etika-etika Islam yang amat dibutuhkan setiap umat Muslim.
 
Imam Bukhari yang bernama lengkap Mu­hammad Ibnu Ismail Ibnu Ibrahim Ibnu Mughirah Ibnu Bardarubah Al-Ja'fi, lahir pada Jumat 13 Syawwal 194 H. Ayahnya wafat ketika dia masih kecil. Perhatiannya kepada ilmu-imu hadis yang sulit dan rumit sudah tumbuh sejak usia 10 tahun.
 
Pada usia itu, ia sudah hafal dan menguasai buku-buku seperti Al-Mubarak dan al-Waki. Al Bukhari berguru kepada Syaikh ad Dakhili, ulama ahli hadis yang masyhur di Bukhara. Bersama keluarganya pada usia 16 tahun, ia mengujungi dua kota suci, Makkah dan Madinah untuk ber­guru menimba ilmu dari para ahli hadis. Buku setebal 494 halaman ini memang layak untuk dimiliki dan dibaca oleh para pendidik, orangtua, juru dakwah dan mereka yang peduli terhadap kesejahteraan umat Islam. Diharapkan dengan membaca buku ini, akan semakin mengenal ajaran Islam yang hakiki, semakin mencintai Rasulullah dengan meneladani serta mengamalkan akhlak mulia Nabi dalam kehidupan sehari-hari. • dam
 
 
Judul Buku: Adabul Mufrad, Kumpulan Hadis-hadis Akhlak
Penulis: Imam Al-Bukhari
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar
Cetakan I: Oktober 2008
Tebal : 494 halaman
 
 
 

Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Group Charity

California Pet

Rescue: Furry

Friends Rescue

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: