Senin, 13 April 2009

[daarut-tauhiid] Resensi Buku "Wanita dalam Fikih Al-Qaradhawi"



Resensi Buku
Dimuat di Tabloid REPUBLIKA
Jum'at, 27 Februari 2009, Dialog Jum'at
 
Fikih untuk Wanita
Wanita merupakan tema paling menarik dan paling besar pengaruhnya bagi kehidupan. Hal ini karena dalam sepanjang sejarah perjalanan manusia, wanita memiliki peranan sangat besar dalam keluarga, masyarakat, dan negara. Tidak mungkin keluarga, masyarakat, dan negara Itu baik, jika wanitanya buruk.
Buku ini mengintisarikan pemikiran dan gagasan besar Dr Yusuf AI-Qaradhawi — seorang ulama besar yang tegas tapi moderat dan komprehensif dalam membahas setiap persoalan umat — tentang wanita, yang berserakan dalam berbagai buku, ceramah, khutbah, fatwa, tesis, dan disertasinya.
Penulis membagi bukunya menjadi tujuh bab. Dimulai dengan pembahasan nilai-nilai penting dan kaidah berijtihad dalam membicarakan problematika wani­ta dalam perspektif Dr Yusuf AI-Qaradhawi. Bab berikutnya mengupas secara detil kepribadian wanita, kedudukannya dalam keluarga, hak-haknya, kaitannya dengan pernikahan dan segala aspeknya. Penulis juga membahas tentang peran Muslimah dalam kehidupan sosial, pakaian wanita Muslimah dan perhiasannya, serta problematika wanita di negara minoritas muslim.
Bab ketujuh bicara tentang wawasan seksual wanita, baik sebelum menikah maupun batasan bersenang-senang dengan lawan jenis. Salah satu hal yang ditegaskan di sini adalah pentingnya kurikulum wawasan seksual di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, tapi dengan syarat dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. "Orang-orang yang peduli terhadap kemajuan masyarakatnya, tidak bisa mengabaikan pentingnya pendidikan seks ini." (hlm 380)
Buku ini sangat membantu pembaca terutama kaum wanita dalam menyingkap tabir hukum fikih dari segala hal yang berkaitan dengan kaum Hawa, minimal dalam perspektif fikih Dr Yusuf Al-Qaradhawi. Kajiannya sangat kritis dan ilmiah, di samping tentu lengkap dan obyektif. Karena itulah, buku ini sangat berharga untuk dibaca oleh setiap Muslimah.
§    Ika

Judul Buku:  Wanita dalam Fikih Al-Qaradhawi
  Penulis: Dr Amru Abdul Karim Sa'dawi
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar
  Cetakan: I, Februari 2009
Tebal : xxviii+399 halaman
  
 

Akses email lebih cepat. Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: