Senin, 07 November 2016

[daarut-tauhiid] Umat Terbaik

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala kejadian yang nampak maupun yang tersembunyi, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba yang ahli syukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Alloh. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Ali Imron [3] : 110)

Dalam ayat ini Alloh Swt. menyanjung kita sebagai umat yang terbaik di antara sekian banyak umat manusia. Akan tetapi, Alloh memberikan beberapa catatan mengenai kriteria dari umat terbaik itu. Diantaranya adalah umat yang beramar ma'ruf nahyi munkar dan beriman kepada Alloh Swt. Jika kriteria ini tidak ada pada diri kita, maka tidak patut kita menyandang gelar sebagai umat terbaik.

Semaju apapun kehidupan kita, secanggih apapun perlengkapan kita, selama tidak ada iman di hati kita, maka sebenarnya kita tidak terhormat. Senyaman apapun tempat kita tinggal, seelit apapun lingkungan tempat kita berada, kalau tidak ada semangat amar mar'ruf nahyi munkar di dalamnya, maka kita bukanlah manusia yang terhormat. Di hadapan Alloh semua itu hampa tak bernilai.

Sedangkan sesederhana apapun kehidupan kita, jika kita senantiasa menghadirkan keimanan pada Alloh dalam setiap sendi kehidupan kita, maka kita memiliki posisi terhormat di hadapan Alloh Swt. Dan, sesederhana apapun lingkungan tempat tinggal kita jika ada suasana saling mengingatkan, suasana amar ma'ruf nahyi munkar, maka ini akan menghadirkan keberkahan di tengah-tengah kita.

Semoga kita termasuk pada golongan hamba-hamba Alloh yang layak menyandang gelar umat terbaik itu, yaitu umat yang beriman kepada Alloh dan menebarkan amar ma'ruf nahyi munkar di tengah-tengah kita. Aamiin yaa Robba'aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )


__._,_.___

Posted by: saiful_saja@yahoo.co.uk
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.

====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: