Selasa, 10 Juni 2014

[FISIKA] Digest Number 3598

1 Message

Digest #3598
1a
Re: Ingin bertanya kuliah fisika. by "Satria Zulkarnaen" izoel13

Message

Mon Jun 9, 2014 12:48 am (PDT) . Posted by:

"Satria Zulkarnaen" izoel13

Dik Ignatius Sebastian,

Yang terpenting, kalau memang sudah berminat untuk masuk jurusan Fisika, adalah passion yang kuat terhadap Fisika-nya. Dan selama bisa menjaga motivasi itu dalam menghadapi kuliah di jurusan Fisika, bisa lulus dengan sebuah kebanggaan. Di Fisika ITB, tahapan yang betul-betul menempa mental juara kita adalah di semester 3 dan semester 4. Di saat-saat itu, Sebastian akan menghadapi mata kuliah yang betul-betul dasarnya Fisika, seperti Mekanika, Fisika Modern, Fisika Matematika, Listrik Magnet, Termodinamika, dan Fisika Modern. Di saat itulah keteguhan hati Sebastian akan diuji, karena "dalem-dalem"nya Fisika akan dikupas di situ, dengan formulasi matematikanya. Tips saya, sering-seringlah main ke Perpustakaan Fisika, arungilah buku-buku yang ada di situ sejak dini, walaupun masih TPB. Di masa-masa kritis itu, jangan banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lain. Karena dibutuhkan fokus. Sebagai analogi, di Jurusan Kimia ITB pun, masa-masa semester 3
dan 4 adalah masa-masa betul-betul fisik diuji untuk praktikum hampir tiap hari dari pagi hingga sore. 

Kalau Dik Ignatius bisa tetap menjaga motivasi selepas semester 4, ke sananya akan lebih tenang untuk mengejar apa yang disukai Dik Ignatius. Terlebih di Fisika ITB banyak kelompok peminatan, dan hampir semua dosen menganut filosofi "open door", alias mo nanya tinggal ketuk saja. Ikutlah terlibat di aktivitas-aktivitas seperti KRiM (Kelompok Riset Mahasiswa)/KSM (Kelompok Studi Mahasiswa). Atau, bisa mulai mendekati lab yang Ignatius ingin bergabung, sejak awal. Atau selagi TPB dan tingkat 2, sering-seringlah window shopping ke tiap-tiap Kelompok Keahlian, cari tahu apa yang mereka kerjakan, larinya bakal ke mana. Hal-hal seperti inilah yang menjaga motivasi kita. Dulu, window shopping saya dimulai dari Fisika Teori (karena awalnya masuk Fisika karena suka dengan fisika partikel & kosmologi), kemudian main-main ke Fisika Bumi (karena ingin ikut PKM, dan topiknya yang diusung berkaitan dengan Fisbum), lalu akhirnya menjatuhkan hati pada Fisika Material
Elektronik (Fismatel), tapi itupun dengan menjadikan Lab Elka sebagai rumah singgah dan tempat bermain. 

Di angkatan saya, ada teman baik saya yang waktu TPB IP-nya satu koma. Akan tetapi, pada saat semester tiga, sambil mengulang mata kuliah-mata kuliah yang tidak lulus (termasuk Fisika Dasar-nya), dia justru menemukan passion dia di Fisika-nya. Walaupun masih mengulang Fidas, dia justru bisa lolos semester tiga dan empat dengan menjadi sedikit orang yang bisa mendapatkan nilai C di mata kuliah penguji mental tersebut (di angkatan saya biasanya hanya ada 2 A, tidak ada yang B, beberapa yang C, sisanya D dan E). Kemudian dia sukses berpetualang di Fisika, mendapatkan topik tugas akhir yang menarik, dan lulus dengan IP hampir cum laude (hampir 3.5) tepat waktu (masih 4 tahun, wisuda Juli). Dan tanpa ba-bi-bu, dia sukses melanjutkan S2 dan S3 ke Malaysia, serta selama postgrad itu dia cukup berhasil publikasi paper ilmiah. Tapi, ada juga yang IP TPB-nya tiga koma, begitu di semester tiga dan keempat, motivasinya menurun, dan justru akhirnya desersi dari
Fisika. Jadi, kuncinya adalah MENJAGA MOTIVASI. 

Ada lagi cara lain untuk menjaga motivasi, yaitu ikut conference-conference Fisika, terutama yang diselenggarakan oleh KK atau Jurusan, sejak dini. Dari situ kita bisa tahu apa sih tantangannya bekerja di bidang Fisika. Topik-topik apa sih yang seksi untuk diteliti. Walaupun masih belum bisa presentasi, datang saja dan dengarkan. Kita akan belajar banyak di sana. Walaupun dari awal, kita pastinya banyak hal yang masih belum mengerti. Conference pertama saya adalah waktu masih TPB, sebatas mendengarkan, yaitu Konferensi Fisika Indonesia, yang sekarang menjadi Asian Physics Symposium (tiap dua tahun sekali) dan ISMOA (apalagi ada workshopnya fascinating bagi saya waktu itu).

Itu tips dari saya. Kalau ada yang mau ditanyakan lagi, silakan japri. 

Satria FI`02
www.satria-zulkarnaen.com

________________________________
From: "sebastianignatius@yahoo.com [fisika_indonesia]" <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Monday, June 2, 2014 7:29 PM
Subject: [FISIKA] Ingin bertanya kuliah fisika.


 
Salam hormat Bapak, Ibu, saudara sekalian

Saya adalah Ignatius Sebastian, siswa SMA. Saat ini saya telah lulus sma dan diterima di FMIPA ITB melalui jalur snmptn. Saya berencana untuk masuk jurusan Fisika, karena saya senang belajar Fisika dan menurut saya FIsika adalah pelajaran yang menarik. Namun saat ini saya menjadi ragu apakah saya akan bisa bertahan di bidang Fisika. Sebelumnya saya pernah bertanya mengenai kuliah. Namun saat ini saya menjadi ragu kembali. Apakah sebenarnya untuk bisa menjadi seorang mahasiswa yang bisa berhasil di bidang fisika dibutuhkan seorang yang benar-benar jenius? Maksud saya adalah orang-orang yang dari awal memang sudah berbakat di bidang fisika dan hitung-hitungan. Saya sangat ragu, sebab sebenarnya saya ingin sekali menjadi seorang ilmuwan, namun saya merasa bahwa saya kurang memiliki kemampuan yang memadai. Mohon maaf atas pertanyaan saya yang kurang sopan ini, namun saya sangat berharap bisa mendapatkan masukan mengenai kuliah fisika. Mohon maaf pula apabila
ada kata-kata yang tidak berkenan di hati.
Terimakasih banyak.

Salam hormat
Ignatius Sebastian
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: