Minggu, 20 Februari 2011

[FISIKA] Digest Number 3200

Messages In This Digest (4 Messages)

Messages

1.

Fw: Re: Bls: [FISIKA] GLB dan GLBB

Posted by: "IqRo physics" iqro_physics@yahoo.com   iqro_physics

Sat Feb 19, 2011 3:20 pm (PST)




terimakasih sangat mas...iyah, sepertinya saya akan coba menggunakan program komputer berupa video analize untuk GJB ini..

salam hangat,

Iqbal
(Maju Terus Pendidikan Fisika Indonesia)
--- On Mon, 2/14/11, joel_jammers68 <joel_jammers68@yahoo.com> wrote:

From: joel_jammers68 <joel_jammers68@yahoo.com>
Subject: Re: Bls: [FISIKA] GLB dan GLBB
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Date: Monday, February 14, 2011, 11:39 AM

 

Dear All,

Untuk pengembangan model pembelajaran eksperimen gerak jatuh bebas/GJB (sebagai aplikasi dari GLBB) dimana kita akan mengukur jarak tempuh (y) terhadap waktu tempuh (t) dalam waktu yang relatif singkat, pengukuran akan sangat mudah dengan menggunakan aplikasi perangkat berupa sensor yang terhubung dengan komputer. Dalam hal GJB dapat digunakan sensor gerak dimana suatu benda misalkan bola dijatuhkan dari ketinggian lebih kurang 2 m. Dengan cara ini kita dapat memperoleh perubahan kecepatan selama bola tersebut jatuh bebas melalui persamaan y = yo+vot+1/2 at^2 dan v = vo+at. Cara lain bisa dengan merekam video GJB suatu benda kemudian dengan menggunakan perangkat pengolahan data tertentu maka jaraknya dapat diukur. Sumber terkait dapat dilihat http://pudak-scientific.com/catalogue.php?CategoryCatalog=Sistem%20Percobaan%20Berbasis%20Komputer. Semoga bisa membantu. Tks.

Best Regards,

Dicky Joel

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, arifianto keren <arifianto_ipb@...> wrote:

>

> untuk gerak GLB bisa di demonstrasikan dengan menggunakan mobil2an yang

> menggunakan dinamo sebagai motor (mis: mini 4WD)

>

> Regards,

>

> Arifianto

> Science Department

>

> BINUSINTERNATIONAL SCHOOLSimprug

> http://www.binus-school.net

>

>

>

>

> ________________________________

> From: Wasril Tanjung <wasriel@...>

> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com

> Sent: Sat, January 22, 2011 8:33:15 PM

> Subject: Bls: [FISIKA] GLB dan GLBB

>

>

> sepeda motor yang dipercepat kecepatannya kan bisa sebagai aplikasi GLBB..

> klo motornya kecepatannya tetap,, tu GLB. .

> jadi,perlihatkan aja gambar spedometer..

>

> --- Pada Jum, 21/1/11, IqRo physics <iqro_physics@...> menulis:

>

>

> >Dari: IqRo physics <iqro_physics@...>

> >Judul: [FISIKA] GLB dan GLBB

> >Kepada: "2 2" <fisika_indonesia@yahoogroups.com>

> >Tanggal: Jumat, 21 Januari, 2011, 3:53 PM

> >

> >

> >

> >salam...

> >langsung za ya,,,

> >mau bertanya kepda miliser semua,...

> >saya sedang mengembangkan model pembelajaran untuk materi GLB dan GLBB melalui

> >metode eksperimen...(sekarang tahap Brainstorming)

> >minta masukan dari semua, kira-kira percobaan2 apa saja yang menunjukkan GLB dan

> >GLBB

> >(penelitian saya untuk SMP)

> >

> >terimakasih...n_n

> >

> >

>

2.

alat alat fisika sederhana untuk mahasiswa

Posted by: "Ana" inayah_ukh4n43@yahoo.com   inayah_ukh4n43

Sat Feb 19, 2011 3:20 pm (PST)



salam..
ada yang bisa ngasih ide untuk buat alat sederhana di kalangan mahasiswa?
terima kasih..

3a.

Re: s=f(t)

Posted by: "IqRo physics" iqro_physics@yahoo.com   iqro_physics

Sat Feb 19, 2011 3:20 pm (PST)



yuphz...sangat membantu sekali..terimakasih mas...n_n

--- On Thu, 2/17/11, lutfi helmi <lutfi_helmi@yahoo.co.id> wrote:

From: lutfi helmi <lutfi_helmi@yahoo.co.id>
Subject: Re:[Fisika] s=f(t)
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Cc: "helmi" <lutfi_helmi@yahoo.co.id>
Date: Thursday, February 17, 2011, 4:12 PM

 

Saya menambahkan. Memang salah satu bahasa yang dapat digunakan untuk membantu menjelaskan definisi kecepatan itu adalah melalui grafik. Nah, grafiknya juga haruslah dibuat secara benar. Judul grafik mungkin tidak lah terlalu wajib; namun besaran-besaran yang diwakili oleh masing-masing sumbu haruslah tertera dengan benar, berikut satuannya.
Dalam grafik hubungan posisi terhadap waktu, sebaiknya gunakan simbol x pada sumbu vertikal. x ini mewakili posisi. Pemilihan x ini lebih baik daripada s, karena akan lebih konsisten ketika kita harus mendefinisikan kecepatan sebagai laju perubahan posisi terhadap waktu. Perubahan posisi sendiri adalah perpindahan (Δx). Akan susah nyantolnya kalo pakai simbol s, lalu menyebut perpindahannya sebagai ΔS. Kurang umum dipakai. Lagi pula, dalam sebuah garis bilangan (1 dimensi), posisi yang paling umum kita sebutkan adalah dengan x. Dalam definisi yang sudah pakai turunan-turunan, kita juga menuliskannya dengan dx. Jadi x adalah posisi, Δx adalah perubahan posisi = perpindahan. Maka, judul untuk email inipun sebaiknya x = f(t). Satuan yang digunakan untuk besaran ini juga HARUS dicantumkan dengan benar (m, cm, inchi, etc.).
Sumbu horisontal, saya kira tidak terlalu bermasalah. Hanya saja, yang perlu hati-hati, besaran yang diwakili harus ditulis, berikut satuan yang dipakai. Dalam hal ini, waktu, t (s). Jika hanya untuk melihat hubungan secara kualitatif, penulisan satuan pada kedua sumbu dapat diabaikan.
Seperti yang dikemukakan oleh mas Rahman,
gunakan perbandingan dua gerak 1 dimensi dengan kecepatan konstan dalam yang ditampilkan dalam 1 grafik. Penggunaan data riil dari suatu percobaan RIIL akan sangat membantu memberikan pemahaman yang baik bagi siswa. Pemahaman yang baik yang saya maksudkan adalah siswa akan mengerti bahwa yang dipelajarinya adalah sebuah gerak yang sangat amat sederhana, dan itupun masih diidealkan. Jadi siswa dapat memahami definisi besaran yang baru muncul dari perilaku grafik yang ditunjukkan (dalam hal ini, kecepatan = slope dari grafik x - t), sekaligus keterbatasannya. Ini adalah sebuah idealisasi. Jika dikembangkan pada jenis gerak lainnya (GLBB, sebagai contoh), siswa akan jadi mengenal bahwa gerak jenis inipun juga sesuatu yang dimodelkan, yang dibuat ideal. Pada gerak GLBB, percepatan DIPANDANG konstan. Diharapkan bahwa siswa akan dapat mengenali bahwa jenis-jenis gerak itu (dalam 1 dimensi) bukan hanya GLB dan GLBB, tapi ada juga gerak yang bernama GLBBBBBB =
gerak lurus berubah mBULET BANGET BIN BIKIN BINGUNG. (untuk yang terakhir ini, akal-akalan saya saja, hehehe).
Untuk membuat analisis data yang cepat dan bagus, salah satu software yang bisa dipakai adalah GRAPHICAL ANALYSIS. Ada juga simulasi java yang dapat diunduh secara gratis di http://phet.colorado.edu/ berjudul moving man.
Sementara, itu dulu sumbangan pemikiran saya, terima kasih.

Salam,
Lutfi Helmi

4a.

Re: TAWARAN BAGI SEMUA (FISIKAWAN TEORI, NUKLIR dll)

Posted by: "Zamrani Rahmatul" amanubillah@yahoo.com   amanubillah

Sat Feb 19, 2011 3:20 pm (PST)



wahhhh,,,,akhirnya...memang sudah saatnya Nuklir berperan di Indonesia, termasuk dalam bidang energi. Ahli, bahan, biaya, lahan, kemauan, sudah ada....wahhhh tinggal apalagi??...ayo!!!!

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "onex's gunawan" <on_exs02@...> wrote:
>
>
> SALAM ....LUAR....BIASSA....!!!!
>
> SEKEDAR MENARIK KESIMPULAN DARI PERKEMBANGAN DISKUSI TENTANG
> PERKEMBANGAN DAN ISU DARI TEKNOLOGI NUKLIR DUA TAHUN BELAKANGAN
> (2007/2008)
>
> SAYA MERASA SUDAH SAATNYA KITA(KHUSUS NYA YG PRO NUKLIR) BERSATU
> MEMBENTUK SUATU FORUM/ORGANISASI YG DAPAT MEMBERIKAN KONTRIBUSI NYATA
> BAGI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INI
>
> SAYA BANYAK MENDENGAR DAN MEMBACA ...BAHWA BANYAK SARJANA-SARJANA FISIKA
> ATAU PUN SARJANA SARJANA YG BERKAITAN LANGSUNG DENGAN TEKNOLOGI INI
> KURANG MENDAPAT TEMPAT DI NEGRI INI....BANYAK DARI MEREKA YANG
> TERABAIKAN ...
>
> OLEH KARENA ITU DENGAN MEMBENTUK SEBUAH FORUM/ORGANISASI ...SAYA
> MENGHARAPKAN SERTA MENGIMPIKAN KELAK KITA DAPAT MEMBERIKAN SUMBANGAN
> NYATA BAGI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INI....KHUSUSNYA DI NEGARA INDONESIA
> TERCINTA INI , SERTA SECARA LANGSUNG DAPAT BERBAGI PENGETAHUAN DAN
> PENGALAMAN MELALUI FORUM TERSEBUT
>
> SAYA YAKIN BANYAK SDM2 YANG CUKUP BERKOMPETEN YG BISA DI ANDALKAN DI
> NEGARA INI, TEMAN-TEMAN JANGAN PATAH SEMANGAT WALAUPUN MASIH ADA
> ORANG-ORANG YANG MENCOBA MEMATIKAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN YG SATU
> INI YG LEBIH LAGI MEREKA YANG JUSTRU BERASAL DISIPLIN ILMU TERSEBUT
>
> KECEWA MEMANG ...KETIKA SAYA MATI-MATIAN MENJELASKAN ILMU INI KE SISWA2
> SAYA , NAMUN DI LAIN PIHAK ADA YG JUSTRU BERUSAHA MEMATIKANNYA ...JD
> UNTUK APA ...REAKSI INTI,PELURUHAN,RADIOAKTIVITAS DI AJARKAN DI SEKOLAH2
> KLAU TOH..NANTINYA DI BUNGKAM,,,,,,
>
> OLEH KARENA ITU SEKALI LG MARI KITA BERSATU MEMBERIKAN SESUATU HAL YG
> NYATA ....SEMAMPU YG TEMAN2 BISA MARI...KITA BENTUK SUATU...KESATUAN YG
> KOKOH...TARGET MINIMAL ..KITA BISA TURUT MENSOSIALISASIKAN TEKNOLOGI INI
> AGAR TIDAK KEBURU DI CAP JELEK DI MATA MASYARAKAN YG "BELUM"
> MENGETAHUINYA
>
> MENGENAI TEKNIS PELAKSANAAN MUNGKIN BISA DI DISKUSIKAN LEBIH LANJUT...YG
> PENTING KEMAUAN DAN DUKUNGAN ....BAGI YG BERMINAT SEGERA BERI
> KOMENTAR.....
>
> SEKIAN TERIMAKASIH
>
> ONEX GUNAWAN, S.Si
>

Recent Activity
Visit Your Group
Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Moderator Central

Yahoo! Groups

Get the latest news

from the team.

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!

Tidak ada komentar: