Sabtu, 26 Februari 2011

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3332

Messages In This Digest (3 Messages)

Messages

1.

Cara Menulis Tanpa Mood

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Fri Feb 25, 2011 3:56 pm (PST)



*Musibah Membawa Berkah*

*Rahmadsyah Mind-Therapist**
*

Assalamu'alaikum wr.wb

Shahabat yang baik. Kabar baik seperti apakah yang Anda alami hari ini? Semoga
selalu dalam suasana hati yang penuh berbunga-bunga dan kecerahan sinar
kebahagiaan. Mudah-mudahan, kedamaiaan dan kebahagiaan mengisi seluruh alam
semesta.

*Tidak ada mood menulis*

Anggap saja itu sebagai judul semata. Karena bukanlah musibah sebelum saya
menamakan dan mengartikanya sebagai musibah, tetapi itu hanya suatu
peristiwa saja. Baik buruk, salah benar, bagus jelek, hanya cara menyikapi
saja. Pada kesempatan ini saya mau bercerita, pengalaman yang saya alami
hari ini. Yaitu suasana hati yang tak nyaman untuk menulis.

Ternyata tantangan dalam menulis itu, selain dari tidak tau apa yang harus
ditulis, ketakutan merasa belum
sempurna<http://www.kursusnlp.com/2011/02/hati-hati-virus-perfectionist-menyerang.html>,
ada juga tantangan lainnya. Seperti yang saya alami sekarang. Tidak ada *
mood* untuk menulis. Pertanyaan menarik buat saya renungi sendiri, Sampai
kapan akan begini, mau dibawa kemana hubungan saya dengan visi saya?

*Bank ide dengan mind mapping*

Sungguh dibalik musibah ada hikmah dan keberkahan bagi mereka yang bersabar
dan memasrahkan masalah nya kepada Allah. Dari musibah (dibaca peristiwa
kondisi tidak ada keinginan dan semangat menulis) ini, saya yakin bahwa
Allah akan memberikan berbagai pemahaman kehidupan kepada saya setelah ujian
ini berlalu. Bagi saya, yang penting saya terus sabar dan tetap yakin akan
terbukanya pintu solusi dari Nya, melalui ikhtiar yang saya usahakan.

Benar saja. Hari ini dari jam 05.30 pagi sampai jam 15.30 saya mengalami
suatu kondisi tidak menyatu dengan diri dalam konteks menulis. Apakah karena
tidak ada topik yang mau dituliskan? Bukan, tidak karena itu. Topiknya
banyak yang mesti ditulis, sebab sudah saya konsepkan dalam *mind
mapping*setiap kali ide bermunculan. Begitulah cara saya mengikat ide.
Setiap ide
itu muncul langsung saya tuliskan dalam buku Bank ide. Mengambil konsep Edy
Zaques seorang Trainer writer.

*Mood excuse bagi kemalasan*

Sementara itu, tadi pagi saya sempat membaca wawancara Edy Zaquest dengan
Andrea herata, penulis buku fenomenal laskar pelangi di situs
www.pembelajar.com. Ada kata-kata dari Andrea herata yang mengusik diri
saya. Saat Edy Zaquest bertanya, kapan saat-saat yang menyenangkan untuk
menulis?"... *Kapan saja di luar jam kerja saya sebagai seorang pegawai
BUMN. Saya saat ini bekerja di TELKOM. Dan saya berusaha mendidik diri saya
sendiri untuk tidak tergantung pada **mood**. Saya kadang-kadang beranggapan
bahwa **mood** adalah excuse bagi kemalasan**.*..."

Setelah shalat dhuhur dan makan siang. Saya kembali ke laptop untuk
menuliskan konsep yang pernah saya catat. Memenuhi komitmen saya, menulis
setiap hari satu artikel. Terserah berapa halaman, yang penting menulis.
Karena saya memaksakan menulis, maka saya menulis dalam kondisi tidak
menghadirkan jiwa saya disana. Walaupun itu masih berupa konsep. Masih di
ruang private (Mengikuti arahan Pak Hernowo dalam mengikat makna
update<http://www.kursusnlp.com/2011/02/andai-aku-hernowo-hasim.html>).
Tetapi tetap saja, saya menulis bak tak bernyawa. Akhirnya saya putuskan
untuk berhenti melanjutkan menulis topik yang sudah saya pilih (Selfish,
managemen egois mementingkan diri sendiri).

*Tanyakan kepada ahlinya*

Setelah berhenti, saya mencari solusi sebagai wujud ikhtiar untuk
memasrahkan urusan saya kepada Allah. (Sudut pandang saya mengenai pasrah;
pasrah itu ada dalam tindakan, bukan hanya berdoa saja memohon ilham, tapi
berTINDAK). Dalam Al-quran kan diperintahkan untuk menanyakan kepada
ahlinya, bila tidak mengetahui. Maka saya memutuskan untuk mencari tau
kepada ahlinya. Menurut saya, yang bisa menyelesaikan saat itu adalah para
penulis yang sudah duluan meninggalkan jejak pemikiran dan makna sebelum
saya. Bertemu dengan mereka hari ini juga tidak mungkinkan? Lantas siapa?
Tepat seperti anda duga. Saya menghubungi Master Google.

Kemudian saya ketik di form search engine "*Bagaimana tetap menulis walau
tidak ada mood"."Menulis tanpa mood"*. Dua kalimat ini membantu saya bertemu
dengan para bloger dan juga senior yang sudah *expert* di penulisan.
Ternyata mereka juga mengalami hal yang saya alami. Nah, yang menarik adalah
kondisi saat tidak ada mood. Para blogger tetap menulis tentang apa yang
dialaminya, yang berujung bukan sebagai tips dan solusi cara mengatasi,
tetapi berupa pertanyaan. Pada salah satu paragraf berbunyi "*adakah yang
bisa membantu saya*?".

*Teruslah menulis*

Adalah hal menyenangkan, tanpa disadari berdasarkan cerita mereka di blognya
masing-masing. Saat tidak ada mood kemudian bercerita tentang tidak ada mood
menulis, tiba-tiba mereka mendapatkan mood nya kembali untuk menulis.

Sementara yang saya alami, memiliki beberapa topik untuk dituliskan. Tetapi
tidak ada mood yang kuat untuk menguraikannya. Mengurutkan dari umum ke
khusus. Global ke detil. Abstrak ke konkret konsep-konsep mind-mapping yang
sudah saya catat dalam buku Bank Ide saya. Diantara beberapa tulisan itu
mengenai, cerita pengalaman pribadi dan tips yang saya baca dari buku.

Setelah membaca beberapa artikel, kemudian saya timbang-timbang dan
bandingkan. Menurut saya, solusi yang tepat, cocok dan pas bagi saya,
sebagaimana dikemukakan di iwriter. Salah satu tipsnya "*Saat tidak mood
pada satu topik, maka tuliskan / ikat makna pada topik yang mood*". Jadi
semacam cros mapping deh.

*Musibah membawa berkah*

Kembali kepada musibah membawa berkah. Suasana hati saya yang tak bergairah
menulis tadi pagi, Alhamadulillah bertakdir dengan menghasilkan ide-ide dan
pemahaman serta pembelajaran bagi saya. Seperti; karena peristiwa itu, saya
mempunyai ide untuk membuat klinik menulis dan *Mastermind 360 days post
program*. Sementara pembelajaran bagi saya, saya menjadi tau, apa yang akan
saya sampaikan kepada shahabat saya yang memiliki kendala gak mood menulis.
Jadi, dengan sendirinya, setelah Anda membaca cerita ini sampai selesai,
sudah taukan solusi bila gak mood menulis? *Saat tidak ada mood, maka
tuliskanlah tentang suasana hati tidak ada mood. Intinya tetaplah menulis.
Atau ganti dengan topik yang membuat Anda tertarik (mood) untuk menulis.*

Terima kasih kepada para blogger dan penulis yang telah membahas tentang
topik gak mood. Mohon maaf namanya gak saya sebutkan, karena saya membaca
dengan metode speed reading, jadi hanya fokus pada inti pemahaman saja.

Ciganjur,Jagakarsa

( Star ruang private, 14 februari 2011, 16.10 - 17.30 wib)

( End, 26februari 2011, 05.30 – 06.10 wib)
Sumber ; www.kursusnlp.com
--
Rahmadsyah Mind-Therapist
*www.terapinlp.com* I* 081511448147* I *YM; rahmad_aceh* I *FB :
rahmadnlp@yahoo.co.id*
2.

(Update Donasi Eye Clinic Goes To School Per 26 Feb 2011) Donasi Yuk

Posted by: "c_al_iyan" yayan_unj@yahoo.com   c_al_iyan

Fri Feb 25, 2011 7:17 pm (PST)



[UPDATE DONASI MASUK PROGRAM EYE CLINIC GOES TO SCHOOL] Depsos ESKA gelar Pemeriksaan mata gratis dan pemberian kaca mata minus gratis bagi siswa Sekolah dasar

Berikut update donatur program yang sudah masuk:

20 Feb 2011 Dyah Puji Rp. 12.500,-/rutin perbulan Via Mandiri
23 Feb 2011 EVI ANDRIANI Rp. 100.000,- Via Mandiri
23 Feb 2011 ParcelBuku Rp. 100.000,-/rutin perbulan Via Mandiri
25 Feb 2011 Mas Nursalam Rp. 100.000 Via BCA

Donasi selanjutnya masih dinantikan.
Bagi yang sudah transfer donasi harap konfirmasi
melalui SMS agar dapat segera di update di milist
Semoga Amal Ibadahnya diterima dan harta yang
tertinggal bertambah berkah. AMin

Assalamu'alaykum Wr WB, Salam Eska untuk semuanya

Apa kabar teman-teman ESKA semua, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat
tanpa kekurangan satu apapun.

Di awal tahun 2011 ini, kami dari Departemen Sosial ESKA akan mengadakan sebuah program kolaborasi dengan Yayasan Rumah Peradaban www.rumahperadaban.org (YRP).

Latar Belakang Program:

Saat ini, di Indonesia ada sekitar 6,6 juta anak-anak sekolah yang menderita kelainan refraksi (kelainan mata, seperti minus dan cylindric) dan dari jumlah itu hanya sedikit saja yang bisa menggunakan kaca mata. Lagi-lagi karena ketidakmampuan dari orang tuanya untuk membelikan kaca mata yang relatif mahal.

Jika hal ini didiamkan, maka akan berimbas pada menurunnya kualitas SDM generasi muda Indonesia. Menurunnya kualitas SDM generasi muda akan berpengaruh pada daya saing bangsa ini, terutama di era globalisasi saat ini. Bisa dipastikan Indonesia akan terus tertinggal oleh bangsa lain.

Dari latar belakang diatas Dept. Sosial Sekolah Kehidupan dan Bekerjasama dengan Yayasan Rumah Peradaban Menggelar Program, berikut:

Programnya terdiri dari:

1. Pemeriksaan Mata Gratis dan Pemberian Kaca Minus Gratis bagi Anak Sekoah Dasar atau sederajat. Acara ini akan roadshow setahun penuh dari februari 2011 hingga februari 2012. Launching Program akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Sabtu, 12 Maret 2011
Launching Utama (Acara Puncak): 26 Maret 2011
Tempat: SDI Tsaqofah & SDI Kharisma,
Alamat : Jl. Masjid Matraman no 1 Jakarta Pusat
Peserta: Pemeriksaan Mata : 200 siswa + Guru (untuk setiap sekolah)

Bagaimana Caranya Eska'ers dapat support program ini?

Sobat ESKA dapat membantu donasi uang sebesar Rp. 20.000,-/Pasien
dana yang terkumpul berapapn besarnya akan di manfaatkan untuk
pemeriksaan mata bagi satu anak SD dan pembelian 15 Pcs kaca mata minus gratis yang akan dibagikan bagi anak-anak yang terdiagnosa menderita mata minus.

Sobat ESKA dapat berdonasi berapapun, misal ingin donasi untuk 5 anak SD berarti=

5 x Rp. 20.000,-/siswa = Rp 100.000 yang di sumbangkan.

Kemana donasinya? Silahkan donasikan ke no rek KETUA PANITIA program ini Yayan Supardjo, Mohon konfirmasi setelah melakukan dnasi untuk mempermudah pelacakan dan update donatur di milist.

BCA KCU Buaran Raya Jakarta
Account Number:
6330-494- 610
an.Yayan Supardjo

Bank Muamalat KCU Fatmawati Jakarta
Account Number:
915-607-1699
an.Yayan Supardjo

Bank Mandiri KCU Pondok Kelapa Jakarta
Account Number:
00600-06349330
an.Yayan Supardjo

BNI KCU Rawamangun Jakarta
Account Number:
0171-638924
an.Yayan Supardjo

Program Selanjutnya adalah:

2. Donasi Buku khusus buku-buku anak-anak Sekolah Dasar

Donasi buku dapat dikumpulkan ke Mbak Novi, bisa dijemput (kalau banyak)atau kirim via pos/kurir. Donasi buku akan di distribusikan ke sekolah-sekolah tempat acara pemeriksaan mata gratis.

Donasi baik buku atau dana dibuka sepanjang tahun, mengingat target pasien yang diperiksa matanya adalah berjumlah 1440 Siswa dan 350 Kaca Mata Minus Gratis.

Akhir kata kami dari Departemen Sosial ESKA mengucapkan banyak terimakasih.Support dan doa bagi program ini sangat dinantikan. Bagi Sahabat Eska yang inginproposal cetak atau share kemilist2 sebelah dipersilahkan. untuk tanya jawab,daftar menjadi relawan atau panitia, konfirmasi donasi atau info mengenaiprogram ini dapat menghubungi:

Yayan Supardjo 08159518816
Ugik Madyo 08563434248
Novi Khansa 08121894517

Terimakasih,
Dept Sos ESKA

3.

(Update Donasi Eye Clinic Goes To School Per 26 Feb 2011) Donasi Yuk

Posted by: "c_al_iyan" yayan_unj@yahoo.com   c_al_iyan

Fri Feb 25, 2011 7:57 pm (PST)




Pemeriksaan mata gratis dan pemberian kaca mata minus gratis bagi siswa Sekolah
dasar

Berikut update donatur program yang sudah masuk:

20 Feb 2011 Dyah Puji Rp. 12.500,-/rutin perbulan Via Mandiri
23 Feb 2011 EVI ANDRIANI Rp. 100.000,- Via Mandiri
23 Feb 2011 ParcelBuku Rp. 100.000,-/rutin perbulan Via Mandiri
25 Feb 2011 Mas Nursalam Rp. 100.000 Via BCA
26 Feb 2011 Hamba Allah Rp. 100.000 Via BCA

Donasi selanjutnya masih dinantikan.
Bagi yang sudah transfer donasi harap konfirmasi
melalui SMS agar dapat segera di update di milist
Semoga Amal Ibadahnya diterima dan harta yang
tertinggal bertambah berkah. AMin

Assalamu'alaykum Wr WB, Salam Eska untuk semuanya

Apa kabar teman-teman ESKA semua, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat
tanpa kekurangan satu apapun.

Di awal tahun 2011 ini, kami dari Departemen Sosial ESKA akan mengadakan sebuah
program kolaborasi dengan Yayasan Rumah Peradaban www.rumahperadaban.org (YRP).

Latar Belakang Program:

Saat ini, di Indonesia ada sekitar 6,6 juta anak-anak sekolah yang menderita
kelainan refraksi (kelainan mata, seperti minus dan cylindric) dan dari jumlah
itu hanya sedikit saja yang bisa menggunakan kaca mata. Lagi-lagi karena
ketidakmampuan dari orang tuanya untuk membelikan kaca mata yang relatif mahal.

Jika hal ini didiamkan, maka akan berimbas pada menurunnya kualitas SDM generasi
muda Indonesia. Menurunnya kualitas SDM generasi muda akan berpengaruh pada daya
saing bangsa ini, terutama di era globalisasi saat ini. Bisa dipastikan
Indonesia akan terus tertinggal oleh bangsa lain.

Dari latar belakang diatas Dept. Sosial Sekolah Kehidupan dan Bekerjasama dengan
Yayasan Rumah Peradaban Menggelar Program, berikut:

Programnya terdiri dari:

1. Pemeriksaan Mata Gratis dan Pemberian Kaca Minus Gratis bagi Anak Sekoah
Dasar atau sederajat. Acara ini akan roadshow setahun penuh dari februari 2011
hingga februari 2012. Launching Program akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Sabtu, 12 Maret 2011
Launching Utama (Acara Puncak): 26 Maret 2011
Tempat: SDI Tsaqofah & SDI Kharisma,
Alamat : Jl. Masjid Matraman no 1 Jakarta Pusat
Peserta: Pemeriksaan Mata : 200 siswa + Guru (untuk setiap sekolah)

Bagaimana Caranya Eska'ers dapat support program ini?

Sobat ESKA dapat membantu donasi uang sebesar Rp. 20.000,-/Pasien
dana yang terkumpul berapapn besarnya akan di manfaatkan untuk
pemeriksaan mata bagi satu anak SD dan pembelian 15 Pcs kaca mata minus gratis
yang akan dibagikan bagi anak-anak yang terdiagnosa menderita mata minus.

Sobat ESKA dapat berdonasi berapapun, misal ingin donasi untuk 5 anak SD
berarti=

5 x Rp. 20.000,-/siswa = Rp 100.000 yang di sumbangkan.

Kemana donasinya? Silahkan donasikan ke no rek KETUA PANITIA program ini Yayan
Supardjo, Mohon konfirmasi setelah melakukan dnasi untuk mempermudah pelacakan
dan update donatur di milist.

BCA KCU Buaran Raya Jakarta
Account Number:
6330-494- 610
an.Yayan Supardjo

Bank Muamalat KCU Fatmawati Jakarta
Account Number:
915-607-1699
an.Yayan Supardjo

Bank Mandiri KCU Pondok Kelapa Jakarta
Account Number:
00600-06349330
an.Yayan Supardjo

BNI KCU Rawamangun Jakarta
Account Number:
0171-638924
an.Yayan Supardjo

Program Selanjutnya adalah:

2. Donasi Buku khusus buku-buku anak-anak Sekolah Dasar

Donasi buku dapat dikumpulkan ke Mbak Novi, bisa dijemput (kalau banyak)atau
kirim via pos/kurir. Donasi buku akan di distribusikan ke sekolah-sekolah tempat
acara pemeriksaan mata gratis.

Donasi baik buku atau dana dibuka sepanjang tahun, mengingat target pasien yang
diperiksa matanya adalah berjumlah 1440 Siswa dan 350 Kaca Mata Minus Gratis.

Akhir kata kami dari Departemen Sosial ESKA mengucapkan banyak
terimakasih.Support dan doa bagi program ini sangat dinantikan. Bagi Sahabat
Eska yang inginproposal cetak atau share kemilist2 sebelah dipersilahkan. untuk
tanya jawab,daftar menjadi relawan atau panitia, konfirmasi donasi atau info
mengenaiprogram ini dapat menghubungi:

Yayan Supardjo 08159518816
Ugik Madyo 08563434248
Novi Khansa 08121894517

Terimakasih,
Dept Sos ESKA

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: