Kamis, 25 Oktober 2012

[daarut-tauhiid] Pohon Tin , Manfaat daun dan buah surga ini bagi kesehatan.

 

Menguak tabir rahasia manfaat kesehatan tentang Buah Tin bagi manusia dalam Wahyu Tuhan dan pembuktian hasil penelitian Ilmu kesehatan modern

Dalam Al-Qur'an Tentang Tin & Zaitun : ( Surah – At-tiin , An-Nuur 24:35 ,Al-An'aam 6:99 dan Al- An'aam 6:141 ) .Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:
1. Hendaklah kalian menggunakan minyak /Daun Zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena Pohon zaitun berasal dari pohon yang diberkahi." (HR Abu Daud, disebutkan dalam Shahihul-Jami' no 4921 dan menurut Syaikh Al Albani ini merupakan hadits shahih).
2. Sekiranya aku katakan, Sesungguhnya buah yang turun dari Surga maka aku katakan, inilah buahnya (Pohon Tin), sesungguhnya buah surga tiada keraguannya." (Hadis riwayat Abu Darba; Suyuti) .

Dalam Al-Kitab Yehezkiel 47:12, Allah berbicara tentang Pohon Zaitun : "Buah dari padanya akan menjadi daging, dan daun daripadanya untuk obat." , dan ada lebih dari 51 ayat yang menyebutkan tentang Zaitun dan Tin dalam Alkitab dan Taurat.

Di China Pohon Tin disebut "Wú Huā Guǒ , dan Zaitun (橄榄) , Menurut legenda Buddha, Sang Buddha, mencapai pencerahan suatu hari di 528 SM sambil duduk di bawah pohon Bodhi, semacam pohon Tin .

Penelitian oleh para ahli gizi dan kesehatan tentang manfaat daun dan Buah Tin/Ara/Figs :

Prof. J. A Vinson , dari Universitas Scranton Amerika Serikat telah membuat kajian dan membuktikan bahwa, Buah Tin mengandung khasiat yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Buah Tin tidak mengandung garan, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi. Hasil penelitian dalam 100gram buah Tin, mengandung 20% daripada kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion). Makanan yang kaya akan serat mampu mengurangi berat badan, oleh karena itu Buah Tin juga sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.Buah Tin dapat dikonsumsi setiap orang, termasuk anak-anak dan merupakan makanan yang terbaik untuk semua umur, karena Buah Tin mengandung serat yang tinggi dan manis rasanya. Jadi sangat tepat jika kita mengkonsumsi buah ini, sebagai makanan alternatif kita untuk meningkatkan kesehatan kita sehari-hari di dalam dunia modern ini.Satu lagi keistimewaan yang terkandung di dalam Buah Tin adalah dapat dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker. Di dalam Buah Tin mengandung "polyphenols" yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh kita, karena dapat berfungsi sebagai free radical dalam tubuh yang menyebabkan kanker. Disamping itu, Buah Tin juga mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu "benzaldehyde" dan "coumarins". Benzaldehyde telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor dan "coumarins" adalah untuk merawat kulit dan kanker prostat.

Disamping itu, keberadaan serat, kalium dan magnesium di dalam Buah Tin dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Satu berita baik bagi pengidap penyakit darah tinggi, karena dengan memakan Buah Tin dijadikan pencegah penyakit tersebut. Untuk penyakit kencing manis, serat yang terdapat di dalam Buah Tin ini dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil. Gabungan zat yang terkandung dalam Buah Tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol
kadar gula darah seseorang.

Sehubungan dengan itu, Dr. Oliver Alabaster, yaitu Pengarah Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University Medical Centre menyatakan bahwa jika seseorang mengambil Buah Tin, sebenarnya telah mengambil makanan yang menjamin kesehatannya dalam jangka panjang. Maka tidak heranlah jika Buah Tin disebut oleh pakar-pakar makanan pada saat ini sebagai makanan Nutraseutikal (functional food), karena Buah Tin bukan sekedar mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu dan bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu.
Disamping itu, Lembaga research Buah Tin terkenal di California (California Fig Advisory Board) telah mengatakan Buah Tin sebagai "Nature's most nearly perfect fruit", yaitu Buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

Secara umum Manfaat Kesehatan & Gizi Makan Buah Tin dari penelitian modern oleh para ahli kesehatan menyimpulkan antara lain :

Kandungan Kalium , Omega 3 dan Omega 6 pada buah Tin /Ara membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner.
Buah Tin / Ara kaya serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk programnurunan berat badan.( Obesitas ) .
Bahkan daun dari tanaman Tin memiliki sifat penyembuhan. Rebusan daun pohon Tin / ara dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi batu Ginjal.
Mengkonsumsi buah tin / ara dengan rutin dapat membantu mengurangiRisiko Kanker Payudara dan Kanker Kolon.
Kandungan Coumarin pada buah TIN , juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
Kandungan Kalsium dan Kalium dalam buah Tin / ara mencegah penipisan tulang Osteoporosis), dan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah Tin mengandung 241mg Calsium , 2 X lebih tinggi dari kandungan Calsium pada susu (118mg per 100 gram).
Tryptophan, dalam buah Tin/ara, menginduksi tidur yang baik dan membantu menyingkirkan gangguan pasien yang mengalami sulit tidur seperti insomnia..
Mengkonsumsi buah Tin/Ara mengurangi kelelahan , meningkatkan daya memori otak dan mencegah Anemia.
Karena efek laksatif, mengkonsumsi buah Tin , sangat membantu untuk mengobati pasien penderita sembelit kronis.
Konsumsi harian buah Tin/ara direndam (2-3 buah ) merupakan obat yang efektif untuk terapi penyembuhan pasien penderita wasir.
Serat larut yang terdapat pada buah TIN disebut Pektin, dalam buah Tin membantu dalam mengurangi kolesterol yang merugikan dalam darah.
Bila diterapkan pada kulit, Tin/Ara dipanggang kemudian di oleskan pada kulit bisa menyembuhkan radang seperti Abses dan bisul.
Karena kadar air yang tinggi, , tumbukn buah Tin /Ara dand dilulurkan pada kulit , dapat bertindak sebagai pembersih kulit yang sangat baik dan membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.
Buah Tin kaya akan kalsium dan kalsium alternatif yang sangat baik untuk terapi pengobatan orang-orang yang alergi terhadap produk susu.
Buah Tin kaya akan Phenol dan Benzaldehid alami sebagai Zat Anti Tumor serta dapat membunuh Micro-organisme Pathogen, Jamur dan Virus dalam tubuh manusia.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: