Selasa, 21 Februari 2012

[daarut-tauhiid] Jangan Mudah Menuduh Bid'ah Hingga Bergelimang Dosa 'Su'u Zhon, Ghibah, dan Fitnah

 

Assalamu'alaikum wr wb,

Ada yang bertanya:
mengapa orang-orang yang mengaku ahlussunnah senang bermain rebana didalam mesjid dan menyanyikan lagu-lagu arab yang menurut mereka adalah shalawat. bukankah mesjid tempat ibadah dan berzikir, lalu kenapa ibadah sering dilakukan dengan kegaduhan salah satunya dengan rebana.?

Jawab:
Saran saya sebelum kita mencela sesuatu itu bid'ah atau bukan, hendaknya kita belajar kepada banyak guru. Sehingga pemahaman kita jadi luas. Sebagai contoh, Imam Malik berguru kepada 900 guru.

Jangankan menyanyikan lagu2 Arab dengan Rebana yang insya Allah memuji Allah dan RasulNya, bersyair di masjid bahkan bermain tombak saja dibolehkan oleh Nabi selama tidak mengganggu orang yang sedang shalat berjama'ah. Silahkan pelajari hadits di bawah dari Sahih Bukhari. Kalau sering su'u zhon dan mencela sesama Muslim, bisa2 malah kita yang celaka. Kalau banyak Muslim yang dicela bid'ah apalagi sampai Ahlul Bid'ah padahal menurut mayoritas Ulama itu bukan bid'ah, kan kita yang berdosa. Sebab menuduh sesama Muslim itu bid'ah sama saja menyebut mereka sesat dan masuk neraka berdasarkan 1 hadits Nabi.

"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela" [Al Humazah 1]

Abu Salamah bin Abdurrahman bin Auf mendengar Hassan bin Tsabit al Anshari meminta kesaksian kepada Abu Hurairah r.a. (dan dari jalan Said ibnul Musayyab, berkata, "Umar lewat di masjid dan Hasan sedang bersenandung. Hassan berkata (kepada Umar yang memelototinya), 'Aku pernah bersenandung (bersyair) di dalamnya, sedangkan di sana ada orang yang lebih baik daripada engkau.' Hassan lalu menoleh kepada Abu Hurairah seraya berkata, 4/79), ['Hai Abu Hurairah, 7/109], aku meminta
kepadamu dengan nama Allah, apakah kamu mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Wahai Hassan, jawablah dari Rasulullah saw (dalam satu riwayat: jawablah dariku).
'Wahai Allah, kuatkanlah ia dengan ruh suci (Jibril).' Abu Hurairah menjawab, 'Ya.'"

Aisyah radhiallahu anha berkata:
"Demi Allah, saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri di pintu kamarku, sementara orang-orang Habasyah sedang bermain tombak di dalam masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau menutupiku dengan kainnya agar aku dapat melihat permainan mereka. Kemudian beliau berdiri (agar aku lebih leluasa melihat), sampai saya sendiri yang berhenti (setelah bosan) melihatnya. Karena itu, berilah keleluasaan kepada anak-anak wanita untuk bermain." (HR. Al-Bukhari no. 549 dan Muslim no. 1481) 

Jangan sampai kita "bersih" dari dosa Bid'ah, tapi justru bergelimang dosa Su'u Zhon (Buruk Sangka), Ghibah (membicarakan aib Muslim), Fitnah, dsb padahal itu juga besar dosanya. Semakin sering kita lakukan, semakin banyak pula dosa yang kita dapat jika ternyata tuduhan bid'ah yang kita lontarkan ternyata tidak benar karena mereka punya hujjah yang kuat.

Sebagai contoh, Ghibah itu dosanya sama besarnya dengan memakan daging saudaranya sendiri:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." [Al Hujuraat 11-12]

Silahkan baca:
http://media-islam.or.id/2012/02/07/larangan-mencaci-dan-membunuh-sesama-muslim/ 

Wassalam 
.
===
Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits di http://media-islam.or.id

Paket Umrah 2011 mulai US$ 1.400/orang di http://media-islam.or.id/2011/01/24/paket-umroh-2011-mulai-us-1-400

Promosi Tahun Baru Hijriyah Pembuatan Website (All in) 1 Dinar (Rp 2,3 juta): http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-2-dinar
Milis Syiar Islam: syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: