Selasa, 08 Mei 2012

[FISIKA] Digest Number 3404

Messages In This Digest (1 Message)

Message

1a.

Re: [Tanya+sharing] Bidang Fisika yg terkait Komputerisasi

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Tue May 8, 2012 4:41 am (PDT)



Pak Adi, saya hanya sekedar sharing pengalaman.

Saya alumni fisika (skripsi saya tentang problem mekanika kuantum yang saya
modelkan dengan bantuan komputer). saya pertama kali tertarik komputasi
ketika mengambil mata kuliah algoritma dan pemrograman komputer. saya
kemudian bergelut didunia pemrograman khususnya yang berkaitan dengan
keamanan komputer (jaringan). Memang tidak masuk akal karena "tidak" ada
kaitannya dengan fisika. Namun, kemampuan pemrograman tersebut membantu
saya memahami beberapa konsep fisika yang agak rumit dengan cara dimodelkan
dengan bantuan komputer tentunya.

Nah, berbicara mengenai karir kedepan, anak-anak fisika dengan kemampuan
pemrograman sebenarnya lebih "mantap" ketimbang anak-anak ilmu komputer
(mohon maaf jika di milis ini ada mahasiswa atau alumni ilmu komputer). Hal
ini dikarenakan real-life application yang berkaitan dengan system fisis
seperti saya sebutkan di e-mail sebelumnya, sangat membutuhkan analisis
fisika terkait system tersebut. Nah, disitulah letak kelebihan anak-anak
fisika ketimbang anak-anak ilmu komputer (sekali lagi, mohon maaf). Coba
luangkan waktu anda untuk mempelajari konsep mekanika kuantum yang
diaplikasikan pada kriptografi atau konsep teori chaos yang juga
diaplikasikan pada kriptografi. Kemudian coba bayangkan apa saja yang dapat
anda lakukan dengan segudang teori-teori fisika yang telah anda kuasai jika
akan diaplikasikan ke dalam sistem komputasi?

saya sendiri sehari-harinya berkutat dengan pembuatan website dan software
(memang jauh dari dunia fisika :)). Namun, saya tetap mempelajari fisika
karena saya yakin dalam ilmu fisika terkandung jurus maha dahsyat yang
dapat saya aplikasikan kedalam dunia komputasi.

Salam.

CMIIW.

2011/11/15 Adi Ginting <payokinbage@gmail.com>

> **
>
>
> Terima kasih tanggapannya, membuka cakrawala. Saya tidak terpikir
> sampai ke sana. Tpi bagaimana dgn peluang karir, mungkin selain
> peneliti posisi apa yg bisa kita isi dgn skill ini?
>
> Selama ini kaitan fisika ke industri (elektronik/digital), IMHO,
> terutama ke perangkat keras.
>
> Regards,
>
> Adi P Ginting
>
> Pada tanggal 14/11/11, Fardhady Himawan K.H. <fardhady14789@gmail.com>
> menulis:
>
> > Hi Adi,,
> >
> > saya sekarang sedang bergelut dengan SDR (software defined radio) dengan
> > platform UNIX fedora, bahasa yg saya gunakan yaitu C, C++, perl, java.
> jika
> > kamu tertarik kamu juga bisa memanfaatkan beberapa teori fisika dan
> > memodelkannya dalam bentuk program. dibanding windows, linux lebih lebih
> > realible untuk software yg dedicated karena background processnya lebih
> > sedikit dibanding windows meskipun seringkali banyak bug. pikirkan suatu
> > sistem yg bakal mmeudahkan penelitian di bidang fisika kedepannya.
> seperti
> > program pemodelan suatu lemma atau teori...
> >
> >
> > Fardhady HK Hanggara
> > Embedded System Engineer
> > Versatile Silicon Technologies
> >
>
>
>

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Yahoo! Groups

Latest product news

Join Mod. Central

stay connected.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: