Selasa, 01 Mei 2012

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3592

sekolah-kehidupan

Messages In This Digest (1 Message)

Message

1a.

Re: (CATCIL) Aceh, Gempa dan Huru-hara

Posted by: "Nursalam AR" nursalam.ar@gmail.com

Mon Apr 30, 2012 7:39 pm (PDT)



Amin, makasih juga atas doanya supaya bisa berkunjung ke Serambi Mekah.
Kalau sudah ke Serambi Mekah, berarti tiggal selangkah kan ke
Mekah-nya,hehe:D

Ditunggu juga novel seri Acehnya ya, karena saya yakin novel seri Halmahera
sedang dirampungkan:D *creative provocateur*;)

2012/4/29 Nia Robie' <musimbunga@gmail.com>

> **
>
>
> aamiin, makasih ya mas Nur atas do'anya hehe.
> Awalnya mengenai daerah-daerah konflik memang menjadi kekhawatiran
> tersendiri, khususnya menenangkan ibuku yang tentu gak pengen anak
> perempuannya kenapa-kenapa. tapi mungkin ibuku juga belajar dari rantauanku
> ke Halmahera di mana di sana sangat sensitif huru-hara isu agama.
> tapi emang gak gampang juga sih membuat orangtua yakin, tapi asal
> alasannya benar insyaAllah ada jalan hehe.
>
> mengenai GAM, puisng juga ya ngomongin masalah perpolitikan. karena
> politik penuh konspirasi, tapi sejauh ini sih ya aku ngerasa tidak terlalu
> terganggu secara pribadi mengenai konflik kepentingan beberapa golongan.
> tentulah meminta juga kepada Sang Pemberi Keamanan supaya tidak terjadi
> sesuatu yang mengkhawatirkan di sini hehe.
>
> kapan-kapan main ke Aceh ya, aku tunggu hehe
>
> salam,
>
>
> Pada 25 April 2012 09:26, Nursalam AR <nursalam.ar@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Wah, baru ngeh ada tulisan ini di milis!
>>
>> Sayang tulisan sekeren ini terjimpit di antara postingan milis2 lain yang
>> lebih aktif.
>>
>> Alhamdulillah ya jika Nia dan suami selamat. Semoga kehamilannya sehat
>> dan persalinannya lancar, tiada kurang suatu apa.
>>
>> Ehm, yang selalu saya penasaran dari Aceh adalah soal GAM, terutama
>> selepas pilkada kemarin yang katanya sempat rusuh dan dimenangi oleh
>> kandidat dari Partai Aceh (partainya eks GAM). Dan itu juga yang membuat
>> saya kagum jika ada orang yang memutuskan untuk menetap di Aceh. Ini
>> mungkin paranoid aja kali ya:).
>>
>>
>> (Always) Happy writing!
>>
>>
>> 2012/4/18 Nia Robie' <musimbunga@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Jikalau saya memutuskan untuk menikah dengan orang Halmahera artinya
>>> saya pun sadar mungkin sisa hidup saya kebanyakan akan tinggal di
>>> Halmahera, begitupun pada akhirnya saya menikah dengan orang Aceh,
>>> konsekuensi saya akan tinggal di Aceh sudah terbayang sebelum ijab kabul
>>> dilaksanakan.
>>>
>>>
>>> Tak terasa sudah sekitar 3 bulan ini saya tinggal di Aceh, penyesuaian
>>> wajib hukumnya, begitu pula menenangkan sang emak yang tinggal di bogor,
>>> seberapapun bandelnya saya ke beliau, saya tau kami nyatanya banyak saling
>>> membutuhkan.
>>>
>>>
>>> Meyakinkan keluarga tentang kondisi Aceh saat ini sudah saya mulai
>>> sebelum saya menikah, tentang huru hara, tentang konflik, bahkan tentang
>>> bencana alam yang mungkin terjadi. Selesai memberikan penjelasan kepada
>>> keluarga dan Alhamdulillah mereka bisa menerima keputusan saya, akhirnya
>>> beberapa pertanyaan justru timbul dari teman-teman dekat saya, yang
>>> menanyakan kondisi perpolitikan Aceh.
>>>
>>>
>>> Saya yang masih tak seujung kukupun tau banyak tentang kondisi
>>> perpolitikin di Aceh, banyak bertanya kepada suami, bahkan kadang
>>> pertanyaan saya sering beranak pinak. Yap, seperti yang kita tau, politik
>>> jaman sekarang kadang penuh konspirasi, entah yang mana yang harus kita
>>> lihat menggunakan nurani.
>>>
>>>
>>> Tapi sejujurnya mengenai kondisi perpolitikan di sini, juga
>>> konflik-konflik yang terjadi tak begitu menciutkan saya untuk mencoba
>>> tinggal di Aceh, mungkin saya juga belajar banyak dari konflik –yang
>>> katanya – masalah agama di sebagian besar wilayah Maluku, ujung-ujungnya
>>> selalu berujung pada politik, uang, dan kekuasaan.
>>>
>>>
>>> Banyak juga teman-teman yang ingin berlibur ke Banda Aceh (karena Sabang
>>> yang terkenal itu) juga beberapa teman penulis terkait dengan pekerjaan
>>> yang maju mundur untuk datang ke sini karena kondisi politik, takut
>>> genjatan senjata di mana-mana. Hmm.. sepertinya kondisi di Aceh sekarang
>>> tidak seseram yang diberitakan di tv-tv. Jadi datanglah, jangan lupa
>>> hubungin saya, mau nitip oncom hehe.
>>>
>>>
>>> Terkait dengan gempa dan tsunami des 2004, pada tgl 10 April 2012 saya
>>> banyak bertanya kepada pemilik rumah kontrakan mengenai peristiwa tersebut,
>>> saya biasa menyebut nenek, nenek ini menceritakan, wilayah kami terkena
>>> sunami yang airnya setinggi pohon kelapa, karena wilayah tempat saya
>>> tinggal sekarang memang cukup dekat dengan laut. ia dan keluarganya menjadi
>>> korban, bahkan anak ipar, juga cucu-cucunya tertelan air dan tak selamat.
>>> Masih jelas diingatan ketika nenek berujar "saya yang bikin shock itu,
>>> malemnya masih tidur sama cucu-cucu, tapi paginya mereka sudah pada
>>> meninggal". Nenekpun digulung ombak, terlihat dari bekas luka jahitan besar
>>> yang ada di lengannya. Alhamdulillahnya masih diberi kesempatan hidup.
>>>
>>> 11 April 2012 saat itu saya sedang tertidur pulas, maklum kondisi hamil
>>> begini sering membuat saya cepat ngantuk, tiba-tiba ada sesuatu yang
>>> mengayun-ayun dengan keras. Saya berdiri setengah melompat. Saya beberapa
>>> kali mengalami gempa di pulau jawa dan di Halmahera lumayan sering tapi
>>> sensasinya jauh berbeda. Saat itu, kekuatan gempa jauh lebih besar dan
>>> lebih lama.
>>>
>>>
>>> Untungnya, suami sedang ada di rumah, saya meminta agar cepat mengungsi,
>>> jalanan pun sudah macet, bahkan kadang ada yang menyerudug motor yang kami
>>> naiki. Panic dan trauma terlihat jelas dari muka ibu-ibu, anak-anak dan
>>> lansia, bagaimana tidak, tsunami 2004 sangat banyak mengurangi populasi
>>> penduduk di Aceh, mungkin trauma, mungkin takut, mungkin juga panic, atau
>>> mengkhawatirkan sanak keluarga.
>>>
>>>
>>> Bbm (yang banyak berisi ping!), sms, fb, mp, twitter, miss call, dsb,
>>> tak terjawab, maklum sinyal setelahnya kacau, ditambah dengan mati lampu,
>>> bahkan disusul dengan gempa susulan yang juga kuat dan cukup lama.
>>>
>>> Setelah cukup reda dan kami berhasil mengungsi, akhirnya saya bisa
>>> menghubungi adik lwt twitter (krn mudah sampai), adik bilang ibu di rumah
>>> khawatir dan nangis terus.
>>>
>>>
>>> Malamnya saya menelpon ibu saya, mengabarkan keadaan, ah emang sang emak
>>> kadang lucu saat kondisi genting. Ketika berita banyak diliput di tv, ibu
>>> saya melihat banyak ibu-ibu duduk di jalan saat gempa lalu ia cerita
>>> "masyaAllah di tv kirain nia… duduk di jalan.. kirain gak bisa lari saking
>>> beratnya bawa badan" jiahaha.. tambah cinta ama emak saya kalo kocak
>>> begini.
>>>
>>> Begitupun keponakan di bogor, yang usianya masih tk, saat neneknya asik
>>> nangis dia heboh merajuk "aduh neeeek… aku takut banget nih nek, tsunaminya
>>> sampe sini gak nek? Gempanya sampe sini gak nek" lalu ia sambil nangis
>>> lebay. Haha..
>>>
>>>
>>>
>>> -ah kangen.
>>>
>>>
>>>
>>> 18 April 2012
>>>
>>> (yang sampe kemaren pun masih kerasa gempa susulan)
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>> --
>> *www.nursalam.wordpress.com | www.akademipeduli.wordpress.com
>> *
>>
>> ***"...your life, your choice." (Mastin Kipp)*
>>
>>
>>
>
>

--
*www.nursalam.wordpress.com | www.akademipeduli.wordpress.com
*

***"...your life, your choice." (Mastin Kipp)*
Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: