Messages In This Digest (4 Messages)
- 1.
- [artikel chem-is-try.org] Mantel Ajaib From: mr.soetrisno
- 2a.
- Re: Bls: [FISIKA] Fw: [indonesia] Guru Fisika yang Inspirasional From: rao putra
- 3.
- Beasiswa Stuned Short & Master Course 2009-2010 From: onkismustaqin
- 4.
- Api?? apan tuh? From: hinata_freak_87
Messages
- 1.
-
[artikel chem-is-try.org] Mantel Ajaib
Posted by: "mr.soetrisno" chemcafe@yahoo.com mr.soetrisno
Sat Jan 3, 2009 4:35 pm (PST)
Kategori Kimia Material
Mantel Ajaib
Oleh Soetrisno
Mantel yang dapat membuat benda tidak terlihat sebentar lagi akan
menjadi kenyataan, kata para ilmuwan di Inggris dan Amerika Serikat.
Perubahan terhadap rincian struktural sub-panjang gelombang, bukan
pada komposisi kimia dari material-material ini, akan membuat benda
menghilang sebelum dapat dideteksi oleh mata, klaim tim peneliti ini.
Sir John Pendry, dari Imperial College London, telah merintis bidang
meta-material, dimana nuansa-nuansa struktur, bukan sifat kimiawi,
mengendalikan sifat-sifat benda. Untuk berinteraksi dengan cahaya dan
menghasilkan sifat-sifat yang menurut Pendry "sulit atau tidak mungkin
ditemukan di alam", satu-satunya kondisi yang harus diberikan pada
material adalah bahwa sifat-sifatnya harus lebih kecil dari panjang
gelombang cahaya yang datang.
Material-material ini bisa dibuat dari kawat, yang bisa membawa arus,
dan kumparan, yang membentuk medan magnet. "Tidak jadi masalah apakah
kawat terbuat dari tembaga atau perak," kata Pendry, "Anda tidak perlu
berurusan dengan atom-atom. Yang perlu anda lakukan adalah meletakkan
sebuah struktur disana yang lebih kecil dari cahaya."
[selengkapnya] http://www.chem-is-try.org/ ?sect=artikel& ext=243
- 2a.
-
Re: Bls: [FISIKA] Fw: [indonesia] Guru Fisika yang Inspirasional
Posted by: "rao putra" raoputra@yahoo.com raoputra
Sat Jan 3, 2009 4:35 pm (PST)
Makasih dah beri inspirasi berguna dalam cara penciptaan karakter oleh pa Hariadi atau pula mudah2an jadi penerusnya pula oleh Pa Muhammad Ari Mukhlason .
saya sebagai pengajar smp dan sma jadi merasa inilah sebenarnya yang jadi tujuan saya sebagai pengajar,
thanks for the story, sekali lagi makasih
rao
_____________________ _________ __
From: Rudy Prihantoro <ssst_jgnbrisiksih@yahoo.co. >id
To: fisika_indonesia@yahoogroups. com
Sent: Friday, November 28, 2008 10:48:26 PM
Subject: Bls: [FISIKA] Fw: [indonesia] Guru Fisika yang Inspirasional
Wah luarbiasa, pak hariadi masih ada tidak ya di ITB? ko sepanjang jalan ruang dosen saya tidak melihat nama beliau.
Mudah-mudahan dosen fisika yang sekarang bisa meneladani sikap beliau..
--- Pada Jum, 28/11/08, yorga effendi <yyoorrggaa@yahoo. com> menulis:
Dari: yorga effendi <yyoorrggaa@yahoo. com>
Topik: [FISIKA] Fw: [indonesia] Guru Fisika yang Inspirasional
Kepada: "milisfisika" <fisika_indonesia@ yahoogroups. com>
Tanggal: Jumat, 28 November, 2008, 1:54 PM
hiks... jd terharu, inget ruang FI1002.
----- Forwarded Message ----
From: Muhammad Ari Mukhlason <mukhlason@gmail. com>
To: iapitb@yahoogroups. com; ia-itb@yahoogroups. com; indonesia@nextbette r.net; QB-Milis <qbmember@qbheadline s.com>
Sent: Friday, November 28, 2008 1:28:59 PM
Subject: [indonesia] Guru Fisika yang Inspirasional
Guru Fisika yang Inspirasional
Oleh JANSEN H. SINAMO
JAM tujuh pagi, suatu hari pada tahun 1981, di sebuah ruang kuliah kuno bersuasana gelap dan kelam, yang dibangun pada zaman Belanda, sebuah kuliah fisika yang sangat modern segera akan dimulai. Fisika kuantum nama kuliah itu.
Hariadi Paminto Soepangkatdoktor fisika zat padat lulusan Universitas Purdue, Indiana, ASsang dosen yang berkulit putih bersih bertubuh tinggi besar yang dibalut busana rapi lengkap pakai dasi bak eksekutif bisnis itu, telah berdiri penuh wibawa di hadapan sekitar 150 mahasiswa dari tiga jurusan: fisika, astronomi, serta geofisika dan meteorologi.
Belum dua puluh menit kuliah berjalan, usai Pak Hariadi menggambar orbit-orbit lintasan elektron pada atom hidrogen di papan tulis, tiba-tiba nama saya dia panggil.
"Saya, Pak," jawab saya agak terkejut sambil mengangkat tangan.
"Kota asal Saudara di mana?" tanyanya sambil menuruni panggung kuliah yang rapat dengan papan tulis dan berjalan mendekati tempat saya duduk di barisan depan.
"Sidikalang, Pak," jawab saya.
"Oh ya? Kata Pak Andi Hakim Nasution, Rektor IPB, daerah Saudara penghasil kopi ya? Kopi Sidikalang enak kata Pak Nas. Betul?"
"Betul, Pak," jawab saya sumringah.
"Sidikalang itu berapa kilometer jaraknya dari Medan?"
"Seratus lima puluh kilo Pak."
"Kalau naik bis ke Medan berapa ongkosnya?"
"Lima ribu, Pak."
"Kalau uang Saudara cuma tiga ribu, sampai di mana itu?"
"Berastagi, Pak."
Sambil memandang kepada semua mahasiswa sesudah kembali ke panggung kuliah, Pak Hariadi berkata, "Kira-kira seperti inilah yang dimaksud dengan energi ambang. Jika uang Saudara Jansen cuma tiga ribu, itu tidak cukup mengantarnya sampai ke Medan. Jadi, lima ribu adalah uang ambang yang diperlukan agar dia bisa sampai ke Medan dari Sidikalang."
"Nah, demikian pula elektron: dia butuh energi ambang, itu energi yang minimum, untuk bisa pindah ke orbit yang lebih tinggi. Kita sudah tahu bahwa energi itu tidak kontinum, melainkan diskrit, artinya terkuantifikasi. Paket-paket energi yang terkuantifikasi ini dalam bentuk radiasi atau gelombang disebut kuanta energi, yang besarnya menurut Max Planck adalah hv, di mana v frekuensi radiasi itu dan h adalah konstanta Planck yang besarnya 6,626×10-pangkat- minus-34 joule-detik.
Elektron hanya bisa punya energi dalam kelipatan bulat kuanta ini. Tidak hanya pada elektron tetapi juga foton dan semua zarah renik di tingkat subatom. Inilah asal-usul nama kuantum pada fisika kuantum yang kita pelajari ini. Fisika kuantum mempelajari perilaku zarah-zarah subatomik, dinamika dan interaksinya, serta relasinya dengan medan yang memengaruhinya. "
Entah apa lagi yang dikuliahkan Pak Hariadi pagi itu saya sudah lupa. Tapi, saya terpesona sudah. Sidikalang dan saya jadi pusat perhatian seluruh kelas dan terutama Pak Hariadi. Cuma beberapa menit saja sorotan lampu perhatian itu, tapi sudah cukup membuat saya merasa diri spesial.
Dan sejak momen itu rasa suka saya berlipat ganda kepada Pak Hariadi. Sebagai akibatnya, berlipat ganda pula minat saya pada fisika kuantum.
Singkat cerita, pada ujian akhir semester itu saya mendapat nilai A.
Dan ini tidak lazim. Jarang sekali saya mendapat nilai A. Di kelas saya angkatan 1978, saya cuma mahasiswa rata-rata: mayoritas nilai saya adalah C, agak lumayan dapat B, tapi yang mendapat nilai A sungguh sangat sedikit.
Tapi, mendapat nilai A pada fisika kuantum selangit rasanya. Buat saya itu setara dengan nilai A pada sepuluh mata kuliah yang lain. Fisika kuantum adalah salah satu mata kuliah paling bergengsi di Jurusan Fisika, kreditnya maksimum: empat. Bukan cuma itu, di zaman itu, cuma ada dua mata kuliah fisika yang dianggap dahsyat: fisika kuantum dan teori relativitas. Yang terakhir ini belum disajikan di tingkat S1. Fisika kuantum pun sebenarnya baru cuma pengantar pada kuliah sepenuh: mekanika kuantum, yang akan disajikan nanti di tingkat S2.
Saya juga takjub pada diri sendiri. Mengapa mendadak saya jadi pintar sekali? Tapi, saya akhirnya menyadari: itu semua karena cara dan gaya Pak Hariadi mengajar kami memang luar biasa.
Betapa tidak. Dia selalu sudah ada di kelas sepuluh menit sebelum jam kuliah dimulai. Di hampir semua mata kuliah lain, mahasiswa yang menunggu dosen. Tapi Pak Hariadi sebaliknya.
Pak Hariadi selalu tampil necis: busananya, kebersihannya, dan istimewa tulisannya. Dia membersihkan sendiri papan tulis dengan kain lap basah yang dibawanya dari kantornya. Ada tiga papan tulis di kelas kami. Dibersihkannya dulu papan tulis ketiga saat dia mulai memakai papan tulis pertama, sehingga papan tulis ketiga itu sudah kering saat dia akan memakainya. Demikian seterusnya sampai kuliahnya yang berdurasi 100 menit itu selesai.
Lima tahun saya kuliah di ITB, tidak pernah saya bertemu dengan dosen lain yang mampu menyamai kerapihan dan keindahan tulisan tangan Pak Hariadi.
Pak Hariadi juga pekerja cepat. Hari ini ujian, besoknya jawaban soal-soalnya sudah tertempel di papan pengumuman. Di Jurusan Fisika hanya Pak Hariadi yang mampu dan disiplin berbuat demikian.
Dia pun hafal nama semua mahasiswa yang diajarnya. Pada setiap kuliah ia mampu memanggil nama mahasiswa secara acak, dan seperti saya di atas setiap mahasiswa yang terpilih namanya disebut diajaknya berinteraksi. Dan dari interaksi pendek itu, tiba-tiba bisa keluar ilustrasi untuk menjelaskan konsep fisika kuantum. Bukan saja ilustrasi itu sangat menolong, karena membumi bahkan personal, tetapi di tingkat psikologis sang mahasiswa merasa dilibatkan, bahkan dijadikan bintang pada momen pendek itu. Tak pelak kuliah Pak Hariadi selalu digandrungi. Fisika kuantum jadi mudah dimengerti, gampang diikuti, dan menarik ditelusuri.
Pak Hariadi sangat jauh dari jenis dosen yang memetik rasa puas karena pelajarannya sukar diikuti. Ia bukan tipe dosen yang berbahagia melihat mahasiswa pusing tujuh keliling, lalu takut pada dosennya, dan jeri pada pelajarannya. Sedikit pun tak ada perangai galak padanya apalagi killer. Ia memenuhi tanda-tanda orang cerdas seturut pendapat Einstein: bahwa orang cerdas ialah orang yang mampu membuat perkara sulit jadi mudah dipahami, sedangkan orang bodoh sebaliknya, membuat perkara mudah jadi sukar dimengerti. Fokus kedosenan Pak Hariadi ialah bagaimana agar mahasiswanya bisa mudah memahami pelajarannya supaya dengan begitu tumbuh gairah, minat, dan kecintaan pada pelajaran itu sendiri. Jadi, sebenarnya tidak mengherankan saya bisa medapat nilai A.
Sesampai di Sidikalang, saat libur panjang semester, sensasi kebanggaan mendapat nilai A itu masih terus berdenyut. Tak tahan, saya pun menulis sepucuk surat kepada Pak Hariadi. Saya ungkapkan rasa syukur dan terima kasih saya dan khususnya kedahsyatan cara mengajarnya saya apresiasi dengan rinci.
Eh, surat saya dibalasnya dengan cepat. Katanya dari sekitar 30 mahasiswa yang mendapat nilai A, cuma saya yang menulis surat. Gantian dia yang berterima kasih. Di ujung suratnya, sesudah menitipkan salam kepada orangtua saya, dia mengundang saya ke kantornya usai libur. Waktu itu Pak Hariadi adalah Dekan Fakultas MIPA. "Saya ingin mengenal Saudara lebih dekat." katanya.
Tak sabar saya menunggu waktu untuk kembali ke Bandung. Berhubung kopi Sidikalang sudah disebut-sebut di awal kuliah, itu pula oleh-oleh yang saya bawa buat beliau. Ketika orangtua saya tahu kisah dosen yang istimewa ini, Ibu saya mengusulkan memberikan ulos sebagai cinderamata. Ulos dan kopi, itulah yang kemudian saya bawa ke Bandung.
Ke kantor dekan F-MIPA, saya pun menghadap. Di ujung percakapan, tanpa saya duga, Pak Hariadi meminta agar saya bersedia menjadi asistennya. Terhenyak saya. Tubuh ini mendadak ringan rasanya, seperti kapas di awang-awang layaknya. Tak berpikir panjang tawaran itu segera saya sambut.
Ketika Pak Hariadi sadar bahwa saya membawa ulos sebagai cinderamata, dia sempat tertegun lalu berkata, "Wah, istri saya harus ikut bersama saya menerima ini. Terima kasih. Ini penghargaan yang sangat tinggi."
Malam itu juga, di rumah Pak Hariadi di perumahan dosen Sangkuriang, saya pun menjadi tamu keluarga, diundang makan malam bersama, dan kemudian bercakap-cakap dengan akrab. Di situlah ulos dan kopi Sidikalang saya serahkan.
Sampai akhirnya saya tamat pada akhir 1983saat itu Pak Hariadi sudah menjabat sebagai Rektor ITBsaya terus membantunya sebagai asisten kuliah fisika kuantum.
Diajar oleh Pak Hariadi dan menjadi asistennya sesudahnya merupakan salah satu pengalaman akademik paling berkesan dan terpenting buat saya selama kuliah di ITB Bandung.
Kini saya berpendapat, andai kata semua guru matematika, fisika, kimia, dan biologi di tingkat sekolah lanjutan di negeri ini sanggup mengajar secerdas dan sebaik Pak Hariadi, niscaya mata pelajaran-mata pelajaran keras itu tidak akan pernah jadi momok buat anak-anak muda kita. Bahkan, matematika dan sains akan jadi mata pelajaran favorit.
_____________________ _________ __
Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda?
Buat Pingbox terbaru Anda sekarang!
- 3.
-
Beasiswa Stuned Short & Master Course 2009-2010
Posted by: "onkismustaqin" onkismustaqin@yahoo.com onkismustaqin
Sat Jan 3, 2009 4:52 pm (PST)
Dear rekan2 milis,
Beasiswa Stuned Short Course dan MasterCourse telah dibuka, keterangan
detailnya ada di bawah, smogabermanfaat dan slamat mencoba
Salam,
Dikutip dr kalenderbeasiswa.com <http://kalenderbeas iswa.com/ >
===================== ========= =========
SHORT COURSE
<http://kalenderbeasiswa.com/ >detail?March_ 2009_StuNed_ Short_Course. html&\
oid=0&iid=186
StuNed, Studeren in NederlandataustudidiBelanda, adalah program beasiswa
yangbertujuanmembantupembangunanInd onesia melalui peningkatan
sumberdayamanusiapadainstitusi- institusi di Indonesia. Setiap
tahunsekitar150-200beasiswapenuh ditawarkan kepada mereka
yangberkecimpungdalampembangunanInd onesia. Penerima beasiswa
dapatmengikuti master course, short course atau tailor made
trainingprogrammeyangbahasapenganta rnya adalah bahasa Inggris.
Setelahmenyelesaikanstudidankembali ke Indonesia, penerima
beasiswadiharapkanmeneruskan komitmennyabagi pembangunan.
Program StuNed mengacupadakebijakan kerja samapembangunanpeme rintah
Belanda yang tujuanutamanyaadalahpenanggulangank emiskinan secara
berkelanjutan denganmendukungpencapaian "UNMillenium Development
Goals" pada tahun 2015.
PERSYARATAN UMUM:
* Warga negara Indonesia;
dibuktikan dengan:fotokopiKTPatauKartu Dinas Pegawai Negeri, fotokopi
paspor (berlakusampaisatutahunsetelah program studi dimulai). Diserahkan
padasaatpenyerahanaplikasi.Khusus untuk fotokopi paspor
diserahkansetelahkepastianmemperole hbeasiswa.
* Pendidikan minimal S1 dari universitas di Indonesia dan dapat
menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75);
dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal
dan tahun kelulusan tercantum jelas di dalamnya.
* Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi
terakhir;
dibuktikan dengan:pernyataanresmidaripimpinan organisasi di atas materai
yangmenyatakanbahwastafnyadiizinkan untuk studi di luar negeri
danmenjaminposisinyasampai yangbersangkutan kembali ke Indonesia;
suratinibolehdiserahkan setelahpengumuman hasil seleksi,
namunsebelumkeberangkatanke Belanda; khususuntuk pegawai pemerintah
danstafpengajar dimintauntuk melampirkanfotokopi
SuratKeputusanpengangkatan pegawai (SK);untuk staf LSMdiminta
menyertakanLaporanTahunan LSM mereka yangpaling akhir.
* Mempunyai latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai
dengan pilihan studi program pascasarjana
dijelaskan: oleh pelamar dalam motivation statement.
* Bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama
menerima beasiswa.
* MemilikikemampuanbahasaInggrisyang cukup baik. Hasil TOEFL (520)
yangditerimahanyaInternational TOEFL(IELTS) atau Institutional
TOEFL(ITP) yangdiakui.Nilai TOEFL berlakuhanya sampai 1 tahun.
Untukprogram denganbahasaBelanda sebagai bahasapengantar harus
dapatmenunjukkan buktiataskemampuan bahasa Belanda
dibuktikan dengan: hasil skor yang asli, tidak boleh fotokopi.
* Kondisi kesehatan yang baik
dibuktikan dengan: hasil tes kesehatan setelah kepastian memperoleh
beasiswa.
* Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun
terakhir ini
dibuktikan dengan: daftar riwayat hidup, informasi yang dicantumkan
dalam formulir yang disahkan dengan materai, fotokopi paspor.
* Diterimadisalahsatuprogram short course yang diselenggarakan
olehlembagapendidikantinggidi Belanda untuk tahun ajaran 2009/2010;
dibuktikan dengan:suratpenerimaandariuniversit as yang mencantumkan
dengan jelas didalamnyatanggal awaldanakhir program studi yang dipilih,
totalbiayaperkuliahan dan namaprogramstudi
* Per tanggal 1 September 2009, usia tidak lebih dari 40 tahun untuk
pria, dan 45 tahun untuk wanita;
dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
PILIHAN PROGRAM STUDI
Semua program short course yang ada di daftar www.studyin.nl
<http://www.studyin.nl/ > yang berkaitan erat dengan sektor-sektor
pembangunan Indonesia dengan masa studi maksimal enam bulan.
DEADLINE
1. 1 Maret 2009: untuk jadwal short course yang dimulai antara 1 Juli
31 Desember 2009
2. 1 Oktober 2009: untuk jadwal short course yang dimulai antara 1
Januari 31 Juni 2010
For more information you can visit www.neso.nuffic.nl
<http://neso.nuffic.nl/ >indonesia/ indonesian- students/ informasi- dalam-bah\
asa/beasiswa/stuned/stuned- short-course
MASTER COURSE
<http://kalenderbeasiswa.com/ >detail?March_ 2009_Stuned_ Scholarship_ _%28Ma\
ster_Course%29.html&oid= 0&iid=184
StuNed, Studeren in NederlandataustudidiBelanda, adalah program beasiswa
yangbertujuanmembantupembangunanInd onesia melalui peningkatan
sumberdayamanusiapadainstitusi- institusi di Indonesia. Setiap
tahunsekitar150-200beasiswapenuh ditawarkan kepada mereka
yangberkecimpungdalampembangunanInd onesia. Penerima beasiswa
dapatmengikuti master course, short course atau tailor made
trainingprogrammeyangbahasapenganta rnya adalah bahasa Inggris.
Setelahmenyelesaikanstudidankembali ke Indonesia, penerima
beasiswadiharapkanmeneruskan komitmennyabagi pembangunan.
Program StuNed mengacupadakebijakan kerja samapembangunanpeme rintah
Belanda yang tujuanutamanyaadalahpenanggulangank emiskinan secara
berkelanjutan denganmendukungpencapaian "UNMillenium Development
Goals" pada tahun 2015.
PERSYARATAN UMUM
1. Warga negara Indonesia;
dibuktikan dengan:fotokopiKTPatauKartu Dinas Pegawai Negeri, fotokopi
paspor (berlakusampaisatutahunsetelah program studi dimulai). Diserahkan
padasaatpenyerahanaplikasi.Khusus untuk fotokopi paspor
diserahkansetelahkepastianmemperole hbeasiswa
2. Pendidikan minimal S1 dari universitas di Indonesia dan dapat
menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75);
dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal
dan tahun kelulusan tercantum jelas di dalamnya.
3. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi
terakhir;
dibuktikan dengan:pernyataanresmidaripimpinan organisasi di atas materai
yangmenyatakanbahwastafnyadiizinkan untuk studi di luar negeri
danmenjaminposisinyasampai yangbersangkutan kembali ke Indonesia;
suratinibolehdiserahkan setelahpengumuman hasil seleksi,
namunsebelumkeberangkatanke Belanda; khususuntuk pegawai pemerintah
danstafpengajar dimintauntuk melampirkanfotokopi
SuratKeputusanpengangkatan pegawai (SK);untuk staf LSMdiminta
menyertakanLaporanTahunan LSM mereka yangpaling akhir.
4. Mempunyai latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai
dengan pilihan studi program pascasarjana;
dijelaskan oleh: pelamar dalam motivation statement.
5. Bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama
menerima beasiswa
6. MemilikikemampuanbahasaInggrisyang cukup baik (TOEFL computer
based skormin. 213, atauITP550, IELTS6); yang diterima hanya
InternationalTOEFL atauInstitutionalTOEFL (ITP)yang diakui. Nilai TOEFL
berlakuhanya sampai1 tahun. Untukprogramdengan bahasa Belanda
sebagaibahasa pengantarharus dapatmenunjukkanbukti atas kemampuan
bahasaBelanda;
dibuktikan dengan:hasilskoryangasli, tidak boleh fotokopi. Pengecualian
diberikanuntukskorTOEFL dibawah 550 selama universitas yang
memberikansuratpenerimaanmenjaminak an meningkatkan kemampuan Bahasa
Inggrismahasiswayangbersangkutansam pai ke tingkat yang ditentukan.
7. Kondisi kesehatan yang baik;
dibuktikan dengan: hasil tes kesehatan setelah kepastian memperoleh
beasiswa.
8. Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun
terakhir ini
dibuktikan dengan: daftar riwayat hidup, informasi yang dicantumkan
dalam formulir yang disahkan dengan materai, fotokopi paspor.
9. Diterimadisalahsatuprogram pascasarjana yang diselenggarakan
olehlembagapendidikantinggidi Belanda untuk tahun ajaran 2009/2010
dibuktikan dengan:suratpenerimaandariuniversit as yang mencantumkan
dengan jelas didalamnyatanggal awaldanakhir program studi yang dipilih,
totalbiayaperkuliahan dan namaprogramstudi.
10. Per tanggal 1 September 2009, usia tidak lebih dari 40 tahun untuk
pria, dan 45 tahun untuk wanita
dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.
PILIHAN PROGRAM STUDI
Semua master programme sesuai petunjuk di atas atau yang ada dalam
daftar di website www.studyin.nl <http://www.studyin. nl/ > dengan masa
studi maksimum dua tahun.
DEADLINE
Batas akhir pendaftaran: 15 Maret 2009
- 4.
-
Api?? apan tuh?
Posted by: "hinata_freak_87" hinata_freak_87@yahoo.co.id hinata_freak_87
Sun Jan 4, 2009 9:30 am (PST)
Aslm
mohon bantuannya
saya bingung proses terbentuknya api dari mana??
misalnya ketika kita gesekkan korek api, artinya kita membuat partikel-
partikel yang ada di korek itu bergetar, kemudian akibat dari getaran
itu, suhu meningkat, terus tiba-tiba terbentuklah api... apa yang
terjadi dengan partikel-partikel tersebut? oia, sebelumnya api itu
termasuk kedalam apa sih?? plasma kah??
trims b4
hinata
masyarakat pecinta fisika
Need to Reply?
Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.
===============================================================
** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
<fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
<fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Individual | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar