Senin, 12 Januari 2009

[sekolah-kehidupan] Digest Number 2470

Messages In This Digest (16 Messages)

Messages

1a.

Alhamdulillah

Posted by: "Kang Dani" fil_ardy@yahoo.com   fil_ardy

Sun Jan 11, 2009 9:34 pm (PST)

Selamaaat...
wah kabar baik memang harus dibagi2, biar yang lain
juga tertular kebaikannya, kalo bisa puisinya juga diposting
di milist ini, dong, Mbak. Biar kita bisa ikut menikmati

Salam

Dani Ardiansyah
PT. Multidata Rancana Prima
Raudha Building 2nd Jl. HR. Rasuna Said
No. 21 Jakarta 12710
HP: 085694771764

1b.

Re: Alhamdulillah

Posted by: "Susanti" susanti@shallwinbatam.com

Sun Jan 11, 2009 10:18 pm (PST)

Terima kasih...
sudah pernah diposting,Kang. Coba cek postingan tgl 5 Januari lalu. Atau berkunjung ke www.skylashtar-maryam.com (ehem, sekalian promosi)

-sky-
----- Original Message -----
From: Kang Dani
To: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 12, 2009 12:34 PM
Subject: [sekolah-kehidupan] Re:Alhamdulillah

Selamaaat...
wah kabar baik memang harus dibagi2, biar yang lain
juga tertular kebaikannya, kalo bisa puisinya juga diposting
di milist ini, dong, Mbak. Biar kita bisa ikut menikmati

Salam

Dani Ardiansyah
PT. Multidata Rancana Prima
Raudha Building 2nd Jl. HR. Rasuna Said
No. 21 Jakarta 12710
HP: 085694771764


----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg.com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM
2.

[Catatan kaki] Launching Buku "Menerbitkan Buku itu Gampang!"

Posted by: "Epri Saqib" epri_tsi@yahoo.com   epri_tsi

Sun Jan 11, 2009 9:43 pm (PST)

 

 

Banyak sekali penulis yang ingin menerbitkan buku, tapi
banyak sekali 'tembok' yang terasa menghalangi. Tembok itu bisa berasal dari luar diri kita, namun ada juga yang justru
berasal dari diri kita.

 

Melalui buku dari
Jonru dengan judul "Menerbitkan Buku itu Gampang!" mudah-mudahan bisa membantu
anda untuk mewujudkan mimpi menerbitkan 
buku anda.

 

Penulis Lepas
Organizer bekerjasama dengan Geraibuku.com dan Library@Senayan [Perpustakaan
Diknas] dengan bangga akan mengadakan launching buku tersebut yang insyaAlloh
akan dilaksanakan pada :

 

Hari /tgl                                    : Sabtu, 17
Januari 2009

 

Waktu                                      : 13.00 –
15.30 Wib

 

Pembicara                                : Jonru [Penulis
buku Menerbitkan Buku itu Gampang!]

 

Lokasi
acara                             :
Perpustakaan Diknas Senayan

                      
                           Jl. Jend. Sudirman Senayan, Samping Ratu
Plaza Jakarta

 

Acara ini terbuka
untuk umum dan tidak dipungut biaya atau gratis. Bagi anda yang ingin
mendapatkan bukunya terlebih dahulu sebelum acara bisa menghubungi email : geraibuku@gmail.com atau sms ke [021]
3099 8655.

 

Silahkan
sebarluaskan info ini kepada rekan-rekan anda. Terimakasih dan sampai ketemu.

 

 

www.penulislepas.com

www.geraibuku.com

Firefox 3: Lebih Cepat, Lebih Aman, Dapat Disesuaikan dan Gratis.http://downloads.yahoo.com/id/firefox
3.

(Artikel): ISRAEL-Israel

Posted by: "Pandika Sampurna" pandika_sampurna@yahoo.com   pandika_sampurna

Sun Jan 11, 2009 10:14 pm (PST)



Berikut saya sampaikan satu artikel dari pencarian melalui google mengenai Historis bangsa Israel dengan versi non-muslim, dimana hasil inventarisasi historis dan ulasannya tidak jauh berbeda dari versi muslim seperti artikel saya.

Mudah-mudahan dengan pengangkatan artikel dari dua versi ini bisa menjadikan kita semua memiliki pemahaman yang benar mengenai bangsa Israel. 

----------------------------------------------------------
 
 
ISRAEL: IRONI BANGSA PILIHAN
(Sebuah Penjelasan Teologis)
Oleh : Sonny Eli Zaluchu *
Sumber: Gloria Cyber Ministries

A. Pendahuluan
Pengepungan Ramallah dan serangan Israel yang meningkat di markas pemimpin Palestina, Yasser Arafat serta mobilitas militer yang didukung tank, kendaraan lapis baja dan tentara ganas yang tidak pandang bulu, memasuki Bethlehem, telah meningkatkan suhu politik Timur Tengah dalam duapuluh empat jam terakhir. 

Kawasan Tepi Barat dan Jalur Gaza mencekam oleh desingan peluru dan deru tank-tank Israel yang menggilas siapapun yang menghadang di jalan. Tak peduli apakah itu kelompok sipil, dan terlebih kelompok bersenjata. Tentara Israel tanpa berpikir panjang menembak apapun yang ada di depannya. Terakhir muncul berita bahwa, gerakan tentara Israel sudah mengarah ke kota suci Yerusalem dan makin meningkatnya tekanan bersenjata terhadap pemimpin utama Palestina saat ini, di kantornya yang sudah dihancurkan tank. Arafat kini amat bergantung sepenuhnya dari "hati nurani" para pemimpin Israel. Tinggal sejengkal lagi, maka tamatlah riwayat pemimpin Palestina itu. Satu-satunya harapan bagi Arafat adalah tameng hidup yang terdiri dari sejumlah relawan Eropa yang ada bersamanya di dalam markas. 

Dia sudah terisolasi total dan kini hanya mengandalkan lobi dunia internasional untuk menyelamatkan nyawanya. 

Yang jelas, Israel sudah menyatakan diri dalam keadaan perang dan tidak lagi menganggap Arafat sebagai bagian dari penyelesaian masalah. Ini keadaan yang membahayakan. Agresitifitas gerakan militer Israel di wilayah Palestina dan sikap non kompromistik pemimpin Israel adalah tanda-tanda penting bakal munculnya krisis berkepanjangan di kawasan Timur Tengah. 

B. Siapakah ISRAEL?
Siapakah bangsa Israel? Jawaban atas pertanyaan ini sangat penting dalam melakukan analisis terhadap gerakan militer Israel di Palestina. Kalau analisis selama ini lebih banyak berorientasi pada hal-hal politik, maka menempatkan kultur historis sebagai sebuah kerangka analisis yang baru, justru akan menuntun kita menemukan beberapa penjelasan atas sikap keras Israel terhadap Palestina. Kita perlu memahami konflik Israel-Palestina dalam kacamata sosio-historis demi memperoleh gambaran tentang watak dan takbiat sosial bangsa Israel. 

Proses pembentukan bangsa ini bermula di Mesir. Mulanya mereka adalah sebuah bangsa yang berdiri tanpa identitas sebab mereka cuma sekelompok pekerja paksa yang tergabung dalam persamaan nasib di Mesir. Kedatangan mereka ke negara kaya itu bermula dari situasi kelaparan nenek moyang mereka di berbagai wilayah penggembalaan. Atas sebuah kebijakan politik penguasa Mesir yang memihak pada kelompok penggembala ini, akhirnya "bangsa" ini hijrah ke Mesir dan menjadi penduduk urban. Tetapi semakin lama jumlah mereka semakin banyak. Secara geopolitik, mereka menduduki wilayah yang makin luas dan potensial mengancam keutuhan Mesir sebagai sebuah negara merdeka dan berdaulat. 

Perkembangan sosial dan kuantitas yang demikian pesat ini akhirnya membuat pemimpin Mesir mengambil keputusan paling dramatis, yang selanjutnya menjadi titik balik dalam sejarah kehidupan bangsa ini, yaitu memaksa mereka di bawah tekanan politik dan kekerasan militer, menjadi tenaga kerja kasar dan budak gratis untuk proyek pembuatan kota baru dan benteng pertahanan di wilayah Timur Laut Mesir. 

Demikian lamanya mereka berada di dalam perbudakan sehingga generasi terbaru menjadi lupa akan hierarkhisnya. Kelompok demi kelompok sosial yang terbentuk semata-mata akibat persamaan nasib sebagai teman sekerja paksa. 

C. Musa: Pemimpin Baru
Tetapi sesuatu terjadi. Kelompok besar yang semula tanpa identitas ini tiba-tiba mengkristal dalam perlawanan dan bergerak membebaskan dirinya. Mereka bersatu untuk memperjuangkan nasib mereka sebagai sebuah bangsa merdeka yang layak diperlakukan manusiawi dan menentukan nasib sendiri. Kenyataan itu dipicu oleh munculnya seorang pemimpin baru di tengah mereka yang justru berasal dari sistem budaya Mesir. 

Kehadiran Musa sebagai seorang pemimpin baru di kalangan para budak ini menjadi sebuah skandal dalam pemerintahan Mesir. Rupa-rupanya, Musa bukanlah asli keturunan Mesir tetapi seseorang dari pada budak yang diangkat anak, diasuh dan dididik oleh putri Mesir. Munculnya sang pemimpin inipun sangat kontroversial. Dirinya membawa mandat penuh dari YHWH atau disebut Yehweh, ALLAH yang tidak dikenal oleh kelompok ini tetapi ada dan mengasihi mereka, melalui suatu proses "pertemuan" yang aneh dan supranatural di sebuah semak yang menyala. Berkali-kali YHWH membuktikan dirinya kepada Musa sehingga akhirnya dengan berat hati Musa menerima tugas pembebasan tersebut. 

D. Keluar dari Mesir 
Musa kemudian memperkenalkan dirinya kepada kaum budak dan berusaha meyakinkan mereka bahwa dirinya adalah orang yang ditugaskan YHWH untuk satu misi utama, keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi mereka sebab, sejak semua Allah telah memilih mereka. Sempat muncul konflik yang mempertanyakan kredibilitas dan legalitas Musa dan "kasak-kusuk" tentang Allah yang mengutus Musa. Tetapi, toh akhirnya mereka percaya ! Penderitaan yang cukup lama telah membawa mereka dalam suasana pesimisme. Kehadiran Musa adalah jawaban atas pesimisme mereka selama ini yang patut disikapi secara positif. 

Kendatipun dengan susah payah menghadapi watak keras bangsa ini, Allah yang sudah bergaul akrab dengan nenek moyang mereka sejak dahulu, berusaha memperkenalkan diri kepada mereka melalui perantaraan Musa. 

Demikianlah, setelah melalui proses negosisi politik yang amat panjang, dan menimbulkan kerugian material bahkan nyawa di tengah bangsa Mesir (akibat campur tangan Allah), Musa pun memimpin kelompok baru ini keluar meninggalkan Mesir menuju sebuah tanah yang dijanjikan YHWH kepada mereka yaitu tanah Kanaan. 

Keberadaan Allah dalam kehidupan mereka akhirnya menjadi sebuah konsep kepercayaan baru setelah sekian lama mereka mengalami proses akulturasi di Mesir dan bergaul dengan berbagai tatacara penyembahan berhala di sana. Tetapi terbukti sekali, Allah sang pembebas itu telah menjadi kekuatan penolong sepanjang perjalanan keluar dari Mesir. Kebutuhan mereka dijamin (apa yang mereka makan dan minum) dan keselamatan mereka di jaga (terhadap suku-suku asing yang ganas di sepanjang rute perjalanan mereka). Mereka melakukan perjalanan "ziarah" dengan kawalan kuasa YHWH yang maha tahu, maha kuasa dan maha yang lain. 

E. Allah dipihak Israel
Ada dua hal utama yang bisa menjadi kesimpulan kita. Pertama, bangsa ini akhirnya menyadari dirinya berada dalam sebuah rencana Allah yang besar dan mereka membiarkan diri larut dalam rencana itu dalam kapasitas sebagai sebuah yang terpilih. Kedua, keterpilihan mereka adalah progresif. Mereka menjadi sebuah ikon penting bagi genapnya rencana Allah yang panjang. Allah bekerja melalui kehadiran bangsa ini dan bangsa ini menjadi operator lapangan pernyataan Allah di hadapan manusia.

Salah satu momentum paling penting dalam eksodus keluar dari Mesir adalah ketika Allah YHWH itu mengikat diri dengan mereka dalam sebuah komitmen di kaki Gunung Sinai melalui pemberian 10 hukum Allah (The Ten Command Man). Allah yang demikian mengasihi dan mencintai mereka bermaksud menyatakan diri dalam hukum-hukum yang menjadi aturan dasar sebagai umat pilihan Allah yang beradab dan tahu aturan. Sekaligus melalui hukum ini, YHWH ingin memperkenalkan diri sebagai Allah nenek moyang, mengikatkan diri dengan mereka dalam perjanjianNya yang kekal dan memberi bukti awal bahwa Dia telah membawa mereka keluar dari Mesir untuk menjadi umatNya di tanah perjanjian. 

Perjalanan menuju tanah itu hanyalah sebuah track bagi munculnya berbagai pernyataan Allah yang maha kuasa yang telah memilih mereka. Perjalanan itu sekaligus menjadi perjalanan untuk merumuskan kembali identitas mereka menjadi nation pilihan Allah. 

Tentu saja itu bukan perjalanan piknik karena mereka harus melewati gurun, menghadapi tantangan alam yang ganas dan siaga terhadap suku-suku kafir, asing yang bertemu mereka di daerah-daerah tak bertuan. Tetapi Allah yang maha kuasa itu selalu menjadi penolong abadi. Mereka dituntun dengan tiang api pada malam hari dan tiang awan di sing bolong agar tidak tersesat arah. Kebutuhan jasmani mereka terpenuhi. Keselamatan mereka terjamin seratus persen sebab Allah berperang di pihak mereka. Terhadap setiap daerah baru yang hendak ditaklukan, mereka selalu menang. Allah dipihak mereka! 

F. Pembangkangan Sipil (Civil Disobedience)
Tapi persoalan bangsa ini adalah sebuah persoalan klalsik. Allah yang berkali-kali hadir dan membuktikan diriNya itu bukanlah Allah yang mereka kenal. Kuatnya pengaruh budaya kafir di Mesir telah demikian tertanam dalam sistem sosial dan kerohanian mereka. Terpengaruh oleh budaya dan kepercayaan Mesir dan bangsa-bangsa kafir disepanjang perjalanan, mereka berkali-kali melakukan pembangkangan sipil (civil disobedience) terhadap Musa, sang pemimpin dan terlebih juga kepada Allah. Mereka menunjukkan watak dan takbiat mereka yang keras kepala dan gampang terombang-ambingkan. Tidak ada keteguhan hati dalam diri bangsa ini. Tidak ada penyerahan diri yang sifatnya totalitas!

Sepanjang perjalanan keluar dari Mesir menuju Kanaan, di pihak mereka, juga menjadi track catatan perilaku yang amat tidak berkenan dengan Allah. Dinamika sosioologis mereka selalu penuh dengan ketidaktaatan dan konspirasi pengkhianatan terhadap aturan-aturan yang ditetapkan Allah bagi mereka. Tetapi lagi-lagi YHWH demikian mengasihi kelompok ini sebagai sebuah bangsa. 

Mereka hidup dengan bersungut-sungut, tidak puas dengan realitas, tidak mempercayai rencana Allah, melanggar aturan dan menjalin hubungan dengan suku-suku asing yang kafir, menentang dan melawan perintah Allah, akhirnya memperoleh penghukuman dari Allah. Saking hebatnya pola penyimpangan perilaku bangsa ini, Allah akhirnya menghabiskan generasi pertama para pengembara. Hanya generasi keturunan baru dibawah pimpinan Yosua, yang akhirnya diperkenankan memasuki tanah yang dijanjikan tersebut. Itupun terjadi berpuluh-puluh tahun paska eksodus dari Mesir. Kenyataan yang lain, tanah yang dijanjikan itu tidak diberikan begitu saja tetapi direbut dengan darah dan senjata, satu demi satu hingga seluruh bagian wilayah Kanaan habis dibagi menjadi sepenuhnya milik 12 suku bangsa, yang kenal dengan nama Israel. 

G. Penutup
Ada beberapa kesimpulan kita. Pertama, secara sosio-historis bangsa Israel adalah sebuah bangsa pilihan dan mereka sadar betul terhadap posisi ini. Sebagai sebuah bangsa pilihan, konsepnya, Allah selalu dipihak mereka. Ini menimbulkan arogansi mental yang demikian hebat sebagai sebuah bangsa super dan terpilih dengan kekuatan legitimasi Ilahi dalam bersikap dan berhadapan dengan suku bangsa lain. Maka ketika konflik Palestina meletus, muncul arogansi yang sama. Palestina, diduduk-kan sebagai "musuh" yang harus dihadapi atas restu Allah YHWH dalam perjalanan menuju Kanaan Baru. 

Kedua, pengalaman sosio-historis bangsa Israel membuktikan kepada kita bahwa sifat agresor, ekspansi militer, penyerangan dan pendudukan dengan kekuatan senjata, bukan hal baru dalam sejarah nenek moyang Israel. Malah boleh dikatakan, kekuatan bersenjata adalah sebuah identifikasi yang khas dari bangsa Israel. Mereka tidak terbiasa dalam diplomasi dan perundingan yang lama sebab itu sama saja dengan mengulur waktu atau berada dalam posisi tawar. Perjalanan keluar dari tanah Mesir hingga realisasi merebut Kanaan, adalah sebuah bukti perjalanan bersenjata. Sifat agresor sudah ada dalam darah bangsa ini sejak nenek moyang mereka. Mereka sangat pro-aktif melegitimasikan kekuatan dan power yang mereka miliki sebagai bangsa yang terpilih. 

Ketiga, tidak ada kesetiaan di dalam hierarkhis sosiologis dan teologis bangsa ini. Mereka adalah bangsa yang identik dengan sungut-sungut, ketidakpuasan, keras kepala terhadap Musa dan Allah yang menjadi sandaran mereka. Puncaknya adalah pengkhianatan Sina'i, sebuah pengkhianatan terbesar dan spektakuler dalam sejarah umat beragama terhadap Allahnya, yang menjadi pembebas mereka. Allah begitu marah dan berduka karena bangsa Israel menduakan diriNya dengan menyembah berhala, sementara Allah sendiri sedang dalam proses mengikat komitmen melalui Musa di atas puncak Sinai. Pada saat yang sama mereka bergembira ria menyembah lembu emas di lembah Sinai. 

Kita melihat Israel modern sebagai bangsa yang tidak bisa setia dalam ikatan perjanjian apapun. Kepada Allahnya yang menjadi pembebas dan sumber kekuatannya saja mereka berkhianat. Apalagi terhadap segala bentuk ikatan dan perjanjian politik dan diplomasi manusia, tidak bisa menjadi jaminan bahwa bangsa ini patuh seratus persen! Itulah sebabnya, kita tidak perlu heran terhadap ketidakpatuhan Israel dalam perjanjian dan kesepakatan-kesepakatan dalam penyelesaian masalah Palestina. Israel hanya patuh dan setia terhadap dirinya sendiri.

Keempat, perjalanan historis nenek moyang bangsa Israel telah memberikan sebuah track record bagi generasi ke generasi bahwa mereka adalah bangsa yang harus mempertahankan diri. Israel modern menampilkan corak serupa. Mereka adalah bangsa yang tidak aman dan selalu merasa was-was akibat ulahnya masa lalu. Inilah yang menciptakan kekuatiran berlebihan Israel, terhadap Palestina dan bangsa Arab lainnya, sekiranya Israel membiarkan Palestina berdiri sebagai bangsa. Palestina sebagai bangsa yang memang sejak dulu menjadi musuh bebuyutan Israel, tidak boleh berdiri dalam keutuhan dan kedaulatan negara modern, sebab sudah dianggap sebagai ancaman integritas dan kedaulatan kemerdekaan Israel. Apapun sikap dan posisi Palestina, Israel tetap menganggapnya sebagai sebuah ancaman. Itu sebabnya, setiap kali konflik Palestina mereda, kembali tersulut oleh sikap Israel yang selalu berada di dalam posisi tidak aman.

Kelima, kita bukanlah umat Israel. Maka phobia terhadap fenomena Israel dalam kancah politik internasional haruslah menjadi tantangan tersendiri bagi kita, juga sebagai umat Tuhan. Seandainya saya bisa berdialog dengan Tuhan saat ini, hanya ada satu pertanyaan yang saya tujukan kepadaNya, "Tuhan mengapa Engkau memilih bangsa yang seperti ini sebagai umat pilihanMu? Sungguh kasar dan memalukan Engkau? Apakah Engkau memang sedang berencana menghabisi generasi ini menuju Kanaan yang baru? 

*) Sonny Eli Zaluchu, MA - alumnus program pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest Semarang. Versi opini-populer tulisan ini dimuat di Harian Sore Wawasan Semarang tanggal 4 April 2002 halaman 2. Tulisan ini melengkapi analisis teologis penulis terhadap konflik Israel- Palestina. Kontak: zaluchu@indo.net.id

----------------------------------------------------------
Israel
Oleh: Sinang Bulawan
 
 
Saya tidak kaget bila Vatikan mengkritik keras agresi Israel dengan menyebut Gaza sebagai kamp konsentrasi raksasa yang pernah ada di dunia.
 

Saya juga bisa menerima alasan bila Pemerintah Venezuela mengusir Dubes Israel dan seluruh jajaran stafnya keluar dari negara tersebut karena agresi ke Gaza merusak tatanan perjanjian hukum internasional.
 
Saya berpendapat wajar saja bila pemerintah New Zealand melakukan aksi boikot terhadap atlit tenis Israel yang ikut lomba di negara tersebut, dan juga wajar bila pemain basket Israel dilempari saat bermain di Turki.
 
Saya kira sudah sepantasnya bila Serikat Pegawai Pemerintah Kanada mengusulkan boikot kunjungan akademisi Israel untuk datang ke negara tersebut.

 
Saya kira hal yang lumrah bila akhirnya kelompok Hizbullah di Lebanon ikut melibatkan diri dalam pertikaian antara Israel-Palestina.
 
Penilaian saya di atas dan tindakan negara-negara lain di dunia membuktikan bahwa Israel sebenarnya bukanlah semata-mata musuhnya Islam, tetapi musuh kehidupan manusia beradab di muka bumi ini. 
 
Israel atau Israil adalah sebutan bagi Nabi Ya'qub. Bani Israil adalah turunan Nabi Ya'qub yang sekarang dikenal sebagai bangsa Yahudi. Mereka dari awalnya memang sudah diistimewakan oleh Allah SWT, dengan harapan agar mereka memenuhi janji akan menyembah Allah dan tidak akan mempersekutukan-Nya dengan apapun, serta beriman kepada rasul-rasulNya. Salah satu nikmat Tuhan yang diberikan ialah mereka selalu dinaungi awan di waktu mereka berjalan di panas terik padang pasir. Mereka diberi makan Manna dan Salwa yang langsung didatangkan dari surga. Tetapi sayangnya mereka menjadi takabur, mereka hanya akan beriman hanya bila mereka bisa melihat Tuhan dengan seterang-terangnya, dan mereka ingkar terhadap Taurat dengan menjadikan anak lembu sebagai sembahannya. Selain itu mereka juga ingkar terhadap Taurat dengan menukar ayat-ayat di dalamnya sehingga mereka sembunyikan sebagian isi firman bahwa Tuhan akan mengutus sesorang Nabi dari keturunan Ismail yang
akan membangun umat besar di belakang hari, yaitu Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian sudah jelas sekali kalau mereka sejak awalnya sudah termasuk kaum pembangkang, bukan hanya terhadap Nabi Musa, tetapi juga terhadap Allah SWT. Sehingga Allah SWT murka dengan menimpakan azab dari langit berupa sambaran halilintar terhadap mereka. Ini terjadi pada saat Nabi Musa a.s. membawa mereka (Bani Israil) keluar dari negeri Mesir sewaktu lepas dari kejaran tentara Fir'aun. Dimana mereka harus melalui laut Merah sebelah utara. Pada saat menuju tanah yang dijanjikan untuk mereka, tanah Kanaan. Tanah yang dianggap sebagai Palestina sekarang ini.
 
Kita tahu semua bahwa Nabi Ibrahim mempunyai anak yaitu Ishak dan Ismail. Ishak merupakan anak dari isteri pertama, dan hidup dengan meneruskan turunan Yahudi di daerah Yerusalem, atau Palestina sekarang. Sedang Ismail adalah anak Ibrahim dari isteri ke dua yang kemudian diungsikan ke daerah jauh di wilayah padang pasir Selatan yang dikenal sebagai jazirah Arab dan merupakan nenek moyang bangsa Arab, yang melahirkan Nabi Muhammad s.a.w.
 
Dari sinilah mulai adanya pertikaian Palestina dan Israel. Pertama, bangsa Yahudi menuntut akan tanah yang dijanjikan untuk mereka, yang sekarang sudah diduduki oleh bangsa Palestina. Kedua, selain karena bangsa Palestina sebagian besar memeluk Islam, ternyata juga bangsa Yahudi atau Bangsa Israel tidak menyukai Islam karena mereka memandang bangsa mereka adalah kekasih Allah, dan kenabian itu hanyalah hak mereka karena sebagian Nabi berasal dari keturunan mereka. Betapa sakitnya orang Yahudi itu ketika melihat agama Islam dibawa oleh bangsa Arab, bukan bangsa Yahudi.

 
Maka, dengan diam-diam mereka berusaha memadamkan agama Islam. Mula-mula mereka tempuh dengan jalan berdebat, dengan cara ini mereka kira akan dapat menyusupkan rasa sangsi dan ragu ke dalam dada kaum muslimin. Dengan demikian kaum muslimin akan meninggalkan Nabi Muhammad s.a.w. Usaha-usaha ini tidak berhasil, kemudian mereka menempuh dengan jalan kekerasan, keonaran, dan hasutan-hasutan. Termasuk pada jaman Nabi Muhammad sendiri, dimana bangsa Yahudi dari Bani Qainuqa merusak dan ingkar terhadap perjanjian yang dibuat sebelumnya.
 
Jadi jangan salahkan kalau mereka sekarang ingkar terhadap perjanjian perdamaian. Kalau ternyata terhadap perjanjian dengan Allah saja dilanggar apalagi bila hanya perjanjian dengan para nabi. Mereka menginginkan Nabi dari kaum mereka, tetapi Musa mereka lawan, Harun mereka ancam, dan Isa disalib. Sehingga  sebenarnya mereka ini bukan hanya musuh Islam, tetapi juga musuh manusia dalam kehidupan yang beradab. Terlebih-lebih, karena pada dasarnya mereka adalah musuh Allah.
 
Apa sebenarnya inti permasalahan yang terjadi? Kebenaran kaum Yahudi untuk menuntut hak mereka, tetapi di lain sisi mereka tidak menyukai Islam. Bangsa Palestina tertindas, sehingga memicu rasa solidaritas sesama Islam untuk membantu.
 
Sekarang dengan melihat reaksi dunia, ternyata kenyataannya berbeda. Bukan hanya negara Islam saja, tetapi negara-negara lainnya tidak membenarkan akan tindakan Israel untuk melakukan agresi ke Jalur Gaza. Di Sekolah Kehidupan inilah kita menyadari bahwa hati nurani manusia-manusia di dunia yang sebenarnya tidak membenarkan akan tindakan Israel tersebut.
 
Sama dengan hati nurani saya yang menangis ketika menonton film tentang penyiksaan tentara Hitler pada Perang Dunia Ke Dua terhadap kaum Yahudi di kamp-kamp konsentrasi Jerman. 
 

4a.

Re: Isi milist

Posted by: "Susanti" susanti@shallwinbatam.com

Sun Jan 11, 2009 11:04 pm (PST)

wah, anggota baru lagi

Salam kenal juga, saya susan di Batam.
Aslinya sih dari Bandung.
Sudah menikah dan punya dua putri.

Mba Wiwik
Mas Sigid
selamat datang aja...

-sky-

----- Original Message -----
From: sigid widagdo
To: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 12, 2009 11:12 AM
Subject: Bls: [sekolah-kehidupan] Isi milist

salam bahagia semuanya,.....
saya juga murid baru nih, sudah beberapa hari lalu ikutan.
saya lahir dari orang tua jawa dan betawi, sekarang menetap di Palembang besama istri dan dua anak yang lagi lucu-lucunya.
salam kenal mbak wiwik, dan semuanya.

salam
sigid

----------------------------------------------------------
Dari: wiwik widyaningsih <syivana@yahoo.com>
Kepada: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Terkirim: Senin, 12 Januari, 2009 05:43:54
Topik: [sekolah-kehidupan] Isi milist

Selamat pagi, Rekan-Rekan sekalian.... .....

Saya baru gabung di milis ini hari ini.
So, boleh dikasih tau sedikit detail ttg isi milis ini?

Salam,
WIWIK W

Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/

----------------------------------------------------------
Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!

----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg.com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM
4b.

Re: Isi milist

Posted by: "Susanti" susanti@shallwinbatam.com

Mon Jan 12, 2009 2:00 am (PST)

Alhamdulillah, nambah nih murid eska batam [^_^]

Mas Hadi: ternyata kita tak sendiri. Hehe
Yuk, kapan-kapan buat kegiatan offline.

-sky-
----- Original Message -----
From: wiwik widyaningsih
To: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 12, 2009 3:51 PM
Subject: Bls: [sekolah-kehidupan] Isi milist

Saya jg di Batam, Teh Susan........
Wahh, kpn2 bisa silaturahmi yaa......

Salam kenal,
WIWIK W

----------------------------------------------------------
Dari: Susanti <susanti@shallwinbatam.com>
Kepada: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Terkirim: Minggu, 11 Januari, 2009 20:50:42
Topik: Re: [sekolah-kehidupan] Isi milist



wah, anggota baru lagi

Salam kenal juga, saya susan di Batam.
Aslinya sih dari Bandung.
Sudah menikah dan punya dua putri.

Mba Wiwik
Mas Sigid
selamat datang aja...

-sky-

----- Original Message -----
From: sigid widagdo
To: sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com
Sent: Monday, January 12, 2009 11:12 AM
Subject: Bls: [sekolah-kehidupan] Isi milist

salam bahagia semuanya,... ..
saya juga murid baru nih, sudah beberapa hari lalu ikutan.
saya lahir dari orang tua jawa dan betawi, sekarang menetap di Palembang besama istri dan dua anak yang lagi lucu-lucunya.
salam kenal mbak wiwik, dan semuanya.

salam
sigid

----------------------------------------------------------
Dari: wiwik widyaningsih <syivana@yahoo. com>
Kepada: sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com
Terkirim: Senin, 12 Januari, 2009 05:43:54
Topik: [sekolah-kehidupan] Isi milist

Selamat pagi, Rekan-Rekan sekalian.... .....

Saya baru gabung di milis ini hari ini.
So, boleh dikasih tau sedikit detail ttg isi milis ini?

Salam,
WIWIK W

Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/

----------------------------------------------------------
Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!

----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg. com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM

"
----------------------------------------------------------
Apakah saya bisa menurunkan berat badan?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers! "

----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg.com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM
5a.

Hati yang Terperih

Posted by: "muhamad agus syafii" agussyafii@yahoo.com   agussyafii

Sun Jan 11, 2009 11:31 pm (PST)

Hati yang Terperih

By: agussyafii

Malam sudah menunjukkan jam 11. Mamahnya icha datang, bersama icha dan omnya. Mamahnya mengatakan bahwa dirinya menyerahkan icha pada keluarga kami. Kami menyambut dengan bahagia sebab kebahagiaan kami sekeluarga adalah menanti kehadiran Icha dikeluarga kami.

Sejak ayahnya icha meninggal, sang ibu sibuk mencari nafkah. ditengah kesibukannya anak-anaknya diserahkan kepada neneknya. kegiatan diluar rumah anak-anaknya sang ibu tidak pernah tahu.

Dengan mata berkaca-kaca mamahnya bertanya, "Icha, memang mau jadi SPG seumur hidup kayak mamah?" "Kalo Icha sayang mamah, Icha mesti sekolah dengan baik. Mamah tidak bisa membantu Icha belajar." Icha menangis. Mamahnya menangis.

Kasih seorang ibu begitu tulus. Ketulusannya demi kebahagiaan anaknya disetiap tetes air mata sang ibu. saya bisa merasakan getaran kepedihan yang dirasakan mamahnya icha. Kepedihan itu menyengat hati yang terperih.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibubapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. 31:14).

Wassalam,
agussyafii

+++
Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye "Untukmu Ananda." sebuah kampanye pengasuhan anak-anak yatim program Ananda. selanjutnya silahkan kirimkan dukungan dan kepedulian anda kepada "Untukmu Ananda" di 087 8777 12 431 atau di http://agussyafii.blogspot.com

5b.

Re: Hati yang Terperih

Posted by: "Susanti" susanti@shallwinbatam.com

Sun Jan 11, 2009 11:42 pm (PST)

"semoga Allah merahmati mereka yang penuh kasih sayang terhadap sesama. Semoga Allah melapangkan jalan dalam setiap usaha yang mereka kerjakan. Semoga Allah membalas setiap amalan mereka dengan kebaikan dan pahala yang berlipat. Semoga Allah menjauhkan dari mereka halangan, tantangan, dan setiap kesulitan.Amin."

Istiqomah, Mas.

-sky-
----- Original Message -----
From: muhamad agus syafii
To: agussyafii@yahoo.com
Sent: Monday, January 12, 2009 2:17 PM
Subject: [sekolah-kehidupan] Hati yang Terperih

Hati yang Terperih

By: agussyafii

Malam sudah menunjukkan jam 11. Mamahnya icha datang, bersama icha dan omnya. Mamahnya mengatakan bahwa dirinya menyerahkan icha pada keluarga kami. Kami menyambut dengan bahagia sebab kebahagiaan kami sekeluarga adalah menanti kehadiran Icha dikeluarga kami.

Sejak ayahnya icha meninggal, sang ibu sibuk mencari nafkah. ditengah kesibukannya anak-anaknya diserahkan kepada neneknya. kegiatan diluar rumah anak-anaknya sang ibu tidak pernah tahu.

Dengan mata berkaca-kaca mamahnya bertanya, "Icha, memang mau jadi SPG seumur hidup kayak mamah?" "Kalo Icha sayang mamah, Icha mesti sekolah dengan baik. Mamah tidak bisa membantu Icha belajar." Icha menangis. Mamahnya menangis.

Kasih seorang ibu begitu tulus. Ketulusannya demi kebahagiaan anaknya disetiap tetes air mata sang ibu. saya bisa merasakan getaran kepedihan yang dirasakan mamahnya icha. Kepedihan itu menyengat hati yang terperih.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibubapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. 31:14).

Wassalam,
agussyafii

+++
Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye "Untukmu Ananda." sebuah kampanye pengasuhan anak-anak yatim program Ananda. selanjutnya silahkan kirimkan dukungan dan kepedulian anda kepada "Untukmu Ananda" di 087 8777 12 431 atau di http://agussyafii.blogspot.com

----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg.com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM
6.

[ruang keluarga] Kutembak Kau Israel!!

Posted by: "Syafaatus Syarifah" syarifah@gratika.co.id   sya4215

Sun Jan 11, 2009 11:44 pm (PST)

Kami sedang berada di depan layar televisi. Satu-per satu gambar ditampilkan. Seorang wanita dengan dua anak BALITAnya tampak begitu ketakutan. Lalu dua orang BALITA yang sepertinya kakak beradik lari dan bersembunyi di sebuah lorong sempit, keduanya saling berpegangan tangan, masih dengan ekspresi yang sama yaitu ketakutan. Layar berganti, kini nampak seorang bocah perempuan menangis sambil menggigit permen karet yang sudah tipis. Ditangannya terbentang tulisan "Israel the real terorist!".

Gambar dalam layar berganti lagi, nampak kakek tua dengan darah mengucur di wajahnya, berteriak histeris dan mengeluarkan sumpah serapah. Di sebelahnya tampak seorang bapak sedang memompakan alat pernapasan buatan kepada seorang bayi yang sedang sekarat.

Layar berganti lagi. kali ini deretan bocah-bocah tak berdosa yang telah berkain kafan ditampilkan berulang-ulang. Diiringi oleh ilustrasi musik yang menyayat hati. Pemandangan ini menjadi menu sehari-hari kami 10 hari terakhir ini. Pedih memang, tapi kami selalu inign tau bagaimana perkembangan mereka yang ada di Gaza. Makanya ketika di TV ditampilkan perkembangan informasi seputar Gaza kami selalu menontonnya. Tak terkecuali si sulung 4 tahun kami, Mirza.

Kepadanya kami beri tahu bahwa bayi-bayi tak berdosa yang bersimbah darah itu adalah saudara-saudar muslim kita yang ada di Gaza. Kini mereka insya allah gugus sebagi syuhada dan surga menantinya. Mereka gugur karena serangan Israel Laknatullah yang menjajah dan merampas tanah kelahiran mereka.

"Penjahatnya yang mana bun? " tanya Mirza polos.
"Itu yang namanya bangsa Israel, yang nge-bom anak-anak kecil dan ibu-ibu tadi.." jawabku.
"Innalillah... jahat sekali mereka" jawab Mirza serius. Wajahnya menunjukkan kesedihan yang mendalam sebagaimana wajah kami orangtuanya saat itu.

Di televisi masih ditampilkan satu persatu gambar para korban.
Suamiku mendesah, lalu memalingkan mukanya dan menunduk. Tak terasa air mataku menetes deras mengiringi perih hati ini yang seperti tertusuk sembilu.
"Lihat, bunda menangis..." jerit Mirzaku.
Kuusap airmata yang menetes, sambil berkata "Iya, bunda sedih mas.. melihat saudara-saudara kita itu.."
Tiba-tiba Mirza melakukan gerakan yang mengejutkanku. Dia berlari ke tempat mainannya disimpan. Diambilnya sebuah pistol mainan, dengan gayanya yang serius ditekan kokang pistol itu, posisinya menghadap ke televisi. Lalu diapun berseru lantang

"Kutembak kau Israel..kutembak kau Israel...dor..dor..dor"

Aku dan suamiku saling berpandangan. Ya Allah, anak kecil kami... ternyata dia bisa merasakan kesedihan seperti kami.

Dan airmatakupun semakin deras mengucur..

7.

Undangan Silaturahmi Bersama Ananda

Posted by: "muhamad agus syafii" agussyafii@yahoo.com   agussyafii

Mon Jan 12, 2009 12:03 am (PST)

Undangan Silaturahmi Bersama Ananda

Assalamulaikum Wr Wb

"Aku ingin sekolah, bunda. Aku sekolah tinggi agar mamah tidak ngojek lagi " begitulah kata hendrik yang ibunya bekerja sebagai tukang ojek di pasar Ciledug. Hendrik adalah salah satu anak asuh program Ananda, ketika Hendrik masih kecil ayahnya sudah meninggal dunia.

Hendrik memiliki impian sekolah sebagaimana anak-anak lainnya. Itulah sebabnya Program Ananda ingin membantu� hendrik dan teman-temannya untuk bisa sekolah dan belajar dengan baik. kami mengundang teman2 untuk Silahturahmi dengan seluruh keluarga besar Ananda pada:

Hari/tangga; : Sabtu, 24 Januari 2009
Jam��������� :� 14.00 WIB
Tempat������ : Rumah Singgah Ananda
Jl. Suroso Raya no. 6 E, Komplek Peruri, Sudimara Timur,
Ciledug, Tangerang, Banten

Kalau istilah kerennya nih " Tiada kesan tanpa kehadiran kalian" cieeeee....


Untuk konfirmasi kehadiran, silahkan hubungi:

Pungky� : 0818 685 165 (putri_salju92@yahoo.com)
Asih����� : 0817 1129 77 ( redlight_special77@yahoo.com)
Tien����� : 0813 1466 1876 (siku_802000@yahoo.com)

Nabi Bersabda, �Barang siapa yang menanggung makan dan minum (memelihara) anak yatim, sampai Allah SWT mencukupkan dia, maka Allah mengharuskan ia masuk surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak terampunkan� (H.R. Turmudzi).


Wassalam,
agussyafii

+++
Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye "Untukmu Ananda." sebuah kampanye pengasuhan anak-anak yatim program Ananda. selanjutnya silahkan kirimkan dukungan dan kepedulian anda kepada "Untukmu Ananda" di 087 8777 12 431 atau di http://agussyafii.blogspot.com

8a.

Fw: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch s

Posted by: "febty febriani" inga_fety@yahoo.com   inga_fety

Mon Jan 12, 2009 1:18 am (PST)

mengharukan...

salam,
febty

----- Forwarded Message ----
From: Muhammad Rifqi <rifqi@msi.panasonic.co.id>
Sent: Monday, January 12, 2009 5:15:18 PM
Subject: FW: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch story

________________________________

From:erna [mailto: erna @kepsonic.co.id]
Sent: Monday, January 12, 2009 2:21 PM
To: Muhammad Rifqi ; Aceng Syaefudin ; agonk96@yahoo.com; yulistanti_rienz@yahoo.com; dincenk; yelly; mkt@epsindonesia.co.id; ppiceps@epsindonesia.co.id
Subject: Fw: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch story
 
 
----- Original Message -----
 
 

________________________________

 
Maha Besar Alloh...
 

Untuk Sahabat2ku, ini sebuah kisah menyentuh h ati dalam foto yang nyata.
Tuhan itu maha adil dan maha penyayang, Kisah seorang suami istri dalam keluarga yang sangat sederhana, melihat rata2 sosok laki nya itu
bisa dinilai seorang pria yang cukup sempurna terutama dalam penampilannya, tapi dia mempunyai seorang istri yang mempunyai kelainan
dalam fisiknya, dimana wanita tersebut tidak mempunyai kaki sama sekali total dai ujung kaki hingga ujung paha bahkan wanita itu tidak memiliki
sama sekali pinggul (bagian dari pangkal paha hingga batas pinggang), jadi sulit skali bila duduk karena tida memiliki alas dibawah pinggang tsb.,
tapi kebesaran Tuhan tentu lain, wanita tersebit memiliki suami yang cukup ganteng, masih muda dan sangat cukup sempurna mau memiliki dan
mengasihi seorang wanita yang mempunyai cacat fisik bawaan. mereka sekarang dikaruniai dua orang anak yang sangat sempurna dan lucu sekali.
Silahkan anda menyimak satu persatu foto2 keluarga tersebut tentu saya melihatnya dengan h ati sangat haru.

Thanks & Best Regards
Ellia Yudasari
( Purchasing CD-Rom )
===================
PT. Kepsonic Indonesia
Bekasi Int erna tional Industrial Estate
Block C2 No. 1 - 14, Lippo Cikarang
Telp. 021-8972191, ext 155
Fax. 021-8972872
Email : ellia@kepsonic.co.id

 
 
 
   
________________________________

Int erna l Virus Database is out of date.
Checked by AVG.
Version: 8.0.169 / Virus Database: 270.6.7/1628 - Release Date: 8/22/2008 6:32 PM

8b.

Bls: [sekolah-kehidupan] Fw: [milis] salam kenal dan mau tanya tenta

Posted by: "ayu pangestu" ayupangestu_0404@yahoo.co.id   ayupangestu_0404

Mon Jan 12, 2009 4:05 am (PST)

lusa kemarin aku makan cokelat tiktok yang harganya 500,- dengan seksama sebelum aku makan aku perhatiin teliti kemasannya, dan ketika di bagian ujung untuk mneyobeknya aku melihat lambang zionis atau bendera israel, bintang enam, benar enggak sih itu salah satu penyusupan? terus kemasannya identik dengan warna emas? coba diperhatiin terus komentarin deh...........

--- Pada Sen, 12/1/09, febty febriani <inga_fety@yahoo.com> menulis:
Dari: febty febriani <inga_fety@yahoo.com>
Topik: [sekolah-kehidupan] Fw: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch story
Kepada: "milis pembaca anadia" <pembacaanadia@yahoogroups.com>, rongewu_prekk@yahoogroups.com, indo-chiba@yahoogroups.com, nogo_geofisika@yahoogroups.com, "milis" <sekolah-kehidupan@yahoogroups.com>
Tanggal: Senin, 12 Januari, 2009, 4:18 PM

mengharukan...
 
 
salam,
febty

----- Forwarded Message ----
From: Muhammad Rifqi <rifqi@msi.panasonic.co.id>
Sent: Monday, January 12, 2009 5:15:18 PM
Subject: FW: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch story

#yiv71950737 p.MsoNormal
{margin-left:7.5pt;}

From: erna [mailto: erna @kepsonic.co.id]
Sent: Monday, January 12, 2009 2:21 PM
To: Muhammad Rifqi ; Aceng Syaefudin ; agonk96@yahoo.com; yulistanti_rienz@yahoo.com; dincenk; yelly; mkt@epsindonesia.co.id; ppiceps@epsindonesia.co.id
Subject: Fw: [milis] Kasih dan Cinta mengalahkan semuanya.............touch story
 

 

----- Original Message -----

 

 

 

Maha Besar Alloh...

 

Untuk Sahabat2ku, ini sebuah kisah menyentuh h ati dalam foto yang nyata.
Tuhan itu maha adil dan maha penyayang, Kisah seorang suami istri dalam keluarga yang sangat sederhana, melihat rata2 sosok laki nya itu
bisa dinilai seorang pria yang cukup sempurna terutama dalam penampilannya, tapi dia mempunyai seorang istri yang mempunyai kelainan
dalam fisiknya, dimana wanita tersebut tidak mempunyai kaki sama sekali total dai ujung kaki hingga ujung paha bahkan wanita itu tidak memiliki
sama sekali pinggul (bagian dari pangkal paha hingga batas pinggang), jadi sulit skali bila duduk karena tida memiliki alas dibawah pinggang tsb.,
tapi kebesaran Tuhan tentu lain, wanita tersebit memiliki suami yang cukup ganteng, masih muda dan sangat cukup sempurna mau memiliki dan
mengasihi seorang wanita yang mempunyai cacat
fisik bawaan. mereka sekarang dikaruniai dua orang anak yang sangat sempurna dan lucu sekali.
Silahkan anda menyimak satu persatu foto2 keluarga tersebut tentu saya melihatnya dengan h ati sangat haru.

Thanks & Best Regards
Ellia Yudasari
( Purchasing CD-Rom )
===================
PT. Kepsonic Indonesia
Bekasi Int erna tional Industrial Estate
Block C2 No. 1 - 14, Lippo Cikarang
Telp. 021-8972191, ext 155
Fax. 021-8972872
Email : ellia@kepsonic.co.id

 

 

 

 

 

Int erna l Virus Database is out of date.
Checked by AVG.
Version: 8.0.169 / Virus Database: 270.6.7/1628 - Release Date: 8/22/2008 6:32 PM

Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/
9a.

Bls: [sekolah-kehidupan] Isi milist

Posted by: "wiwik widyaningsih" syivana@yahoo.com   syivana

Mon Jan 12, 2009 1:45 am (PST)

Saya jg di Batam, Teh Susan........
Wahh, kpn2 bisa silaturahmi yaa......

Salam kenal,
WIWIK W

________________________________
Dari: Susanti <susanti@shallwinbatam.com>
Kepada: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
Terkirim: Minggu, 11 Januari, 2009 20:50:42
Topik: Re: [sekolah-kehidupan] Isi milist


wah, anggota baru lagi

Salam kenal juga, saya susan di
Batam.
Aslinya sih dari
Bandung.
Sudah menikah dan punya dua putri.

Mba Wiwik
Mas Sigid
selamat datang
aja...

-sky-

----- Original Message -----
From: sigid widagdo
To: sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com
Sent: Monday, January 12, 2009 11:12 AM
Subject: Bls: [sekolah-kehidupan] Isi milist

salam bahagia semuanya,... ..
saya juga murid baru nih, sudah beberapa hari lalu ikutan.
saya lahir dari orang tua jawa dan betawi, sekarang menetap di Palembang besama istri dan dua anak yang lagi lucu-lucunya.
salam kenal mbak wiwik, dan semuanya.

salam
sigid

________________________________
Dari: wiwik widyaningsih <syivana@yahoo. com>
Kepada: sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com
Terkirim: Senin, 12 Januari, 2009 05:43:54
Topik: [sekolah-kehidupan] Isi milist

Selamat pagi, Rekan-Rekan sekalian.... .....

Saya baru gabung di milis ini hari ini.
So, boleh dikasih tau sedikit detail ttg isi milis ini?

Salam,
WIWIK W

Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger .yahoo.com/ invite/

________________________________
Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat.
Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
________________________________

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - http://www.avg. com
Version: 8.0.176 / Virus Database: 270.10.6/1887 - Release Date: 1/11/2009 5:57 PM


Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/
10a.

Re: [catatan kaki] Please help me..., tentang buku nih.

Posted by: "sugali angker" lempoxe@yahoo.com   lempoxe

Mon Jan 12, 2009 1:46 am (PST)



Nyambung lagi
nih....
***



�Kegembiraan dalam sebuah buku cerita anak harus
dilihat dari kaca mata anak-anak tanpa ada pemaksaan masuknya pelajaran atau
nilai moral tertentu�

(Ciptanti Putri)



Secara saya
adalah pustakawan, saya coba mengomentari persoalan buku

bacaan anak berdasarkan yang saya pelajari, yakni perihal pengadaan koleksi.
Ada tiga
pandangan yang berpengaruh dalam hal pengadaan koleksi.

Dua yang ekstrim
dan satu jalan tengah. Pandangan liberal sepenuhnya

menyandarkan
kebijakan pemilihan buku pada keinginan pembaca;

berseberangan
dengan itu, pandangan konservatif menyatakan bahwa

kebijakan sepenuhnya
berdasarkan pada persepsi dan nilai-nilai yang

dianut pengelola
perpustakaan.
Jalan tengah, �saya kira, ini kerap jadi pilihan kita yang
berfalsafah Pancasila =) berpandangan bahwa pengelola perpustakaan perlu memiliki
pedoman mengenai

kebutuhan, kesesuaian,
dan nilai-nilai ideal (sebagaimana ditulis Mbak Aisyah:

yang
menginspirasi, yang menggerakkan, yang mencerdaskan, yang membelajarkan) sekaligus
mengakomodasi keinginan pembaca.
Dalam lingkungan
keluarga ataupun taman bacaan, orang tua ingin anak-anak

membaca buku bermuatan
pesan-pesan moral dan kebajikan sebagaimana yang

dipersepsikan
orang tua atau pengelola taman bacaan. Sedangkan anak-anak lebih

menginginkan
bacaan yang mengasyikkan, yang dapat membuat mereka berimajinasi

sebebas mungkin. Hal
ini perlu dikompromikan. Pendekatan jalan tengah bisa dipakai,

dengan bertanya
pada anak-anak mengenai bacaan seperti apa yang mereka inginkan,

atau persoalan
apa yang mereka minati.

Bisa juga
dicantolkan dengan isu hangat, soal Palestina misalnya.

Anak-anak
bertanya, mengapa orang-orang begitu benci Israel.

Sedangkan orang
tua dapat �menanamkan� nilai-nilai kebajikan

dengan mengadakan
bacaan tentang kerukunan dan keberagaman.

Harapannya, anak-anak
tidak serta-merta mewarisi kebencian yang

turun-temurun,
yang seringkali bahkan tidak dipahami oleh orang dewasa.

Partisipasi anak dalam
memilih bacaan juga adalah kesempatan melatih

mereka berpikir
kritis. Anak-anak dibiasakan menilai mana buku yang

bagus dan
menyenangkan, mana yang jelek dan membosankan.

Dugaan saya, bila
anak-anak tidak pernah diberi kesempatan memilih,

di kemudian hari mereka
akan menjadi pembeli buku yang tidak selektif,

hanya menjadi
penumpuk buku yang ternyata tidak sesuai kebutuhan.
Pengadaan yang berarti
pula pembaharuan koleksi, sangatlah penting.

Catatan pengalaman
para pengelola taman bacaan anak, seperti 1001Buku,

membuktikan bahwa
merosotnya minat anak datang kembali ke taman bacaan,

karena ketiadaan koleksi
baru. Kenyataan tersebut sekaligus mencerminkan

bahwa sesungguhnya
anak-anak lahap membaca, bukan?
Bacaan yang terlalu
menggurui sering disinggung oleh beberapa penulis.

Tidak jarang, tudingan
diarahkan pada proyek pengadaan buku Inpres era

Orba yang dinilai
memaksakan nilai-nilai yang �dianggap� ideal dalam

rangka pembangunan
manusia seutuhnya....ckk...ckk..ckk...

Berdampingan dengan
itu, kenyataan dunia industri perbukuan

kita juga
dibanjiri oleh bacaan anak yang adalah terjemahan.
Menurut J. Drost,
�Lebih baik sediakan buku-buku yang sesuai

dengan selera
mereka, bukan menurut selera orang tua...

lebih baik
sediakan buku terjemahan yang digemari

anak-anak dari
pada buku asli yang mereka tolak.�
Pernyataan itu,
bagi saya, lebih mengarahkan kita agar memilah bacaan

mana yang cocok dan
disukai anak, tanpa perlu mengikutsertakan sentimen

karya penulis dalam
negeri ataukah terjemahan karya penulis asing.

Bukankah banyak juga
tokoh-tokoh negeri kita yang dibesarkan oleh

karya Karl May dan
H.C. Andersen, tanpa kemudian melunturkan

kecintaan yang
besar pada bangsa sendiri.

***

Semoga
bermanfaat.

o�Subhan�o

www.tokohtokoh.blogspot.com

www.pustakawan-ngeblog.blogspot.com





Diinspirasi oleh:



Alfons Taryadi.

Menyoal Buku
Bacaan Remaja.

Matabaca, Vol. 1,
No.4, November 2002.



Sybil
Wettasinghe.

Pertama Kali Aku
Mengenalmu...

Matabaca, Vol. 1,
No. 6, Januari 2003



Ciptanti Putri.

Buku Cerita Anak:
Dulu, Kini, Dan Yang Akan Datang.

Matabaca, Vol. 1,
No. 8, April 2003



Ciptanti Putri.

Memahami Genre
Buku Cerita Anak.

Matabaca, Vol. 2,
No. 1, September 2003.



Donny Anggoro.

Cerita Anak dan
Kesepian Pembaca.

Matabaca, Vol. 3,
No. 4, Desember 2004.



Jamal T.
Suryanata.

Sastra Anak dalam
Dunia Perbukuan Kita.

Matabaca, Vol. 3,
No. 4, Desember 2004.

11.

[puisi]KEPADA PEREMPUAN PALESTINA

Posted by: "Susanti" susanti@shallwinbatam.com

Mon Jan 12, 2009 1:55 am (PST)



KEPADA PEREMPUAN PALESTINA

Aku tercekat,
untukmu segerobak puisi
di sini, di dalam sebuah ruang yang kunamai nurani

yang kutahu hanya cerita, berita,
melihatmu di layar kaca,
menghayati pedihmu tika kau kehilangan jundi lewat aksara

apa yang aku bisa? teriakku pada udara
maka, inilah yang tercipta.

-sky-
12.

[ruang lobby] Salam kenal!!

Posted by: "Nataya" aryadni_nataya@yahoo.com   aryadni_nataya

Mon Jan 12, 2009 3:39 am (PST)

Halo,

saya Nataya. Baru gabung nih. Salam kenal.

The Curious Nataya

Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

John McEnroe

on Yahoo! Groups

Join him for the

10 Day Challenge.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: