Selasa, 29 Juni 2010

[FISIKA] Digest Number 3057

Messages In This Digest (4 Messages)

1a.
Re: tanya tentang kutub utara bumi From: Ma'rufin Sudibyo
1b.
Re: tanya tentang kutub utara bumi From: Haryo Sumowidagdo
2a.
Bls: [FISIKA] Re: tanya tentang kutub utara bumi From: Andreas Sunioto
3.
parameter akustik From: Zakiul Fuady

Messages

1a.

Re: tanya tentang kutub utara bumi

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Mon Jun 28, 2010 10:33 am (PDT)



Sekedar menambahkan saja dari penjelasan pak Haryo.

Betul, arah mata angin USBT itu dibentuk dengan konsepsi pengamat memandang permukaan Bumi adalah datar, bukan melengkung sebagai bola. Dalam astronomi, ini merupakan bagian dari tata koordinat horizon, salah penggambaran sikap suatu benda langit dalam bentuk yang paling sederhana dan paling mendasar, namun sekaligus paling tak aplikatif guna memandang keseluruhan bola Bumi dalam satu perspektif, mengingat tata koordinat horizon berubah seiring dengan perubahan lintang/bujur dan waktu.

Dalam tata koordinat horizon, arah mata angin dinyatakan secara kuantitatif (dinyatakan dalam angka) sebagai besaran azimuth yang merupakan satu lingkaran penuh. Arah Utara misalnya, merupakan azimuth 0 (nol) atau 360. Timur = 90, Selatan = 180 dan seterusnya. Ini berlaku di semua tempat, tak peduli meski di kutub utara atau kutub selatan sekalipun.

So, andai pengamat berdiri tepat di kutub utara Bumi, maka ia tetap memandang lingkungan di sekelilingnya dalam perspektif tata koordinat horizon sehingga tetap memiliki lingkaran azimuth. Dari kutub utara, azimuth 0 (alias "Utara") menghadap ke ujung timur Russia berdekatan dengan Selat Bering, azimuth 90 (alias "Timur") mengarah ke Siberia, azimuth 180 (alias "Selatan") mengarah ke kepulauan Inggris Raya dan azimuth 270 (alias "Barat") mengarah ke Canada. Maka di sini pun arah - arah mataangin itu tetap berlaku.

Jadi kutub-kutub Bumi tak memiliki satu keistimewaan dalam hal arah mata angin. Kita bisa melihatnya pada satu kondisi ekstrim : saat Matahari tak pernah terbenam di kutub utara Bumi (yang mencapai kulminasinya pada 21 Juni setiap tahun). Pada tanggal tersebut, kita akan menyaksikan Matahari yang tak pernah tenggelam (alias midnight sun, karena bahkan di "tengah malam" pun Matahari tetap nampak) namun dari jam ke jam Matahari memiliki nilai azimuth yang berbeda-beda sehingga dalam 24 jam Matahari sudah menempuh satu lingkaran azimuth penuh dan seolah-olah berputar mengelilingi kita di kutub utara. Apa yang membuat kutub utara Bumi istimewa, adalah karena ini salah satu tempat di Bumi yang bebas memilih zona waktunya karena semua garis bujur Bumi (yang menentukan pembagian2 waktu) berkumpul di sini.
   
Jangan kacaukan kutub utara Bumi dengan kutub utara magnetik. Alias, jangan pernah mengandaikan kita bisa mengandalkan kompas kita (yang terbuat dari magnet itu) di kutub utara. Jarum kompas hanya mengarah ke kutub utara magnetik Bumi dan antara kutub utara magnetik ini dengan kutub utara Bumi tidak berimpit/berada dalam satu tempat. Sehingga jika kita menggunakan kompas di kutub utara Bumi, maka jarum kompasnya sebenarnya mengarah ke barat daya mengingat kutub utara magnetik Bumi berada pada jarak 6.000 km ke barat daya dari kutub utara Bumi.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@gmail.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Sun, June 27, 2010 3:30:47 PM
Subject: [FISIKA] Re: tanya tentang kutub utara bumi

 

Jawaban pendeknya: Pertanyaan sendiri tidak valid, dan kalau ada jawaban yang diberikan, jawabannya sendiri tidak akan berguna (atau hanya akan memancing debat kusir yang tidak akan berakhir).

Lebih baik kita lupakan pertanyaan itu dan langsung memandang Bumi sebagai sebuah bola. Dengan memandang bumi sebagai sebuah bola, anda tidak perlu menggunakan orientasi utara-selatan-barat-timur di kutub utara, sehingga pertanyaan tersebut pun tidak perlu dijawab.

Alasannya cukup panjang: Definisi arah Utara-Selatan-Barat-Timur (USBT) merupakan definisi yang berlaku dan berguna dalam bidang datar. Karena jari-jari bumi sangat besar, pada umumnya untuk sebuah peta daerah yang ukuran panjang/lebarnya relatif kecil dari jari-jari bumi, definisi USBT ini berlaku, karena kita bisa memandang sebagian kecil dari permukaan bumi sebagai bidang datar.

Namun Bumi pada kenyataanya adalah sebuah bola, dan problem untuk menggambarkan sebuah bola (Bumi) pada bidang datar (peta/atlas) adalah adanya titik-titik extrem/singular yang tidak bisa digambarkan, alias definisi USBT ini tidak berlaku. Dalam konvensi garis lintang dan bujur yang biasa digunakan, dua titik tersebut adalah kutub utara/selatan yang menjadi acuan untuk mendefinisi USBT di titik-titik lain di permukaan bumi.

Topik ini dibahas lebih lanjut dalam geodesi/perpetaan dan geometri terutama topologi.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, A Lukman Hakim <goldemas2006@...> wrote:
>
> assalamualaikum,
> saya punya pertanyaan di dalam pikiran saya sejak kecil,
> "ketika kita berdiri tepat di wilayah kutub utara bumi, menghadap kemanakah kita saat itu?
> bayangan saya sih depan saya selatan, belakang saya selatan, kanan saya selatan, kiri saya selatan. apakah benar semua selatan?"
> mohon rekan2 di milis fisika ini berkenan memberikan pencerahan.
> terimakasih.
>
> Wassalam,
>
>  
> A Lukman Hakim,
> ----------------------------------------------------------
> http://usi.fsaintek.unair.ac.id/ ; http://canvascentre.com.au ; http://fsaintek.unair.ac.id
>

1b.

Re: tanya tentang kutub utara bumi

Posted by: "Haryo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Mon Jun 28, 2010 10:44 pm (PDT)





--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Ma'rufin Sudibyo <marufins@...> wrote:
>
> Sekedar menambahkan saja dari penjelasan pak Haryo.
>
> Betul, arah mata angin USBT itu dibentuk dengan konsepsi pengamat memandang permukaan Bumi adalah datar, bukan melengkung sebagai bola. Dalam astronomi, ini merupakan bagian dari tata koordinat horizon, salah penggambaran sikap suatu benda langit dalam bentuk yang paling sederhana dan paling mendasar, namun sekaligus paling tak aplikatif guna memandang keseluruhan bola Bumi dalam satu perspektif, mengingat tata koordinat horizon berubah seiring dengan perubahan lintang/bujur dan waktu.
>
> Dalam tata koordinat horizon, arah mata angin dinyatakan secara kuantitatif (dinyatakan dalam angka) sebagai besaran azimuth yang merupakan satu lingkaran penuh. Arah Utara misalnya, merupakan azimuth 0 (nol) atau 360. Timur = 90, Selatan = 180 dan seterusnya. Ini berlaku di semua tempat, tak peduli meski di kutub utara atau kutub selatan sekalipun.
>
> So, andai pengamat berdiri tepat di kutub utara Bumi, maka ia tetap memandang lingkungan di sekelilingnya dalam perspektif tata koordinat horizon sehingga tetap memiliki lingkaran azimuth. Dari kutub utara, azimuth 0 (alias "Utara") menghadap ke ujung timur Russia berdekatan dengan Selat Bering, azimuth 90 (alias "Timur") mengarah ke Siberia, azimuth 180 (alias "Selatan") mengarah ke kepulauan Inggris Raya dan azimuth 270 (alias "Barat") mengarah ke Canada. Maka di sini pun arah - arah mataangin itu tetap berlaku.

Pak Marufin, kelihatannya definisi ini memerlukan referensi arah 0 yakni Utara. Apakah ada perjanjian / konvensi tertentu mengenai arah manakah yang menjadi acuan arah "Utara Lokal" dalam koordinat horizon? Dari diskusi di atas tampaknya yang mejadi acuan adalah garis 180 BT/BB.

Pada posisi di luar kutub, referensi ini bisa diambil dari arah utara geografis lokal (searah garis bujur/longitude). Namun di titik-titik kutub, situasinya simetris (karena seluruh garis bujur bertemu di kutub). Kecuali kondisi rotational symmetry ini di-rusak dengan memilih salah satu arah, kita tidak bisa mendefinisikan sistem koordinat horizon (atau lokal).

2a.

Bls: [FISIKA] Re: tanya tentang kutub utara bumi

Posted by: "Andreas Sunioto" asunioto@yahoo.com

Mon Jun 28, 2010 6:18 pm (PDT)



Mereka yang tinggal di daerah kutub, itu suatu hal yang biasa. Sama seperti hal nya kita tinggal di Jakarta tidak setiap saat kita keluar rumah dan mengamati matahari lagi di Barat atau di Timur.

Kalau di Jakarta kita bisa melihat matahari tepat di atas kepala kita, maka di kutub melihat matahari nya agak mendatar. Dan pada musim panas nya bisa melihat matahari lebih dari 20 jam, kalau pada titik pusat Kutub ya 24 jam. demikian juga kebalikan nya pada musim dingin nya

Jadi kalau orang kutub utara (yang tinggal tidak tepat di titik pusat nya) mau ke utara ya arah nya menjauhkan dari matahari, kalau mau ke barat ya ke sebelah kiri (kalau menghadap ke utara)

Wassalam,

Andreas Sunioto

 

________________________________
Dari: A Lukman Hakim <goldemas2006@yahoo.com>
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Sen, 28 Juni, 2010 13:34:22
Judul: Re: [FISIKA] Re: tanya tentang kutub utara bumi

 
terimakasih atas pencerahannya. sebenarnya yang tetap jadi ganjalan dalam pikiran saya adalah bagaimana orang yang tinggal diwilayah pusat kutub utara mengenali Utara-Selatan- Barat-Timur (USBT) dalam kenyataan sehari2, itu saja.

A Lukman Hakim,
------------ --------- --------- --------- --------- --------- --------- --------- --------- --------- --------- ---
http://usi.fsaintek .unair.ac. id/ ; http://canvascentre .com.au ; http://fsaintek. unair.ac. id

--- On Sun, 6/27/10, Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@ gmail.com> wrote:

>From: Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@ gmail.com>
>Subject: [FISIKA] Re: tanya tentang kutub utara bumi
>To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
>Date: Sunday, June 27, 2010, 2:30 AM
>
>

>
>Jawaban pendeknya: Pertanyaan sendiri tidak valid, dan kalau ada jawaban yang diberikan, jawabannya sendiri tidak akan berguna (atau hanya akan memancing debat kusir yang tidak akan berakhir).
>
>Lebih baik kita lupakan pertanyaan itu dan langsung memandang Bumi sebagai sebuah bola. Dengan memandang bumi sebagai sebuah bola, anda tidak perlu menggunakan orientasi utara-selatan- barat-timur di kutub utara, sehingga pertanyaan tersebut pun tidak perlu dijawab.
>
>Alasannya cukup panjang: Definisi arah Utara-Selatan- Barat-Timur (USBT) merupakan definisi yang berlaku dan berguna dalam bidang datar. Karena jari-jari bumi sangat besar, pada umumnya untuk sebuah peta daerah yang ukuran panjang/lebarnya relatif kecil dari jari-jari bumi, definisi USBT ini berlaku, karena kita bisa memandang sebagian kecil dari permukaan bumi sebagai bidang datar.
>
>Namun Bumi pada kenyataanya adalah sebuah bola, dan problem untuk menggambarkan sebuah bola (Bumi) pada bidang datar (peta/atlas) adalah adanya titik-titik extrem/singular yang tidak bisa digambarkan, alias definisi USBT ini tidak berlaku. Dalam konvensi garis lintang dan bujur yang biasa digunakan, dua titik tersebut adalah kutub utara/selatan yang menjadi acuan untuk mendefinisi USBT di titik-titik lain di permukaan bumi.
>
>Topik ini dibahas lebih lanjut dalam geodesi/perpetaan dan geometri terutama topologi.
>
>--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, A Lukman Hakim <goldemas2006@ ...> wrote:
>>
>> assalamualaikum,
>> saya punya pertanyaan di dalam pikiran saya sejak kecil,
>> "ketika kita berdiri tepat di wilayah kutub utara bumi, menghadap kemanakah kita saat itu?
>> bayangan saya sih depan saya selatan, belakang saya selatan, kanan saya selatan, kiri saya selatan. apakah benar semua selatan?"
>> mohon rekan2 di milis fisika ini berkenan memberikan pencerahan.
>> terimakasih.
>>
>> Wassalam,
>>
>>  
>> A Lukman Hakim,
>> ------------ --------- --------- --------- --------- --------- -
>> http://usi.fsaintek .unair.ac. id/ ; http://canvascentre .com.au ; http://fsaintek. unair.ac. id
>>
>
>

3.

parameter akustik

Posted by: "Zakiul Fuady" elzacky88@gmail.com   zakiulfuady

Mon Jun 28, 2010 6:21 pm (PDT)



salam

saya ingin sedikit bertanya kepada rekan2 milis fisika. dalam suatu
pengukuran akustik pada sebuah auditorium. bagaimana cara kita
menggunakan persamaan sabine. sedangkan permukaan dinding dan plafon
berbeda bahan materialnya. dan bagaimana kita mencari arah distribusi
energi bunyinya.,

terima kasih

--
============================
Zakiul Fuady
YM: zakiulfuady
blog: http://elzacky.wordpress.com/

Recent Activity
Visit Your Group
Stay on top

of your group

activity with

Yahoo! Toolbar

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Learn about issues

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

Tidak ada komentar: