Rabu, 30 Juni 2010

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3115

sekolah-kehidupan

Messages In This Digest (8 Messages)

Messages

1a.

[CatCil] Setiap Wanita adalah Cantik Adanya

Posted by: "Sugeanti Madyoningrum" ugikmadyo@gmail.com   sinkzuee

Tue Jun 29, 2010 9:32 am (PDT)



Setiap Wanita adalah Cantik Adanya
By Ugik Madyo

Setahun yang lalu. Seorang teman berdiri tegak dihadapan saya.
"Aku cantik kan Gik? Aku gak gendut kan?" Saya hanya terdiam
memandangnya. Bagi saya dia adalah sosok yang menawan. Wajah manis
dengan tubuh berisi tapi bukan gendut. Bagi saya tidak ada manusia
gendut, hanya lebih berisi saja dari ukuran proposional. Saya enggan
untuk menggunakan label negative pada seseorang. Dia adalah wanita
matang yang selalu ceria dan energik. Senyum tak pernah lepas dari
wajahnya. Kulitnya sawo matang dipadu dengan wajah bulat yang njawani,
yang membuat dia semakin eksotik.
"Kamu itu nggak cantik. Tapi mempesona." Saya menariknya ke cermin
besar. Menariknya dan memperlihatkan kecantikannya. Dia tetap saja
menyangkal. Yang pipi tembem lah. Hidung besar lah dan banyak lagi.
saya tidak menyalahkan sahabat saya ini. Dia baru saja di tolak mantan
calon suaminya. Dengan alasan dia gendut dan tidak putih. Meski saya
tahu bagaimana remuk redam hatinya. Tapi saya sangat bahagia mereka
tidak jadi menikah. Sahabat saya tak layak mendapatkan pria seperti
itu. Seornag pria yang hanya menilai seseorang hanya dari kulit
luarnya saja. meski saya harus bersusah payah membangkitkan
kepercayaan dirinya yang jatuh puluhan derajat di bawah nol. Selama 1
tahun dia berjuang, hingga dia bisa berdiri tegak dengan kepercayaan
diri penuh seperti sedia kala.
Saya tidak menyangka hanya karena 2 kata itu. Saya melihatnya
terperosok dalam jurang rendah diri yang dalam dan tak berujung. Saya
saksi hidup yang melihatnya berjuang. Sedikit demi sedikit dia mulai
membangun kepercayaan diri. Meski beberapa kali saya melihatnya jatuh
tersuruk. Dia menatap saya dan berbicara dengan keras. Dia diet dan
olah raga mati-matian serta melakukan berbagai perawatan wajah. Namun
tetap saja dia merasa masih tetap gemuk dan tidak cantik. Saya merasa
ngeri dengan apa yang dia lakukan. Dia menjadi sosok yang sangat tidak
menawan. Saya seperti melihat boneka hidup. Seperti seonggok tubuh
dengan daging tanpa ada aliran kehidupan didalamnya. Tidak ada cahaya
sama sekali dalam dirinya. Dia menjadi terobsesi dengan tubuhnya.
Saya merindukan sosoknya yang dulu. Yang selalu ceria dan mempesona.
Yang selalu bersinar dengan senyuman yang tak pernah hilang. Dia
terlalu sibuk dengan jadwal senam, pil-pil pelangsing dan juga urusan
salon dan make up. Saya selalu tak berhenti memanjatkan doa, agar dia
kembali seperti dulu. Untunglah tidak sampai 1 bulan kemudian doa saya
terjawab. Kami sedang kencan di Zangrandi. 2 porsi ice cream kesukaan
kami ada di depan mata. Saya agak kaget waktu dia mengajak makan ice
cream. Apa kabar diet? Dia hanya tersenyum.
"Meskipun aku kurus dan cantik. Gak jaminan dia bakal kembali ke aku.
Oke lah. Meski aku kurus dan cantik. Kalau misalnya nih… nauzumindalik
yah. Aku kecelakaan trus cacat, gak bisa jalan. Apa dia akan tetap
bersamaku? Aku ragu. Aku dalam kondisi sehat dan tanpa cacat saja dia
masih belum menerima aku sepenuhnya. Cantik atau gemuk itu kan hanya
urusan selera. Perspektif saja. belum tentu orang lain akan
berpendapat sama." Saya ingin berteriak dan memeluknya erat-erat.
She's back. Huaa andai saja ini bukan di tempat umum. Yang bisa saya
lakukan hanya menggenggam tangannya dan mempersembahkan senyuman
paling manis yang saya punya hehe.
Beberapa bulan berselang. Allah menunjukkan kasih sayangnya pada umat
yang selalu penuh cinta itu. Dia yang gemuk, tidak putih dan tidak
cantik. Dia yang setelah diet mati-matian tapi tetap saja gemuk. Telah
dipinang oleh seorang yang nyaris sempurna luar dalam. Ternyata Allah
sengaja menyingkirkan lelaki itu agar sahabat saya tercinta ini bisa
dipersandingkan dengan yang lain. Sangat jauh berbeda dari lelaki yang
sudah menolak sahabat saya itu. Saya tahu bahwa setiap manusia tidak
ada yang sempurna. Tapi biarkan saja hanya sedikit ketidak sempurnaan
yang dimiliki suaminya.
Saya terperajat ketika mengetahui bahwa sang suami telah lama menaruh
hati pada sahabat saya. Tapi ada beberapa hal yang membuat beliau
menunda untuk melamar. Dengan sabar dan perasaan cemas beliau menunggu
saat yang tepat untuk mengajukan lamaran. Allah Maha Berkehendak. Yang
buruk digantikan dengan yang lebih baik. Sesuatu yang seakan indah
dihapuskan lalu diganti dengan yang jauh lebih indah.
"Tahu gak? Suami gak suka klo aku kurus hihihi." Saya hanya bisa
tertawa. Hati saya riang bukan kepalang. Sahabatku, sudah selayaknya
engkau mendapatkan anugerah indah ini. Kesabaranmu berbalas tunai saat
ini. Seperti mimpi rasanya. Seperti cerita sebuah novel romantis. Tapi
ini adalah benar adanya. Sebuah keajaiban yang datang setelah banjir
air mata yang tiada henti.
Tak peduli apakau kau gendut, berkulit hitam ataupun merasa
tidak cantik. Yakinlah bahwa diluar sana. Ada seseorang yang selalu
merindukanmu dan tak sabar untuk segera menjemputmu. Dia yang selalu
melihatmu dari jauh dan menunggu dengan sabar hingga saatnya tiba. Dia
yang selalu menyematkan namamu dalam setiap doa-doanya. Dia yang
selalu menempatkan dirimu sebagai prioritas. Dia yang menempatkan
kebahagianmu sebagai impiannya. Dia yang sudah disiapkan oleh Allah,
untuk menemanimu. Seumur hidupmu. Dia yang akan melengkapi segala tawa
dan tangismu. Dia yang selalu menunggu senyuman di wajahmu. Karena kau
harus tahu. setiap wanita adalah cantik adanya. Bagi dia, engkau
wanita yang paling cantik. Meski bagi yang lain tidaklah demikian.

--
Ugik Madyo
http://ugik.multiply.com
Toko buku online => http://bukuucha.blogspot.com

1b.

Re: [CatCil] Setiap Wanita adalah Cantik Adanya

Posted by: "Siwi LH" siuhik@yahoo.com   siuhik

Tue Jun 29, 2010 7:33 pm (PDT)



untuk tulisan ini aq hanya bisa ........tepuk tangan!.......

melted saya mbacanya....keren pisannnn, dan saya padamu mbak ugik....!

*menjura.....sy akan bilang ke semua teman wanita sy mereka semua cantiq dengan versi masing-masing.
Salam Hebat Penuh Berkah
Siwi LH
cahayabintang. wordpress.com
siu-elha. blogspot.com
YM : siuhik

________________________________
From: Sugeanti Madyoningrum <ugikmadyo@gmail.com>
To: sekolah-kehidupan <sekolah-kehidupan@yahoogroups.com>
Sent: Tue, June 29, 2010 11:32:03 PM
Subject: [sekolah-kehidupan] [CatCil] Setiap Wanita adalah Cantik Adanya

Setiap Wanita adalah Cantik Adanya
By Ugik Madyo

2.

(CATCIL) Motivasi Dari Putri Aurora

Posted by: "Ramaditya Skywalker" ramavgm@gmail.com

Tue Jun 29, 2010 4:13 pm (PDT)



"If you get into something very difficult, just stick to it and never
find an easy way out!" Begitulah kira-kira kalimat bijak yang saya
tangkap saat nonton salah satu film karya Walt Disney, Princess
Enchanted Tales - Follow Your Dreams. Kalimat itu diucapkan oleh salah
satu tokoh Disney yang sangat terkenal, Putri Aurora. Kalau kita tarik
maknanya, kira-kira seperti ini bunyinya, "Jika kita berhadapan dengan
kesulitan, tetaplah maju dan jangan menempuh jalan pintas!"

Lewat film yang dirilis tahun 2007 ini, saya menyaksikan beberapa
cerita pendek di mana putri-putri yang pernah tampil dalam film Walt
Disney berhadapan dengan masalah hidup mereka masing-masing. Masalah
hidup mereka, boleh jadi, disajikan secara sederhana dan kocak,
mengingat sebagian besar konsumen Walt Disney adalah anak-anak dan
keluarga. Namun, dari film ini, kita bisa menarik makna yang begitu
besar.

Saya akan ambil cerita pendek yang membuka film tersebut, di mana
tokoh utamanya adalah yang memotivasi saya, Putri Aurora. Di bagian
ini, Putri Aurora diberi tugas oleh ayahnya untuk mengurus istana
selama beliau pergi bertugas. Ini tentu sebuah tanggungjawab besar
yang tidak mudah untuk dilakukan, tapi Putri Aurora menyetujui dan
jadilah ia mengurus seluruh kegiatan di istana.

Mulanya semua terasa begitu mudah, hingga lambat laun masalah yang
harus diurus Putri Aurora bertambah banyak dan sulit. Nah, di sinilah
Putri Aurora sempat "mengambil jalan pintas" dengan menggunakan
tongkat sihir yang dipinjamkan kepadanya untuk menyelesaikan
masalahnya.

Ya! Dengan sihir semuanya kelihatan begitu mudah. Mau ini tinggal
sulap, mau itu tinggal bim salabim. Semua jadi gampang dan sepele.
Tapi, apakah itu jadi menggampangkan masalah Putri Aurora? Ternyata
tidak! Bukannya beres, isi istana malah jadi kacau balau!

Akhirnya, Putri Aurora memutuskan untuk menyelesaikan masalahnya
dengan kemampuannya sendiri, seperti apa yang dilakukannya sebelum
dipinjami tongkat sihir. Memang sulit, tapi karena Putri Aurora tidak
menyerah, maka ia pun berhasil menunaikan tanggung jawabnya.

Nah, bukankah cerita pendek ini adalah penggambaran hidup kita?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tak pernah luput dari yang namanya
masalah, dari yang paling sederhana sampai yang bikin kita merana.
Manusia pun berusaha menyelesaikan masalahnya dengan dua cara: lurus
dan selingkuh.

Apa maksudnya?

Cara lurus, adalah menyelesaikan masalah sesuai pedoman agama dan
norma hidup. Sedangkan cara selingkuh, adalah menyelesaikan masalah
dengan main curang dan menghalalkan segala cara.

Contoh paling sederhana adalah saat kita ujian sekolah. Kita
dihadapkan pada kesulitan berupa persoalan ujian yang harus kita
selesaikan. Kalau kita menempuh cara lurus (the hard way), maka kita
harus belajar sungguh-sungguh dan mengerjakan soal ujian dengan jujur.
Kalau kita menempuh cara selingkuh (the easy way), kita memang tak
perlu belajar keras dan jadilah "halal" bagi kita untuk mencontek.

Nah, sekarang kita lihat hasilnya.

Boleh jadi yang "the easy way" akan meraih hasil lebih baik, tapi
tentu saja cara seperti itu tak akan berkah dan tak akan memberikan
kebahagiaan batin.

Kalau kita tempuh yang "the hard way," boleh jadi kita bakal kepayahan
dan hasilnya tak semaksimal yang "the easy way," tapi kita akan
merasakan kebahagiaan batin dan tentu saja ini adalah langkah yang
diberkahi. Selain itu, bisa jadi kita pun dapat melampaui hasil yang
diperoleh lewat "the easy way," lho!

Nah, kiranya itu contoh yang bisa saya berikan. Mengingat ini adalah
film sederhana, maka saya berikan contoh yang sederhana juga. Pesan
Putri Aurora ini sebenarnya dapat kita jabarkan lebih detail dan
kompleks lagi, but that's it for now.

Lalu, apa yang membuat saya yakin kalau apa yang dilakukan Putri
Aurora juga dapat saya amalkan?

Karena Allah berfirman: "Aku tak pernah memberikan ujian yang melebihi
kemampuan hambaku."

--
"Ramaditya Skywalker: The Indonesian Blind Blogger"

- Eko Ramaditya Adikara
http://www.ramaditya.com

3.

Mind-Therapy : Menaklukkan EGOIS

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Tue Jun 29, 2010 4:14 pm (PDT)



Menaklukkan EGOIS

By Rahmadsyah Mind-Therapist

Assalamu'alaikum wr.wb

Semoga surat elektronik ini menyapa shahabat penuh dalam damai, Cinta dan
Kasih Sayang. Sehingga ia menjadi pengikat tali silaturahim antara kita
bersama. Saya mendoakan, mudah-mudahan, shahabat yang saat ini gundah,
sedih, kecewa, marah dan sakit hatinya. Segera Allah rubah dengan Kasih
Sayang Ar-Rahman Ar-Rahim, menjadi kebahagiaan yang amat mengagumkan.

Sebelum saya melanjutkan note ini. Terlebih dahulu, ingin saya perjelas,
makna kata* EGOIS* yang saya maksud. Egois *(perasaan enggan, gengsi, berat
hati, tidak mau untuk memulai atau mendahului komunikasi, dengan seseorang.
Karena menganggap, dia duluan yang harus memulai, dan hanya memikirkan diri
sendiri, tanpa melihat dari sudut pandang orang lain, atas sikap dan
perilaku yang diputuskan).*

*
*

Nah, sekarang anda sudah fahamkan? Maksud yang akan saya sharingkan
*"Menaklukkan
EGOIS"* ini. Saya tidak tau, apakah anda pernah mengalami perasaan seperti
akan saya sharingkan. Atau, mungkin anda sedang mengalaminya saat ini.
Bahkan mungkin Andalah yang menjadi objeknya (yang diegoiskan). Khusus yang
menjadi diegoiskan, saya tidak membahasnya disini.

Seminggu yang lalu, terjadi suatu peristiwa dalam diri saya, sehingga
menyebabkan saya memutuskan untuk bersikap, yang menurut teman saya, saya
ini EGOIS. Saat itu, yang terbesit dalam diri saya adalah "*itukan
pandangannya*". Sementara menurut saya, sikap yang saya PILIH itulah yang
terbaik dan benar. Saya menyadari, keputusan itu hadir karena rasa
*marah* dalam
diri saya. Tentu ini menguatkan EGOIS tadi.

Akan tetapi, selama melewati hari yang dipenuhi rasa amarah dan egois
itu. *Saya
menyadari ada yang tidak tepat, cocok, sesuai dan pas, antara fikiran dengan
tubuh saya.* Kok tubuh saya terasa tertekan, gelisah, dan gundah. Kemudian,
sang tubuh menunjukkan penolakannya, berupa rasa senutan dikepala dan hati
terasa tertusuk. Hidung pun jadi pilek. Efek dari fikiran (rasa marah) saya.

*Shahabat* yang baik. Saya akan sharingkan bagaimana proses saya menaklukkan
EGOIS dalam diri saya. Mungkin ini bermanfaat bagi anda yang saat ini
mengalaminya. Alhamdulilah, tips *Mind-Therapy* dibawah ini. Telah berhasil
mendamaikan diri saya. Tentu saat saya tuliskan ini, saya sudah
berkomunikasi kembali dengan orang itu.

Pasti anda sudah siap untuk membacanya kan? Pada saat proses melakukan tips
ini, Anda boleh sambil duduk bersila, tidur, berdiri, dan sebagainya. Yang
penting membuat anda merasa nyaman dan aman.

1. Berdoa kepada Allah, agar dimudahkan usaha (ikhtiar) yang kita
lakukan.
2. Terima kejadian yang telah kita alami, sebagai bagian dari kehidupan.
(*Maksudnya, bila Anda merasa marah, maka biarkanlah marah itu hadir,
bila kecewa biarkan ia muncul.pasrahkan kepada Allah).*
3. Ketahuilah, didaerah mana tepatnya rasa yang muncul itu. Atau bahasa
saya adalah, bagian yang betanggung jawab dengan rasa EGO itu.**
4. Setelah menemukannya, Ketahui, apa yang dinginkan oleh perasaan kita
selanjutnya. Bila dia ingin marah, terus tanyakan pada rasa yang muncul itu
*"Setelah marah, maumu apalagi?"*, bila dia kecewa, tanyakan pada bagian
itu, *"terus apalagi?" *(*Dari sini saya menemukan jawaban dalam diri
berupa anjuran, supaya saya tidak berkomunikasi lagi denganya, karena dengan
begitu saya menjadi tenang*). Perlu shahabat ketahui, bentuk jawaban itu
setiap orang berbeda-beda, bisa berupa suara (A), mungkin berbentuk
penglihatan (V) atau bahkan rasa saja (K). Nah, kalau contoh case saya
adalah berupa suara (A).

Kemudian saya ikuti keinginan bagian yang bertanggung jawab dalam diri saya
itu, yaitu tidak berkomunikasi *untuk sementara waktu.* Setelah saya
putuskan untuk tidak berkomunikasi. *Tetap saja perasaan tidak tenang,* masih
terasa dalam diri saya, seperti benci dan marah. *Maka untuk menenangkan
rasa marah dan benci itu*, saya menenangkannya dengan cara; melakukan *
meditasi *minimal satu jam satu hari, (Yang saya lakukan, setiap selesai
shalat 10 menit, dan sebelum tidur 10 menit). Meditasi berupa ;

1. Menyadari setiap nafas masuk dan keluar.(Tarikan nafas masuk dzikir
lafaz "Allah & terkadang Lailahaillallah", begitupula nafas keluar
"Lailahaillallah")
2. Fokuskan diri (menyadari nafas masuk dan keluar) untuk terus berdzikir
dalam aktivitas apapun.

Alhamdulillah menyadari nafas masuk dan keluar, sambil menyadarinya dengan
dzikir, semakin hari semakin membuat saya lebih tenang, damai dan bahagia.
Proses ini terus saya lakukan hingga saat ini.

Setelah saya merasa tenang (pada hari ke 3 tidak berkomunikasi). Saya
memutuskan untuk membangun kembali komunikasi dengan nya. Tetapi, EGO tetap
masih ada. EGO ini bunyinya terdengar* "Kamu sekarang kan sudah tenang,
damai dan bahagia. Jadi tidak perlu lagilah berkomunikasi dengannya"*. (Saya
sadar, ini tidak boleh ditolerir dan diikuti, karena bisa memutuskan
silaturahim). Nah, cara yang saya lakukan untuk mengalahkan / menaklukkan
bunyi atau suara itu adalah dengan meciptakan program* BELIEF dan VALUE* yang
lebih besar darinya, sesuai dengan VALUE saya:

*Memutuskan silaturahim sama halnya menutup pintu rezeki dan menghilangkan
keberkahannya.*

Syukur Alhamdulillah, setelah saya instal BELIEF tadi, suara yang
menyebabkan muncul nya EGO tidak berkomunikasi, langsung* lenyap*. Bahkan,
menumbuhkan rasa untuk segera menyambung kembali silaturahim dengan shahabat
saya itu. Kemudian saya ambil HP saya, saya buka phonebook dan memcent call
dengan nya. Alhamdulillah kini, pershahabat saya dengan nya, kembali seperti
semula lagi...

Jakarta 23 juni 2010.

(A) Auditory, (V) Visual, (K) Kinesthetic

------------------------------
--
RAHMADSYAH
Practitioner NLP I 081511448147 I Motivator & Mind-Therapist
www.facebook.com/rahmadsyahI YM ; rahmad_aceh
4a.

Re: [TAHNIAH] Mohon doa dan tahniah untuk kelahiran putra Bunda Inda

Posted by: "Mimin" minehaway@gmail.com   mine_haway

Tue Jun 29, 2010 7:37 pm (PDT)



Alhamdulillah
Selamat ya Mbak
Moga Ranu jadi anak yang saleh dan menjadi keberkahan Mbak Indah sekeluarga
Kondisi Mbak Indar gimana neh?
Mengingat sempat terjadi pendarahan
Moga dalam keadaan sehat, amin ya robbal 'alamin.

2010/6/29 Nursalam AR <nursalam.ar@gmail.com>

>
>
> Dear Sahabat Eska,
>
> Tadi Subuh, saya menerima sms dari Bunda Indarpati (nama pena dari
> Indarwati Harsono) tentang sebuah kabar gembira. Berikut isi sms-nya:
> 081410044551
> "Alhamdulillah,telah lahir putra ketiga kami, Ranu Akbar Himadi, Senin
> 28 juni jam 8.40 pagi di RS Hermina Depok. Berat Badan: 2,845 kg,
> Tinggi Badan: 46 cm."
>

--
http://minehaway.com
http://minesweet.blogspot.com
5.

tutupMU

Posted by: "Supriyadi (PPIC)" SUPRIYS3@Mattel.com   supriyadisolo

Tue Jun 29, 2010 7:37 pm (PDT)



> tutupMU
>
> Dua telinga tanpa tutup
> Dua mata tanpa tutup
> Satu mulut tanpa tutup
>
> dua telinga itu ku mendengarkan prasangka...
> dua mata itu ku melihat aurat
> dari satu mulut ku mulailah fitnah dan ghibah...
>
> Dua telinga tanpa tutup
> Dua mata satu tutup
> Satu mulut dua tutup
>
> Kita menjaga amanah untuk mendengar, melihat baru berbicara...
>
> Dan
> mulut-mata-telinga ini hanya untukNYA...
> Menutup dalam sujud
> Membuka dalam takbir
> Bergerak dalam takdir
> Luruh
> Ruh
> ...
> HU
>
> Hingga masa ketika
> Telinga-mata-mulut tertutup
> Mengatup
> Ruh
> Ku
> ...
> MU
>
>
> "Wahai Tuhanku, tutupkan aku dari aniaya tipu dunia dan bukakanlah
> kenikmatan surgaMU"
>
>
>
> Malam masih kelam menggantung
> Dingin sepi hingga sungsum pori-pori
> Siapa aku di sajadah baru....?
>
>
> salam
> Supriyadi (PPIC)
>
6a.

(Jurnal perjalanan) Palu Kota Yang Menggoda

Posted by: "Elisa Koraag" elisa201165@yahoo.com   elisa201165

Wed Jun 30, 2010 12:55 am (PDT)



 

Terakhir aku menginjak kota ini, sekitar April 2008, saat aku bertugas melakukan Audit service kualitas untuk sebuah perusahaan provider jaringan seluler. Dan kini kembali aku menginjak kaki di kota Palu. Ibukota propinsi Sulawesi Tengah. Kali inipun aku mengunjungi kota Palu dalam rangka tugas. Teman-teman satu teamku, banyak bertanya seputar kota-kota di Sulawesi umumnya dan Palu khususnya. Dari Jakarta kami berangkat 2 team. Team pertama 3 orang dengan pesawat Sriwijaya Air, transit di Kota Balikpapan. Aku dan teamku terdiri dari 4 orang dengan Lion Air transit di Makassar.

Selisih waktu keberangkatan kami hanya beberapa menit, maka kedatangan kamipun hanya selisih beberapa menit. Kami mendarat di Bandara Mutiara Palu sekitar pukul 13.30 siang waktu Indonesia Tengah dan bertemu dengan Team pertama. Karena kami berbeda hotel, maka kamipun berpisah di bandara untuk besok pagi bertemu di tempat pertemua yang sudah disepakati

Tapi kedatanganku kali ini di Palu jauh lebih berkesan karena 2 tahun lalu aku keliling seluruh Sulawesi, seorang diri. Mulai dari Sulawesi Selatan (Makassar, Bulukumba, Bone, Sengkang, Pare-pare, Palopo, Toraja, Sorowako termasuk Mamuju yang kini sudah menjadi bagian dari Sulawesi Barat) Luwuk Banggai, Palu, Toli-toli, Kendari, Kolaka, Menado, Bitung, Tomohon, dan Tondano). Sendiri memang menyenangkan tapi jauh lebih menyenangkan bila memiliki teman perjalanan.

Hal yang menjadi kekaguman ketika kaki ini menginjak bandara Mutiara Palu, adalah nuansa awan putih di langit biru. Seorang kawanku dari team pertama dalam jurnalnya ia menceritakan, dalam hati tak henti ia menyenandungkan lagu Kulihat awan seputih kapas. Karena menurutnya, tak pernah ia bisa melihat putihnya awan di langit biru di atas kota Jakarta. Aku setuju dengan pendapatnya. Polusi udara sudah menghilangkan putihny awan di langit biru. Mata kita hanya memandang gumpalan asap hitam knalpot kendaraan bermotor.

Jadi tak heran bila banyak orang yang merasa tertekan hidup di Jakarta. Apa yang terlihat dan dialami semua jauh dari ketenangan dan kenyamanan. Sementara di sini di kota Palu. Dengan jumlah kendaraan bermotor yang tak terlalu banyak, kota ini terasa lengang untuk ukuran ibukota propinsi. Yang terasa hingga ke dasar hati adalah adalah pengakuan betapa indanya kota ini.

Kota Palu dikelilingi teluk dan pegunungan. Dua pemandangan langsung dapat dinikmati, laut dan gunung. Pegunungan Gawalise adalah penggunungan yang mengelilingi kota Palu. Hanya sekitar 15 menit perjalanan dengan mobil, kita bisa melihat keindahan kota Palu lengkap dengan jembatan lengkung yang merupakan jembatan lengkung ke 3 di dunia setelah Jepang dan Prancis. Jembatan lengkung ini diresmikan Mei 2006 oleh Presiden SBY. Jembatan ini memisahkan Palu Barat dan Palu Timur. Kota Palu merupakan alah satu penghasil Coklat terbaik. Selain itu masih ada bawang goreng yang sudah dieksport. Bawang merahnya dikenal dengan istilah bawang batu, bawang merah yang berbeda dari yang biasa dihasilkan Kota Brebes.

Di kota ini pula tidak boleh dilewatkan wisata kuliner. Masakan khas sekaligus yang menjadi kebangaan warga Palu adalah Kaledo, yaitu masakan sejenis sup terbuat dari kaki sapi. Menjadi istimewa karena satu porsinya sangat besar. Tapi kelezatannya memang tak terlupakan. Yang terkenal ada di Jalan proklamasi tapi masih jauh lebih lezat Kaledo Loli, Kaledo yang di jual didaerah Loli, di disebuah wilayah yang dilalui ketika menuju Donggala.

Donggala Palu tidak berjarak jauh, dengan mobil di kecepatan 60 km kurang dari satu jam kita sudah bisa tiba di Donggala yang dikenal dengan sebutan kota Antik. Di Donggala pula terletak pantai Tanjung Karang, pantai pasir putih yang membuat bibir ini tak putus mengagungkan kebesaran Sang Pencipta. Laut biru, pantai pasir putih dikelilingi perbukitan hijau dinaungi putihnya awan di birunya langit. Setelah bibir ini berseru memuliakan Sang Pencipta, maka perjalan dilanjutkan dengan mengeliling teluk dengan perahu yang memang disediakan untuk wisatawan. Dengan Rp. 50.000 rupiah kami ber 6 memuaskan mata, menikmati permandangan yang entah kapan dapat kami lihat lagi. Angin asin membelai kulit, menerpa rambut terasa nikmat sampai ke dalam jiwa. Perlahan namun pasti, semburat merah membias langit.
 
Mentari perlahan masuk ke perut bumi, meninggalkan sedikit bias merah di sisa-sisa langit biru. Dan malampun turun membekap bumi Tanjung Karang. Hanya sekitar 1 jam menikmati Tanjung Karang tapi terlalu panjang kisah cerita yang tertinggal di memori ini. Sarana canggih kamera digital mengabadikan keindahannya. Tuk di bagikan kepada semua orang, agar jangan ragu mengunjungi Kota Palu. Kota kecil nan menggoda di Sulawesi tengah.
 
Note:
Foto-foto bisa diintip di blog.
 
Aku ngeblog maka aku bahagia:
www.elisakoraag@blogspot.com

6b.

Re: (Jurnal perjalanan) Palu Kota Yang Menggoda

Posted by: "Nursalam AR" nursalam.ar@gmail.com

Wed Jun 30, 2010 1:10 am (PDT)



Bunda yang satu ini memang traveller sejati:). Kayaknya asyik tuh
jalan-jalan di jembatan lengkung di Palu sambil menikmati Kaledo:D.
Penasaran juga apakah ini sop tangkar (masakan khas Betawi berisi
tulang sapi dengan sedikit tetelan yang menempel) versi Sulawesi atau
variasi yang lain. Indonesia memang surga kuliner.

Terima kasih sudah berbagi. Segera meluncur ah ke blog-nya Bunda Icha:).

tabik,

Nursalam AR

On 6/30/10, Elisa Koraag <elisa201165@yahoo.com> wrote:
>
>
>
> Terakhir aku menginjak kota ini, sekitar April 2008, saat aku bertugas
> melakukan Audit service kualitas untuk sebuah perusahaan provider jaringan
> seluler. Dan kini kembali aku menginjak kaki di kota Palu. Ibukota propinsi
> Sulawesi Tengah. Kali inipun aku mengunjungi kota Palu dalam rangka tugas.
> Teman-teman satu teamku, banyak bertanya seputar kota-kota di Sulawesi
> umumnya dan Palu khususnya. Dari Jakarta kami berangkat 2 team. Team pertama
> 3 orang dengan pesawat Sriwijaya Air, transit di Kota Balikpapan. Aku dan
> teamku terdiri dari 4 orang dengan Lion Air transit di Makassar.
>
>
> Selisih waktu keberangkatan kami hanya beberapa menit, maka kedatangan
> kamipun hanya selisih beberapa menit. Kami mendarat di Bandara Mutiara Palu
> sekitar pukul 13.30 siang waktu Indonesia Tengah dan bertemu dengan Team
> pertama. Karena kami berbeda hotel, maka kamipun berpisah di bandara untuk
> besok pagi bertemu di tempat pertemua yang sudah disepakati
>
>
> Tapi kedatanganku kali ini di Palu jauh lebih berkesan karena 2 tahun lalu
> aku keliling seluruh Sulawesi, seorang diri. Mulai dari Sulawesi Selatan
> (Makassar, Bulukumba, Bone, Sengkang, Pare-pare, Palopo, Toraja, Sorowako
> termasuk Mamuju yang kini sudah menjadi bagian dari Sulawesi Barat) Luwuk
> Banggai, Palu, Toli-toli, Kendari, Kolaka, Menado, Bitung, Tomohon, dan
> Tondano). Sendiri memang menyenangkan tapi jauh lebih menyenangkan bila
> memiliki teman perjalanan.
>
>
> Hal yang menjadi kekaguman ketika kaki ini menginjak bandara Mutiara Palu,
> adalah nuansa awan putih di langit biru. Seorang kawanku dari team pertama
> dalam jurnalnya ia menceritakan, dalam hati tak henti ia menyenandungkan
> lagu Kulihat awan seputih kapas. Karena menurutnya, tak pernah ia bisa
> melihat putihnya awan di langit biru di atas kota Jakarta. Aku setuju dengan
> pendapatnya. Polusi udara sudah menghilangkan putihny awan di langit biru.
> Mata kita hanya memandang gumpalan asap hitam knalpot kendaraan bermotor.
>
>
> Jadi tak heran bila banyak orang yang merasa tertekan hidup di Jakarta. Apa
> yang terlihat dan dialami semua jauh dari ketenangan dan kenyamanan.
> Sementara di sini di kota Palu. Dengan jumlah kendaraan bermotor yang tak
> terlalu banyak, kota ini terasa lengang untuk ukuran ibukota propinsi. Yang
> terasa hingga ke dasar hati adalah adalah pengakuan betapa indanya kota ini.
>
>
> Kota Palu dikelilingi teluk dan pegunungan. Dua pemandangan langsung dapat
> dinikmati, laut dan gunung. Pegunungan Gawalise adalah penggunungan yang
> mengelilingi kota Palu. Hanya sekitar 15 menit perjalanan dengan mobil, kita
> bisa melihat keindahan kota Palu lengkap dengan jembatan lengkung yang
> merupakan jembatan lengkung ke 3 di dunia setelah Jepang dan Prancis.
> Jembatan lengkung ini diresmikan Mei 2006 oleh Presiden SBY. Jembatan ini
> memisahkan Palu Barat dan Palu Timur. Kota Palu merupakan alah satu
> penghasil Coklat terbaik. Selain itu masih ada bawang goreng yang sudah
> dieksport. Bawang merahnya dikenal dengan istilah bawang batu, bawang merah
> yang berbeda dari yang biasa dihasilkan Kota Brebes.
>
>
> Di kota ini pula tidak boleh dilewatkan wisata kuliner. Masakan khas
> sekaligus yang menjadi kebangaan warga Palu adalah Kaledo, yaitu masakan
> sejenis sup terbuat dari kaki sapi. Menjadi istimewa karena satu porsinya
> sangat besar. Tapi kelezatannya memang tak terlupakan. Yang terkenal ada di
> Jalan proklamasi tapi masih jauh lebih lezat Kaledo Loli, Kaledo yang di
> jual didaerah Loli, di disebuah wilayah yang dilalui ketika menuju Donggala.
>
>
> Donggala Palu tidak berjarak jauh, dengan mobil di kecepatan 60 km kurang
> dari satu jam kita sudah bisa tiba di Donggala yang dikenal dengan sebutan
> kota Antik. Di Donggala pula terletak pantai Tanjung Karang, pantai pasir
> putih yang membuat bibir ini tak putus mengagungkan kebesaran Sang Pencipta.
> Laut biru, pantai pasir putih dikelilingi perbukitan hijau dinaungi putihnya
> awan di birunya langit. Setelah bibir ini berseru memuliakan Sang Pencipta,
> maka perjalan dilanjutkan dengan mengeliling teluk dengan perahu yang memang
> disediakan untuk wisatawan. Dengan Rp. 50.000 rupiah kami ber 6 memuaskan
> mata, menikmati permandangan yang entah kapan dapat kami lihat lagi. Angin
> asin membelai kulit, menerpa rambut terasa nikmat sampai ke dalam jiwa.
> Perlahan namun pasti, semburat merah membias langit.
>
> Mentari perlahan masuk ke perut bumi, meninggalkan sedikit bias merah di
> sisa-sisa langit biru. Dan malampun turun membekap bumi Tanjung Karang.
> Hanya sekitar 1 jam menikmati Tanjung Karang tapi terlalu panjang kisah
> cerita yang tertinggal di memori ini. Sarana canggih kamera digital
> mengabadikan keindahannya. Tuk di bagikan kepada semua orang, agar jangan
> ragu mengunjungi Kota Palu. Kota kecil nan menggoda di Sulawesi tengah.
>
> Note:
> Foto-foto bisa diintip di blog.
>
> Aku ngeblog maka aku bahagia:
> www.elisakoraag@blogspot.com
>
>
>

--
- Nursalam AR -

Blog: www.kintaka.wordpress.com
Facebook: www.facebook.com/nursalam.ar
HP: 0813-10040723 / 021-92727391

"The difference between the right word and the almost right word is
the difference between lightning and the lightning bug."
(Mark Twain)

Recent Activity
Visit Your Group
Stay on top

of your group

activity with

Yahoo! Toolbar

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Get real-time World Cup coverage on the Yahoo! Toolbar. Download now to win a signed team jersey!

Tidak ada komentar: