Rabu, 15 Agustus 2012

Re: [daarut-tauhiid] Ask : Batalkah puasa saya

 

Wa'alaikumsalam warahmatullah...

saya sudah mencari semua literatur hadist yang saya punya dan tidak ditemukan hal yang sama dengan masalah ini
hanya saja dalam keterangan hukum puasa adalah " dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari " dan "bukan dari subuh hingga maghrib"
sejauh pemahaman saya adzan subuh dikumandangkan 2 hingga 5 menit sesudah fajar terbit..
untuk itu Rosulullah saw sudah memberikan batasan waktu imsya' hingga 50 bacaan ayat al qur'an sebelum adzan subuh.
Puasa yang bisa diganti adalah bila memiliki udzur atau halangan yang sesuai ketentuan syar'i.

"sesungguhnya yang benar itu sudah jelas dan yang sesat pun sudah jelas, diantaranya keduanya ada mustabihat (meragukan)
maka tinggalkanlah karena yang demikian (meragukan) itu lebih dekat kepada kesesatan" (mutafaq 'alaih)
wallahu a'lamu bishawab

Rgds,
Waskito
----- Original Message -----
From: Edwin
To: daarut-tauhiid@yahoogroups.com
Sent: Thursday, August 09, 2012 9:40 AM
Subject: [daarut-tauhiid] Ask : Batalkah puasa saya

Assalammu'alaikum wr wb..

Saudara-saudari, Saya mempunyai permasalahan mengenai puasa,
Setelah melaksanakan sahur saya minum kembali,saya sudah lihat jam mendekati shubuh,tapi adzan belum terdengar
setelah minum dan saya keluar rumah,ternyata adzan sudah terdengar setengahnya,
Pertanyaan saya apakah puasa saya batal?
Kemudian jika batal apakah bisa di Qadha?
soalnya sepengetahuan saya orang yang batal puasanya tanpa alasan yang dibenarkan,tidak bisa tergantikan

untuk jawaban dan perhatian dari saudara-saudari sekalian, saya ucapkan terimakasih

Wassalam

[Non-text portions of this message have been removed]

This email was scanned by VIPRE version 4.0.3904 when it was sent, using definitions version 9383

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: