Minggu, 24 Oktober 2010

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3225

Messages In This Digest (1 Message)

Message

1.

[Catcil] Ketika Sakit Infeksi Usus

Posted by: "Mimin" minehaway@gmail.com   mine_haway

Sat Oct 23, 2010 6:31 am (PDT)



Assalamu'alaikum

Lagi kangen curhat
Beberapa hari yang lalu, saya mengajak teman2 semua untuk jaga kesehatan.
Tapi justru saya lupa jaga kesehatan sendiri T_T.

Penting dibaca bagi mereka yang punya riwayat sakit maag atau infeksi
saluran pencernaan, usus.

Jadi ceritanya saya jenguk teman yang sakit typus + DBD di RS Permata Ibu -
Depok. Kondisi perut emang kosong karena nggak makan siang. Karena rasanya
perutku masih penuh dengan sarapan pagi (salah satu ciri-ciri penderita
maag). Pulangnya, uteman2 ngajak makan bakso kotak - Kukusan. Saya cuman
ambil sambal dikit dan cuka dikit. Sebenarnya itu pantangan bagi penderita
maag, karena cuka kecut dan sambal pedas. Sampai kos langsung mules, BAB
berdarah. Lama2 demam + pusing. Tak kasih madu untuk pertolongan pertama.
Temanku kasih saran air hangat + garam setengah sdm + gula 3 sdm. Tapi saya
gak bikin karena belum yakin sakit diare.

Esok harinya saya ke Dokter umum terdekat. Dikasih obat sakit perut,
antibiotik dan gastrucid buat ngurangin keasaman lambung. Tapi masih demam
dan pusing. Padahal dalam obatnya sudah ada kandungan paracetamol. Udah gitu
sore harinya tak paksa ke Semarang. Gak biasa melewatkan kesempatan, jadi ya
bela-belain ke Semarang sebelum tutup pendaftarannya. Badan udah gak karuan
rasanya. Masih dipaksa lagi langsung pulang Pati. Kehujanan pula (sudah pake
payung tapi tetep kehujanan karena deras banget).

Sampai rumah otomatis ortu khawatir, karena saya cuman tidur, lemah, letih,
lesu, perut keras dan panas, kadang mual. Lalu saya minum air kelapa ijo.
Ortu ngajak berobat lagi ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Dan ternyata
saya menderita infeksi usus. Kalau sudah parah biasanya dilakukan operasi
usus. Alhamdulillah resep Dokter manjur. Saya dikasih resep Nausile bila
mual, Baquios (antibiotik sebelum makan), Biodiar bila mencret (ini obat
ajaib banget bisa ngubah cairan jadi koloid), Stomacain biar perut gak
melilit lagi. Gak boleh makan pedas, kecut dan bersantan kental, banyak
minum air putih.

Sekarang sudah resmi jadi musuh sambal pedas, makanan kecut dan bersantan.
Gak boleh telat makan lagi (inget2 pesan Ibu).
Kapok makan bakso dikasih sambal dan cuka.
Kalau telat makan suhu badan naik dan perut mengeras, saya anggap sebagai
alarm buat pengingat makan hehe...

Begitulah cara Allah mengingatkan hambanya, semoga dosa-dosa saya digugurkan
dengan sakit itu.
Semoga tulisan ini juga bisa jadi pengingat bagi kita semua agar lebih
menyayangi perut.
Dan menunaikan semua hak-haknya, sehingga kita tidak termasuk orang yang
zalim pada diri sendiri.

Buat kalian yang pernah mengalami sakit seperti itu, silakan share.

Wassalamu'alaikum

--
Write what you think!
http://minesweet.blogspot.com
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Group Charity

GiveWell.net

Identifying the

best non-profits

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

Tidak ada komentar: