Selasa, 10 Januari 2012

[daarut-tauhiid] tentang shalat jama' dan qoshor

 



Assalamualaikum wr wb.
Terimakasih atas tanggapan dan komentar rekan-rekan tentang email saya yg lalu (tentang pengin naik haji).

Hari ini saya ingin bertanya tentang hal yang "sepele" tapi bisa jadi tidak sepele.

Beberapa waktu yang lalu, saya dengan teman-teman bepergian dari Yogyakarta, tempat tinggal kami, ke Kota Solo, memenuhi undangan aqiqah seorang teman. Dari Yogyakarta sekitar pukul 11.00, sampai di tempat tujuan menjelang pukul 13.00. Kami langsung ngobrol, makan snack, dan makan siang, dan tau-tau jam menunjukkan pukul 14.15.  Kami buru-buru mencari lokasi masjid terdekat.  Sampai di masjid, saya simpulkan shalat terbagi dalam 2 versi :

1. Teman-teman (diantaranya ada yang sudah bergelar Haji)- karena berpendapat sedang dalam perjalanan/musfir - shalat Dhuhur di qashar menjadi 2 rakaat, dilanjutkan shalat Ashar dijama' taqdim -qashar 2 rakaat.
2. Saya sendiri, shalat dhuhur 4 rakaat, dilanjutkan shalat jama taqdim shalat ashar 4 rakaat.  Sebenarnya saya ragu untuk menjama shalat ashar, karena rencananya, dari rumah teman kami, sebelum kembali ke jogja, kami mampir /jalan2 lebih dulu di Solo Square-yang mestinya bisa melakukan shalat Ashar di sana, tepat pada waktunya.

3. Seorang teman yang akan langsung melanjutkan perjalanan ke Semarang, mengatakan bahwa : untuk dia yang akan langsung melakukan perjalanan ke Semarang (kl 3 jam perjalanan) maka shalat dhuhur dam ashar  WAJIB dijama-qoshor.

Kepada teman saya yang sudah haji itu saya tanyakan, kenapa harus diqoshor, bukankan kita dalam perjalanan yang tidak terburu-buru, dan hanya bersenang-senang saja ? Teman saya menjawab : ngga perlu dipermasalahkan. Yang ngga shalat saja banyak. Jadi untuk yang mau shalat, jangan dipersulit.

Saya ingin konfirmasi mengenai hukum shalat dijama dan qoshor.  Atas perhatian rekan-rekan saya ucapkan jazakumullah khairan katsira.

Wassalam wr wb.

________________________________

[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: