Kamis, 28 Agustus 2008

[FISIKA] Digest Number 2512

Messages In This Digest (5 Messages)

1a.
Mohon sekali bantuannya From: dityo hesmadi
1b.
Re: Mohon sekali bantuannya From: mato_its
2a.
Re: tanya From: sandokokosen
3.
[artikel chem-is-try.org] Di balik Teknologi Tes DNA From: mr.soetrisno
4a.
Re: Warna Benda From: Timmy Siahaan

Messages

1a.

Mohon sekali bantuannya

Posted by: "dityo hesmadi" hesmadi_d@yahoo.com   hesmadi_d

Wed Aug 27, 2008 2:46 am (PDT)

Ass. Wr. Wb.
Saya siswa SMA kelas 3. Nama saya Dityo. Saya merasa kurang paham dan mengerti tentang pelajaran yang akan di UAN dan SNMPTN. Saya bingung. Jika saya bimbel ortu tidak mempunyai dana. Jika belajar sendiri pengetahuan saya kurang. Adakah yang dapat membantu saya ???? Sebelumnya terima kasih.

Wass. Wr. Wb.

Salam Dityo

__________________________________________________________
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

1b.

Re: Mohon sekali bantuannya

Posted by: "mato_its" mato_its@yahoo.co.id   mato_its

Wed Aug 27, 2008 1:58 pm (PDT)

usaha mas otodidak aja...
fisika gag serumit yang anda bayngkan...
anggap aja fisika itu sebagai komik pasti deh lama2 bisaa...
--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, dityo hesmadi <hesmadi_d@...>
wrote:
>
> Ass. Wr. Wb.
> Saya siswa SMA kelas 3. Nama saya Dityo. Saya merasa kurang paham
dan mengerti tentang pelajaran yang akan di UAN dan SNMPTN. Saya
bingung. Jika saya bimbel ortu tidak mempunyai dana. Jika belajar
sendiri pengetahuan saya kurang. Adakah yang dapat membantu saya ????
Sebelumnya terima kasih.
>
> Wass. Wr. Wb.
>
>
>
> Salam Dityo
>
>
>
__________________________________________________________
> Dapatkan alamat Email baru Anda!
> Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
> http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
>

2a.

Re: tanya

Posted by: "sandokokosen" sandokokosen@yahoo.com   sandokokosen

Wed Aug 27, 2008 1:59 pm (PDT)

hmmm,saya bukan ahli nya fisika lho...tapi saya pernah nonton di
antv, yang namanya klo gak salah seconds from disaster,pakar dari
entah mana ,ngatain klo tsunami itu gejalanya gak harus airnya surut
lho...klo ga salah,dia ngatain klo waktu yang tsunami aceh,di
beberapa negara ,airnya gak surut lho,langsung tsunami...tapi gak
tahu dech,mungkin aja saya yang salah ngerti mgkn...
ada pakar yang bisa nanggapin gak?

klo gak salah,kata pakarnya,yang tsunami aceh itu,gelombang yang
masuk kota itu terjadi dalam 3 lapisan,pertama ada air yang
datang,tapi kecepatannya lambat dikarenakan ada gesekan dengan
jalan,tetapi gelombang yang kedua dan ketiga,itu datangnnya cepat
kali lho,karena bergeraknya di atas lapisan air,jadi gesekannya jadi
kecil...
truz,dia juga mengatakan bahwa,sebenarnya tata ruang kota di aceh
juga menjadi faktor dari ganasnya air tsb,airnya datang dari tempat
yang luas truz masuk ke kota dengan jalan yang lebih sempit,jadi
airnya yang lebih cepat dong...

CMIIW

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Yudhistira Cute
<yudhis_itb@...> wrote:
>
> Hanya ingin memberi jawaban,,
> Tentang tsunami terjadinya kapan, itu sih belum ada yang bisa
memprediksi langsung. Tapi mungkin gejalanya dapat diamati, seperti
surutnya air laut secarta mendadak ataupun gempa berkekuatan >6,7
skala Richter di daerah perairan (laut). Dampaknya jelas banyak
merusak daerah pesisir pantai dan sekitarnya. Atau bahkan dapat
merusak kota, seperti bencana tsunami di Aceh 4 tahun silam, yang
bergantung pada besarnya keretakan dasar laut yang akan mempengaruhi
tingginya gelombang pasang hingga ke pesisir pantai. Manfaat sih,
mungkin akan didapat setelah Tsunami terjadi. Seperti, mengambil
hikmah yang lebih mendalam tentang makna kehidupan dan introspeksi
diri..Kalau dari teknis prediksi, mungkin sudah ada rancangannya oleh
para teknisi. kalau perhitungan..???Mungkin ada yang bisa bantu??
>
>
>
> ----- Original Message ----
> From: mercy_ning <mercy_ning@...>
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Sent: Tuesday, August 26, 2008 12:53:29 PM
> Subject: [FISIKA] tanya
>
>
> saya baru bergabung dengan milis ini, ada yang bisa memberikan info
> tentang tsunami, apa dampak, manfaat dan dapatkah ini diprediksi
> dengan menggunakan prinsip fisika.
>

3.

[artikel chem-is-try.org] Di balik Teknologi Tes DNA

Posted by: "mr.soetrisno" chemcafe@yahoo.com   mr.soetrisno

Wed Aug 27, 2008 7:45 pm (PDT)

Kategori Biokimia
Di balik Teknologi Tes DNA
Oleh Sinly Evan Putra

Sekarang ini istilah tes DNA sudah sangat familiar di tengah
masyarakat Indonesia. Dari peristiwa bom Bali pada tahun 2002 sampai
dengan perstiwa yang sekarang sedang hangatnya diberitakan adalah
kasus pembunuhan berantai 11 orang oleh Very Idham Henniansyah atau
dikenal dengan nama Ryan Sang Penjagal di Jombang Jawa Timur. Dari
berbagai kasus ini, terlihat bahwa terdapat kesulitan dalam
mengidentifikasi identitas korban/mayat secara fisik ataupun
biometri, yang disebabkan kondisi tubuh mayat yang telah rusak atau
hancur. Untuk itu, identifikasi dengan metode tes DNA menjadi mencuat.

Tes DNA

DNA atau DeoxyriboNucleic Acid merupakan asam nukleat yang menyimpan
semua informasi tentang genetika. DNA inilah yang menentukan jenis
rambut, warna kulit dan sifat-sifat khusus dari manusia. DNA ini akan
menjadi cetak biru (blue print) ciri khas manusia yang dapat
diturunkan kepada generasi selanjutnya. Sehingga dalam tubuh seorang
anak komposisi DNA nya sama dengan tipe DNA yang diturunkan dari
orang tuanya. Sedangkan tes DNA adalah metode untuk mengidentifikasi
fragmen-fragmen dari DNA itu sendiri. Atau secara sederhananya adalah
metode untuk mengidentifikasi, menghimpun dan menginventarisir file-
file khas karakter tubuh.

selengkapnya : http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=185

Kami dari redaksi membuka kesempatan
bagi setiap orang untuk berpartisipasi dalam menulis artikel, profil
kimiawan, tanya pakar dalam rangka menyambut hari jadi situs ke-5
tahun. Bagi yang berminat silahkan menghubungi kami atau mengirimkan
artikelnya langsung ke redaksi@chem-is-try.org.

Jalinlah kemitraan dengan situs chem-is-try.org dengan menggunakan
banner-banner dibawah ini. Silahkan mengkopi kode banner yang ada
untuk di-paste pada blog atau situs yang saudara miliki.
[banner] http://www.chem-is-try.org/?sect=mitrakami

4a.

Re: Warna Benda

Posted by: "Timmy Siahaan" timmy_fisika_ugm@yahoo.com   timmy_fisika_ugm

Wed Aug 27, 2008 9:08 pm (PDT)

Maaf saya agak lambat loadingnya, tapi pertanyaan yang mana ya? Kalau tentang serapan dan pantulan sebagai fungsi panjang gelombang saya rasa itu cukup simpel, tinggal selesaikan persamaan maxwell aja, untuk gelombang elektromagnet yang monokromatik, ntar kan kelihatan faktor yang menentukan serapan.

--- On Wed, 8/27/08, Asis Pattisahusiwa <asisphysic04@gmail.com> wrote:

From: Asis Pattisahusiwa <asisphysic04@gmail.com>
Subject: Re: [FISIKA] Re: Warna Benda
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Date: Wednesday, August 27, 2008, 10:47 AM

dear all,

itu bukan virus. memang kebanyakan virus dibuat dengan visual basic 6.0 sehingga setiap program yang dibuat dengan visual basic 6.0 (walaupun sebenarnya bukan virus) dikategorikan virus. dalam dunia security computer dinamakan heuristic analysis. saya jamin itu bukan virus dan belum terinfeksi oleh virus laen (soalnya aku compile sendiri).

ok. kalo teman2 milis masih keberatan, silahkan nggak usah didownload filenya. namun, adakah yang mau menjawab pertanyaan saya?

satu lagi, kalo boleh tahu mas rodius dan mas arif gunakan anti virus apa? ada beberapa anti virus yang heuristicnya masih ngaco (wah... jadi ngomongin virus dan anti virus nih......... .).

salam.

Pada tanggal 26/08/08, mohammad rodius <arloji_item@ yahoo.co. id> menulis:

wah2..

atachmentnya berbahaya nih..
anti virus yg saya punya ngasi tw kLo itu virus,
gimana anggota miLis yg Laen?

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "Asis Pattisahusiwa"

<asisphysic04@ ...> wrote:
>
> makasih mas arif sudah membuka diskusi mengenai topik ini. saya
tertarik
> dengan subjek pesan ini "Warna Benda".
>
> saya sedang membantu kakak tingkat saya untuk memvisualisasikan
distribusi
> konduksi panas logam aluminium (programnya ada di attachment pesan
ini).
> saya ingin memvisualisasikanny a dalam bentuk distribusi warna,
namun saya
> nggak tahu radiasi warnanya bergantung dengan variabel bahan yang
mana.
> awalnya saya fikir dengan menerapkan pergeseran wien, radiasi warna
benda
> tersebut dapat diperoleh. kira-kira pada suhu berapa logam aluminium
> tersebut dapat memancarkan radiasi? dan variabel apa saja yang
berpengaruh?
> adakah situs atau dokumen yang dapat saya jadikan sebagai pegangan?
>
> sekedar info: program ini dibuat dengan visual basic 6.0 dan luasan
logam
> dibagi menjadi matriks 6x6. filenya dikompress dengan winrar dengan
> password fisika.
>
> Kalau dari sudut pandang klasik,itu terkait dngn karakter
> konduktivitas, konstanta dielektrik,serta suseptibilitas magnet
material thd
> panjang gelombang.Sifat2 ini menentukan panjang gelombang mana yg
banyak
> diserap dan yg dipantulkan.
>
> pak Timmy, mohon dijelaskan lebih lanjut!
>
> terima kasih.
> Viva Fisikawan Indonesia.
>
> --
> Asis Pattisahusiwa
>
> Jurusan Fisika, F. MIPA, Universitas Pattimura - Ambon
>

__._,_.
--
Asis Pattisahusiwa

Jurusan Fisika, F. MIPA, Universitas Pattimura - Ambon

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about cats.

Get in Shape

on Yahoo! Groups

Find a buddy

and lose weight.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: