Rabu, 29 Desember 2010

[daarut-tauhiid] Wanita 89 Tahun Tamat Kuliah dengan IP 3,9

 

Di Koran Tribun Jabar (22/12), saya membaca sebuah berita yang cukup menarik. Alangkah baiknya jika saya masukkan di blog ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat dan pelajaran, khususnya kepada para muslimah:
Mencari ilmu tidak ada batasan usia. Chaterine Photos yang berusia 89 tahun sedang mempersiapkan diri menghadiri wisuda di Palm Beach State College. Nilainya juga sangat baik: 3,9. Dia akan mendapatkan gelar di bidang seni.
Photos mulai kuliah pada tahun 2001, enam tahun setelah suaminya meninggal dunia. "Saya merasa kosong ketika duduk sendirian di rumah dan tidak mengerjakan apa-apa," katanya.
"Dia sangat tekun. Ketika harus mengerjakan tugasnya, ibu saya melakukan dengan sungguh-sungguh," kata anaknya, Ilene, yang tinggal di Washington, Selasa (21/12).
Photos mengatakan, dia tidak pernah menyerah dan berusaha terus memenuhi mimpinya mendapatkan gelar dari universitas. Akan tetapi karena sibuk bekerja dan berbisnis serta membesarkan tiga anak membuatnya terlalu sibuk, ia pun tidak sempat kuliah.
Setelah mendapatkan gelarnya dalam bidang seni, dia tidak akan berhenti. Photos akan melanjutkan kuliah di Florida Atlantic University untuk mempelajari bahasa Inggris.
Saudariku, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap muslim, baik yang laki-laki maupun yang perempuan. Jika demikian, maka setiap muslimah diwajibkan menuntut ilmu. Meskipun tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga, waktu-waktu luang dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti berdzikir, tilawah al-Quran, atau membaca. Jika waktu luang Anda cukup banyak, bisa saja Anda mengikuti pelatihan, mengasah keterampilan, mengembangkan wawasan, atau kuliah di universitas. Jika Anda sudah menikah, tentu saja hal ini dilakukan atas izin dan ridha suaminya. Jika belum menikah, masa sendiri dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk melakukan hal tersebut. Sebagaimana disebutkan oleh Nabi Saw., pergunakan waktu senggangmu sebelum datang waktu sibukmu.
Bercermin dari kisah di atas, kaum muslimah tentu dapat lebih baik lagi. Dengan pendidikan yang baik dan ilmu yang bermanfaat, kita dapat mengarungi kehidupan ini dengan penuh keselamatan, kebahagiaan, dan ketenangan. Dengan ilmu itu, seorang istri dapat mengetahui hak dan kewajibannya dalam berumah tangga, dapat mendidik putra-putrinya dengan cara yang benar, mengetahui mana yang dihalalkan dan mana yang diharamkan. Bagi mereka yang belum menikah, ilmu diibaratkan tabungan yang dapat digunakan pada kesempatan yang akan datang, bisa juga disebarluaskan untuk kemasalahatan bersama. Dengan ilmu, selain meraih kemuliaan dunia, juga merupakan sarana untuk taqarub kepada Allah. Artinya, inilah kelebihan muslimah dibanding wanita-wanita kafir, bagi kita ilmu bukan sekedar untuk ilmu itu sendiri, tetapi menuntut ilmu juga ibadah yang bernilai pahala.
Nah, saudari-saudariku, masih semangat menutut ilmu? 

http://dininoviyanti.blogspot.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: