Rabu, 26 Januari 2011

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3307

Messages In This Digest (11 Messages)

1.
Syair malam From: Elisa Koraag
2a.
Re: [Catcil] Judes From: Novi Khansa
2b.
Re: [Catcil] Judes From: Nia Robie'
3a.
[LONCENG] Met Milad Bu Guru From: Hadian Febrianto
3b.
Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru From: Nursalam AR
3c.
Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru From: Andri Pranolo
3d.
Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru From: Mimin
3e.
Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru From: Sugeanti Madyoningrum
4a.
Re: [OOT] Kangen From: Novi Khansa
4b.
Re: [OOT] Kangen From: Nia Robie'
5.
[Catcil] Itu Sudah! From: Nia Robie'

Messages

1.

Syair malam

Posted by: "Elisa Koraag" elisa201165@yahoo.com   elisa201165

Tue Jan 25, 2011 6:44 am (PST)



Selamat malam anak--anak!
Bunda berharap semua dalam keadaan baik-baik.
Bunda berharap yang sama untuk para sesepuh.

SATU DALAM EMOSI

Ku goreskan rangkaian kata,
kala malam menjelang,
terbayang serangkai kegiatan yang pernah kita lakukan
ada tawa, ada bahagia, ada duka, ada air mata
ada tekad, ada harapan
untuk sesuatu yang mulia

Denting melodi, buaikan kita dalam rasa
hanyutkan kita dalam mimpi
akan komunitas yang menyatu
dalam keberkahan Illahi
dalam mempelajari makna kehidupan
rasa itu kuat mengikat
satu dalam emosi
ada kasih di sana.

25 Jan 2011
Salam kangen untuk semua
Bunda Icha.

2a.

Re: [Catcil] Judes

Posted by: "Novi Khansa" novi_ningsih@yahoo.com   novi_ningsih

Tue Jan 25, 2011 3:23 pm (PST)



Sama, pril.. :D
aku juga judes, hehe...
Pokoknya kalau udah nelpon ga jelas langsung pasang palang, hayah :D

Ini no HP udah bertahun-tahun aku pakai, ada aja yang nysar-nyasar @_@

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, Aprillia Ekasari <april_reto@...> wrote:
>
> "Sombong kali kau."
>  
> Pesan singkat yang dilontarkan 087829052042 pukul 20.09 WIB lalu.
>  
> Kalimat itu aku dapatkan setelah menutup telepon dari si empunya nomor itu. Aku lupa tadi siapa namanya, ngakunya sih orang Semarang, kalau aku nggak salah dengar.
>  
> ***
>  
> Tadi, aku masih di jalan ketika nomor itu menghubungiku. Begitu ada kesempatan longgar, karena masih capek menelepon balik, juga karena alasan aku belum tahu itu siapa sebab HP aku beberapa waktu lalu rusak sehingga nomor-nomor kontak pada hilang, maka aku putuskan untuk mengirim SMS, bertanya dia siapa dan ada keperluan apa.
>  
> Sekitar 20 menitan kemudian dia menelepon. Suara seorang laki-laki. Aku tanya dia siapa, eh dia malah nanya balik aku siapa. Jadi, otakku langsung memutuskan bahwa kami tidak saling kenal, buat apa diladeni.
>  
> Kira-kira begini percakapan kami:
> Aku: Ini siapa ya?
>  
> Mr. X: Lho, ini siapa ya?
>  
> Aku: Maksudnya apa?
>  
> Mr. X: Kemarin Sabtu kan nelepon saya kan? Waktu itu saya lagi sibuk jadi nggak saya angkat.
>  
> Hah, Sabtu? Kapan aku pernah nelepon-nelepon nomor yang nggak kukenal. Lagipula HP selalu aku "pegang" tidak ada yang berani otak-atik HP aku, bahkan bapak dan ibu aku sekalipun. Lagipula, kalau aku menelepon jarang sekali memakai nomor itu. Kalau nggak memakai nomor yang satunya ya pakai telepon rumah. Nomor yang dia telepon itu lebih banyak kupakai untuk SMS saja karena ada fasilitas SMS gratisannya.
>  
> Aku: Oh gitu, mungkin salah sambung kali mas, bukan nomor saya, nomornya mirip.
>  
> Mr. X: Ini mbak siapa ya? Mbaknya dimana?
>  
> Kalau sudah ada orang yang nggak kukenal nanya aku siapa dan aku tinggal dimana, biasanya judesku kambuh, karena di otakku sudah membentuk kata "orang kurang kerjaan". Apalagi takut juga dengan berita-berita ada hipnotis via telepon-lah, SMS-lah, tau dah. Di samping itu dari dulu kalau ditelepon sama laki-laki nggak dikenal, apalagi kalau yang minta kenalan, sudah kubanting aja itu HP. Ya, tentu saja bantingnya di kasur donk.
>  
> Pernah dulu seorang seniorku di kampus, laki-laki, iseng-iseng menelepon dengan nomor barunya. Intinya pembicaraannya: ngajak kenalan. Jurus, "Sorry, saya lagi sibuk sekarang" dengan cepat aku keluarkan. Sudah deh, pokoknya paling malas bicara dengan orang yang nggak dikenal. Baru pas aku sudah ngancam akan menutup telepon, dia baru ngaku, "Ini Amir, Pril." "Eh, Mas Amir, sorry Mas bla bla bla." "Judesnya anak ini..." Katanya.
>  
> Hahaha. Ya, gitu deh. Kadang aku bisa sangat ramah sama orang, tapi judesku juga suka kambuh kalau ada telepon-telepon nggak jelas. Jadi, please, jangan iseng-iseng gangguin aku via telepon yaaaa...
>  
>
>
>
>
> Selamat malam semua, ini tulisan pertama saya di tahun 2011 untuk SK.
>  
> Salam,
> April
>

2b.

Re: [Catcil] Judes

Posted by: "Nia Robie'" musimbunga@gmail.com

Tue Jan 25, 2011 3:52 pm (PST)



haha jadi inget mas aris solo penah aku maki2 di sms :p

mas aris.. mapkan daku :D

On 1/24/11, Aprillia Ekasari <april_reto@yahoo.com> wrote:
> "Sombong kali kau."
>
> Pesan singkat yang dilontarkan 087829052042 pukul 20.09 WIB lalu.
>
> Kalimat itu aku dapatkan setelah menutup telepon dari si empunya nomor itu.
> Aku lupa tadi siapa namanya, ngakunya sih orang Semarang, kalau aku nggak
> salah dengar.
>
> ***
>
> Tadi, aku masih di jalan ketika nomor itu menghubungiku. Begitu ada
> kesempatan longgar, karena masih capek menelepon balik, juga karena alasan
> aku belum tahu itu siapa sebab HP aku beberapa waktu lalu rusak sehingga
> nomor-nomor kontak pada hilang, maka aku putuskan untuk mengirim SMS,
> bertanya dia siapa dan ada keperluan apa.
>
> Sekitar 20 menitan kemudian dia menelepon. Suara seorang laki-laki. Aku
> tanya dia siapa, eh dia malah nanya balik aku siapa. Jadi, otakku langsung
> memutuskan bahwa kami tidak saling kenal, buat apa diladeni.
>
> Kira-kira begini percakapan kami:
> Aku: Ini siapa ya?
>
> Mr. X: Lho, ini siapa ya?
>
> Aku: Maksudnya apa?
>
> Mr. X: Kemarin Sabtu kan nelepon saya kan? Waktu itu saya lagi sibuk jadi
> nggak saya angkat.
>
> Hah, Sabtu? Kapan aku pernah nelepon-nelepon nomor yang nggak kukenal.
> Lagipula HP selalu aku "pegang" tidak ada yang berani otak-atik HP aku,
> bahkan bapak dan ibu aku sekalipun. Lagipula, kalau aku menelepon jarang
> sekali memakai nomor itu. Kalau nggak memakai nomor yang satunya ya pakai
> telepon rumah. Nomor yang dia telepon itu lebih banyak kupakai untuk SMS
> saja karena ada fasilitas SMS gratisannya.
>
> Aku: Oh gitu, mungkin salah sambung kali mas, bukan nomor saya, nomornya
> mirip.
>
> Mr. X: Ini mbak siapa ya? Mbaknya dimana?
>
> Kalau sudah ada orang yang nggak kukenal nanya aku siapa dan aku tinggal
> dimana, biasanya judesku kambuh, karena di otakku sudah membentuk kata
> "orang kurang kerjaan". Apalagi takut juga dengan berita-berita ada hipnotis
> via telepon-lah, SMS-lah, tau dah. Di samping itu dari dulu kalau ditelepon
> sama laki-laki nggak dikenal, apalagi kalau yang minta kenalan, sudah
> kubanting aja itu HP. Ya, tentu saja bantingnya di kasur donk.
>
> Pernah dulu seorang seniorku di kampus, laki-laki, iseng-iseng menelepon
> dengan nomor barunya. Intinya pembicaraannya: ngajak kenalan. Jurus, "Sorry,
> saya lagi sibuk sekarang" dengan cepat aku keluarkan. Sudah deh, pokoknya
> paling malas bicara dengan orang yang nggak dikenal. Baru pas aku sudah
> ngancam akan menutup telepon, dia baru ngaku, "Ini Amir, Pril." "Eh, Mas
> Amir, sorry Mas bla bla bla." "Judesnya anak ini..." Katanya.
>
> Hahaha. Ya, gitu deh. Kadang aku bisa sangat ramah sama orang, tapi judesku
> juga suka kambuh kalau ada telepon-telepon nggak jelas. Jadi, please, jangan
> iseng-iseng gangguin aku via telepon yaaaa...
>
>
>
>
>
> Selamat malam semua, ini tulisan pertama saya di tahun 2011 untuk SK.
>
> Salam,
> April
>
>
>

3a.

[LONCENG] Met Milad Bu Guru

Posted by: "Hadian Febrianto" hadianf@gmail.com   hadian.kasep

Tue Jan 25, 2011 3:44 pm (PST)



Assalaamu'alaikum wr.wb.

Pagiku cerahku matahari bersinar,
Kugendong tas merahku di pundak,
Slamat pagi semua ku nantikan dirimu,
Di depan kelasmu menantikan kami,
(Lagu terima kasih guruku-AFI Junior)

Sahabat, hari ini siap-siap ga usah mencari makan siang di tempat kerja kita... Sepertinya akan ada kiriman makanan ke tempat kita dari bu Guru yang sedang Milad... Dialah bu Guru Sugeanti Madyoningrum yang lebih akrab dipanggil Mbak Ugik...

Met Milad bu Guru, semoga barokah umurmu... Dan diberikan yang terbaik di sisa umurmu, termasuk yang itu... Juga semoga semakin disayang Allah... Amin...


Powered by Hadian_Kasep BlackBerry®
3b.

Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru

Posted by: "Nursalam AR" nursalam.ar@gmail.com

Tue Jan 25, 2011 6:59 pm (PST)



Wa'alaikum salam wr.wb.

Selamat ya untuk Mbak Ugik.Moga berkah usia,berkah rejeki dan berkah karya:)

Juga tahniah untuk sahabat SK lainnya yang berhari jadi di bulan Januari
yakni Pak Marbot Suhadi:) di 5 Januari. *hafal karena tanggalnya cuma beda
sehari dengan saya*

kayaknya ada lagi deh yang lainnya yang ultah Januari juga? Mbak Diah Utami?
Bu Ammy? CMIIW.

Petugas lonceng kudu koordinasi sama Mbak Mimin nih,hehe...

Tabik,

Nursalam AR

2011/1/26 Hadian Febrianto <hadianf@gmail.com>

> Assalaamu'alaikum wr.wb.
>
> Pagiku cerahku matahari bersinar,
> Kugendong tas merahku di pundak,
> Slamat pagi semua ku nantikan dirimu,
> Di depan kelasmu menantikan kami,
> (Lagu terima kasih guruku-AFI Junior)
>
> Sahabat, hari ini siap-siap ga usah mencari makan siang di tempat kerja
> kita... Sepertinya akan ada kiriman makanan ke tempat kita dari bu Guru yang
> sedang Milad... Dialah bu Guru Sugeanti Madyoningrum yang lebih akrab
> dipanggil Mbak Ugik...
>
> Met Milad bu Guru, semoga barokah umurmu... Dan diberikan yang terbaik di
> sisa umurmu, termasuk yang itu... Juga semoga semakin disayang Allah...
> Amin...
>
>
> Powered by Hadian_Kasep BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>
> Yahoo! Groups Links
>
>
>
>

--
Blog : www.nursalam.wordpress.com
Twitter : http://twitter.com/salamrahman
LinkedIn : http://id.linkedin.com/in/nursalam

*"We make a living by what we get, but we make a life by what we give." —
Norman MacEwan*
3c.

Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru

Posted by: "Andri Pranolo" apranolo@gmail.com   and_pci

Tue Jan 25, 2011 9:01 pm (PST)



selamat yah mbak ugik, sok mbak ugik doa, saya amini yah :-)
3d.

Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru

Posted by: "Mimin" minehaway@gmail.com   mine_haway

Tue Jan 25, 2011 11:43 pm (PST)



2011/1/26 Nursalam AR <nursalam.ar@gmail.com>

> Wa'alaikum salam wr.wb.
>
> Selamat ya untuk Mbak Ugik.Moga berkah usia,berkah rejeki dan berkah
> karya:)
>
> Juga tahniah untuk sahabat SK lainnya yang berhari jadi di bulan Januari
> yakni Pak Marbot Suhadi:) di 5 Januari. *hafal karena tanggalnya cuma beda
> sehari dengan saya*
>
> kayaknya ada lagi deh yang lainnya yang ultah Januari juga? Mbak Diah
> Utami? Bu Ammy? CMIIW.
>
> Petugas lonceng kudu koordinasi sama Mbak Mimin nih,hehe...
>
Wah iya nih petugas loncengnya musti koordinasi dengan saya
Biar gak ada yang terlewat
Selamat berkurang umur untuk Mbak Ugik, Mas Nursalam, Pak Suhadi, Ainur
Rohmah (aie), Regantini Salsabila
Moga panjang umur dalam ketaatan-NYA
Dikaruniai sisa umur yang berkah
Sehat dan sukses selalu
Amin...

--
Write what you think!
http://minesweet.blogspot.com
http://minehaway.com/min-shop/
3e.

Re: [LONCENG] Met Milad Bu Guru

Posted by: "Sugeanti Madyoningrum" ugikmadyo@gmail.com   sinkzuee

Wed Jan 26, 2011 12:46 am (PST)



All: aamiin. terima kasih banyak sudah diberi hadiah doa-doa yang indah.
maap baru buka email ini.

banyak juga yg milad di Januari. Selamat milad semuanya :)

--
Ugik Madyo
http://ugik.multiply.com
http://ugiksaja.blogspot.com
4a.

Re: [OOT] Kangen

Posted by: "Novi Khansa" novi_ningsih@yahoo.com   novi_ningsih

Tue Jan 25, 2011 3:46 pm (PST)



Sama, priiiiiiiil
kangen juga :D *padahal smsan tiap hari berapa kali, ya kita? :P

KAngen banget, terutama sama bidadari eska :) *istilah mbak ugik yang milad hari ini :)

kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen :D

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, Nursalam AR <nursalam.ar@...> wrote:
>
> hmm..kalimat singkat yang bernas, mewakili aspirasi terpendam para
> penghuni rumah SK yang tak terucapkan. Seperti kata Katon Bagaskara
> (jadul amat ya!),"seperti puisi yang tak pernah tertuliskan":) *kalo
> ga salah ingat ya!*
>
> salam,
>
> Nursalam AR
> - yang terpancing oleh "provokasi" April di ujung Januari - :D
>
> On 1/24/11, Aprillia Ekasari <april_reto@...> wrote:
> > Cuma mau bilang: Aku kangen sama SK dan penghuni-penghuninya...
> >
> > Salam,
> > April-Surabaya
> >
> >
> >
> >
> >
>
>
> --
> Blog : www.nursalam.wordpress.com
> Twitter : http://twitter.com/salamrahman
> LinkedIn : http://id.linkedin.com/in/nursalam
>
> *"We make a living by what we get, but we make a life by what we give." —
> Norman MacEwan*
>

4b.

Re: [OOT] Kangen

Posted by: "Nia Robie'" musimbunga@gmail.com

Tue Jan 25, 2011 4:02 pm (PST)



kangen juga..
:*

On 1/24/11, Aprillia Ekasari <april_reto@yahoo.com> wrote:
> Cuma mau bilang: Aku kangen sama SK dan penghuni-penghuninya...
>
> Salam,
> April-Surabaya
>
>
>
>
>

5.

[Catcil] Itu Sudah!

Posted by: "Nia Robie'" musimbunga@gmail.com

Tue Jan 25, 2011 9:34 pm (PST)



diketik pake hp yang diposting di fb tnggl 18 jan 2011:D silahkan dinikmati
:P

***
Itu Sudah!

Seminggu sekali adalah jadwal saya mengajar agama di salah satu kelas 6
(kelas 6 ada 2 lokal). kelas 6A lebih tepatnya. Dua minggu terakhir saya
'dihadiahi' tugas mengajar kelas 6A secara full, dikarenakan rekan saya
cuti.

Memanglah mengajar bukan tugas utama kami, yang memiliki tugas utama
mengawasi dan menjalankan program sdp (school development program) di salah
satu SD di buli. namun karena di sini masih saja kekurangan guru, maka tak
jarang dari kami turun menangani kelas-kelas yang tak 'terisi'. bahkan,
beberapa rekan kerja saya yg telah lebih dulu datang ke sini akhirnya
mengambil alih tugas wali kelas. mengajar penuh 6 kali seminggu.

Dua minggu ini bukan hanya saya yang mengajarkan mereka banyak hal, tapi
juga mereka. ada saja ulah mereka yang membuat saya gemas, tertawa, marah,
atau merasa mempunyai sahabat2 baru.

Saya pun mulai akrab dengan bahasa 'iyo', 'tho?' 'mo pigi kamana kong?',
'torang, dorang, ngoni, ngana,' bahkan 'kantu' yang diartikan kentut (maaf
hehe) jika salah satu dari mereka ada yang iseng buang angin di kelas. :D

Membudayakan bahasa daerah, untuk melestarikan kebudayaan yang sudah ada
memang mempunyai maksud baik. namun bagaimana jika mereka menggunakannya di
seluruh mata pelajaran? dalam kbm?

pernah suatu hari, di rumah kontrakan yang sekaligus jadi kantor saya dan
rekan2, kami menyelenggarakan nonton bersama. ruangan tengah penuh sesak
anak2. awalnya kami menonton 'laskar pelangi' namun karena kerusakan dvd
akhirnya kami menonton 'denias'. bagi sebagian yang sdh menonton denias,
tentu tidak asing lagi dengan kata 'itu sudah'. bahkan sampai akhir film pun
ditutup dengan 'itu sudah!'.

walhasil, bocah laki2 hitam manis, berambut agak keriting, yang mempunyai
lesung di kedua pipinya, dan berbulu mata sangat lentik, salah satu siswa
kelas 6A. sering sekali menggunakan kata 'itu sudah'. yang jadi masalah
adalah ketika dia menyangkutpautkan 'itu sudah' ke dalam jawaban ujian.

soal ujian : nabi Musa AS membelah laut merah menggunakan?
'tongkat itu suda'
soal ujian : Nabi Musa AS pernah secara tidak sengaja membunuh orang dari
bangsa...
'maaf de oke "iyoto itu suda"' (maksudnya maaf tdk menjawab).

benar2 antara kesal memeriksa jawaban itu, juga mau ketawa sejadi2nya. bocah
laki2 ini memang jika saya perhatikan mudah sekali menyerap bahasa, bahkan
saya sering tertawa jika di luar kbm dan acara2 non formal ia meledek saya
dengan logat jakarta bahkan fasih berucap 'aya2 wae' sambil tersenyum dan
menatap jahil ke saya. mungkin salah satu potensinya ada di bahasa.

keesokan harinya saya menceramahi mereka tentang bagaimana penggunaan bahasa
daerah dalam pelajaran. bukan mau membinasakan bahasa daerah (pun saya masih
senang menggunakan bahasa sunda di beberapa keadaan non formal) tapi
ternyata bahasa daerah yg tdk sesuai tempatnya apalagi dalam soal ujian,
membuat mereka khususnya anak2 sd kadang bingung dalam pelajaran
b.indonesia. akibatnya, tentu nilai ujian b. indonesia mereka susah sekali
mendapat nilai yang memuaskan.

contoh lainnya adalah ketika mereka menuliskan di bawah menjadi 'di bawa'
dan menulis di bawa menjadi 'dibawah' juga beberapa penulisan bahasa
indonesia yang dicampur dalam bahasa daerah dalam tugas mengarang.

penyebabnya dikarenakan banyak alasan, ditambah dengan minimnya informasi,
buku2 cerita, bahkan koran saja susah ditemui. kalaupun beruntung ditemui,
jangan heran jika melihat tanggal, terlambat satu hari. miris memang.

untuk menuju langkah seribu dibutuhkan langkah pertama untuk memulai.
seiiring waktu, semoga mereka bisa membedakan penggunaan bahasa daerah dan
bahasa indonesia yang sesuai tempatnya. bahkan bukan tidak mungkin, salah
satu dari mereka ada yang mengikuti jejak novelis kenamaan putra daerah,
Andrea Hirata. semoga ;)

Itu sudah! hehe

buli karya, 180111
Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: