Jumat, 06 Januari 2012

[daarut-tauhiid] ..PKPU Berangkatkan Tim Bantuan Kemanusiaan ke Filipina

 


Relief Program for Philipinnes
PKPU Berangkatkan Tim Bantuan Kemanusiaan ke Filipina
 

JAKARTA - Badai Washi di Filipina telah meluluhlantakkan pusat bencana di Cagayan de Oro pada 17 Desember 2011 lalu. Selain itu juga merenggut nyaris 2.000 jiwa. Sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU sudah menyiapkan bantuan berupa tenaga kemanusiaan dan bantuan logistik kemanusiaan.

PKPU juga mengirimkan Tim Kemanusiaan yang dipimpin langsung General Manager Pendayagunaan Ferry Suranto, bersama Manajer Disaster Risk Management (DRM) Muhammad Kaimuddin.

Kedua tim kemanusiaan PKPU ini memulai misi dengan terbang langsung menuju Manila, pada Jumat pagi (6/1/2012) pukul 08.00 WIB dengan menggunakan pesawat Cathay Pacific dan menempuh perjalanan sekitar 10 jam untuk sampai ke ibukota Filipina itu. Sebelum keberangkatan, tim kemanusiaan PKPU telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, terutama dalam pengaturan distribusi bantuan nantinya di area pengungsian.

Misi kemanusiaan PKPU di Filipina berlangsung selama delapan hari dengan fokus kepada pemberian bantuan dasar (basic needs) untuk para korban dan pengungsi. Kondisi ini berdasarkan assessment awal dari pengumpulan informasi jejaring mitra PKPU di Filipina serta data dari Armed Forces of The Philippiness (APF) diperkirakan masih terdapat sekitar 37.000 jiwa yang tinggal di pengungsian, di jalan-jalan atau menumpang di rumah kerabat dan saudara. 

Sejumlah program yang akan dilakukan Tim Kemanusiaan PKPU diantaranya adalah pemberian logistik bantuan korban di pengungsian, pendirian dapur air dan pembangunan serambi nyaman. Dapur air didirikan mengingat mendesaknya kebutuhan akan air bersih bagi para korban dan pengungsi. 

Dengan adanya dapur air ini, diharapkan dapat mencegah potensi terjadinya penularan penyakit dan penurunan kesehatan para korban dan pengungsi. Juru bicara badan PBB untuk anak-anak juga menerangkan potensi terjadinya epidemic penyakit karena keterbatasn air bersih tersebut.

Selain itu, tim kemanusiaan PKPU  juga akan menyiapkan serambi nyaman pada para korban di pengungsian. Serambi nyaman merupakan pembuatan lokasi penampungan sementara yang nyaman, khususnya bagi 3 kelompok rentan yaitu ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

Selain nyaman, pengungsi dari kelompok rentan ini bisa bebas dari keramaian dan asap rokok. Selain itu, serambi nyaman ini member lebih banyak privasi kepada kelompok rentan tersebut.  Selain sebagai ruang privasi, di serambi nyaman, juga akan diadakan program mendongeng, permainan edukatif dan trauma healing. (PKPU/Akbar/Rahma/Jabodetabek)

 

Cecep Y Pramana
Media Komunikasi Online
Mobile: +628128552568
www.pkpu.or.id
YM: cepypram
facebook: cepy pramana
twitter: @PangeranArjuna
skype: cepypramana

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: