Selasa, 21 April 2009

[daarut-tauhiid] Resensi Buku "Inspiring Words"



Resensi Buku
Dimuat di Tabloid Jum'at
Thn.XXI-14 Rabiul Akhir 1430 H-10 April 2009
 
Mengungkap Rahasia Bacaan Shalat

Shalat merupakan kewajiban setiap Muslim. Ibadah yang dilakukan sehari lima waktu itu merupakan sarana komunikasi langsung antara hamba dengan sang Khalik, yakni Allah SWT.
Dalam setiap shalat, seorang muslim berkomunikasi dengan Allah SWT. Dengan kata dan ucapan yang sama dan dilakukan berulang-ulang. Bagi kebanyakan  orang hal tersebut dapat menimbulkan kebosanan sehingga shalat tidak memberi dampak positif bagi dirinya sendiri. Mengapa hal ini terjadi? Karena kata-kata dalam shalat tidak memberikan makna dalam jiwa orang tersebut.
Agar shalat kita bermakna dan berdampak positif, buku yang ditulis oleh dua penulis ini –Tatang Hidayat & Anjar Ramadhana- menjadi salah satu cara dalam membantu pembaca untuk menghayati lebih dalam bacaan shalat sehingga dapat langsung merasakan manfaat shalat bagi pengembangan diri.
11 Inspirasi Shalat
Agar pembaca dengan mudah menangkap makna dalam bacaan shalat, kedua penulis ini membagi bacaan shalat menjadi 11 kumpulan kalimat. Ke-11 kalimat itu diungkapkan maknanya dengan kisah atau cerita fiksi  maupun non fiksi, teori dan model pengembangan keperibadian oleh pakar dan ulama serta Al-Qur'an dan Hadis nabi Muhammad SAW yang menguatkan.
Dengan metode seperti ini, kedua penulis berharap setiap kata maupun kalimat yang dibaca di dalam shalat dapat diucapkan dengan pemahaman dan menjadikannya sebagai dasar dalam bertindak atau bersikap. Dari 11 kumpulan kalimat, kedua penulis menyampaikan 11 inspirasi, yaitu inspirasi arah, inspirasi pribadi sukses, inspirasi paradigma, inspirasi sikap, inspirasi menghadapi perubahan, inspirasi mengambil keputusan, inspirasi membuat rencana tujuan, inspirasi mengenal sosok idola, inspirasi komitmen, inspirasi meneladani idola, inspirasi menghimpun potensi kebaikan dan keberuntungan.
Meski buku ini tipis, namun ide yang disampaikan dapat dijadikan alternatif untuk membawa kita pada pemahaman serta kesadaran terhadapa agungnya makna shalat. Apabila kita mendirikan shalat dengan jiwa dan raga, mengerti dan menghayati apa yang diucapkan dan mengaktualisasikan nilai-nilainya, maka sungguh kita akan mendapatkan manfaat dan hikmah yang begitu besar dalam pengembangan keperibadian menuju pribadi sukses dan mulia yang diridhoi Allah.
Bukan itu saja, buku yang ditulis dengan bahasa yang lugas namun inspiratif ternyata berhasil menghadirkan hal-hal baru dalam kaitannya dengan bacaan shalat yang setiap hari kita baca berkali-kali itu. Di mana bacaan-bacaan tersebut diungkap rahasianya dan dikaitkan maknanya dengan kisah-kisah menarik yang mencerahkan dan penuh pelajaran. Tidak percaya? Bacalah buku ini dan ambil maknanya. (Maulana)     
 
Judul Buku:  "Inspiring Words" Mengungkap Hikmah Bacaan Shalat
Penulis: Tatang Hidayat dan Anjar Ramadhana
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar
Cetakan: I, Februari 2009
Tebal : 188 halaman
 
 
 
 

Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang! Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: