Rabu, 15 April 2009

[sekolah-kehidupan] Digest Number 2602

Messages In This Digest (7 Messages)

Messages

1.

(Cerpen) Makam Merah Jambu

Posted by: "aryadni nataya" aryadni_nataya@yahoo.com   aryadni_nataya

Tue Apr 14, 2009 2:54 am (PDT)





Makam Merah
Jambu

Seorang wanita duduk di bawah
pohon beringin rindang berwarna merah jambu. Mukanya sedikit pucat dan rambut
pirangnya gimbal. Di depannya ada sebuah buku yang juga merah jambu, terbuka
pada halaman yang berisi coretan nama, sebab kematian dan tanggalnya. Tintanya
merah.

Seorang lelaki yang terlihat bingung memasuki
pintu gerbang tak jauh dari beringin merah jambu itu. Ia membawa sebuah
bungkusan kotak yang dibungkus kain hitam. Si wanita aneh tidak menggubris.
Pandangannya kosong mengarah ke depan. Seperti menembus dada lelaki itu.

"Permisi," kata si lelaki.

"Hm."

"Aa...mau tanya, apa betul...?"

"Betul. Di sini Makam Merah Jambu."

"Ya. Betul. Memang itu yang aku cari. Dan kau adalah..."

"Saya Penjaga Hati Mati."

"O. Saya mau menguburkan ini."

"Punya siapa?"

"Punya saya."

Si wanita membuka bukunya di lembaran baru.

"Nama?"

"Rinto."

"Sebab kematian?"

"Cinta."

Si wanita berhenti sejenak. Memandang si lelaki dan berkata,

"Tidak ada sebab kematian karena cinta. Di sini semua mati karena perselingkuhan,
tidak ada komitmen, pasangan yang tidak tau apa maunya, pasangan yang
emosional, pasangan yang belum dewasa cara berpikirnya,...tidak ada yang karena
cinta. Karena cinta tidak pernah mati."

Si lelaki tertegun.

"Tapi...itu benar. Saya bunuh hati saya sendiri. Karena sudah tidak ada
lagi cinta. Saya mendengar suara pacar saya dan melihatnya dan saya tahu, cinta
sudah tidak ada lagi di sini." katanya sambil menunjuk ke sebuah kotak
yang dibungkus kain hitam. "Saya tidak tahu apa lagi yang harus saya
lakukan. Kekasihku, dia begitu mencintai saya. Saya juga mencintainya, dulu.
Entah kenapa rasa itu bisa hilang. Cinta seolah berkemas dan meninggalkan saya.
Saya masih menyayanginya tapi saya tahu saya tidak akan pernah bisa membalas
cintanya yang sedemikian besar. Maka itu, saya bunuh hati saya sendiri. Supaya
saya bisa berhenti merasa bersalah."

Si wanita kembali kepada halaman yang tadi
sedang ditulisinya.

"Sebab: Pasangan pengecut."

"Saya bukan pengecut."

"Kau pengecut. Kamu tidak bisa hidup dengan rasa bersalahmu sendiri. Bukan
salah hatimu, dan bukan salah cinta. Tapi kau menyalahkan cinta. Kau memang
tidak pernah mencintainya."

"Pernah."

"Kalau pernah kenapa kau harus takut? Takut menerima cintanya yang
sedemikian besar? Hanya ada satu penjelasan. Kau pengecut. Buktinya, kau bunuh
hatimu sendiri karena kau pikir itu bisa mengakhiri derita rasa
bersalahmu."

Si lelaki tertunduk. Ia mengangkat wajahnya
dan wajah si wanita itu berganti menjadi wajah kekasihnya yang tersenyum. Ia
sedikit tergagap dan bungkusan kotak hitam di tangannya terjatuh.

"Kau...kau...Nan...maafkan aku..."

Wajah pucat wanita berambut gimbal pirang pun kembali muncul. Senyum sedihnya
tersungging di bibir. "Kau tahu? Nan tidak akan pernah mempersoalkan
apakah kau bisa membalas cintanya yang sedemikian besar atau tidak. Tapi memang
kau tidak pernah mencintainya. Kalau pernah, kau akan berusaha kembali lagi ke
sana dan menemukannya."

Si lelaki masih tertunduk.

Wanita pucat berambut gimbal pirang itu
kembali berkata.

"Aku tidak bisa menguburkan hatimu di sini. Ia belum benar-benar mati. Aku
tidak bisa menguburkan hati yang penuh perasaan bersalah. Dia gentayangan
nanti. Aku hanya menguburkan hati yang benar-benar sudah mati dan tidak bisa
ditawar-tawar lagi. Kau lihat itu, (menunjuk deretan nisan merah hati yang
berjejer rapi), tempat ini sebetulnya milikku. Itu hatiku yang kukubur.
Semuanya sudah mati. Beberapa mati karena lelaki pengecut seperti kau. Tapi ia
bisa tumbuh lagi bila waktunya telah tiba. Aku sedang menunggu tutup buku (menunjuk
onggokan tanah merah jambu yang masih baru digali. Di dekatnya ada sebuah
lubang kosong), itu untuk hatiku yang terakhir, tapi ia belum bisa kukuburkan
karena urusannya masih belum selesai. Ia masih penasaran walaupun sudah
sekarat."

Si lelaki mengangkat wajahnya dan memandang
wanita pucat itu. Dipungutnya bungkusan kotak hitam yang tadi terjatuh.
"Maafkan aku."

Si wanita pucat berambut gimbal pirang itu memandanginya lekat-lekat. "Kau
mengingatkanku padanya. Pada lelaki itu. Kau tidak tahu apa arti permintaan
maafmu dan kenapa kata itu keluar dari mulutmu."

Ia melanjutkan. "Pergilah. Kembali lah
pada dirimu sendiri, jangan pada rasa takutmu. Kalau kau memang pernah
mencintainya, kau akan menemukan jawabannya. Hatimu belum pantas mati. Tidak,
tidak hari ini."

Angin sejuk bertiup perlahan. Aroma wangi
bunga setaman tercium. Si lelaki menutup matanya dan menghirup angin wangi
dalam-dalam. Secuil rasa pilu menancap di dadanya. Bersamaan dengan itu,
bungkusan kotak hitamnya hilang. Ia membuka mata dan menemukan dirinya di
sebuah lapangan luas. Gerbang yang tadi dimasukinya hilang. Beringin merah
jambu dan wanita pucat berambut gimbal pirang itu hilang, juga nisan-nisan
merah marun dan tanah pekuburan merah jambu. Ia melihat sekeliling sambil
memegangi dadanya yang masih terasa pilu. Di kepalanya terngiang suara wanita
pucat berambut gimbal pirang,"Kembalilah pada dirimu sendiri, bukan pada
rasa takutmu."

Lelaki itu berjalan. Ke mana sekarang,
pikirnya. Nan. Pikirnya lagi. Nan. Seperti mantra, ia mengulang-ulang perkataan
wanita pucat itu sambil terus berjalan. Kembali ke dirinya sendiri.

 

(NatayaBagya)










2.

Bls: [sekolah-kehidupan] [catcil] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Be

Posted by: "CaturCatriks" akil_catur@yahoo.co.id   akil_catur

Tue Apr 14, 2009 6:28 am (PDT)



mungkin sedikit kebalik mb lia
sebenere mb lia lah yg mengajarkan kebaikan kepada teman2, termasuk kepada kami
mb lia punya apresiasi yg tinggi, punya empati yg besar yg jarang saya temui

terima kasih juga mb lia telah mengajaarkan kepada kami ttg kebaikan

CaturCatriks

Editor - Penulis
http://caturcatriks.blogspot.com

 

--- Pada Sen, 13/4/09, Lia Octavia <liaoctavia@gmail.com> menulis:

Dari: Lia Octavia <liaoctavia@gmail.com>
Topik: [sekolah-kehidupan] [catcil] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Berbuat Kebaikan Akhir Pekan Ini
Kepada: "sekolah-kehidupan@yahoogroups.com" <sekolah-kehidupan@yahoogroups.com>
Tanggal: Senin, 13 April, 2009, 10:13 PM

Saya sepakat bahwa berada di antara para sahabat selalu membuat suasana menjadi menyenangkan, seakan waktu tidak ada akhirnya. Sahabat-sahabat, yang dari mereka lah saya banyak belajar bagaimana caranya berbuat kebaikan.

Begitu pula pada liburan kali ini. Setelah menghabiskan hari-hari dan malam-malam untuk bekerja dan menulis, saya ingin sekali menghabiskan liburan kali ini untuk bersenang-senang dan bermain-main. Menikmati masa muda saya. Ternyata, justru pada liburan panjang mulai tanggal 9 hingga 12 April 2009 itu, saya banyak mendapat pelajaran bagaimana caranya untuk berbuat kebaikan.

Kamis, 9 April 2009, saya terbangun dari tidur setelah menerima sms dari Mas Koko Nata yang mengingatkan bahwa hari itu adalah pemilu legislatif. Saya cukup terkejut  menerima sms darinya, mengingat saya yakin, saya tidak akan membuang-buang pulsa untuk mengirimkan sms pada orang-orang hanya sekedar mengingatkan  hari itu kami harus pergi ke TPS untuk "mencontreng". Walau akhirnya saya termasuk kelompok pemilih terakhir di TPS dekat rumah karena saya lebih suka bermalas- malasan sepanjang pagi, saya menggunakan hak pilih saya sebagai warga negara Indonesia. Paling tidak, saya juga tidak akan membuat sms Mas Koko dan niat baiknya mengingatkan saya itu menjadi sia-sia.    













Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/
3.

Catatan Kecil Buat Tuhan

Posted by: "Jenny Jusuf" j3nnyjusuf@yahoo.com   j3nnyjusuf

Tue Apr 14, 2009 7:58 am (PDT)



Terima kasih untuk selalu menjadi tempat berpulang saat saya mendamba kehangatan rumah.

Terima kasih untuk senantiasa menjadi sauh saat kapal kecil ini kehilangan haluan.

Terima kasih untuk cinta tanpa syarat yang tidak pernah menuntut balasan.

Terima kasih karena selalu ada. Di dalam sini.

Dan yang terpenting, terima kasih untuk selalu mengingatkan, lagi dan lagi, mengapa saya jatuh cinta kepadaMu.

Ya. Sampai detik ini, saya masih jatuh cinta. :-)

You feel that you are lonely
It doesn´t prove that you are alone
You feel that nobody wants you
It doesn´t mean that no one cares about you

Listen to the word I say
That I will always be by your side
You mean everything to Me
And I will never leave you
`Cause I love you so

You think that you are nothing
But for Me you are something beautiful
You think that you can´t do anything
But you can do a lot of things with Me

Listen to the word I say
That I will always be by your side
You mean everything to Me
And I will never leave you
`Cause I love you so

No more fear about the future
And blame for the past
I´ll give everything
When I say that I love you

When I say that I love you
I really do.

(When I Say That I Love You - Franky Sihombing)

*Inspired by this song, and this.

ROCK Your Life! - Jenny Jusuf - http://jennyjusuf.blogspot.com

4a.

Re: Bls: [flpdki] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Berbuat Kebaikan A

Posted by: "Bu CaturCatriks" punya_retno@yahoo.com   punya_retno

Tue Apr 14, 2009 7:04 pm (PDT)



iyaaa, ain dan mbak lia, i had so much fun!

mulai dari norak2an ma ain di ruang studio (secara kita nggak pernah diwawancara, hehe), dgn main kode mata dan bolak balik nanya pertanyaan dodol kaya "duh, neng, gua suka lemot dan nggak tau mau ngomong apa nih. bisa nggak ya ngomong 'blublubblub' aja?"

atau waktu suami ain--kak andi--dgn sangat pengeertiannya bilang, "udah, ibu2 (aku, ain, mbak lia, yena) 1 mobil aja deh di mobilnya yena, aku sama mas catur aja yg bapak2" :)

trus ngobrol bareng abis on air di pejaten village, dimana orang2 baik ini hampir setiap setengah jam sekali nanya "mbak retno gapapa? mual gak? cape nggak? perutnya gpp?"

betapa sahabat juga adalah orang, yg mungkin dgn-nya kita tidak perlu banyak bercerita. cukup duduk diam2 di sisi, dan menciptakan keheningan menyamakankan.

mengutip satu kalimat jenny jusuf "betapa kita tidak perlu banyak utk bisa bahagia" :)

salam,

-retno-

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, Ain Nisa Oktarinda <jurnalcahaya@...> wrote:
>
> i had a very great day with you too, mbak...
> sampe ktemu hari minggu !!
> (btw aku masih ge er atas puisi pilihannya mbak lia utk hari minggu nanti xixixixi pasti jadi lebih menyentuh dibawain secara verbal oleh mbak lia. jadi ayo temen2 yg mau liat performance mbak lia, dateng ya ke bedah buku di MP Book Point)
>
>
>
>
>
>
>
> ________________________________
> From: bujang kumbang <bujangkumbang@...>
> To: sekolah-kehidupan@yahoogroups.com
> Sent: Tuesday, April 14, 2009 1:26:51 PM
> Subject: [sekolah-kehidupan] Bls: [flpdki] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Berbuat Kebaikan Akhir Pekan Ini
>
>
>
>
>
>
>
> --- Pada Sel, 14/4/09, bujang kumbang <bujangkumbang@ yahoo.co. id> menulis:
>
>
> Dari: bujang kumbang <bujangkumbang@ yahoo.co. id>
> Topik: Bls: [flpdki] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Berbuat Kebaikan Akhir Pekan Ini
> Kepada: flpdki@yahoogroups. com, "FLP Jadebeci" <flpwilayah_jabedeci @yahoogroups. com>
> Tanggal: Selasa, 14 April, 2009, 1:19 PM
>
>
> ehemmmm....
> batuk ah.....
> kerennnnnnnnnnnn
> abessssssssssssss
> hehehe
>
> --- Pada Sen, 13/4/09, Lia Octavia <liaoctavia@gmail. com> menulis:
>
>
> Dari: Lia Octavia <liaoctavia@gmail. com>
> Topik: [flpdki] Sahabat-Sahabat Yang Mengajarku Berbuat Kebaikan Akhir Pekan Ini
> Kepada: "FLP DKI" <flpdki@yahoogroups. com>, "FLP Jadebeci" <flpwilayah_jabedeci @yahoogroups. com>
> Tanggal: Senin, 13 April, 2009, 10:14 PM
>
>
>
>
>
>
> Saya sepakat bahwa berada di antara para sahabat selalu membuat suasana menjadi menyenangkan, seakan waktu tidak ada akhirnya. Sahabat-sahabat, yang dari mereka lah saya banyak belajar bagaimana caranya berbuat kebaikan.
> Begitu pula pada liburan kali ini. Setelah menghabiskan hari-hari dan malam-malam untuk bekerja dan menulis, saya ingin sekali menghabiskan liburan kali ini untuk bersenang-senang dan bermain-main. Menikmati masa muda saya. Ternyata, justru pada liburan panjang mulai tanggal 9 hingga 12 April 2009 itu, saya banyak mendapat pelajaran bagaimana caranya untuk berbuat kebaikan.
> Kamis, 9 April 2009, saya terbangun dari tidur setelah menerima sms dari Mas Koko Nata yang mengingatkan bahwa hari itu adalah pemilu legislatif. Saya cukup terkejut menerima sms darinya, mengingat saya yakin, saya tidak akan membuang-buang pulsa untuk mengirimkan sms pada orang-orang hanya sekedar mengingatkan hari itu kami harus pergi ke TPS untuk "mencontreng" . Walau akhirnya saya termasuk kelompok pemilih terakhir di TPS dekat rumah karena saya lebih suka bermalas- malasan sepanjang pagi, saya menggunakan hak pilih saya sebagai warga negara Indonesia. Paling tidak, saya juga tidak akan membuat sms Mas Koko dan niat baiknya mengingatkan saya itu menjadi sia-sia.
> Jumat, 10 April 2009, saya menghadiri rapat evaluasi pengurus FLP Jakarta di rumah Mas Joko Waluyo dan Mbak Anisa Kuffa di bilangan Jakarta Timur. Walau saya sudah beberapa kali bertandang ke rumah itu, saya tetap saja sulit mengingat rute perjalanan menuju ke sana. Alhamdulillah ada Mas Fiyan Arjun yang bersedia menemani saya pergi ke sana. Setidaknya, bila saya tersesat, ada teman yang juga ikut tersesat bersama saya. Echa yang sudah mengirimkan rute via sms juga tetap saja saya telepon di dalam perjalanan. Echa tetap bersabar menjelaskan rute pada saya.
> Rapat pengurus berlangsung sangat menyenangkan. Penuh canda dan tawa. Dan tentu saja penuh makanan. Kang Taufan memimpin jalannya rapat dengan serius tapi santai. Pada rapat inilah, saya belajar untuk menjadi pendengar yang baik, bersabar dalam menghadapi tantangan dan kendala yang ada, serta mencari jalan keluar yang terbaik. Rapat pengurus yang berbeda kali ini, yang tidak membuat saya sakit kepala setelah rapat usai, tidak membuat saya merasa terbebani dengan berbagai amanah, malah sebaliknya, saya merasa cukup tertawa, cukup makan, dan cukup belajar hari itu.
> Sabtu, 11 April 2009, beberapa teman pengurus berjanji untuk menonton film bersama karena mereka ingin menikmati waktu luang dengan melakukan hal-hal lain di luar rutinitas. Setelah sibuk bertelepon dan sms-an, akhirnya Mas Ervan, Mbak Azzura Dayana, dan saya bertemu di Plasa Semanggi. Kami menonton film kartun lalu menghabiskan sore itu dengan berdiskusi seputar kepenulisan, sastra, dan kehidupan di skydining Plasa Semanggi yang nyaman. Kebiasaan berfoto-foto membuat saya bersemangat. Terlalu bersemangat, tepatnya. Dan terlalu bersemangat- nya saya itu membuat saya memecahkan dua buah gelas minuman saat itu. Tidak ada yang menyalahkan saya. Tidak ada yang memarahi saya. Begitu juga pelayan Solaria Atmosphere tidak menyuruh saya mengganti gelas-gelas itu. Sahabat-sahabat saya yang mengajarkan bagaimana menerima saat seseorang berbuat kesalahan. Bahwa siapa saja tidak luput dari kesalahan dan tidak pada tempatnya untuk menghakimi atau saling menyalahkan.
> Pada mereka berdua, Mas Ervan dan Mbak Yana, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk pelajaran sederhana ini yang diajarkan pada saya.
> Ahad, 12 April 2009, sejak siang hari,.saya sudah berada di kediaman Mbak Retno dan Mas Catur untuk bersama-sama pergi ke stasiun radio DFM di bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Sore itu ada acara bedah buku "Let's Talk About" dengan menghadirkan para penulisnya; Mbak Retno dan Mbak Ain. Setiba di sana sebelum siaran, saya bertemu dengan Mbak Ain dan suaminya, serta Mbak Yena. Dengan mereka, saya masuk ke ruangan siaran dan bersama Mbak Yena menemani Mbak Retno dan Mbak Ain berbincang mengenai buku mereka. Mbak Dessy, penyiar DFM yang ramah serta Mbak Ari yang ternyata juga aktif dengan teman-teman Multiply Indonesia, acara berlangsung penuh canda tawa. Saya sangat menikmati saat-saat itu sehingga saya lupa saya sedang berada di ruang siaran dan saya lupa bila hendak berbicara, saya harus berbicara di depan microphone.
> Setelah siaran, kami semua pergi ke Pejaten Village dan melewati sore yang menyenangkan di Chef Imperial, sambil menikmati iced milk tea, segelas capuccino, tiramisu, dan hot melt chocolate cake with ice cream sambil berbincang-bincang. Let's Talk About yang dibedah saat siaran berlanjut tanpa disadari. Kami berbagi cerita tentang masa-masa kuliah hingga topik hantu di rumah Mbak Yena yang akhirnya membuat kami semua beranjak ke mushalla untuk shalat Maghrib. Itulah acara siaran bedah buku yang paling santai yang pernah saya ikuti. Semuanya terasa menyenangkan sehingga tak terasa waktu kian larut dan tiba waktunya untuk berpisah.
> Hingga akhirnya sebelum berangkat tidur malam itu, seusai mengucap doa dan terima kasih pada Sang Cinta, saya menarik nafas lega, bahwa liburan panjang akhir pekan saya kali ini, tidaklah sia-sia. Karena saya telah banyak belajar. ^_^
>
> Jakarta, 13 April 2009 at 10.00 p.m.
> http://mutiaracinta .multiply. com
>
>
> ________________________________
> Akses email lebih cepat.
> Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)
>
> ________________________________
> Akses email lebih cepat.
> Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini! (Gratis)
>

5.

(catcil) Sifat dan Keadaan Qalb (Hati)

Posted by: "agussyafii" agussyafii@yahoo.com   agussyafii

Tue Apr 14, 2009 7:51 pm (PDT)



Sifat dan Keadaan Qalb (Hati)

By: Prof. Dr. Achmad Mubarok MA

Qalb mempunyai karakter tidak konsisten, oleh karena itu ia bisa terkena konflik batin. Interaksi yang terjadi antara pemenuhan fungsi memahami realita dan nilai-nilai (positif) dengan tarikan potensi negatif yang berasal dari kandungan hatinya, melahirkan satu keadaan psikologis yang menggambarkan kualitas, tipe dan kondisi dari qalb itu. Proses pencapaian kondisi qalb itu melalui tahapa-tahapan perjuangan rohaniah, dan dalam proses itu, menurut al-Qur'an, manusia mempunyai sifat tergesa-gesa, seperti yang dipaparkan dalam surat al-Anbiya / 21:37 dan Q., s. al-Isra / 17:11, dan berkeluh-kesah, seperti yang terdapat dalam surat al-Ma'arij / 70:9-20.

Proses interaksi psikologis itu mengantar hati pada kondisi dan kualitas hati yang berbeda-beda, yaitu:

1) Keras dan kasar hati, surat Ali Imran / 3:159,

2) Hati yang bersih, surat al-Syuara / 26: 89,

3) Hati yang terkunci mati, surat al-Syura / 42:24 dan surat al-Mumin / 40:35,

4) Hati yang bertaubat, surat Qaf / 50:33,

5) Hati yang berdosa, surat al-Baqarah / 2:283,

6) Hati yang terdinding, surat al-Anfa / 8:24,

7) Hati yang tetap tenang, surat al-Nahl / 16:106,

8) Hati yang lalai, surat al-Anbiya / 21:3,

9) Hati yang menerima petunjuk Allah SWT, surat al-Taghabun / 64:11,

10) Hati yang teguh, surat al-Qashashsh / 28:10, dan surat Hud / 11:120,

11) Hati yang takwa, surat al-Hajj / 22:32,

12) Hati yang buta, surat al-Hajj / 22:46,

13) Hati yang terguncang, surat al-Nur / 24:37,

14) Hati yang sesak, surat al-Mu'min / 40:18,

15) Hati yang tersumbat, surat al-Baqarah / 2:88,

16) Hati yang sangat takut, surat al-Naziat / 79:8,

17) Hati yang condong kepada kebaikan, surat al-Tahrim / 66:4,

18) Hati yang keras membatu, surat al-Baqarah / 2:74,

19) Hati yang lebih suci, surat al-Ahzab / 33:53,

20) Hati yang hancur, surat al-Tawbah / 9:110,

21) Hati yang ingkar, surat al-Nahl / 16:22,

22) Hati yang takut, surat al-Mu'minun / 23:60,

23) Hati yang kosong, surat Ibrahim / 14:43, surat al-Qashashsh / 28:10, dan

24) Hati yang terbakar, surat al-Humazah / 104:6-7.

Dari keterangan di atas, yang berkaitan dengan fungsi, potensi, kandungan dan kualitas hati yang disebut dalam al-Qur'an, dapat disimpulkan bahwa qalb memiliki kedudukan yang sangat menentukan dalam sistem nafsani manusia. Qalb lah yang memutuskan dan menolak sesuatu, dan qalb juga yang memikul tanggung jawab atas apa yang diputuskan. Dalam perspektif inilah tampaknya Nabi menyatakan bahwa qalb lah penentu kualitas manusia, seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari Muslim. Dalam hadits yang menyebutkan tentang kejelasan sesuatu yang halal dan haram serta kesamaran sesuatu yang syubhat itu di gambarkan bahwa qalb memiliki kedudukan yang sangat menentukan kualitas keputusan seorang manusia.

Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram juga jelas, tetapi di antara yang halal dan haram itu banyak perkara syubhat yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Maka barang siapa menjaga diri dari yang syubhat berarti ia telah membersihkan agama dan kehormatannya, dan barang siapa yang terjerumus ke dalam syubhat berarti ia telah terjerumus ke dalam yang haram, seperti seorang pengembala yang mengembalakan ternaknya di sekeliling tanah larangan, dikhawatirkan akan masuk ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai daerah larangan, dan ketahuilah bahwa daerah larangan Allah SWT adalah hal-hal yang di haramkan. Ketahuilah bahwa dalam setiap tubuh manusia ada sepotong organ yang jika ia sehat maka seluruh tubuhnya juga sehat, tetapi jika ia rusak, maka seluruh tubuhnya terganggu, ketahuilah bahwa organ itu adalah qalb (H.R. Bukhari Muslim).

Jika berfungsi tidaknya akal pada manusia diungkapkan al-Qur'an dengan kalimat tanya atau yang sebangsanya, maka besarnya peranan qalb dalam pengambilan keputusan diugkapkan oleh hadits riwayat ahmad dan al-Darimi dengan kalimat perintah, yang artinya mintalah fatwa kepada qalb-mu. Qalb di sini adalah tempat bertanya bagi seseorang jika ia harus memutuskan sesuatu yang sangat penting.

Rasyid Ridla dalam Kitab Hadits Arbain menyebutkan bahwa qalb itu ada dua macam, yaitu sepotong organ tubuh yang menjadi pusat peredaran darah, dan qalb merupakan subsistem nafs yang menjadi pusat perasaan. Bagian pertama memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan badan dan bagian kedua memiliki pengaruh terhadap kesehatan jiwa.

sumber, http://mubarok-institute.blogspot.com

Wassalam,
agussyafii

6a.

[Info Penting] Please Help Us, Guys

Posted by: "ukhtihazimah@yahoo.com" ukhtihazimah@yahoo.com   ukhtihazimah

Wed Apr 15, 2009 12:21 am (PDT)



Salam semuanyaaaa...
**lagi gak ada ide opening yang lebih bagus euy! :D**

Well...well...well...bulan Juli tinggal 3 bulan lagi [3 bulan lagi kan yah?? :P]. Buat yang udah lama ngendon pasti udah tau kalau Juli adalah bulan keramat untuk SK, milis tercintah kita [kita?! Ya iyalaaaahhh!!] Tapi untuk yang newbie [salam kenal yeeee?] perlu dikau ketahui kalau Bulan Juli adalah Bulan makin tuanya si Milis :D alias bulan kelahiran alias miladnya SK [ribeeet!]

Alhamdulillah...saat ini sudah tertampung nama ketua, sekretaris, bendum dan beberapa orang untuk membantu terlaksananya hari bersejarah SK nanti...tapiiiiiii....please help us, guys!! [idih!! :P] kita masih butuh bantuan kalian-kalian untuk nyuksesin acara tahunan keramat ini. Bentuk bantuannya apa? DUIT!!! hahahahahaha...iya sih, tapi sekarang yang terpenting mah kesediaan teman-teman mengajukan diri menjadi panitia. Jadi ajukan diri kalian yang cakep-cakep ini menjadi panitia Milad ke-3 SK. Ya ya ya ya?!!

Oiya, sekedar pemberitahuan untuk ketua Milad ke-3 SK kali ini adalah HADIAN FEBRIANTO, artis dari Bandung yang belum menapak puncak popularitas [jadi wajar kalo ada yang gak kenal ma dia ^_^v]

So, buat yang baik hati dan keren, silakan daftarkan diri kalian ke email sinthionk @ yahoo . com [tanpa spasi] 

Cukup sekian deh pemberitahuan dari kami. Ditunggu ya duitnyaaaa...eh, daftarnyaaaa :P
:sinta:

"Keindahan selalu hadir saat manusia berpikir positif"

BloG aKu & buKu
http://jendelakumenatapdunia.blogspot.com

BloG RaMe-RaMe
http://sinthionk.multiply.com

BloG PenGuMPuL CataTaN
http://sinthionk.rezaervani.com

YM : SINTHIONK

6b.

Re: [Info Penting] Please Help Us, Guys

Posted by: "susanti" susanti@shallwinbatam.com

Wed Apr 15, 2009 12:29 am (PDT)




Plus donasi untuk eskaer yang di luar jawa dung. Hehehe...
Iya nih pengen juga ikutan, kopdaran, tapi jauuuuhhh euy
Ye, secara ma eskaer yang di Batam ajah belum pernah ketemu.
cuma email-emailan.

----------------------------------------------------------

No virus found in this incoming message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 8.0.238 / Virus Database: 270.11.57/2059 - Release Date: 04/14/09 14:52:00
Recent Activity
Visit Your Group
All-Bran

10 Day Challenge

Join the club and

feel the benefits.

Yahoo! Groups

Do More For Dogs Group

Join a group of dog owners

who do more.

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: