Rabu, 29 September 2010

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3203

sekolah-kehidupan

Messages In This Digest (5 Messages)

Messages

1.

(catatan lelaki) Pulsanya Bapak VS Pulsanya Mama

Posted by: "fiyan arjun" fiyanarjun@gmail.com

Tue Sep 28, 2010 3:43 am (PDT)



*Pulsanya Bapak VS Pulsanya Mama
Fiyan Arjun

*

*Beliin dulu bapak pulsa 25 rb, di no baru mama ini 0858xxxxxxxx. Secepatnya
penting, nanti bapak ganti uangnya bapak tunggu. Sekarang. WASSALAM*

* *

Begitu bunyi pesan singkat di hape sejuta umat saya. Itu saya terima ketika
saat saya sedang dalam perjalanan pulang dari rumah kawan saya. Saya yang
mendapatkan pesan singkat itu tidak langsung mengiyakan dan juga tak
langsung membalasnya.

Saya baca lagi kembali.

Lalu sejenak berpikir.

Dan…saya pun langsung menelpon ke rumah untuk memastikan apakah itu benar
pesan singkat dari orang rumah, saudara atau kerabat dekat—yang pastinya
apakah ada yang kecelakaan atau kena musibah. Ternyata…alhamdulillah tidak
ada! Dan saya pun mulai curiga dengan pesan singkat yang sampai di hape
sejuta umat saya itu. Dan akhirnya saya diamkan!
*Kasian…kasiann…kasian…*.(Dalam
hati sambil meniru suara Ipin).

Ini bukan yang pertama kali saya dapatkan atau menerima pesan singkat
GAZEBOO. Alias, GAk ZElas Banget bOOw! Bahkan kalau saya hitung bisa empat
kali saya mendapatkannya. Itu bukan termasuk di hape sejuta umat saya. Pun
begitu di hape adik saya pun menjadi korban selanjutnya. Anehnya, lagi pesan
singkat itu dari nomor yang sama. *Ckckck*…gokil banget ini orang yang
mengirimkan ke hape saya dan juga adik saya dengan nomor yang sama. Tapi
saya dan adik saya bersyukur tak menimpali pesan singkat itu. Malah
didiamkan saja! *Kasian…kasiann…kasian….*(Dalam hati lagi sambil meniru
suara Ipin juga tentunya).

Akhirnya dengan kejadian seperti itu saya jadi teringat obrolan saya dengan
kawan-kawan saya di rumah kawan saya sewaktu silaturahim, halal bihalal
seminggu yang lalu. Ternyata kawan saya pun pernah mendapatkan pesan singkat
semacam itu juga. Sama seperti saya dan adik saya. Jadi sama-sama setali
tiga uang. Maksudnya dengan satu pesan singkat seperti itu—anggap saja oknum
bisa mengelabui saya, adik saya dan kawan saya itu. Jadi…ya setali tiga
uangkan namanya. Dan, akhirnya dalam obrolan itu saya dan kawan-kawan saya
memutuskan bahwa pesan itu adalah penipuan. Orang yang melakukan itu oknum
yang tidak bertanggung jawab dan membuat resah saya, adik saya dan
kawan-kawan saya. Ya, walau pun adanya pesan singkat itu tetap saja saya,
adik saya dan kawan-kawan saya tak terpengaruh apalagi untuk membalasnya.
Kalau pun membalasnya paling-paling hanya dibuat joke saja. *Pulsa Bapak
sama pulsa Mama melulu kapan pulsa saya. Pak-Ma!
**Kasian…kasiann…kasian….*(Dalam
hati lagi sambil meniru suara Ipin juga tentunya).

Tapi saya sungguh miris dan prihatin ketika penipuan dengan modus memakai "*
taglin*e" Pulsa Bapak dan Pulsa Mama ini ada juga yang tertipu. Ini ketika
saya lihat di sebuah stasiun televisi swasta yang menyorot penipuan dengan
berkedok meminta pulsa secara membuat spot jantung ketika pertama kali
membacanya dan tak bisa dinalar lagi. Langsung mengiyakan dan memenuhi pesan
singkat itu. Itulah yang sangat disesalkan. Inilah yang terjadi ketika saya
menonton di televisi belum lama ini ketika menyorot tentang penipuan
berkedok seperti itu. Masih ada saja yang tertipu bahkan bukan saja hitung
dua puluh lima ribu atau lima puluh ribu bahkan retusan rupiah yang
dikeluarkan oleh orang terkena tipu itu. Itu saya saksikan di televise saat
itu. *Kasian…kasiann…kasian…Ups*, ma'af kelepasan…*Innalillahi!*

* *

* *

Benar juga apa kata Bang Haji Rhoma Irama dalam tembang lagu hits-nya "1001
Macam". Banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan orang. *Ada cara yang
halal, ada cara yang haram. Silakan mau pilih cara mana. Namun semua cara
ada tanggung jawabnya.Di hadapan Tuhan dan manusia*

Padahal berdasarkan hasil sensus penduduk terakhir, total penduduk Indonesia
pada tahun 2000 berjumlah lebih dari 201 juta jiwa dengan rata-rata
pertumbuhan penduduk 1,34% per tahun untuk periode 1990-2000. Jumlah ini
kemudian menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk
terbesar keempat didunia setelah Cina, India dan Amerika Serikat. Total
penduduk Indonesia diproyeksikan akan mencapai 234,2 juta jiwa pada tahun
2010. Begitu yang saya dapatkan melalui jasa situs *Google*. Lalu, jika kita
kalikan dan kita lipatkan berapa banyak oknum tersebut menipu jutaan umat di
nusantara ini. *Hmm*…kalau sudah begini tentunya aparat berwajib harus ikut
dan perlu turun tangan. Kalau tidak begitu mungkin oknum tersebut masih saja
bisa berkeliaran dan orang bisa tertipu kembali dengan pesan singkat modus
memakai* "tagline*" Pulsa Bapak dan Pulsa Mama. Tapi saya berpikir bagaiman
ya jika oknum itu menipu orang yang tidak memiliki pulsa? Ya, contohnya saja
sayalah—yang keseringan tidak punya pulsa di hape sejuta umat saya. Apakah
onkum tersebut akan berganti pesan singkat seperti ini;

*Beliin dulu Bapak pesawat terbang untuk melalng buana. Secepatnya penting,
nanti bapak ganti uangnya bapak tunggu. Sekarang. WASSALAM*

*Beliin dulu mama makhota berlapiskan mutiara dan zamrud untuk fashion show.
Secepatnya penting, nanti mama ganti uangnya mama tunggu. Sekarang.
WASSALAM.*

* *

* *

Bahaya!

*Tanah Betawi—Ulujami, September Rain, 2010*

* *
2a.

(Catcil) Pernikahan yang mengharukan

Posted by: "Maryulisman Chaniago" shieddieq84@yahoo.com   shieddieq84

Tue Sep 28, 2010 5:04 am (PDT)



"Bang, Emak sudah sakit keras nih, Emak ingin kita menikah malam ini juga" SMS
yang tiba-tiba diterima oleh Hasan dari calon istrinya, Khilda. hati Hasanpun
berdegap degup dengan kencang. Untuk meyakinkankan hatinya, Hasanpun segera
menelepon Khilda. "yang bener nih..?"Tanya Hasan. Khildapun meyakinkan kalo ia
tidak ingin mengecewakan Emaknya yang memohon untuk menikah malam itu juga.

Hasan adalah teman kuliahku dulu waktu di Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta.
Saat itu Hasan menjadi Imam Tarawih Ramadhan 2010/ 1431 H, tepat pada malam 22
Ramadhan, saat itu Hasanpun ingin beri'tikaf, karena saat itu adalah 10 hari
terakhir bulan ramadhan yang disunnahkan untuk ber'itikaf...

Khilda sudah tidak memiliki ayah, ia tinggal bersama dengan ibunya dan ketiga
adiknya. Ibunya sudah sakit-sakitan. hasan merasa kasihan dengan Khilda, yang
akhirnya ia putuskan untuk menjadi suaminya demi meringankan beban hidupnya.
Sungguh memang keputusan yang mulia.

Hasanpun langsung pulang ke rumahnya dan berkonsultasi dengan orang tuanya.
Alhamdulillah orang tuanya menyetujui, meskipun Hasan bersusah payah membujuk
orang tuanya. Orang tuanya khawatir akan ada fitnah, kok nikah mendadak sih.

Malam itu juga Hasan melakukan nikah siri, tanpa ada pihak dari KUA, dan
alhamdulillah besoknya KUA datang dan bersama pihak keluarga merencanakan akad
nikah yang akan dilaksanakan tgl 1 oktober sekaligus resepsi.

Barakallah Bang hasan, moga menjadi keluarga sakinah, mawaddah
warahmah...Selamat mengasuh mertua ya...

-Maryulisman-
Larangan Selatan

2b.

Re: (Catcil) Pernikahan yang mengharukan

Posted by: "Mimin" minehaway@gmail.com   mine_haway

Tue Sep 28, 2010 7:41 pm (PDT)



2010/9/28 Maryulisman Chaniago <shieddieq84@yahoo.com>

>
>
> Malam itu juga Hasan melakukan nikah siri, tanpa ada pihak dari KUA, dan
> alhamdulillah besoknya KUA datang dan bersama pihak keluarga merencanakan
> akad nikah yang akan dilaksanakan tgl 1 oktober sekaligus resepsi.
>
Nice story
Kadang nikah siri juga dibutuhkan saat2 demikian
Makanya saya heran kok nikah siri justru dilarang, kan setelah nikah siri
bisa langsung ke KUA + walimah biar tidak timbul fitnah.

--
Write what you think!
http://minesweet.blogspot.com
2c.

Re: (Catcil) Pernikahan yang mengharukan

Posted by: "Nursalam AR" nursalam.ar@gmail.com

Wed Sep 29, 2010 12:02 am (PDT)



@Mas Maryulisman: Kisah yang menggelitik dan mengharukan. Makasih sudah
berbagi:).

@Mimin: Siri atau sirri memang artinya rahasia. Namun pengertian nikah siri
di masyarakat kadang kabur dan rancu. Yang dilakukan kawan Mas Maryu sih
umumnya disebut "nikah bawah tangan", yang sah menurut hukum agama (Islam)
namun belum resmi di mata hukum negara.

Sementara ada lagi yang disebut nikah "sirriyah" yang konon dilakukan
beberapa kalangan di mana pernikahan dilangsungkan tanpa wali atau saksi
(yang jelas-jelas melanggar hukum agama Islam). Yang ini sih jelas salah di
mata hukum agama atau hukum negara.

Tapi belakangan kian tahun penyebutan "nikah bawah tangan" pun berubah jadi
"nikah siri" meskipun,IMO, pengertiannya beda.

Sekadar pendapat.

tabik,

Nursalam AR

2010/9/29 Mimin <minehaway@gmail.com>

>
>
>
>
> 2010/9/28 Maryulisman Chaniago <shieddieq84@yahoo.com>
>
>
>>
>> Malam itu juga Hasan melakukan nikah siri, tanpa ada pihak dari KUA, dan
>> alhamdulillah besoknya KUA datang dan bersama pihak keluarga merencanakan
>> akad nikah yang akan dilaksanakan tgl 1 oktober sekaligus resepsi.
>>
> Nice story
> Kadang nikah siri juga dibutuhkan saat2 demikian
> Makanya saya heran kok nikah siri justru dilarang, kan setelah nikah siri
> bisa langsung ke KUA + walimah biar tidak timbul fitnah.
>
>
> --
> Write what you think!
> http://minesweet.blogspot.com
>
>
>

--
*"If you don't know where you are going, any road will get you there." (Mark
Twain)*

www.kintaka.wordpress.com
www.facebook.com/nursalam.ar
0813-10040723
3.

(Catcil) Terapi Damaikan Bisikan Setetan dalam Diri

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Wed Sep 29, 2010 1:43 am (PDT)



Assalamu'aliakum wr.wb

Shahabat yang baik pemikirannya dan santun perbuatannya. Izinkan saya
menyapa anda dengan doa salam keberkahan di hari yang penuh bukti keajaiban
Allah ada untuk kita. Mari kita jadikan, detik-detik hadiah yang sedang
dikaruniakan kepada kita, menjadi masa-masa kebahagiaan bagi kita. Amin.

Bebearapa waktu yang lalu, ada seorang shahat dari jakarta, chating dengan
saya melalui FB. Beliau sharing bagaimana cara mengatasi, pemikiran yang
terus terngiang-ngiang dikepalanya. Padahal itu tidak beliau inginkan. Namun
semakin dilupakan semakin teringat terus. Adapun yang beliau inginkan,
supaya saat melaukan hal lain, fikiran yang tidak dinginkan itu, tidak
muncul lagi.

Sebagaimana kita tau bersama, sudah menjadi kelumrahan bagi otak manusia,
apa-apa saja yang sedang diusahakan untuk tidak difikirkan sebenarnya sedang
difikirkan. Yang terjadi saat itu ialah kita sesuungguhnya sedang
menfokuskan sesuatu dan mencurahkan energi (fikiran) mengarah kesana.
Kemudian juga, otak manusia tidak bisa mengenal perintah negasi
(meniadakan). Contoh : saat kita katakan, Ya Allah jauhkan saya dari sifat
sombong. Doa kita ini, tanpa kita sadari yang terfikirkan dan terfokus di
fikiran kiat adalah tetang kesombongan.

Kembali ke shahabat FB tadi. Kemudian saya bertanya, "Selama ini apa yang
anda lalukan setiap kali muncul pemikiran itu". Beliau menjawab "Berusaha
menjauhkan, menghilangkan fokus dan mengalihkannya ke hal lain. Tapi tidak
berhasil, besok muncul lagi". Saya katakan kepada beliau itu sudah pasti,
sebagaimana pemahaman kita diatas.

Sementara itu, mungkin shahabat pernah juga mengalami seperti yang dialami
oleh teman FB tadi. Kemarin siang, saya ketemu teman di Tower cafe, dekat
taman sari Mesjid Raya Baiturahman. Kita sharing hampir hal serupa.

Ngomong-ngomong. Saya mau tau, Apakah shahabat pernah muncul atau terngiang
atau terlintas pemikiran tak terduga seperti berikut ini. Saat memegang
pisau, terlintas arahan atau perintah, *Bacok saja, bunuh*. Ketemu orang
terkadang , *Pukul saja. *Mengendarai motor, *kalau aku trabrak gimana
ya.*Sedang gendong bayi,
*Hamtam bayi nya ketanah.* Dan entah bisikan lain, yang secara logika itu
kita sadari kurang tepat dilakukan saat kondisi itu. Ternyata, shahabat yang
sedang ngobrol di cafe ini, beliau mengatakan juga sama, mengalami dan
terlintas pemikiran-pemikiran seperti itu.

Dulu setiap kali pemikiran itu mampir, maka yang saya lakukan adalah
langsung istiqfar, Alhamdulilah hilang saat itu, akan tetapi diwaktu yang
lain muncul lagi.

Mari kita sadari bersama. Setiap apapun yang terjadi pada diri kita, entah
kendalai atau tak kita kendalikan, sebenarnya ada maksud. Sekarang
saya *menagartikan
itu sebagai proteksi diri dan alarm system tubuh kita. **Supaya kita lebih
SADAR dan waspada.*

Shahabat chating tadi kemudian bertanya kembali, "Terus, mestinya saya
melakukan seperti apa?"

Bila shahabat pembaca juga mengalami seperti teman FB atau yang ngobrol sama
saya di Tower cafe, saya menyarankan untuk melaukan hal beriktu ini. Namun
sebelumnya, saya tidak menjustifikasi bahwa pemikiran yang muncul itu adalah
bisikan SETAN. Adapun judul, itu tehnis penulisan aja ya...

Dengan mengasumsikan, bahwa fikiran yang muncul dan gejala-gejala lainnya
sebagai al-ayat (signal) yang diberitahukan kepada kita, maka yang wajar
kita lakukan adalah untuk mengenalinya. Dengan cara,

1. Lakukanlah komunikasi dengan suara (signal) yang muncul itu.
2. Bila memudahkan bagi anda untuk membuat imaginer suara itu, maka
buatlah ia, seolah sedang berbicara dan berdialog dengan nya.
3. Hadirkan pola pertanyaan yang mengarah kepada dasar muncul pemikiran.
Seperti : *"Apa yang kamu mau" "Setelah aku melakukannya, terus yang kamu
inginkan apa?... setelah itu?"*
4. Bila kita belum menemukan maksud, maka boleh berdoa dengan "Ya Allah
aku memohon petunjuk dan hidayah dariMu, dengan pemikiran ku ini."

Tujuan kita melakukan komunikasi diatas, *supaya kita menemukan dasar, akar,
atau inti munculnya fikiran itu. Sehingga menjadi JELAS bagi kita. Karena,
sesuatu yang sudah jelas, sangat meMUDAHkan kita untuk menyikapi dan
mengambil keputusannya.*

Selain itu juga, kita menjadi mampu untuk mengotrol fikiran kita. Mari
sadari, cara bertanya diatas, tidak menghilangkan sama sekali
bisikan-sisikan itu. Karena pada dasarnya ia baik pada konteksnya. Contoh,
anda dirampok orang, maka bisikan untuk melawan atau arahan untuk memukul
diatas bisa menjadikan anda berani, maka ia akan bermanfaat.

Pengalaman saya pribadi, sekarang bila ia muncul lagi, bukan kegelisahan
yang ada pada saya, melainkan syukur dan ucapan terima kasih. Karena saya
tau maksud ia sesungguhnya adalah baik.* **Cuma selama ini saya menghiraukan
dan tidak peduli dengan nya. *

Ingat, metode ini adalah pengalaman pribadi saya. Dan cara diatas cocok bagi
saya. Saya tidak menjamin keberhasilan nya sama untuk shahabat. Cuma, anda
tidak pernah tau kan hasilnya, sebelum melakukan nya sekarang?

Wassalam

From My sweet home

Lamabadeuk 21 sepetember 2010

www.terapinlp.com

--RAHMADSYAHPractitioner NLP I 081511448147 I Motivator & Mind-Therapist
www.facebook.com/rahmadsyahI YM ; rahmad_aceh
Recent Activity
Visit Your Group
Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

Tidak ada komentar: