Hadis yang dimaksud adalah;
 
 dari Ma'qil bin Yasar Radhiallahu `Anhu, bahwa Rasulullah
 Shallallahu `Alaihi wa Sallam bersabda:
 
 اÙÙ'Ø±ÙØ¡ÙÙØ§ عÙÙÙÙ
 Ù
ÙÙÙ'ØªÙØ§ÙÙÙ
Ù' ÙØ³
 
 "Bacalah surat Yasin kepada orang yang (menjelang) wafat di antara
 kalian."
 (HR. Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Hibban, Ibnu Majah, dll)
 
 Hadis ini didhaifkan oleh asy-Syaikh al-Albani (lihat Irwa'ul Ghalil
 dan lainnya). Namun Ibnu Hibban memasukkannya dalam kitab shahihnya,
 maka menurutnya ini shahih, sebagaimana ditegaskan pula oleh al-Hafizh
 Ibnu Hajar (Bulughul Maram, Kitabul Janaiz, no. 437. Cet.1, Darul Kutub
 Al Islamiyah). Selain itu, di antara yang menguatkan hadis ini, dengan
 berbagai dalilnya, adalah al-Imam ash-Shan'ani, al-Imam asy-Syaukani
 dan lainnya.
 
 Perbedaan dalam keshahihan hadis tersebut juga berakibat pada adanya
 perbedaan di kalangan ulama tentang pengamalannya. Namun kali ini, saya
 akan kutipkan di antara ulama yang membolehkan mengamalkannya.
 
 Al-Imam An Nawawi Rahimahullah, mengatakan dalam kitabnya, Al Majmu'
 Syarh Al Muhadzdzab:
 
 ÙÙØ³Ù'ØªÙØÙØ¨Ù`٠أÙÙÙ'
 ÙÙÙÙ'Ø±ÙØ£Ù عÙÙÙ'دÙ
 اÙÙ
ÙØÙ'ØªÙØ¶Ùر٠سÙÙØ±Ùة٠(ÙØ³)
 ÙÙÙÙØ°Ùا ÙÙØ§ÙÙÙ
 Ø£ÙØµÙ'ØÙابÙÙÙØ§ ÙÙØ§Ø³Ù'ØªÙØÙØ¨Ù`Ù
 Ø¨ÙØ¹Ù'Ø¶Ù Ø§ÙØªÙ`ÙØ§Ø¨ÙعÙÙÙÙ
 سÙÙØ±ÙØ©Ù Ø§ÙØ±Ù`ÙØ¹Ù'د٠أÙÙÙ'Ø¶ÙØ§.
 
 "Disunahkan membacakan surat Yasin di sisi orang yang sedang
 menghadapi kematian. Demikian ini juga dikatakan oleh para sahabat kami
 (syafi'iyah)
 surat Ar Ra'du."
 (Al Majmu' Syarh Al Muhadzdzab, 5/76. Dar `Alim Al Kitab)
 
 Al-Imam Ibnu Katsir Rahimahullah, mengatakan dalam tafsirnya:
 
 ÙÙØ£Ù ÙØ±Ø§Ø¡ØªÙا Ø¹ÙØ¯ اÙÙ
ÙØª
 ÙØªÙØ²Ù Ø§ÙØ±ØÙ
Ø© ÙØ§ÙØ¨Ø±ÙØ©Ø
 ÙÙÙØ³ÙÙ  عÙÙÙ Ø®Ø±ÙØ¬ Ø§ÙØ±ÙØØ
 ÙØ§ÙÙ٠أعÙÙ
.
 
 "Dan, seakan membacanya di sisi mayit akan menurunkan rahmat dan
 berkah, dan memudahkan keluarnya ruh. Wallahu A'lam"
 (Tafsir Al Quran Al `Azhim, 6/562. Dar An Nasyr wat Tauzi')
 
 Asy-Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah mengatakan:
 
 ÙÙØ§Ù Ø§ÙØ¬Ù
ÙÙØ±: ÙÙØ¯Ø¨ ÙØ±Ø§Ø¡Ø©
 {ÙØ³} ÙØØ¯ÙØ« «Ø§ÙØ±Ø¤ÙØ§ عÙÙ
 Ù
ÙØªØ§ÙÙ
 ÙØ³»  ÙØ§Ø³ØªØØ³Ù بعض
 Ù
ØªØ£Ø®Ø±Ù Ø§ÙØÙÙÙØ© ÙØ§ÙØ´Ø§ÙØ¹ÙØ©
 ÙØ±Ø§Ø¡Ø© {Ø§ÙØ±Ø¹Ø¯} Ø£ÙØ¶Ø§ ÙØ
 ÙÙÙÙØ¬Ø§Ø¨Ø±: «Ø¥ÙÙØ§ تÙÙ٠عÙÙÙ
 Ø®Ø±ÙØ¬ Ø±ÙØÙ»
 
 ÙØ§ÙØÙÙ
Ø© Ù
Ù ÙØ±Ø§Ø¡Ø© {ÙØ³} Ø£Ù
 Ø£ØÙا٠اÙÙÙØ§Ù
Ø© ÙØ§Ùبعث
 Ù
ذÙÙØ±Ø© ÙÙÙØ§Ø ÙØ¥Ø°Ø§ ÙØ±Ø¦Øª
 Ø¹ÙØ¯ÙØ ØªØ¬Ø¯Ø¯ ÙÙ Ø°ÙØ± تÙÙ
 Ø§ÙØ£ØÙاÙ.
 
 Jumhur ulama mengatakan: disunahkan membaca Yasin, lantaran hadits:
 Bacalah oleh kalian kepada orang yang menghadapi sakaratul maut, surat
 Yasin. Sebagian ulama muta'akhirin (belakangan) dari kalangan
 Hanafiah dan Syafi'iyah juga memandang baik membaca surat Ar
 Ra'du, dengan alasan perkataan Jabir: "Hal itu bisa meringankan
 ketika keluarnya ruh."
 
 Hikmah dibacakannya surat Yasin adalah bahwa peristiwa kiamat dan hari
 kebangkitan disebutkan di dalam srat tersebut. Maka, jika dibacakan di
 sisinya hal itu bisa memperbarui ingatannya terhadap peristiwa-peristiwa
 tersebut.
 (Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, 2/599. Maktabah Misykah)
 
 Lebih jauh lagi, yang menarik adalah, mereka yang lebih setuju pada
 kedhaifan hadis tersebut, tetap berlapang dada terhadap yang
 mengamalkannya.
 
 Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Rahimahullah, fatwa beliau:
 
 ÙØ±Ø§Ø¡Ø© Ø³ÙØ±Ø© (ÙØ³) Ø¹ÙØ¯ Ø§ÙØ§ØØªØ¶Ø§Ø±
 جاءت ÙÙ ØØ¯ÙØ« Ù
عÙÙ Ø¨Ù ÙØ³Ø§Ø±
 أ٠اÙÙØ¨Ù صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ
 ÙØ³ÙÙ
 ÙØ§Ù: « Ø§ÙØ±Ø¡Ùا عÙÙ
 Ù
ÙØªØ§ÙÙ
 ÙØ³ »   ØµØØÙ Ø¬Ù
اعة
 ÙØ¸ÙÙØ§ Ø£Ù Ø¥Ø³ÙØ§Ø¯Ù Ø¬ÙØ¯Ø ÙØ£ÙÙ
 Ù
Ù Ø±ÙØ§ÙØ© أب٠عثÙ
ا٠اÙÙÙØ¯Ù
 ع٠Ù
عÙÙ Ø¨Ù ÙØ³Ø§Ø± , ÙØ¶Ø¹ÙÙ
 آخرÙÙ , ÙÙØ§ÙÙØ§: Ø¥Ù Ø§ÙØ±Ø§ÙÙ
 ÙÙ ÙÙØ³ Ù٠أبا عثÙ
اÙ
 اÙÙÙØ¯ÙØ ÙÙÙÙ٠شخص آخر
 Ù
جÙÙÙØ ÙØ§ÙØØ¯ÙØ« اÙÙ
عرÙÙ
 ÙÙ٠أÙ٠ضعÙÙ ÙØ¬ÙØ§ÙØ© أبÙ
 عثÙ
ا٠, ÙÙØ§ ÙØ³ØªØØ¨ ÙØ±Ø§Ø¡ØªÙا
 عÙ٠اÙÙ
ÙØªÙØ ÙØ§ÙØ°Ù Ø§Ø³ØªØØ¨Ùا
 Ø¸Ù Ø£Ù Ø§ÙØØ¯ÙØ« صØÙØ ÙØ§Ø³ØªØØ¨Ùا ,
 ÙÙÙ ÙØ±Ø§Ø¡Ø© اÙÙØ±Ø¢Ù Ø¹ÙØ¯
 اÙÙ
Ø±ÙØ¶ Ø£Ù
ر Ø·ÙØ¨ ÙÙØ¹Ù اÙÙÙ
 ÙÙÙØ¹Ù بذÙÙ , Ø£Ù
ا ØªØ®ØµÙØµ Ø³ÙØ±Ø©
 (ÙØ³) ÙØ§ÙØ£ØµÙ Ø£Ù Ø§ÙØØ¯ÙØ« ضعÙÙ
 ÙØªØ®ØµÙØµÙØ§ ÙÙØ³ ÙÙ ÙØ¬Ù.
 
 Membaca surat Yasin bagi orang yang sakaratul maut, telah ada hadits
 dari Ma'qil bin Yasar bahwa Nabi Shallalahu `Alaihi wa Sallam
 bersabda: "Bacalah Yasin atas orang yang sedang menghadapi kematian
 di antara kalian." Hadits ini dishahihkan oleh jamaah ahli hadits,
 mereka menganggap sanadnya jayyid. Ini diriwayatkan oleh Abu Utsman AL
 Hindi dari Ma'qil bin Yasar, yang telah didhaifkan oleh yang
 lainnya. Mereka mengatakan: sesunggunya perawi ini bukanlah Abu Utsman
 Al Hindi tetapi orang lain yang majhul (tidak dikenal). Maka hadits ini
 telah dikenal adanya kelemahan lantaran kemajhulan Abu Utsman maka tidak
 disunahkan membacakannya atas orang yang mengalami sakaratul maut, dan
 bagi yang menshahihkan hadits ini maka membacanya adalah disunahkan.
 Tetapi membacanya bagi orang sakit adalah perkara baik yang semoga Allah
 memberikan manfaat dengannya. Ada pun mengkhususkan surat Yasin, maka
 pada dasarnya bahwa hadits ini dhaif, maka tidak ada jalan untuk
 mengkhususkannya.
 (Majmu' Fatawa Ibnu Baz, 13/94. Muhammad bin Sa'ad As
 Suwai'ir. Mawqi' Ar Riasah Al `Ammah Lil Buhuts Al
 `Ilmiyah wal Ifta)
 
 Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al `Utsaimin Rahimahullah ditanya
 tentang apa hukumnya membaca surat Yasin untuk orang yang sedang
 menghadapi sakaratul maut beliau menjawab:
 
 اÙÙÙÙØ§Ø¡ رØÙ
ÙÙ
 اÙÙÙ Ø§Ø³ØªØØ¨Ùا
 ÙØ±Ø§Ø¡Ø© ÙØ°Ù Ø§ÙØ³Ùرة Ø¹ÙØ¯
 اÙÙ
ØØªØ¶Ø± ÙØ°Ùر بعض Ø£ÙÙ Ø§ÙØ¹ÙÙ
 Ø£ÙÙØ§ Ù
Ù
ا ÙØ³ÙÙ Ø®Ø±ÙØ¬ Ø§ÙØ±ÙØ
 ÙØ§Ø³ØªØØ¨Ø§Ø¨ ÙØ±Ø§Ø¡ØªÙا Ø¹ÙØ¯ اÙÙ
ØØªØ¶Ø±
 Ù
بÙ٠عÙÙ ÙÙ٠اÙÙØ¨ÙØ ØµÙÙ
 اÙÙ٠عÙÙÙ ÙØ³ÙÙ
 (Ø§ÙØ±Ø¡Ùا
 عÙÙ Ù
ÙØªØ§ÙÙ
 ÙØ§Ø³ÙÙ)).
 
 ÙÙØ°Ø§ Ø§ÙØØ¯ÙØ« ضعÙ`ÙÙ٠بعض
 Ø£ÙÙ Ø§ÙØ¹ÙÙ
 ÙØ§ØØªØ¬ ب٠بعضÙÙ
 ÙØ¥Ù ÙÙØ±Ø¦Øª ÙØ£Ø±Ø¬Ùا Ø£ÙØ§ ÙÙÙÙ
 Ù٠ذÙÙ Ø¨Ø£Ø³Ø ÙØ¥Ù ÙÙ
 تÙÙØ±Ø£
 ÙØ§ÙØªÙØµØ± عÙÙ Ø§ÙØªÙÙÙÙØØ£Ù
 تÙÙÙ٠اÙÙ
ÙØª ((ÙØ§ Ø¥ÙÙ Ø¥ÙØ§
 اÙÙÙ)) ÙÙÙÙ٠ذÙ٠آخر
 ÙÙØ§Ù
Ù Ù
Ù Ø§ÙØ¯ÙÙØ§ ÙØØ³Ù.
 
 "Para ahli fiqih rahimahumullah- menyunnahkan membaca surat ini
 di sisi orang yang sedang menghadapi kematian. Sebagian ulama
 menyebutkan bahwa hal itu dapat memudahkan keluarnya ruh. Disunnahkannya
 ini didasari oleh sabda Nabi Shallallahu `Alaihi wa Sallam:
 "Bacalah Yasin atas orang yang sedang menghadapi kematian di antara
 kalian."
 
 Hadits ini didhaifkan oleh sebagian ulama dan sebagian lain
 menjadikannya sebagai hujjah. Jika dibacakan, saya berharap hal itu
 tidak apa-apa, dan jika tidak dibacakan,  maka hendaknya ditalqinkan
 yaitu dengan membacakan Laa Ilaha Illallah agar itu menjadi akhir
 ucapannya di dunia, maka itu baik."
 (Fatawa Islamiyah, 2/105. Dikumpulkan oleh Muhammad bin Abdul Aziz Al
 Musnid)
 
 Sebagaimana telah kita simak di atas, yang dimaksud "mautakum"
 dalam hadis yang dikutip di awal adalah orang yang sakaratul maut, bukan
 orang yang telah meninggal. Lalu apakah dengan demikian menjadi salah
 ketika bacaan Yasin (atau bacaan quran lainnya) diamalkan terhadap orang
 yang sudah meninggal?
 
 Ternyata hal tersebut pun merupakan perbedaan di kalangan ulama. Berikut
 ini saya kutipkan mereka yang membolehkannya.
 
 Abdullah bin Amru bin Al `Ash Radhiallahu `Anhuma
 
 Beliau adalah seorang sahabat Nabi, ayahnya adalah  Amr bin Al `Ash,
 Gubernur Mesir pada masa Khalifah Umar. Dalam kitab Syarh Muntaha Al
 Iradat, disebutkan demikian:
 
 ÙÙØ¹ÙÙÙ' ابÙ'Ù٠عÙÙ
Ù'رÙÙ
 Ø£ÙÙÙ`ÙÙÙ ÙÙØ§ÙÙ
 ÙÙØ³Ù'ØªÙØÙØ¨Ù`Ù Ø¥Ø°ÙØ§ دÙÙÙÙÙ
 اÙÙ'Ù
ÙÙÙ`ÙØªÙ Ø£ÙÙÙ' ÙÙÙÙ'Ø±ÙØ£Ù
 عÙÙÙ'Ø¯Ù Ø±ÙØ£Ù'سÙÙÙ
 بÙÙÙØ§ØªÙØÙة٠سÙÙØ±ÙØ©Ù
 اÙÙ'بÙÙÙØ±ÙØ©Ù
 ÙÙØ®ÙاتÙÙ
ÙØªÙÙÙØ§ Ø Ø±ÙÙÙØ§ÙÙ
 اÙÙÙ`ÙØ§ÙÙÙÙØ§Ø¦ÙÙÙ`Ù Ø
 ÙÙÙÙØ¤ÙÙÙ`ÙØ¯ÙÙ٠عÙÙ
ÙÙÙ
Ù {
 اÙÙ'Ø±ÙØ¡ÙÙØ§ ÙØ³ عÙÙÙÙ
 Ù
ÙÙÙ'ØªÙØ§ÙÙÙ
Ù' } .
 
 Dari  Abdullah bin Amru, bahwa dia menganjurkan jika mayit dikuburkan
 hendaknya dibacakan pembuka  surat Al Baqarah, dan akhir surat Al
 Baqarah. Ini diriwayatkan oleh Imam Al Lalika'i. Hal ini dikuatkan
 oleh keumuman hadits: Bacalah Yasin kepada orang yang menghadapi
 sakaratul maut.
 (al-Imam Al Bahuti, Syarh Muntaha Al Iradat, 3/16. Mawqi' Al Islam)
 
 Al-Imam Ahmad bin Hambal Radhiallahu `Anhu dan al-Imam Ibnu Qudamah
 Rahimahullah
 
 Ini telah masyhur dari Imam Ahmad, bahwa beliau membolehkan membaca Al
 Quran untuk orang sudah meninggal. Al-Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah
 mengatakan dalam kitabnya, Syarhul Kabir:
 
 ÙÙØ§Ù Ø£ØÙ
د ÙÙÙØ±Ø¡ÙÙ Ø¹ÙØ¯
 اÙÙ
ÙØª إذا ØØ¶Ø± ÙÙØ®Ù٠عÙÙ
 باÙÙØ±Ø¢Ù ÙÙØ±Ø£ (ÙØ³) ÙØ£Ù
ر
 Ø¨ÙØ±Ø§Ø¡Ø© ÙØ§ØªØØ© اÙÙØªØ§Ø¨.
 
 Berkata Ahmad: bahwa mereka membacakan Al Quran ( surat Yasin) pada sisi
 mayit untuk meringankannya, dan juga diperintahkan membaca surat Al
 Fatihah.
 (al-Imam Ibnu Qudamah, Syarh Al Kabir, 2/305. Darul Kitab Al
 `Arabi).
 
 al-Imam Al Bahuti juga mengatakan:
 
 ÙÙØ§ÙÙ Ø£ÙØÙ'Ù
ÙØ¯Ù :
 اÙÙ'Ù
ÙÙÙ`ÙØªÙ ÙÙØµÙÙÙ
 Ø¥ÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙÙÙ`Ù Ø´ÙÙÙ'Ø¡Ù
 Ù
ÙÙÙ' اÙÙ'Ø®ÙÙÙ'ر٠Ù
ÙÙÙ'
 ØµÙØ¯ÙÙÙØ©Ù Ø£ÙÙÙ' صÙÙÙØ§Ø©Ù
 Ø£ÙÙÙ' غÙÙÙ'رÙÙÙ
 ÙÙÙÙ'Ø£ÙØ®Ù'Ø¨ÙØ§Ø±Ù .
 
 Imam Ahmad mengatakan, bahwa  semua bentuk amal shalih dapat sampai
 kepada mayit baik berupa doa, sedekah, dan amal shalih lainnya, karena
 adanya riwayat tentang itu. (Syarh Muntaha Al Iradat, 3/16).
 
 Al-Imam Asy Syaukani Rahimahullah
 
 Dalam kitab Nailul Authar-nya, Ketika membahas tentang hadits dari Ibnu
 Abbas, tentang pertanyaan seorang laki-laki, bahwa ibunya sudah
 meninggal apakah sedekah yang dilakukannya membawa manfaat buat ibunya?
 Rasulullah menjawab: ya. (HR. Bukhari, At Tirmidzi, Abu Daud, dan An
 Nasa'i)
 
 Dalam menjelaskan hadits ini, dia mengatakan:
 
 ÙÙÙÙØ¯Ù' Ø§ÙØ®Ù'تÙÙÙÙÙ ÙÙÙ
 غÙÙÙ'Ø±Ù Ø§ÙØµÙ`ÙØ¯ÙÙÙØ©Ù Ù
ÙÙÙ'
 Ø£ÙØ¹Ù'Ù
ÙØ§Ù٠اÙÙ'Ø¨ÙØ±Ù`Ù ÙÙÙÙ'
 ÙÙØµÙÙ٠إÙÙ٠اÙÙ'Ù
ÙÙÙ`ÙØªÙ
 Ø ÙÙØ°ÙÙÙØ¨ÙتÙ'
 اÙÙ'Ù
ÙØ¹Ù'ØªÙØ²ÙÙÙØ©Ù Ø¥ÙÙÙ
 Ø£ÙÙÙ`ÙÙÙ ÙÙØ§ ÙÙØµÙÙÙ
 Ø¥ÙÙÙÙ'ÙÙ Ø´ÙÙÙ'Ø¡Ù
 ÙÙØ§Ø³Ù'ØªÙØ¯ÙÙÙ`ÙÙØ§ Ø¨ÙØ¹ÙÙ
ÙÙÙ
Ù
 اÙÙ'Ø¢ÙÙØ©Ù ÙÙÙÙØ§ÙÙ ÙÙÙ
 Ø´ÙØ±Ù'ØÙ اÙÙ'ÙÙÙÙ'ز٠: Ø¥ÙÙ`Ù
 ÙÙÙÙ'Ø¥ÙÙÙ'Ø³ÙØ§Ù٠أÙÙÙ'
 ÙÙØ¬Ù'عÙÙÙ Ø«ÙÙÙØ§Ø¨Ù
 عÙÙ
ÙÙÙÙÙ ÙÙØºÙÙÙ'رÙÙÙ
 صÙÙÙØ§Ø©Ù ÙÙØ§Ù٠أÙÙÙ'
 صÙÙÙ'Ù
ÙØ§ Ø£ÙÙÙ' ØÙجÙ`ÙØ§ Ø£ÙÙÙ'
 ØµÙØ¯ÙÙÙØ©Ù Ø£ÙÙÙ' ÙÙØ±ÙØ§Ø¡ÙØ©Ù
 ÙÙØ±Ù'Ø¢Ù٠أÙÙÙ' غÙÙÙ'رÙ
 ذÙÙÙÙÙ Ù
ÙÙÙ' جÙÙ
ÙÙØ¹Ù
 Ø£ÙÙÙ'ÙÙØ§Ø¹Ù اÙÙ'Ø¨ÙØ±Ù`Ù Ø
 ÙÙÙÙØµÙÙ٠ذÙÙÙÙ٠إÙÙÙ
 اÙÙ'Ù
ÙÙÙ`ÙØªÙ ÙÙÙÙÙÙ'ÙÙØ¹ÙÙÙ
 عÙÙÙ'د٠أÙÙÙ'ÙÙ Ø§ÙØ³Ù`ÙÙÙ`ÙØ©Ù
 اÙÙ'تÙÙÙÙ
 
 Telah ada  perbedaan pendapat para ulama, apakah  `sampai atau
 tidak' kepada mayit,  perihal amal kebaikan selain sedekah?  
 Golongan  mu'tazilah (rasionalis ekstrim) mengatakan, tidak sampai
 sedikit pun. Mereka beralasan dengan keumuman ayat (yakni An Najm: 39,
 pen).  Sementara, dalam Syarh Al Kanzi Ad  Daqaiq, disebutkan: bahwa
 manusia menjadikan amalnya sebagai pahala untuk orang selainnya, baik
 itu dari shalat, puasa, haji, sedekah, membaca Al Quran, dan semua amal
 kebaikan lainnya, mereka sampaikan hal itu kepada mayit, dan menurut
 Ahlus Sunnah hal itu bermanfaat bagi mayit tersebut. Selesai. (Imam Asy
 Syaukani, Nailul Authar, 4/92. Maktabah Ad Da'wah Al Islamiyah)
 
 Demikian sekilas uraian mengenai hal ini. Dikatakan sekilas karena telah
 diringkas dari pembahasan hadisnya yang panjang dan pendapat-pendapat
 ulama yang sangat banyak, baik dari yang mendukung maupun yang menolak.
 
 Saya pribadi termasuk yang mendukung keshahihan hadis yang dikutip di
 awal, dan cenderung pada pendapat yang membolehkan (menganjurkan)
 mengamalkannya terhadap orang yang sakaratul maut, bukan yang telah
 wafat.
 
 Sebagai penutup, saya cukupkan dengan perkataan ulama kontemporer, yang
 termasuk tidak setuju terhadap bacaan al-Quran untuk mayit, asy-Syaikh
 `Athiyah bin Muhammad Salim.
 
 Ø£Ù
ا Ø£Ù ÙØ°Ùب Ø¥Ù٠اÙÙ
ÙØªØ
 أ٠إÙ٠اÙÙØ¨Ø± ÙÙÙØ±Ø¤Ùا ÙØ¨Ø¹Ø¶
 Ø§ÙØ¹ÙÙ
اء ÙÙÙÙ: ÙØ§Ù بعض
 Ø§ÙØ³ÙÙ ÙØØ¨ Ø£Ù ÙÙØ±Ø£ Ø¹ÙØ¯Ù
 ÙØ³Ø ÙØ¨Ø¹Ø¶ÙÙ
 ÙØØ¨ Ø£Ù ØªÙØ±Ø£
 Ø¹ÙØ¯Ù Ø³ÙØ±Ø© Ø§ÙØ±Ø¹Ø¯Ø ÙØ¨Ø¹Ø¶ÙÙ
 Ø³ÙØ±Ø© Ø§ÙØ¨ÙØ±Ø©Ø Ù٠ذÙÙ Ù
Ù
 Ø£ÙÙØ§Ù Ø§ÙØ³ÙÙ ÙÙ
Ù Ø£ÙØ¹Ø§ÙÙÙ
Ø
 ÙÙØ§ ÙÙØ¨ØºÙ Ø§ÙØ¥ÙÙØ§Ø± Ù٠ذÙÙ
 Ø¥ÙÙ ØØ¯ Ø§ÙØ®ØµÙÙ
Ø©Ø ÙÙ٠أÙ
 Ø¥ÙØ³Ø§Ùا٠عرض ÙØ¬ÙØ© ÙØ¸Ø±Ù
 ÙØ§ÙتÙ٠بذÙÙ ÙÙØ¯ أد٠Ù
ا
 عÙÙÙØ ÙÙ٠أ٠تؤد٠إÙÙ
 Ø§ÙØ®ØµÙÙ
Ø© ÙØ§ÙÙ
ÙØ§Ø²Ø¹Ø© ÙØ§ÙÙ
Ø¯Ø§ÙØ¹Ø©
 ÙÙØ°Ø§ ÙÙØ³ Ù
Ù Ø³ÙØ© رسÙÙ
 اÙÙ٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙØ³ÙÙ
 ÙÙ Ø§ÙØ¨ÙØ§ÙØ ÙÙÙ Ø§ÙØ¯Ø¹ÙØ©
 Ø¥Ù٠اÙÙ٠أ٠إÙÙ Ø³ÙØ© رسÙÙ
 اÙÙÙ.
 
 "Adapun kami pergi menuju mayit, atau kubur, dan kami membaca Al
 Quran. Maka sebagian ulama mengatakan: "Dahulu kaum salaf menyukai
 membaca surat Yasin di samping mayit, sebagian lagi menyukai membaca
 surat Ar Ra'du, dan sebagian lain surat Al Baqarah. Semua ini
 merupakan ucapan dan perbuatan kaum salaf (terdahulu). Maka, tidak
 semestinya mengingkari hal itu hingga lahir kebencian. Seandainya
 manusia sudah menyampaikan pandangannya maka hal itu sudah cukup, dan
 dia telah menunaikan apa yang seharusnya. Tetapi jika demi melahirkan 
 permusuhan, perdebatan, dan  menyerang, maka ini bukanlah sunah
 Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam dalam memberikan
 penjelasan, dan bukan cara dakwah kepada Allah dan kepada sunah
 Rasulullah."
 (asy-Syaikh `Athiyah bin Muhammad Salim, Syarh Bulughul Maram, Hal.
 113. Maktabah Misykah)
 
 Wallahu a'lam
 
 Syaikhul@KL
 http://muqorrobin.
 
 [Non-text portions of this message have been removed]
 
 
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar