Rabu, 25 Juli 2012

[FISIKA] Digest Number 3423

1 New Message

Digest #3423
1
Tanya mengenai quantum tunneling transistor by "Yohanes Nugroho" yohanes_itb

Message

Mon Jul 23, 2012 7:55 pm (PDT) . Posted by:

"Yohanes Nugroho" yohanes_itb

Dear All,

Saya bukan fisikawan, tepatnya saya ini cuma programmer (background
IT). Di milis saya, saya mendapat email seperti ini (dari seorang
fisikawan kuantum Indonesia):

------------
Jika ada manusia yg tdk mengetahui bahwa transistor skrg sudah menggunakan
quantum tunnelling adalah bukti shahih betapa sesatnya pengajaran fisika
yang beredar sekarang ini, tidak terkecuali di ITB. Betapa memalukan dan
nistanya jika ada alumni yg untuk level ini saja tidak tahu.

Sekarang ini sudah move on, beyond quantum tunnelling, bagaimana
menggunakan perangkat quantum mechanics lebih jauh dalam transistor, dengan
istilah "Quantum Transistor."
------------

Saya tahu bahwa sudah ada quantum tunneling transistor dari
membaca-baca, misalnya belum lama baru baca:

More Energy Efficient Transistors Through Quantum Tunneling
http://www.sciencedaily.com/releases/2012/03/120326160956.htm

Pernah denger juga dulu tentang Sandia beberapa tahun yang lalu, tapi
saya juga nggak tau apakah sudah dipakai sekarang:

http://www.pcworld.com/article/196394/quantum_internet_may_become_a_reality.html

Apakah benar bahwa transistor sekarang sudah menggunakan quantum
tunneling, dan bahkan orang-orang sudah "move on", karena di artikel
yang saya baca itu:

http://www.sciencedaily.com/releases/2012/03/120326160956.htm

While TFETs don't yet have the energy efficiency of current
transistors, papers released in December 2011 by Penn State and March
2012 by Notre Dame demonstrate record improvements in tunnel
transistor drive current, and more advances are expected in the coming
year.

Soalnya, ketika saya confirm, orangnya agak sombong, dan nggak mau
menjawab saya, kalau saya belum pernah menulis paper di sebuah jurnal
internasional. Sebagai catatan: yang menulis di atas itu pernah masuk
ke jurnal QIC, single author (orangnya juga ada di milis ini, tapi
kayanya udah lama nggak posting).

Karena banyak fisikawan di sini. saya berharap di milis ini saya bisa
mendapatkan klarifikasi/jawaban.

--
--
Yohanes
http://yohan.es

GROUP FOOTER MESSAGE
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: