Jumat, 20 Februari 2009

[daarut-tauhiid] TAHAPAN PEBGHARAMAN KHAMR

TAHAP PENGHARAMAN KHAMR
 (Resume Pengajaian Alif di Jica, 18 Feb 2009)
TAHAP I
`ÏBur ÏNºtyJrO È@ϨZ9$# É=»uZôãF{$#ur tbräÏ­Gs? çm÷ZÏB #\x6y $»%øÍur $·Z|¡ym 3 ¨bÎ) Îû y7Ï9ºs ZptUy 5Qöqs)Ïj9 tbqè=É)÷èt ÇÏÐÈ
Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik.Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan. (An-Nahl, 16:67)
Catatan:
 
Ayat ini turun di Makkah sementara ayat-ayat di bawah turun di Madinah. Ini menunjukkan di awal periode Islam kaum muslimin masih dihalalkan untuk minum Khamr. Khamr yang terbuat dari buah Korma dan Anggur, keduanya merupakan komoditi perdagangan negeri Syam dan merupakan hasil dari difersifikasi produk buah korma dan anggur mereka.
 
 
TAHAP II
 y7tRqè=t«ó¡o ÇÆtã ÌôJyø9$# ÎÅ£÷yJø9$#ur ( ö@è% !$yJÎgÏù ÖNøOÎ) ×Î72 ßìÏÿ»oYtBur Ĩ$¨Z=Ï9 !$yJßgßJøOÎ)ur çt9ò2r& `ÏB $yJÎgÏèøÿ¯R 3 tRqè=t«ó¡our #s$tB tbqà)ÏÿZã È@è% uqøÿyèø9$# 3 Ï9ºxx. ßûÎiüt7ã ª!$# ãNä3s9 ÏM»tFy$# öNà6¯=yès9 tbrã©3xÿtFs? ÇËÊÒÈ
Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir. (QS.Al-Baqarah, 2:219)
Catatan:
Saudagar-suadagar Arab beli khamr-khamr tersebut dengan partai besar dengan harga murah dari negeri Syam kemudian mereka jual di negeri Hijaz dengan harga mahal. Inilah yang disebut manfaat pada ayat di atas, khamr menghasilkan keuntungan materi besar bagi saudagar-saudagar Arab.
 
 
 
 
TAHAP III
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä w (#qç/tø)s? no4qn=¢Á9$# óOçFRr&ur 3t»s3ß 4Ó®Lym (#qßJn=÷ès? $tB tbqä9qà)s? wur $·7ãYã_ wÎ) ÌÎ/$tã @@Î6y 4Ó®Lym (#qè=Å¡tFøós? 4 bÎ)ur LäêYä. #ÓyÌó£D ÷rr& 4n?tã @xÿy ÷rr& uä!$y_ Ótnr& Nä3YÏiB z`ÏiB ÅÝͬ!$tóø9$# ÷rr& ãLäêó¡yJ»s9 uä!$|¡ÏiY9$# öNn=sù (#rßÅgrB [ä!$tB (#qßJ£JutFsù #YÏè|¹ $Y7ÍhsÛ (#qßs|¡øB$$sù öNä3Ïdqã_âqÎ/ öNä3Ï÷r&ur 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. #qàÿtã #·qàÿxî ÇÍÌÈ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub[301], terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu Telah menyentuh perempuan, Kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Pengampun. (QS. An-Nisa, 4:43)
Catatan:
 
Adalah sahabat Abdurrahman bin Auf memimpin shalat Magrib padahal dia baru saja mengadakan pesta, makan-makan dan minum khamr bersama kawan-kawannya. Saat membaca surat Al-Kafirun, dia meninggalkan bacaan w  sehingga menjadi   tbrßç7÷ès?$tB ßç6ôãr& .
 
TAHAP IV
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä $yJ¯RÎ) ãôJsø:$# çÅ£øyJø9$#ur Ü>$|ÁRF{$#ur ãN»s9øF{$#ur Ó§ô_Í ô`ÏiB È@yJtã Ç`»sÜø¤±9$# çnqç7Ï^tGô_$$sù öNä3ª=yès9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÒÉÈ
Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS. Al-Maidah, 5:90)
Catatan:
DEFINISI KHAMR:
Khamr secara bahasa artinya sesuatu yang menutup. Disebut khamr karena ia menutup akal sehat.
Secara istilahkhamr adalah segala sesuatu yang memabukkan, apa pun bahan mentahnya.
 
Minuman yang berpotensi memabukkan bila diminum dengan kadar normal oleh seorang normal, maka minuman itu adalah khamr sehingga haram hukum meminumnya, baik diminum banyak maupun sedikit serta baik ketika ia diminum memabukkan secara faktual atau tidak. Jika demikian, keharaman minuman keras bukan karena adanya bahan  alkoholik pada minuman itu, tetapi karena adanya potensi memabukkan. Dari sini, makanan dan minuman apapun yang berpotensi memabukkan bila dimakan atau diminum oleh orang normal (bukan oleh orang yang terbiasa meminumnya) maka ia adalah khamr.
 
SABAB NUZUL (Sebab Turunnya)
Ketika sahabat Umar bin Khattab r.a berkata: "Ya Allah, jelaskanlah kepada kami tentang Khamr dengan penjelasan yang memuaskan karena ia melenyapkan harta dan akal."Maka turunlah ayat ini, ketika turun ayat ini  sahabat Umar berkata lagi: "Ya Allah, jelaskanlah kepada kami tentang Khamr dengan penjelasan yang memuaskan."Maka turunlah ayat 43 dari surat An-Nisa. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan,…
Dengan ayat ini Rasulullah menyuruh muazzin untuk menghimbau kepada yang masih dalam keadaan mabuk tidak boleh mendekati sholat. Tetapi sahabat Umar belum puas kembali memohon "Ya Allah, jelaskanlah kepada kami tentang Khamr dengan penjelasan yang memuaskan."Maka turunlah ayat 90 dan 91 dari surat Al-Maidah seraya berkata sahabat Umar: "Kami akan berhenti, kami akan berhenti"(HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasai). Terjadilah lautan khamr di kota madinah saat itu.
 
HIKMAH:
 
Kalaulah Allah mensyariatkan haramnya Khamr sekaligus sementara ia sudah menjadi tradisi dan menguntungkan maka pasti akan ditolak oleh kaum muslimin saat itu. Sebagaimana Aisyah r.a berkata: "Awal mula surat yang diturunkan menerangkan tentang syurga dan neraka lalu manusia banyak yang masuk Islam. Baru kemudian diterangkan tentang Halal dan Haram. Sekiranya pada awal pewahyuan diturunkan ayat yang berbunyi: "Jangan kalian minum Khamr"..pastilah mereka akan menjwab kami tidak akan meninggalkan khamr selamanya"….
 
Rujukan:Tafsir Al-Misbah, Tafsir Ibnu Katsir, dan Ayatul Ahkam.


__________________________________________________________________
Yahoo! Canada Toolbar: Search from anywhere on the web, and bookmark your favourite sites. Download it now at
http://ca.toolbar.yahoo.com.

[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
====================================================Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:daarut-tauhiid-digest@yahoogroups.com
mailto:daarut-tauhiid-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
daarut-tauhiid-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: