Kamis, 05 Maret 2009

[daarut-tauhiid] SIARAN PERS: PKPU Luncurkan Aksi Gizi Sejuta Balita

SIARAN PERS
LEMBAGA KEMANUSIAAN NASIONAL PKPU
 
 
Bantu Keluarga Miskin Atasi Masalah Gizi
PKPU Luncurkan Aksi Gizi Sejuta Balita
 
 
Jakarta - Masalah gizi, masih menjadi perhatian banyak pihak setelah beberapa kasus malnutrisi (gizi buruk/kurang) mencuat ke permukaan. Segenap upaya telah dilakukan pemerintah, namun masih belum menampakkan hasil yang signifikan.
 
Data Susenas 2007 menunjukkan, terdapat 13% berstatus gizi kurang dan 5,4% berstatus gizi buruk dari 18 juta balita. Krisis ekonomi, merosotnya nilai rupiah dan bencana alam yang beruntun, menjadi pemicu masalah ini.

Berbagai upaya penanganan masalah ini melalui Posyandu ternyata belum berjalan dengan baik. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu, belum sampai meningkatkan kualitas makanan bergizi agar balita dapat bertumbuh-kembang dengan sehat.

Penanganan lain juga dilakukan pemerintah, seperti pemberian susu kepada balita memang sangat berarti, tetapi belum menyentuh akar permasalahan sebenarnya. Keluarga balita penerima susu itu akan menyetop pemberian susu seiring dengan berhentinya pemberian susu dari pemerintah.

Karena setiap program bantuan yang tidak mengedepankan pembinaan masyarakat dapat berdampak buruk bagi penerima program. Masyarakat akan terbiasa menunggu bantuan tanpa terlebih dahulu berusaha menangani masalahnya sendiri.

Sehingga muncul penyakit baru di masyarakat yaitu "kebudayaan menunggu bantuan tanpa berusaha". Munculnya masalah gizi bukan saja disebabkan masalah pangan dan kesehatan, melainkan beragam masalah, seperti kemiskinan, kondisi kesehatan anak dan lingkungan, perilaku konsumsi, perilaku pengasuhan, pendidikan, dan lain-lain.

Maka penanganan masalah gizi ini harus dilakukan secara multidimensi dan holistik dengan mengedepankan community development dalam pelaksanaan programnya. Dengan demikian secara bertahap dan kontinyu, prevalensi masalah gizi kurang dan buruk dapat berangsur-angsur berkurang dan resiko lost generation dapat diminimalisasi, kualitas SDM pun menjadi unggul.
 
Bagai fenomena gunung es, kasus gizi buruk/kurang yang muncul hanyalah sebagian kecil dari kasus yang belum tertangani, sehingga diperlukannya inisiatif pihak lain untuk memulihkan status gizi balita Indonesia. Salah satu perhatian itu datang dari Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk membantu penanganan masalah gizi ini dalam program "Aksi Gizi Sejuta Balita".
 
"Program ini berupaya untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya kaum ibu untuk lebih menerapkan kaidah gizi dalam mengatur konsumsi harian keluarga terutama balita serta berupaya memberikan asupan gizi yang berkualitas bagi anak-anak balita. Dalam setiap kegiatan, program ini bermanfaat bagi ibu-ibu yang mempunyai anak balita minimal 75 orang dan anak balita minimal 75 anak pula," ujar Manajer Layanan Gizi PKPU, Ir. Alwan Bukhori.
 
"Sebagai upaya pembinaan masyarakat yang berkelanjutan, program Aksi Gizi Sejuta Balita ini akan ditindaklanjuti dengan program pemberdayaan masyarakat (comunity development) dalam menangani masalah gizi secara bertahap dan berkelanjutan dalam bentuk Pondok Gizi Ibu Sadar Gizi (PG Budarzi)," lanjutnya.
 
"Dengan memberikan pelayanan gizi ini, diharapkan para ibu dapat memahami pentingnya gizi bagi anak dan keluarga, sehingga balita yang sehat, cerdas dan bebas dari masalah gizi bukanlah sebuah impian," ungkapnya.
 
Upaya penanganan masalah gizi secara bertahap dan berkelanjutan melalui PG Budarzi itu telah dilakukan PKPU dalam berbagai tempat. Untuk DKI ada di Manggarai, Tomang, Pondok Bambu, dan Jagakarsa. Untuk di daerah telah dilaksanaan di Bantul DI Yogyakarta, 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, 3 Kecamatan di Aceh Utara NAD dan sebagian kecil Kota Padang, Semarang dan Ambon.
 
 
Cecep Y. Pramana
Media Center
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Pusat
Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520
Telp: 021-87780015                   
Fax: 021-87780013
Web : www.pkpu.or.id
 
Nb: Kami ucapkan terimakasih atas perhatiannya.
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Special K Group

on Yahoo! Groups

Join the challenge

and lose weight.

Everyday Wellness

on Yahoo! Groups

Find groups that will

help you stay fit.

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: