Selasa, 31 Maret 2009

[FISIKA] Digest Number 2708

Messages In This Digest (5 Messages)

1.
[INFO] Bandung International Summer School in Astronomy 2009 From: Anton William
2a.
Re: Informasi From: Ma'rufin Sudibyo
2b.
Re: Informasi From: Suharyo Sumowidagdo
3a.
Heat Equation 2D From: Rwin_D@ Sierla
4.
Re: Si Gitung buang hajat mengeluarkan 90 Ton TNT ! Kecepatan  air+l From: Ma'rufin Sudibyo

Messages

1.

[INFO] Bandung International Summer School in Astronomy 2009

Posted by: "Anton William" astro_william@yahoo.com   astro_william

Mon Mar 30, 2009 6:50 pm (PDT)


Dear all,

Ada short course astronomi tanggal 5 s/d 23 Juli 2009 di Bandung. Deadline aplikasinya 2 minggu lagi. Semoga beruntung!

Anton

----

In Conjunction with the International Year of Astronomy (IYA) 2009, Astronomy Graduate Program & Astronomy Research Division, Faculty of Mathematics and Natural Sciences at Institut Teknologi Bandung (ITB) proudly present the 1st Bandung International Summer School in Astronomy (BISSA) 2009! It is a two-week program that brings a wide range of people interested in Astronomy from all over the world to gain knowledge and experience in a beautiful city of Bandung, Indonesia. Of course, Observation at Bosscha Observatory is another activity that you will not want to miss!

The course will comprise topics in: Cosmology and Galaxy, Solar System, Stellar Physics

Eligibility:
Anyone with interest in Astronomy can apply!
Undergraduate-level background is an asset

Application deadline: April 17, 2009 - The number of participants is limited to 36
Limited scholarships are available.

Further info: http://bandung-issa.org/artikel/application.html

----

2a.

Re: Informasi

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Mon Mar 30, 2009 9:12 pm (PDT)

Blackhole bisa "menguap" dan hilang sebenarnya tidak mengherankan mas. Itu bisa terjadi karena, meski blackhole adalah obyek eksotik di jagat raya ini, tingkah lakunya tetap memenuhi beberapa hukum fisika seperti hukum kekekalan massa dan energi serta asas ketidakpastian Heisenberg.

Memang blackhole itu bisa membesar, terutama jika ia terus menerus menyerap massa bintang2 yang ada disekelilingnya dan memilinnya dalam sebuah pusaran raksasa yang panas sebelum kemudian ditelan si lubang hitam itu. Dan proses penyerapan ini banyak diamati terjadi di berbagai titik di jagat raya ini, utamanya di pusat-pusat galaksi yang aktif alias AGN (active galactic nuclei), sebagaimana diungkap oleh Teleskop Chandra. Namun jika proses penyerapan ini terus menerus terjadi, secara langsung blackhole melanggar hukum kekekalan massa dan energi. Sehingga memang "harus" ada aliran energi yang juga memancar keluar dari blackhole menuju ke lingkungan disekitarnya.

Persoalan ini menjadi bahan kajian yang menarik bagi Stephen Hawking dan Roger Penrose, sehingga akhirnya mereka menelurkan konsep entropi lubang hitam yang populer itu, sebagai tanda bahwa memang ada aliran energi yang memancar keluar dari lubang hitam. Dan fisika kuantum menunjukkan, aliran energi itu bisa terjadi karena adanya fluktuasi kuantum di ruang vakum yang berbatasan dengan horizon peristiwa lubang hitam, dimana proses produksi pasangan dan anihilasi di sini terganggu oleh kehadiran horizon peristiwa, sehingga produksi pasangan kemudian tak diikuti dengan anihilasi (pemusnahan materi). Materi yang terbentuk dari produksi pasangan ini berupa partikel gamma yang akan dilejitkan menjauh dari horizon peristiwa, sementara antipartikelnya (antigamma) akan jatuh ke dalam lubang hitam. Pacaran partikel gamma ini yang kemudian dikenal sebagai "Radiasi Hawking". Nah karena blackhole juga memancarkan radiasi, secara otomatis massanya akan menyusut (jika
tak ada pertambahan massa didalamnya) sehingga pada satu saat ia akan lenyap alias "menguap".

Ada persamaan yang diderivasikan Hawking tentang radiasi Hawking ini, baik dalam bentuk dayanya (energi persatuan waktu) maupun umur rata-rata blackhole-nya akibat emisi radiasi Hawking, silahkan dilihat di Wikipedia. Secara garis besar bisa ditarik kesimpulan, makin rendah massa sebuah blackhole, makin tinggi intensitas radiasi Hawkingnya sehingga makin rendah pula umur rata-ratanya. Sehingga pada sebuah microblackhole misalnya (yang massanya setara dengan massa proton), umur rata-ratanya berada dalam orde pikodetik. Inilah alasan kuat mengapa aktivitas Large Hadron Collider itu, andaikata ia menghasilkan microblackhole, tidak berdampak pada situasi Bumi.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: Antonius guntorojati <guntorojati_ireng@yahoo.com>
To: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, March 31, 2009 12:53:24 AM
Subject: Re: [astronomi_indonesia] Re: Informasi

saya malah lebih heran lagi..ada yang bilang black hole bisa menguap dan hilang

________________________________
From: resti vurwarin <restiv@gmail. com>
To: astronomi_indonesia @yahoogroups. com
Sent: Monday, March 30, 2009 12:39:14 PM
Subject: Re: [astronomi_indonesi a] Re: Informasi

dan blackhole bisa terus membesar katanya ya?

2009/3/30 mahapatihgadjahmada <mahapatihgadjahmada @rocketmail. com>

Yang terjadi adalah tata surya tempat kita hidup akan tersedot dan masuk ke dalam black hole tersebut. Dengan kata lain itu adalah "kiamat" dan sebagai akhir kehidupan di bumi. Tentu saja awal dari kehidupan setelah dunia ini. Hehe.
Tapi makasih buat infonya.

Hormat saya,

karang

* Pesan asli *
Dari:
orichalc_of_ moon@yahoo. com
Terkirim:
16:29:41
28 Mar 2009
Ke:
astronomi_indonesia @yahoogroups. com
Subjek:
[astronomi_indonesi a] Re: Informasi tentang black hole

> Black hole adalah fenomena antariksa yang menurut saya paling menarik > dan paling spektakuler. Tidak ada yang menandinginya, tak terkecuali.
> Buat temen-temen yang punya informasi apapun tentang black hole, baik
> buku, foto, majalah dan sebagainya, mohon informasinya untuk saya.
> Demikian, terimakasih.

Saya pernah menulis sedikit di blog saya mengenai efek dari sebuah black hole kalau dia bergerak melewati tata surya kita :

http://orimath. blogspot. com/2008/ 01/effect- of-black- hole-passing- by-our.html

http://orimath. blogspot. com/2008/ 01/effect- of-black- hole-passing- by-our_14. html

Semoga bisa membantu,

Fendy

> karang.

2b.

Re: Informasi

Posted by: "Suharyo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Tue Mar 31, 2009 12:31 am (PDT)

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Ma'rufin Sudibyo <marufins@...> wrote:
>

> Ada persamaan yang diderivasikan Hawking tentang radiasi Hawking ini, baik dalam bentuk dayanya (energi persatuan waktu) maupun umur rata-rata blackhole-nya akibat emisi radiasi Hawking, silahkan dilihat di Wikipedia. Secara garis besar bisa ditarik kesimpulan, makin rendah massa sebuah blackhole, makin tinggi intensitas radiasi Hawkingnya sehingga makin rendah pula umur rata-ratanya. Sehingga pada sebuah microblackhole misalnya (yang massanya setara dengan massa proton), umur rata-ratanya berada dalam orde pikodetik. Inilah alasan kuat mengapa aktivitas Large Hadron Collider itu, andaikata ia menghasilkan microblackhole, tidak berdampak pada situasi Bumi.

Alasan lain: Bumi kita secara kontinu telah dihujani sinar kosmik energi tinggi (jauh lebih tinggi dari energi LHC) selama 5 milyar tahun. Dengan membandingkan flux, energi, dan reaksi terbentuknya micro black hole dari sinar kosmik dan LHC, ditarik kesimpulan bahwa probabilitas total terbentuknya micro black hole dari sinar kosmik *lebih besar* dari probabilitas terbentuknya micro black hole di LHC.

Jadi kalau memang micro black hole itu bisa menelan bumi, hal itu sudah akan terjadi tanpa perlu adanya LHC.

3a.

Heat Equation 2D

Posted by: "Rwin_D@ Sierla" sierla_cu@yahoo.com   sierla_cu

Mon Mar 30, 2009 9:13 pm (PDT)

Hi temen2 fisika, aku kesulitan ni ngerjain solusi numerik Heat Equation 2D pake matlab terutama pada script matlabnya, ada yg punya artikel n bisa bantu aku g??
bantuin ya??

4.

Re: Si Gitung buang hajat mengeluarkan 90 Ton TNT ! Kecepatan  air+l

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Mon Mar 30, 2009 9:14 pm (PDT)

Ya betul. Tsunami besar produk gempa megathrust Sumatra-Andaman 26 Desember 2004 yang menyerbu kota Banda Aceh itu memang "hanya" memiliki kecepatan 50 - 60 km/jam, merujuk penelitiannya Costas Synolakis, George Plaffke dan konco-konconya yang mendasarkan diri pada rekaman video amatir tentang masuknya tsunami ke Banda Aceh dan dilengkapi dengan survei lapangan yang detil. Begitupun, tsunami yang menyerbu Banda Aceh itu 2 kali lipat lebih cepat dari kelakuan tsunami pada umumnya saat menyerbu daratan, dimana pada tsunami2 lainnya rata-rata kecepatan mereka "hanyalah" 20 - 30 km/jam. Ini kecepatan pas masuk ke daratan, jadi harap dibedakan dengan kecepatan tsunami di laut dalam yang masih mematuhi persamaan Huygens, yang bisa mencapai 700 km/jam untuk kedalaman 4.000 meter. Tsunami aceh bisa dua kali lipat lebih cepat di daratan karena adanya "efek pelumasan", disamping kondisi jalan2 Banda Aceh yang konsentris mengarah ke pusat kota sehingga menjadi
jalan tol bagi air untuk meluncur.

Bobolnya tanggul Si Gintung kemarin, secara kasar, melepaskan energi yang setara dengan 90 ton TNT. Dalam fisika bahan peledak, 1 ton TNT dideskripsikan sama dengan 4,184 Giga Joule atau 1 Giga Kalori. Energi 90 ton TNT ini jika dibandingkan setara dengan energi ledakan 90 butir bom besi Mk-10 yang biasa dipasang di sayap-sayap F-16. So, kerusakan yang diakibatkan oleh Situ Gintung bisa lah diibaratkan seperti pengeboman beruntun (carpet bombing) pada daerah sepanjang 2 km dengan 90 butir bom Mk-10 secara bersamaan. Ini memang "tidak seberapa" jika misalnya kita bandingkan dengan energi yang dilepaskan tsunami Aceh, yang bisa mencapai 15 megaton TNT alias 750 kali lipat lebih dahsyat ketimbang bom Hiroshima. Namun aliran air dan lumpur Situ Gintung terjadi di daerah yang sangat terlokalisir dan sempit, sehingga dampaknya memang luar biasa, menyamai tsunami Aceh 2004 silam.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: Rovicky Dwi Putrohari <rovicky@Gmail.com>
To: Serba_KL Serba_KL <serba-KL@googlegroups.com>; Milis IAGI-net <iagi-net@iagi.or.id>; Forum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia <forum@hagi.or.id>; kampung-ugm@yahoogroups.com; geologiugm@googlegroups.com; org mg <muhammadiyah_society@yahoogroups.com>; Forum Pembaca Kompas <Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com>; Astronomi Indonesia <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>; "pedulibencana@yahoogroups.com" <pedulibencana@yahoogroups.com>
Sent: Monday, March 30, 2009 4:32:18 PM
Subject: [astronomi_indonesia] Si Gitung buang hajat mengeluarkan 90 Ton TNT ! Kecepatan air+lumpurnya mampu mencapai 70 Km/jam !

Tsunami yang menyerbu kota Banda Aceh hanya pada kecepatan sekitar 50 - 60 km/jam.
Silahkan kalau pingin tahu detailnya silahkan klik disini .

* Dongeng seputar Situ-situ di Indonesia : "Beauty and the Beast" (2) "Energinya 90 Ton TNT"
http://rovicky. wordpress. com/2009/ 03/30/dongeng- seputar-situ- situ-di-indonesi a-beauty- and-the-beast- 2-energinya- 90-ton-tnt/

* Dongeng seputar Situ-situ di Indonesia : "Beauty and the Beast" (1)
http://rovicky. wordpress. com/2009/ 03/30/dongeng- seputar-situ- situ-di-indonesi a-beauty- and-the-beast- 1/

* Banjir Situ Gintung : "Keringkan saja danau ini !"
http://rovicky. wordpress. com/2009/ 03/27/banjir- situ-gintung- keringkan- saja-danau- ini/
Rovicky

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Group Charity

Loans that

change lives

Kiva.org

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: