Jumat, 27 Maret 2009

[daarut-tauhiid] SIARAN PERS: PKPU Akan Lakukan Ekspedisi Situ Gintung

SIARAN PERS
LEMBAGA KEMANUSIAAN NASIONAL PKPU
 
 
PKPU Akan Lakukan Ekspedisi Situ Gintung
 
 
JAKARTA - Tempat wisata alam Situ Gintung mendadak terkenal. Hal itu terjadi sejak jebolnya tanggul Situ Gintung yang mengakibatkan lebih dari 63 (data sementara) orang meninggal dunia, pada Jumat (27/3/2009).

Letaknya yang berbatasan langsung antara Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan, tepatnya di belakang kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.
 
Jebolnya tanggul Situ Gintung sekitar 30 meter, serta merta menggelontorkan air bah sekitar 2,1 juta meter kubik. Hujan deras yang terjadi sejak Kamis sore pukul 16.00-20.00 WIB kemarin menyebabkan danau yang menampung 2,1 juta meter kubik tak mampu lagi menampung air.
 
Dan sekitar satu juta meter kubik air mengalir dengan sangat deras melalui bibir tanggul dan pelan-pelan mengikis tanggul. Gerusan air yang terus-menerus ditambah dengan rapuhnya tanggul yang dibangun pada zaman Belanda itu menyebabkan tanggul perlahan-lahan longsor di bagian bawah sehingga tanggul makin tak kuat.
 
Sekitar pukul 02.00 WIB, tanggul Situ Gintung pun akhirnya jebol dan menggelontorkan jutaan kubik air. Akibatnya, puluhan jiwa melayang, ratusan rumah warga hanyut serta ribuan rumah lainnya di kawasan Ciputat dan Bintaro tergenang banjir.
 
Berlatar belakang fakta-fakta terkait tragedi Situ Gintung saat ini dan esok, Tim Rescue PKPU akan melakukan serangkaian kegiatan yang tercakup dalam Ekspedisi Situ Gintung, pada hari Sabtu tanggal 28 Maret 2009 besok pagi pukul 07.30 WIB
 
Dalam ekspedisi Situ Gintung kali ini, Tim Rescue PKPU yang dipimpin langsung Manajer Rescue PKPU Ir. Muhammad Yasin akan menyusuri Sungai atau Kali Situ Gintung serta dampak aliran sungai dari banjir Situ Gintung.
 
Saat menyusuri aliran Sungai Situ Gintung, tim ekspedisi akan menggali berbagai aspek sosial dan kemanusiaan serta memotret sebaran pengungsi, kerusakan fisik, jumlah korban jiwa serta jenis bantuan apa yang akan diberikan kepada para korban
 
Kegiatan ini akan dimulai di titik kawasan aliran Sungai Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Penyusuran ekspedisi Situ Gintung ini akan menggunakan perahu karet dan dimulai dari depan tanggul yang jebol hingga Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan), Pasar Jumat, Jakarta Selatan.
 
Kegiatan ekspedisi ini berupaya memetakan serta melihat bermacam masalah yang menyelimuti tragedi Situ Gintung. Hasilnya, diharapkan akan ditemukan solusi atau sumbang saran yang tepat untuk program apa yang dapat dibangun kembali serta jenis bantuan yang bisa disampaikan ke korban Situ Gintung.
 
 
Cecep Y. Pramana
Media Center
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Pusat
Jl. Raya Condet No. 27-G Batu Ampar Jakarta Timur 13520
Telp: 021-87780015                   
Fax: 021-87780013
Web : www.pkpu.or.id
 
Informasi Kerjasama:
Anjar Radite (CSR-Perusahaan 70334640/08111776728) 
Eman Sulaeman (Individu 70334740/081585513020)
 
 
Nb: Untuk ikut ekspedisi Situ Gintung, dapat menghubungi Manajer Rescue PKPU, Ir. Muhammad Yasin (0818966634, 70334968) dan kami ucapkan terimakasih atas perhatiannya.  
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Auto Enthusiast Zone

Passionate about cars?

Check out the Auto Enthusiast Zone.

Get in Shape

on Yahoo! Groups

Find a buddy

and lose weight.

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: