Sabtu, 07 Maret 2009

[FISIKA] Digest Number 2688

Messages In This Digest (1 Message)

1.
aneh tapi nyata??? From: Zaenal Arief

Message

1.

aneh tapi nyata???

Posted by: "Zaenal Arief" zaenal@pudak.com

Thu Mar 5, 2009 8:32 pm (PST)

Dari milis tetangga, sudah sering dibicarakan hanya belon ada penjelasan secara fisika nih apa betul bisa timbul medan magnet yg sedemikian besar??

Zaenal

Bunyikan klakson kuat-kuat saat mesin kendaraan mati di atas rel KA.

Tadi pagi saat berangkat kerja seperti biasa jam 07.00 ke arah roxy lewat kolong jembatan yang baru, saya melewati rel kereta api. Eh. saat melintas, mesin mobil saya tiba-tiba mati,sudah mau melintas rel tepatnya, sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut... Ternyata ada kereta api mau lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, walaupun masih jauh. Petugasnya terlambat membunyikan sirene.

Berdasarkan pengalaman, saya refleks bunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil.. Di dalam mobil saya berusaha santai dan tenang.,saya bunyikan klakson terus. Eh.tiba-tiba tape mobil saya menyala. Saya kaget, kok bisa ya nyala sendiri ???

Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh. mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, "keluar.keluar. ..keluar! !". Akhirnya selamat.!

Saya teringat ketika saya kuliah di Jerman, dan saya pernah baca buku ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit, berapa medan magnet yg di simpan rel itu...? dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak..jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu. Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaianlistrik dan medan magnet di sekitarnya.

Teman-teman tolong sebarkan info ini ya.karena banyak ditemui kecelakaan kereta api vs mobil/motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel KA!

Wahyu Gumilar
Associate
Budidjaja & Associates
Jl. Tanah Abang II No. 38
Jakarta 10160
Telp : (62-21) 3840 565 ext. 112
Fax : (62-21) 3840 566
E-mail : wahyu@budidjaja.com
Website : www.budidjaja.com
----- Original Message -----
From: Danny
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, March 04, 2009 9:02 PM
Subject: Re: [FISIKA] Bagaimana menghitung titik keseimbangan

Berbentuk limas segi empat, rencananya buat anak SD, yang nantinya
digunakan utk mengenalkan dunia fisika.

Thanks

2009/3/4 Zaenal Arief <zaenal@pudak.com>

wah udah lebih 24 jam nggak ada yg nanggapin, ini mau bikin proyek sekolah ya???

itu bikin segitiga apa limas??

----- Original Message -----
From: Danny
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, March 03, 2009 1:14 PM
Subject: [FISIKA] Bagaimana menghitung titik keseimbangan

Kepada teman2 Fisika,

Saya ingin membuat suatu bentuk segitiga (seperti piramid mesir) yang tengahnya kosong dengan menggunakan batang2 kayu yg biasa
digunakan pada es krim. Rencananya ujung dari piramid itu digunakan sebagai pijakan / kaki untuk berdiri (piramid terbalik 180 deajat).
Pertanyaannya bagaimna saya bisa menentukan / menghitung untuk mencari titik keseimbangan agar piramid tersebut bs tetap berdiri.
Mungkin teman2 di sini punya referensi apakah menggunakan fisika mekanika atau jenis fisika lain, kebetulan saya bkn orang fisika, namun saya
tertarik dgn ilmu fisika. Thanks

Salam
Danny

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

w/ John McEnroe

Join the All-Bran

Day 10 Club.

Yahoo! Groups

Special K Challenge

Join others who

are losing pounds.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: