Rabu, 23 Maret 2011

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3352[2 Attachments]

Messages In This Digest (2 Messages)

Messages

1.

Tips Terapi : Cara Mendapatkan Solusi

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Wed Mar 23, 2011 1:41 am (PDT)



*Cara Mendapat Solusi dengan Tehnik; Boleh Saya Curhat? *
Oleh : Rahmadsyah Mind-Therapist <http://www.kursusnlp.com>

Assalamu'alaikum wr.wb
<https://lh4.googleusercontent.com/-Hk-FdZQEPY8/TYmxLT55p0I/AAAAAAAAAv8/Ujvn80uQHHQ/s1600/curhat.gif>
Shahabat saya yang budiman. Bagaimana keadaan Anda hari ini? Semoga
senantiasa selalu dalam bimbingan, hidayah dan petunjuk dari Allah swt.
Mudah-mudahan kata-kata saya menyapa Anda dengan penuh kehangatan, sehinga
menambah keindahan persaudaraan kita ini.

Shahabat yang baik. Bulan lalu, saya menulis tentang cara keluar dari
masalah hidup<http://www.kursusnlp.com/2011/02/cara-keluar-dari-masalah-hidup.html>.
Di sana saya menyampaikan tips mendapatkan solusi dari persoalan yang sedang
menyapa saya. Tulisan ini hampir mirip-mirip konteksnya. Namun, yang berbeda
adalah cara menemukan solusi, dari tantangan yang saya hadapi.
*Cara Menemukan Solusi*
Ide ini muncul saat saya sedang melakukan pengosongan perut di bilik
inspirasi. (*Water Close*). Saya sebut bilik inspirasi, karena memang hampir
beberapa ide briliant, datang tatkala proses pembuangan terjadi. Mungkin
Anda juga mengalaminya kan?

Di dukung juga oleh pengalaman saya melakukan terapi kepada klien-klien
saya. Baik di klinik, chating dan via email. Ada juga diantaranya melalui
curhat colongan di komentar *Facebook*. Ternyata, tidak semua orang datang
berniat untuk di terapi, dan menemukan solusi dari arahan atau bantuan *
Mind-Therapist <http://www.kursusnlp.com/p/coach-therapy.html>*. Akan
tetapi, hanya mau ada yang mendengrakan masalahnya. Ada yang menempuh
bercerita, mengemukakan, mengeluarkan uneg-uneg dan curhat, terkadang ini
membuat mereka menemukan sendiri solusinya, dan mengakibatkan mereka merasa
plong (selesai bebannya).

Oleh karena itu, tips terapi ini saya namakan "*Boleh saya curhat?*".
Ngomong-ngomong tentang curhat. Fikiran saya jadi terbang kembali ke
masa-masa saya SMP dan SMA. Saya teregresi ke masa itu. Karena, kata curhat
pertama sekali saya dengar saat saya kelas 2 SMP. Dan proses keseringan
curhat, saya lakukan tatkala masa SMA. So sweet lah. Benar kata Obie Mesakh
"*Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah. **Kisah kasih paling indah,
kisah kasih di sekolah..*" (yang mau nostalgia, monggo dilanjut ya, saya mau
balik ke topik).

*Strategy Curhat*
Seperti biasa. Saya mau menyampaikan maklumat, bahwa cara-cara yang akan
saya sampaikan belumlah cocok, tepat dan pas dengan kondisi persoalan Anda
hadapi sekarang. Namun, ada benarnya Anda melakukan terlebih dahulu untuk
mengetahui hasilnya kan? Sehingga adapun strategynya seperti berikut ini.

*Curhat kepada Konselor atau teman Dekat*
Tips ini seolah-olah Anda sedang bercerita, menyampaikan, mencurahkan isi
hati Anda kepada orang yang Anda percayai. Dan Anda yakin bisa membantu Anda
mendapatkan solusi. Caranya tidak jauh beda seperti kebiasaan yang sudah
Anda lakukan. Namun, Anda mesti lebih mencurahkan perhatian dengan cara yang
satu ini. Oh ya, mumpung saya ingat nih. Cara ini akan sangat berdampak *luar
biasa efektif*, apabila Anda mejalaninya dengan membakar kemenyan (he..he..
bercanda). Maksud saya, dengan *menggunakan fikiran imajinatif* Anda. Jadi,
untuk sementara, fikiran logika dan analisis, disimpan dulu ya...

*9 Langkah Terapi "Boleh Saya Curhat"*

<https://lh4.googleusercontent.com/-aTUAcYggZKw/TYmvIvVMY-I/AAAAAAAAAv4/br3ivtNksH4/s1600/triple-perspectives.gif>
*Perceptual Position*

1. Berdoa kepada Allah agar, usaha Anda menghasilkan solusi. Kemudian
dimudahkan dan di Ridahi oleh Allah.

1. Siap kan tiga buah kursi, atau tandai tiga titik pada lantai tempat
Anda berada. Boleh lurus atau berbentuk segitiga.

1. Beri nama atau kode untuk memudahkan proses therapy pada tiap
kursi. Contoh
: Kursi *pertama* Anda beri code/nama Sang Masalah, Kursi *Kedua* Juru
bicara. Dan *Ketiga* Sang Konselor. (Anda boleh mengganti nama-nama di
atas sesuai keinginan dan kehendak Anda. Ingat! gunakan imajinatif Anda,
tidak perlu bertanya untuk apa. Lakukan dan ikuti saja intruksinya, oke
kan?)

1. Sekarang, bisa Anda duduk di tiap-tiap kursi atau titik yang telah
Anda namai tadi. Silahkan Anda berada disana, dengan 100% hadir sebagai nama
yang Anda beri tadi. Contoh : Kursi *Juru Bicara*. Saat Anda duduk di
atas kursi ini, jadilah seolah-olah Anda sebagai benar-benar seorang juru
bicara. Sebagaimana kita tau, yang nama nya juru bicara, terkadang hanya
menyampaikan apa yang mesti disampaikan oleh Sang Masalah. Jadi, Anda di
kursi Juru Bicara, *seolah-olah orang lain*, yang akan menceritakan
tentang kondisi Sang Masalah. Sehingga Anda *tidak mengalami* apa yang
dia rasakan, Anda tidak larut, dan Anda benar-benar menjadi orang lain
(ingat gunakan imajinatif Anda). Begitu pula dengan Sang Konselor. Saat Anda
duduk di kursi ini, seolah Anda seorang Konselor. Bolehlah sedikit sok tau
ya. He...he... sementara di Kursi Sang Masalah, tidak perlu saya jelaskan.
Anda sudah sangat mahir karena sudah mengalami ^_^...

1. Mari kita mainkan. Pertama, duduklah di Kursi Sang Masalah....Rasakan,
lihat dan dengarkan serta alami secara total masalahnya. Setelah itu
sampaikan kepada sang Juru Bicara.

1. Setelah Anda merasa sudah benar-benar full 100% merasakannya, sekarang
pindahlah ke kursi *Sang Juru Bicara*. Mulailah bercerita kepada ke Kursi
Sang Konselor kondisi teman/klien Anda yang bermasalah itu. Sebagai sang
Juru Bicara, boleh ambil intervensi (memberikan sudut pandang) juga pendapat
Anda (Sebagai Juru Bicara), berdasarkan pengamatan Anda terhadap cara Sang
Masalah duduk, ekspresi wajahnya, cara bernafas, cara bercerita dll, yang
dilakukan oleh sang Masalah.

1. Sekarang Anda pindah ke kursi* Sang Konselor*. So selamat menikmati
sebagai orang pemberi solusi. Lihat ekspresi si Juru Bicara yang tak punya
masalah dan juga Kursi Sang Masalah. Berdasarkan analisa Anda, dari cerita
Sang Juru Bicara. Apa hal *Terbijak dan terbaik mesti di fikirkan*,
dilakukan serta di ambil keputusan sekarang, oleh Sang Masalah. Berikan juga
nasehat serta wejangan kepada nya.

1. Silahkan Anda duduk kembali ke kursi Sang Masalah. Setelah mendengar
Curhat Sang Juru bicara ke Sang Konselor, kemudian Anda menyimak nasehat
serta pandangan dari Sang Konselor. Apa yang Anda alami dan terjadi pada
diri Anda? Dan, apakah sudut pandang sang Konselor memberi pemahaman dan
Anda menemukan solusinya sekarang? (Bila Anda belum menemukan solusi, boleh
Anda ulangi sekali lagi).

1. Apabila Anda merasa sudah mendapatkan hal yang Anda inginkan (Solusi),
boleh akhiri dengan rasa syukur dan hamdalah kepada Allah. Juga kepada diri
Anda sendiri, karena sudah mau berdamai dan bersedia untuk memecahkan
masalah (*get solution*) secara bersama-sama.

Sekedar sharing, saya terkadang melakukan cara di atas dengan memanfaatkan
fikiran kreatifitas saya. Yaitu menghadirkan tokoh imajiner, Coach yang
selama ini membimbing dan mengarahkan saya. Jadi, seolah-olah beliau Ada
disana, dan memberikan solusi kepada diri saya. Namun, terkadang saya
sendiri yang seolah-olah menjadi seorang ahli dalam memberi sololusi saat
berada di Kursi Sang Konselor.

Selamat melakukan dan mempraktekkan. Semoga tips ini menjadi cara untuk
menghasilkan solusi terhadap tantangan hidup yang sedang ber*tamu* kepada
Anda. (Yang namanya tamu pasti pulangkan?).

Note : Bila Anda belum faham dengan penjelasan di atas, boleh Anda hubungi
081511448147 (Bebas biaya, kecuali pulsa Anda habis he...he..). Saya akan
membantu Anda, bagaimana cara bermain-main dengan tips
terapi<http://www.kursusnlp.com/p/coach-therapy.html>di atas.

Cingajur, 12 Maret 2011
www.kursusnlp.com
--
Rahmadsyah Mind-Therapist
*www.terapinlp.com* I* 081511448147* I *YM; rahmad_aceh* I *FB :
rahmadnlp@yahoo.co.id*
2.

Undangan Launching Program Eye Clinic Goes to School and Community d

Posted by: "yan_ku" yayan_unj@yahoo.com   c_al_iyan

Wed Mar 23, 2011 2:10 am (PDT)

[Attachment(s) from yan_ku included below]



Kepada,

Ketua Umum ESKA
& Rekan-rekan Milist ESKA
Di-
   Tempat

Assalaamu'alaykum wr.wb

Alhamdulillah, sebuah program sederhana yang mudah-mudahan banyak manfaat bagi kesehatan mata anak bangsa akan di launching. Kami dari Pengurus LSM Rumah Peradaban, mengundang rekan-rekan ESKA yang juga telah bersedia men-support program ini dalam acara tersebut. Undangan terlampir:

Tanggal: 26 Maret 2011
Pukul   : 09.00 - 11.00 (dilanjutkan acara pemeriksaan mata gratis dan pemberian kacamata minus gratis)
Tempat SDI Kharisma, Jl. Masjid Matraman Jakarta Pusat.

Berikut kami sampaikan undangan lauching program Eye Clinic Goes to School and Community dan denah lokasi kegiatan.
Kehadiran Bapak sangat kami nantikan. Mohon kesediaan Rekan-rekan untuk mengkonfirmasi pada hari Kamis-Jumat. SMS/Telp (yayan -08159518816)

Terima kasih.

Wassalaamu'alaykum wr.wb

--

Rumah Peradaban
Jalan Teluk Ratai No. 82A, Komplek TNI AL
Rawa Bambu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Mobile Phone : +62813 8290 4717, +62815 103 64152
Telp : (62-21) 780-7316
Fax : (62-21) 7884-0192
email : nila.kurnia@rumahperadaban.org
website : www.rumahperadaban.org

Attachment(s) from yan_ku

2 of 2 Photo(s)

Recent Activity
Visit Your Group
Sell Online

Start selling with

our award-winning

e-commerce tools.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar: