Rabu, 11 Januari 2012

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3548

Messages In This Digest (1 Message)

Message

1.

Mungkin Ini Penghambat Kesuksesan Anda

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Tue Jan 10, 2012 5:49 pm (PST)



Mungkin Ini Faktor Penghambat Kesuksesan Anda
<http://bamruno.blogdetik.com/files/2011/01/shyboy1.jpg>

*"Namanya anak perempuan, ngapain sekolah tinggi-tinggi. **Nanti kalau
sudah kawin, ke dapur juga".*

Semasa saya masih SMA, saya pernah mendengar ungkapan candaan guru dan
orang dewasa. "*Seseorang sekolah karena 2 hal. Pertama, karena tidak mau
menjadi bodoh. Kedua, supaya menjadi pintar untuk membodohi orang lain*".
Setelah kini saya mulai beranjak usia 26. Saya berpikir, kadangkalanya,
benar apa yang pernah saya dengar.

Akan tetapi, di sisi lain, saya juga berpikir dan penuh tanda tanya. Apakah
keberadaan orang-orang yang memahami sesuatu, kemudian mereka berusaha
untuk membodohi orang yang ingin belajar memahami sesuatu itu, karena efek
dari program yang telah pernah tertanam dari semenjak kecil dulu?

*Program masa lalu*

Karena, dari pengalaman *therapy* dengan berbagai macam kasus terhadap
orang-orang yang berkonsutasi dengan saya. Perilaku yang tidak selaras pada
diri mereka, erat kaitannya dengan peristiwa-peristiwa yang pernah mereka
alami di masa lalu. Masa lalu yang saya maksud, lebih tepatnya usia
pengasuhan orang tua 0-6 thaun. Dan masa bersekolah 6-12 tahun.

*Terapi Homoseksual*

Saya pernah menangani kasus, homoseksual. Setelah ngobrol mengenali
struktur perilaku klien saya tersebut, ternyata ada program yang keliru
pada masa kecilnya, yang berakibat pada kehidupan dia saat dewasa.

*Terapi matematika*

Seorang mahasiswa, pernah curhat kepada saya, dia agak sulit belajar
matematika bila berada di ruang kelas. Tetapi kalau di tempat kosannya, dia
bisa mengerjakan soal-soal, yang terdapat dalam buku paketnya. Kemudian
saya membantu dia untuk mengakses memori yang telah terekam di bawah
sadarnya. Ternyata, dia mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan
seorang guru matematika saat kelas 5 SD dulu.

*Terapi percaya diri (takut keramaian)*

Seorang pekerja profesional di perusahaan penerbangan ternama. Dia
mengeluhkan tentang masalah rasa takut ketika berada di keramaian yang dia
alami. Saya pernah mengecek masalahnya itu, dengan mengajak bertemu di
Pizza hut. Expresi wajah, dan tingkah lakunya, sangat kelihatan. Lalu,
saya menggali latar belakang yang mendasari sebab-musabab perilaku takut
keramaiannya. Ternyata, itu berawal saat dia berusia 10 tahun. Gara-gara
label yang diberikan oleh saudara dan teman sepermainan, "*Ah dasar cewek
kamu*"...

*Terapi perfectionist*

Begitu juga dengan seorang ibu yang telah memiliki dua orang anak. Beliau
datang bersama dengan suaminya untuk mengelola perilaku perfeksionis pada
dirinya. Karena, perilaku tersebut sudah sangat-sangat tidak wajar dan
menganggu kehidupannya. Setelah saya ngobrol-ngobrol, ternyata ada masalah
di masa lalu di keluarga, yang berakibat dengan kehidupannya sekarang.

Alhamdulilah, kasus-kasus di atas berhasil mendapat solusinya. Berkat
Rahmat Allah dan ridho dari Nya. Juga, karena keinginan yang amat mendalam
dari klien saya, untuk menyelesaikan masalahnya.

*Mohon mengingat !*

Cerita saya di atas, bukan menjadi generalisir, bahwa semua persoalan
perilaku yang membuat Anda merasa terganggu kehidupan Anda sekarang, karena
faktor masa lalu. Tetapi, itu hanya sedikit kasus yang saya tangani, yang
ternyata, setelah saya bantu menggali dan mencari akar masalahnya. Ternyata
ada hubungan erat dengan masa lalunya.

*Apa yang akan terjadi?*

Kemabli dengan cerita alasan bersekolah. Sepertinya sangat terlalu cepat,
bila saya menyimpulkan, tatkala ada orang pintar kemudian pintar membodohi
orang, karena program di masa kecilnya. Entahlah. Yang pasti semua itu
hanya terkaan saya saja. Sebab, dibalik sebuah perilaku terdapat banyak
alasan yang melandasi seseorang melakukan sesuatu, iyakan?

Tetapi, seandainya pun terkaan saya benar adanya. Apa yang akan terjadi
kepada kaum hawa yang mendengar ucapan dari orang tuanya "*Namanya anak
perempuan, ngapain sekolah tinggi-tinggi. **Nanti kalau sudah kawin, ke
dapur juga*"?

Ciganjur, Senin 12 desember 2011
Sumber : http://www.kursusnlp.com/2012/01/mungkin-ini-faktor-penghambat.html

*Ikuti Workshop* *KOMUNIKASIH**, 28 januari 2012*
Klik http://www.kursusnlp.com/p/event.html

*Mari bersilaturahim, follow @mind_therapist*
*Dapatkan e-book "Explore Your Potentials" Gratis, Klik
**download<http://www.box.com/s/dp7uesnx09c1j86zj1hj>
*

--
Rahmadsyah Mind-Therapist
*www.terapinlp.com* I* 081511448147* I *YM; rahmad_aceh* I *FB :
rahmadnlp@yahoo.co.id*
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Parenting Zone

Family and home

Tips for mom

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Sitebuilder

Build a web site

quickly & easily

with Sitebuilder.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar: