Kamis, 12 Januari 2012

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3549

Messages In This Digest (1 Message)

1.
Agar Hidup Tidak Sia-Sia From: rahmad nurdin

Message

1.

Agar Hidup Tidak Sia-Sia

Posted by: "rahmad nurdin" rahmad.aceh@gmail.com   rahmadsyah_tcc

Wed Jan 11, 2012 6:54 pm (PST)



Agar Hidup Tidak Sia-Sia
<http://www.imagepicphotos.com/images/Future/lena-maria.jpg> *Lena Maria,
Penulis Footnote*
*Siapapun ingin berguna*

Bukankah Anda sependapat dengan saya, bahwa tidak ada orang ingin terlahir
ke dunia ini dengan sia-sia, iya kan? Saya yakin, orang-orang di sekitar
Anda dan saya, tetangga, teman kerja, penjual koran, sopir taksi, kondektur
metro mini, pengemis, pegawai restoran, kasir di bank, sekretaris Anda,
atasan Anda, dan siapapun. Hakekatnya, bila kita bisa dipercaya oleh
mereka, maka kita dapat mendengar desahan terdalam pada dirinya. "*Saya
ingin hidup menjadi manusia yang berguna*". Seperti, cita-cita masa kecil
saya saat SD, berguna bagi nusa, bangsa, agama dan Negara.

Seperti yang pernah saya ceritakan kepada Anda, ide itu hadir dari mana
saja <http://www.kursusnlp.com/2011/10/jangan-mengutuk-pekerjaan.html>.
Tulisan saya sekarang, Agar hidup tidak sia-sia, karena terstimulus oleh
sharingnya kompasianer Heidy Sengky. Tentang Lena
Maria<http://sosok.kompasiana.com/2011/11/04/gadis-tanpa-lengan-yang-super-bisa-meraih-medali-emas-menulis-buku-dan-banyak-lagi/>"
*Gadis tanpa lengan yang super bisa. Meraih mendali emas, Menulis buku dan
lain-lain*". Yang sangat menginspirasi saya, dari sosok Lena maria pada
sharing Heidy, motto hidupnya

*Saya lebih memilih untuk bersyukur atas apa yang dapat saya lakukan,
daripada kecewa atas apa yang tak dapat saya lakukan.*
*#Lena Maria*

*Trance derivational search *

Setelah saya membaca kata-kata penuh makna dari dari Lena. Pikiran saya
terjadi *trance derivational search*. Atau sering disebut "*tds*". Suatu
kondisi terjadi pada otak kita, karena melihat, mendengar, mencium, merasa,
atau menggerakan tubuh. Pikiran kita teringat akan peristiwa yang pernah
terjadi dan terekam dalam memori jangka panjang. Biasanya, kondisi itu bisa
hadir, karena, apa yang kita dengar, lihat, cium, rasa atau sentuh memiliki
emosi yang sama. Contohnya.

*Pada hari rabu 2
nov<http://www.kursusnlp.com/2011/12/inilah-alasan-jk-rowling-menulis-di.html>ember
2011 yang lalu, saya membuat janji bertemu dengan seorang teman jam 13.00
di Pejaten Village Mall. Pada silaturahim tersebut, kami saling cerita
pengalaman dalam dunia training. **Teman saya sering mengajar tentang IT
(Hard skill), sementara saya mengenai pengembangan diri (Soft Skill).
Kira-kira sekitar jam 13.30, sambil ngobrol, terbesit niat untuk mengabari
istri, kalau saya sudah di PJM dan bertemu dengan teman saya. *

*Karena menghormati silaturahim tersebut, saya tidak jadi sms. Tapi, gak
sampai 1 menit setelah niat itu hadir. Di HP saya ada pesan masuk, sms dari
istri yang isinya "Kak apakah sudah di Pejaten?". Saya sering mengalami
kejadian ini dengan istri. Bahkan sebelum menikah. Bagaimana dengan Anda?*

Saya tidak tau, entah kata-kata yang mana membuat Anda teringat akan
pengalaman yang pernah Anda alami, setelah membaca kata tersebut. Dan, yang
ingin saya sampaikan, peristiwa yang terjadi dalam ingatan Anda, karena
terstimulus oleh contoh yang saya ceritakan di atas tadi, itulah yang
dimaksud dengan *trance derivational search*. Saya belum tau membahasakan
dalam bahasa Indonesia.

*Bong Chandra & Bruce Lee*

Begitupun dengan saya. Membaca kata-kata (motto) Lena, pikiran saya
terakses dengan memori yang terekam di bawah sadar. Gambar yang terlihat,
sosok Bong Chandra. Motivator dan milioner muda. Sementara suara yang
terdengar, kata-kata pada salah satu status BC "*Suatu hari nanti, Anda
akan menyesal, bukan karena sesuatu yang telah Anda lakukan, melainkan
banyak kesempatan terlewat tidak melakukan apa-apa*". Selain itu, yang
terlihat adalah gambaran film biografi Bruce lee. Sementara yang suara
terdengar, kata-kata di akhir film tersebut yang disampaikan oleh istri
Lee. "*Banyak orang bertanya bagaimana Bruce lee meninggal. Saya lebih
memilih untuk mengenang, bagaimana Bruce lee hidup*".

*Tip supaya hidup tidak sia-sia*

Kembali dengan agar hidup tidak sia-sia. Setelah kata-kata Bong Chandra
dan istri Bruce Lee membayangi isi kepala saya. Kemudian juga ungkapan
inspirational Lena Maria. Saya mengamati, ada pola yang sama pada mereka
bertiga.

*Pertama,* menurut saya, mereka memiliki *tujuan* yang sama. Yiatu,
menjalani hidup ini penuh dengan manfaat dan berguna.

*Kedua*, karena fokus mereka sama, maka cara menyikapi (mindset) pun juga
sama. Yaitu, cara mereka menfokuskan, menyikapi atau memilih *sudut pandang*,
bertujuan untuk menghasilkan *tindakan* yang prouktif dan berdaya bagi
mereka.

*Pikiran Anda, menpengaruhi emosi Anda, Emosi mempengaruhi tindakan Anda,
dan tindakan, menentukan hasil pencapaian Anda.*
*#Terapi Berfikir Positif<http://www.kursusnlp.com/p/programs-training.html>
*

Jadi, agar hidup tidak sia-sia, maka kita hendaknya; pertama-tama memiliki
keputusan *passion <http://www.kursusnlp.com/2011/10/passion.html> /
'azzam*yang kuat dalam diri, bahwa kita berkomitmen agar berguna dan
bermanfaat,
bukan sia-sia. Selanjutnya, memilih sudut padang yang efeknya, bisa
menghasilkan tindakan penuh produktif dan berdaya.

Sudah berguna dan bermanfaatkah hidup kita?

Ciganjur, Jumaat, 4 November 2011

*Ikuti Workshop* *KOMUNIKASIH**, 28 januari 2012 *
Klik http://www.kursusnlp.com/p/event.html

*Mari bersilaturahim, follow @mind_therapist*
*Dapatkan e-book "Explore Your Potentials" Gratis, Klik
**download*<http://www.box.com/s/dp7uesnx09c1j86zj1hj>

--
Rahmadsyah Mind-Therapist
*www.terapinlp.com* I* 081511448147* I *YM; rahmad_aceh* I *FB :
rahmadnlp@yahoo.co.id*
Recent Activity
Visit Your Group
Dog Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about dogs.

Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Share experiences

with owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar: