http://www.percikan
Oleh : Ust. Tate Qomaruddin Lc.
Dari Abi `Abdillah Tsauban bin Bujdad bahwa Rasulullah saw. bersabda,
"Dinar yang paling utama yang dibelanjakan seseorang adalah dinar
yang ia belanjakan untuk keluarganya, dinar yang ia belanjakan untuk
kendaraannya di jalan Allah, dan dinar yang ia infakkan untuk rekan-
rekannya (yang tengah berjuang) di jalan Allah." (H.R. Imam Muslim)
Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari hadis di atas, antara
lain: pertama, di hadapan seorang mslim, terbuka lebar banyak pintu
untuk berbuat baik dengan harta. Kedua, menjelaskan peringkat
keutamaan pengeluaran harta (infak) yang dilakukan seorang muslim,
bahwa memberi nafakah kepada keluarga merupakan infak yang paling
mulia. Dalam hadis lain disebutkan,
"Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau
infakkan untuk (mememerdekakan) hamba sahaya, dinar yang engkau
infakkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau infakkan untuk
keluarga, yang paling utama di antara semua itu adalah dinar yang
engkau infakkan kepada keluargamu." (H.R. Imam Muslim)
Persoalannya adalah, tidak mungkin kita dapat berinfak dengan harata
jika kita tidak memilikinya. Lebih-lebih jika kita mencermati ayat-
ayat Al Quran yang memerintahkan kita terlibat dalam jihad. Selalu
saja disandingkan antara kewajiban berjihad dengan jiwa dengan
kewajiban berjihad dengan harta. Bahkan dari semua ayat yang
memerintahkan kita berjihad dengan harta dan jiwa, berjihad dengan
harta selalu didahulukan, kecuali pada satu ayat saja yakni ayat 111
Surah At-Taubah, yang maknanya,
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin jiwa dan
harta mereka dengan (mendapatkan) surga untuk mereka. Mereka
berperang di jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh."
Selebihnya, hartalah yang disebut terdahulu. Perhatikan ayat-ayat
berikut,
"Wahai orang-orang yang beriman, inginkah kalian aku tunjukkan pada
suatu perniagaan yang menyelamatkan kalian dari azab yang pedih?
Kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kalian berjihad di
jalan Allah denganh harta dan jiwa kalian." (Q.S. Ash-Shaf 61: 10-11)
Ini diperkuat dengan adanya kewajiban zakat. Dalam urusan yang satu
ini memang ada kesalahan persepsi pada sebagian kaum muslimin.
Kewajiban zakat sering dipahami begini: "Kalau punya harta, zakatlah.
Kalau tidak punya, tidak usah mengeluarkan zakat". Secara fiqih,
pemahaman itu sangat benar. Tapi semangatnya bukanlah semangat
kepasrahan pada keadaan. Semangat perintah zakat harusnya dipahami:
"Carilah uang, kumpulkanlah harta agar dapat melaksanakan perintah
Allah yang bernama zakat". Seharusnya kita membawa semangat shalat
untuk diterapkan pada zakat. Kita selalu berpikir, kita harus bisa
melaksanakan shalat dengan segala perjuangan yang menjadi
konsekuensinya. Dari mulai mencari penutup aurat, mencari tempat
shalat, menentukan arah kiblat, menyucikan diri, dan seterusnya.
Itu semua mematahkan anggapan yang masih dianut sebagian orang bahwa
kesalihan dan ketakwaan identik dengan kepapaan, kemelaratan,
kesengsaraan, dan ketertindasan. Seolah-olah hanya orang miskin,
jelata, dan tertindaslah yang layak menghuni surga. Sebaliknya, orang
kaya dan orang yang punya jabatan tidak punya tempat di surga. Ini
diperparah dengan sering disitirnya hadis-hadis dha'if (lemah) atau
bahkan maudhu' (palsu) yang memberikan pesan untuk menjauhi dunia
sejauh-jauhnya demi mencapai ketakwaan dan kesucian jiwa. Atau
mungkin juga menyitir hadis sahih tentang zuhud dengan pemahaman yang
salah.
Zuhud tidaklah identik dengan melarat. Zuhud adalah kepuasaan hati
dengan apa yang diberikan Allah swt. Zuhud adalah ketiadaan ikatan
hati kepada harta dan hal-hal bersifat material lainnya. Orang yang
merasa puas dengan apa yang Allah berikan sembari meniadakan
keterikatan hatinya dengan harta dan jabatan, tidaklah kehilangan
sifat zuhud sekalipun ia kaya raya.
Utsman Bin `Affan adalah konglomerat dan kaya raya. Beliau termasuk
sahabat Nabi saw. yang dijamin masuk surga. Demikian pula halnya
dengan `Abdurrahman bin `Auf. Beliau sukses dalam bisnis dan menjadi
saudagar kaya raya. Toh beliau juga termasuk yang dijamin masuk
surga. Umar bin `Abdul `Aziz, khalifah yang kaya raya. Tapi justru
dia termasuk orang zuhud.
Posisi harta dalam Islam sama dengan posisi kemiskinan: sebagai ujian
bagi manusia. Dengan kekayaan orang bisa masuk surga sebagaimana
dengan kekayaan pula orang bisa masuk neraka. Dengan kepapaan orang
bisa masuk surga sebagaimana dengan kepapaan pula orang bisa masuk
neraka. Semuanya ujian! Allah swt. menegaskan,
"Dan Kami coba kalian dengan keburukan dan kebaikan, (semuanya)
sebagai ujian." (Q.S. Al Anbiya 21: 35)
Rasulullah saw. bersabda,
"Sesungguhnya dunia itu manis dan menghijau. Dan sesungguhnya Allah
mengangkat kalian sebagai khalifah di dalamnya untuk melihat
(menguji) bagaimana kalian bekerja. Maka berhati-hatilah dengan dunia
dan berhati-hatilah dengan wanita. Karena sesungguhnya fitnah Bani
Israil adalah pada wanita." (H.R. Imam Muslim)
Jadi, orang yang saleh bukanlah orang memilih meninggalkan harta,
melainkan yang lulus dalam ujian mengelola harta itu. Seseorang
dianggap lulus ujian dalam urusan harta manakala,
Pertama, hanya menempuh cara halal untuk memperoleh harta.
Pada hari kiamat, setiap orang akan diminta pertanggungjawaban
terkait dengan hartanya, dari manakah ia memperolehnya dan dengan
cara apa? Ini batu ujian pertama. Rasulullah saw. bersabda, "Dan
sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang beriman seperti yang
diperintahkan kepada para rasul. Dia berfirman, `Wahai para rasul,
makanlah dari yang baik dan beramal salehlah karena sesungguhnya Aku
mengetahui apa yang kalian lakukan.' Dia juga berfirman, `Wahai orang-
orang yang beriman makanlah yang baik dari yang Kami rezekikan kepada
kalian.'" Lalu Rasulullah saw. menerangkan tentang orang yang
mengadakan perjalanan panjang, kusut masai dan berdebu. Ia
mengadakahkan kedua tangannya (berdoa) ke langit (sambil mengatakan),
"Ya rabbi, ya rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram,
pakaiannya haram dan diberi makan dari yang haram, bagaimana doanya
akan dikabulkan." (H.R. Imam Muslim)
Kedua, harta itu tidak menyebabkan sombong.
Orang yang sukses mengelola harta adalah orang yang dengan hartanya
justru semakin rendah hati dan menyadari bahwa segala yang
dimilikinya adalah titipan atau amanah dari Allah. Abdurrahman bin
`Auf yang padahal termasuk orang yang dijamin masuk surga pernah
berlinang air mata saat dirinya siap menyantap hidangan lezat yang
ada di hadapannya. Ketika ditanya penyebab ia menangis, ia menjawab,
"Aku takut hanya yang kunikmati di dunia inilah yang menjadi
ganjaranku dari Allah."
Ketiga, menjadi fasilitas untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Rasulullah saw. bersabda, "Sebaik-baik harta yang saleh adalah yang
ada pada orang saleh." Beliau juga memerintahkan kepada kita,
"Jauhkanlah dirimu dari neraka walau dengan hanya sebuah kurma."
Keempat, menjadi fasilitas untuk silaturahim.
Infaq adalah baik. Dan infaq kepada kerabat adalah lebih baik lagi.
Karena selain bernilai taqarrub, perbuatan itu juga merupakan upaya
silaturahim. Rasulullah saw. bersabda, "Shadaqah kepada orang misikin
adalah satu shadaqah dan shadaqah kepada orang yang punya hubungan
rahim (kerabat) adalah dua shadaqah: shadaqah dan shilah
(menyambungkan)
Kelima, menjadi fasilitas untuk perjuangan.
Perjuangan Islam jelas tidak mungkin tanpa dukungan finansial.
Kekuatan kuffar harus dihadapi dengan kekuatan optimal kaum muslimin.
Dan ini tentu saja salah satu kekuatan itu adalah kekuatan maliyyah
(finansial).
Jadi, Islam tidak memusuhi harta. Islam juga tidak mengajarkan umat
Islam memusuhi orang kaya. Surga terbuka bagi orang kaya. Yagn
penting ajaran Islam tentang pengelolaan kekayaan dipatuhi. Jadi,
menjadi orang kaya, siapa takut? Wallahu a'lam.
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
===================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
===================================================

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar