Selasa, 27 Mei 2008

[dapurbunda] Digest Number 3717

Dapur Bunda Cooking Club

Messages In This Digest (12 Messages)

1a.
Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya From: laila hasanah
1b.
Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya From: Lif Rahayu
1c.
Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya From: laila hasanah
2a.
Re: tanya: coffenoir From: sandrani k.
3a.
peralatan wajib punya From: fenda maniss
3b.
Re: peralatan wajib punya From: Sitarasti
3c.
Re: peralatan wajib punya From: fenda maniss
3d.
Re: peralatan wajib punya From: Siska Haryani
3e.
Re: peralatan wajib punya From: fenda maniss
4.
Tanya: resep dough-nya Pizza From: Inda Azhar
5.
Urgent... Cetakan Permen lollipop bentuk huruf V From: Reni Fitriani
6a.
Re: Tanya tips mengatur api dan suhu oven tangkring From: Helen Bustami

Messages

1a.

Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

Posted by: "laila hasanah" laila_hasanah@yahoo.com   laila_hasanah

Mon May 26, 2008 1:59 am (PDT)

bunda makasih ya dah  dibantu
tp bunda d laos ga ada vanili...
gimana donk bunda...
gpp ya ga pakai daun pandan or vanili???
mungkin jd ga enak ya???

----- Original Message ----
From: BundanyaOrel <happy_ariandita@yahoo.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Saturday, May 24, 2008 4:06:56 PM
Subject: Re: [dapurbunda] [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

hallo mbak, coba bantu ya..
bahasa inggrisnya tepung beras : white rice flour
aku biasanya pake vanili bubuk buat pengganti daun pandan.. enak juga kok..

 
Happy Ariandita
E-mail: happy_ariandita@ yahoo.com
http://dapurnyahapp y.blogspot. com

----- Original Message ----
From: laila hasanah <laila_hasanah@ yahoo.com>
To: dapurbunda@yahoogro ups.com
Sent: Friday, May 23, 2008 5:07:50 PM
Subject: Re: [dapurbunda] [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

1b.

Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

Posted by: "Lif Rahayu" lifrahayu@gmail.com   moonrise9507

Mon May 26, 2008 2:31 am (PDT)

Mbak Laila,

Masak di Laos gak ada vanilli? Coba deh cari vanilla powder....setahu saya
ini bahan masakan yang internasional deh.

mama Nayma
1c.

Re: [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

Posted by: "laila hasanah" laila_hasanah@yahoo.com   laila_hasanah

Mon May 26, 2008 3:53 pm (PDT)

makasih bunda...
vanili d laos memang tdk ada..
sy memang baru 7 bln tinggal d laos
sy sdh tanya k teman2 yg sdh tahunan tinggal d laos
dan memang tdk ada...
tp trima kasih bunda...
mngkin nnti sy akan cari vanilla powder nya

----- Original Message ----
From: Lif Rahayu <lifrahayu@gmail.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Monday, May 26, 2008 4:05:37 PM
Subject: Re: [dapurbunda] [Recipe] Bubur Sumsum/tanya

Mbak Laila,
 
Masak di Laos gak ada vanilli? Coba deh cari vanilla powder....setahu saya ini bahan masakan yang internasional deh.
 
mama Nayma

 

2a.

Re: tanya: coffenoir

Posted by: "sandrani k." rose0828@yahoo.com   rose0828

Mon May 26, 2008 3:54 pm (PDT)

Ya, udh bikin mbak,  aku seneng sekali. Tau gak mbak dapat resep mbak mlm itu serasa ingin cpt2 pagi,
hik krn baca ceritanya kel. mbak wkt dicicipi kuenya aku ngiler banget, hehehe ra . . . s ya mbak. Ntar
sempet mo bikin lg krn ada banyak teman2 yg belum kebagian nyicip, thx ya mbak Gbu.

 Kunjungi blog saya:
http://rose0828.blogspot.com

----- Original Message ----
From: ria heliyanti <chocoloveid@yahoo.com>
To: "rose0828@yahoo.com" <rose0828@yahoo.com>
Cc: "dapurbunda@yahoogroups.com" <dapurbunda@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, May 22, 2008 9:57:34 AM
Subject: Re: [dapurbunda] Re: tanya: coffenoir

Pagiii...
salam kenal juga Sandra...
duh senengnya pagi2 dpt kabar gembira spt ini..... Jadi Sandra udah coba bikin Red Velvet Cake nya dan sukses yah..... congrats ya..... aku ikut seneng karna ini respon pertama dr teman yg ikut coba bikin RVC dan berhasil.

thanks a lot ya.... smg si RVC ini bermanfaat buatmu :)
btw... betul... coffenoir lbh harum dibanding esen kopi yg lain yg pernah aku coba :)

salam,
ria

sandrani k. wrote:
> Salam kenal mbak Ria, sekalian nih mo ngucapin bravo buat perjuangannya hg terjadinya Velvet Red Cake,
> salut deh. Dan udh saya praktekkan, hasilnya wauuuw ruar biasa enaknya, thx ya mbak.
> Mengenai essence coffenoir itu setahu saya ya essnce rasa kopi, tapi lbh wangi dan biasa saya pakai buat
> puding dgn ditambah sedkt moka pasta n coklat pasta, wah wanginya ehmmm.   Kunjungi blog saya: http://rose0828. blogspot. com
> ----- Original Message ---- From: ria heliyanti <chocoloveid@ yahoo.com> To: "erna_fariany@ yahoo.com" <erna_fariany@ yahoo.com> Cc: "dapurbunda@ yahoogroups. com" <dapurbunda@ yahoogro ups.com> Sent: Monday, May 19, 2008 1:54:05 PM Subject: RE: [dapurbunda] Re: tanya: coffenoir
> iya betul yg dibilang Erna... itu esen rasa kopi... kalo susah nyarinya... ganti aja nescafe instant yg klasik dilarutkan dg sedikit air panas. erna_fariany wrote: > coffenoir bukannya perasa rasa kopi ya......, > kalo di rumah punyanya esensnya aja soale..., > salam > erna > --- In dapurbunda@yahoogro ups.com , "x_philes_girl" <x_philes_girl@ ...> > wrote: >> >> Bunda, aku nemu resep yang pake essens coffenoir. ada yang bisa kasih >> tau ga apa sih itu? makasih >> >
>

3a.

peralatan wajib punya

Posted by: "fenda maniss" f3nd4@yahoo.co.uk

Mon May 26, 2008 7:12 pm (PDT)

hallo bunds..
saya baru belajar masak nee..dan sekarang pgn nyoba" bikin kue-kue..kira-kira perlengakapan apa aja yaaa yg wajib punya selain oven dan mixer..maklum aku bener-bener amatiran bgt :D
oia sama minta tolong tempat beli alat"nya dimana?sama harganya yaa sekalian :D
thanks yaaa

__________________________________________________________
Sent from Yahoo! Mail.
A Smarter Email http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html
3b.

Re: peralatan wajib punya

Posted by: "Sitarasti" sita@component.astra.co.id   sitacantik2000

Mon May 26, 2008 9:04 pm (PDT)

inget jaman dulu pas lagi awal2 join db dan terinspirasi untuk nyoba2 bikin
kue. wah, kue apa ya yg pertama dibikin? lupa tuh hehehe... klo ga salah
sih bronis keju ala Ena (Sterna Lubis).

waktu belanja pertama kali, saya pergi ke tiptop rawamangun. waktu itu info
ttg tbk2 belum sebanyak sekarang. jadi taunya ya cuma tiptop aja hehehe. yg
dibeli waktu itu :
1. timbangan (manual dan masih dipake sampai sekarang)
2. mikser (merk apa ya, biasa2 aja kog, dan masih dipake juga sampai sekarang)
3. cetakan alias loyang. karena waktu itu mau bikin bronis maka belinya
cetakan bronis yg persegi panjang gitu, beli 2 buah, terus beli juga
beberapa loyang kotak.
4. oven tangkring merk .. apa ya, bukan hock deh. bima apa ya. masih dipake
juga sampai sekarang.

oya, selain barang2 itu, beli juga tepung, soda kue, baking soda, perasa
(rasa strawberry, nanas, dll merk kupu2). tapi akhirnya yg bangsa baking
soda dan soda kue saya jarang pakai. sebenernya klo teknik pengolahan kita
udah pas, ga perlu pake segala bahan2 kimia itu. itu menurut saya lhooo...

buat pemula, kayaknya yg saya sebutin di atas udah cukup deh. klo mau lebih
lengkap lagi, coba deh dianalisa resep yg mau dicoba. step2 apa yg diminta,
terus bayangkan alat2 apa yg harus di pakai. misalnya baskom untuk mengocok
telur, tersedia atau tidak di dapur. baskom ini ga perlu baskom khusus. klo
ga punya, pake aja panci utk memasak. waktu itu pas nyoba bikin sponge cake
utk pertama kalinya saya pake panci masak saya yg besar karena baskom yg
ada ga cukup utk menampung 8 telur.

sita

At 01:41 AM 5/27/08 +0000, you wrote:
>hallo bunds..
>
>saya baru belajar masak nee..dan sekarang pgn nyoba" bikin
>kue-kue..kira-kira perlengakapan apa aja yaaa yg wajib punya selain oven
>dan mixer..maklum aku bener-bener amatiran bgt :D
>
>oia sama minta tolong tempat beli alat"nya dimana?sama harganya yaa
>sekalian :D
>
>thanks yaaa
>
>
>
>
>
>
>Sent from
><http://us.rd.yahoo.com/mailuk/taglines/isp/control/*http://us.rd.yahoo.com/evt=52418/*http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html>Yahoo!
>Mail.
>A Smarter Email.
3c.

Re: peralatan wajib punya

Posted by: "fenda maniss" f3nd4@yahoo.co.uk

Mon May 26, 2008 9:24 pm (PDT)

wah mba sita..thanks atas infonya yaaa...
aku jg masih bingung se mau bikin kue apa..yg jelas yg bahannya mudah di buat aja sama g ribet hehehe..

----- Original Message ----
From: Sitarasti <sita@component.astra.co.id>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 28 May, 2008 12:31:28 AM
Subject: Re: [dapurbunda] peralatan wajib punya

inget jaman dulu pas lagi awal2 join db dan terinspirasi untuk nyoba2 bikin kue. wah, kue apa ya yg pertama dibikin? lupa tuh hehehe... klo ga salah sih bronis keju ala Ena (Sterna Lubis).

waktu belanja pertama kali, saya pergi ke tiptop rawamangun. waktu itu info ttg tbk2 belum sebanyak sekarang. jadi taunya ya cuma tiptop aja hehehe. yg dibeli waktu itu :
1. timbangan (manual dan masih dipake sampai sekarang)
2. mikser (merk apa ya, biasa2 aja kog, dan masih dipake juga sampai sekarang)
3. cetakan alias loyang. karena waktu itu mau bikin bronis maka belinya cetakan bronis yg persegi panjang gitu, beli 2 buah, terus beli juga beberapa loyang kotak.
4. oven tangkring merk .. apa ya, bukan hock deh. bima apa ya. masih dipake juga sampai sekarang.

oya, selain barang2 itu, beli juga tepung, soda kue, baking soda, perasa (rasa strawberry, nanas, dll merk kupu2). tapi akhirnya yg bangsa baking soda dan soda kue saya jarang pakai. sebenernya klo teknik pengolahan kita udah pas, ga perlu pake segala bahan2 kimia itu. itu menurut saya lhooo...

buat pemula, kayaknya yg saya sebutin di atas udah cukup deh. klo mau lebih lengkap lagi, coba deh dianalisa resep yg mau dicoba. step2 apa yg diminta, terus bayangkan alat2 apa yg harus di pakai. misalnya baskom untuk mengocok telur, tersedia atau tidak di dapur. baskom ini ga perlu baskom khusus. klo ga punya, pake aja panci utk memasak. waktu itu pas nyoba bikin sponge cake utk pertama kalinya saya pake panci masak saya yg besar karena baskom yg ada ga cukup utk menampung 8 telur.

sita

At 01:41 AM 5/27/08 +0000, you wrote:

hallo bunds..
 
saya baru belajar masak nee..dan sekarang pgn nyoba" bikin kue-kue..kira- kira perlengakapan apa aja yaaa yg wajib punya selain oven dan mixer..maklum aku bener-bener amatiran bgt :D
 
oia sama minta tolong tempat beli alat"nya dimana?sama harganya yaa sekalian :D
 
thanks yaaa
 

 

Sent from Yahoo! Mail.
A Smarter Email.

__________________________________________________________
Sent from Yahoo! Mail.
A Smarter Email http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html
3d.

Re: peralatan wajib punya

Posted by: "Siska Haryani" siska.haryani@gmail.com

Mon May 26, 2008 11:20 pm (PDT)

Hai, mbak aku juga masih amatiran, aku juga baru belajar masak dan baking.
Awal2 aku belajar bikin cinamon cake (Butter cake 2 telor), resep ini cukup
mudah dan lumayan buat pemula, agak2 anti gagal, khan buttercake, gak gitchu
pengaruh sama oven... agak2 tahan banting..hehehhe...(diambil dari kata2
suhu juga nich)...

Yang aku persiapkan awal2 sich adalah resep.. aku harus *ngerti
bahannya*dulu... klo udah liat resep khan jadi tahu kebutuhan
bahan2nya... trus untuk
alat2nya... krn aku orangnya kurang pede jadi senjata ku adalah timbangan
digital/bukan timbangan manual...(aku beli dititan dulu merek ideal life
yang 5kg harganya kurang dari 200ribuan gitchu, trus ternyata ngga tahan
lama,.. aku ngga tahu kenapa, dalam waktu cuma beberapa bulan udah ngga
fungsi tuch timbangannya..mungkin krn sering dimaenin sama anakku.. akhirnya
aku beli lagi yang 5kg di glodok..disitu banyak banget aneka jenis timbangan
digital dengan kualitas OK...(yang lumayan murah dibandingkan di Ace
Hardware..hehehhe)

Nach selain *timbangan digital (alat ukur)*, *Bahan2 ,* persiapannya
adalah loyang2.. aku cari resep juga sesuai loyang yang aku punya..klo ngga
sesuai, yach resepnya yang dimodif sesuai loyang.. weheheh ... modif2 an
juga aku masih amtir... :)

awal2 beli loyang krn niat banget, beli di ps.ikan (toko loyang setia)
harga lumayan murah..dan sampai skrg klo ada loyang2 yang lucu2 juga msh
suka hunting...

Klo bahan2 bisa dibeli di TBK (toko bahan kue), di pasar traditional
biasanya ada aja koq yang jualan..utk kue2 dasar, klo daerah rumahku ada TBK
dipasar yang lumayaaaan lengkap bangeet... :)

Oh yach, perjalanannku awal2 terjun didunia baking, apa aja yang aku buat
disertai resep, dari yang gagal, tempat2 TBK daerah Jakarta, dll, aku
shared di MP... di MP aku juga aku shared jenis2 loyang dan alat2 baking,
jenis2 bahan diawal2 yang aku punyai, ... hasil hunting.. walaupun ngga
semuanya, insya Allah moga bisa membantu yach mbak ...

Salam Baking

Http://ifacha.multiply.com/ <http://ifacha.multiply.com/>

YangJugaMasihHarusBanyakBelajar... :)

2008/5/27 fenda maniss <f3nd4@yahoo.co.uk>:

> hallo bunds..
>
> saya baru belajar masak nee..dan sekarang pgn nyoba" bikin
> kue-kue..kira-kira perlengakapan apa aja yaaa yg wajib punya selain oven dan
> mixer..maklum aku bener-bener amatiran bgt :D
>
> oia sama minta tolong tempat beli alat"nya dimana?sama harganya yaa
> sekalian :D
>
> thanks yaaa
>
>
>
>
>
> ------------------------------
> Sent from Yahoo! Mail<http://us.rd.yahoo.com/mailuk/taglines/isp/control/*http://us.rd.yahoo.com/evt=52418/*http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html>.
>
> A Smarter Email.
>
>
>
3e.

Re: peralatan wajib punya

Posted by: "fenda maniss" f3nd4@yahoo.co.uk

Tue May 27, 2008 12:36 am (PDT)

wuaaaduuuch mba..kayanya bukan amatiran dech :p 'perlengakapan perangnya' komplit amat di dukung dengan fasilitas dapurnya yg nyuaaaaman amat xixixixixix
oks mba thanks infonya....

----- Original Message ----
From: Siska Haryani <siska.haryani@gmail.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 27 May, 2008 12:58:27 PM
Subject: Re: [dapurbunda] peralatan wajib punya

Hai, mbak aku juga masih amatiran, aku juga baru belajar masak dan baking.
Awal2 aku belajar bikin cinamon cake (Butter cake 2 telor), resep ini cukup mudah dan lumayan buat pemula, agak2 anti gagal, khan buttercake, gak gitchu pengaruh sama oven... agak2 tahan banting..hehehhe. ..(diambil dari kata2 suhu juga nich)...
 
Yang aku persiapkan awal2 sich adalah resep.. aku harus ngerti bahannya dulu... klo udah liat resep khan jadi tahu kebutuhan bahan2nya... trus untuk alat2nya... krn aku orangnya kurang pede jadi senjata ku adalah timbangan digital/bukan timbangan manual...(aku beli dititan dulu merek ideal life yang 5kg harganya kurang dari 200ribuan gitchu, trus ternyata ngga tahan lama,.. aku ngga tahu kenapa, dalam waktu cuma beberapa bulan udah ngga fungsi tuch timbangannya. .mungkin krn sering dimaenin sama anakku.. akhirnya aku beli lagi yang 5kg di glodok..disitu banyak banget aneka jenis timbangan digital dengan kualitas OK...(yang lumayan murah dibandingkan di Ace Hardware..hehehhe)
 
Nach selain timbangan digital (alat ukur), Bahan2 , persiapannya adalah loyang2.. aku cari resep juga sesuai loyang yang aku punya..klo ngga sesuai, yach resepnya yang dimodif sesuai loyang.. weheheh ... modif2 an juga aku masih amtir... :)
 
awal2 beli loyang krn  niat banget, beli di ps.ikan (toko loyang setia) harga lumayan murah..dan sampai skrg klo ada loyang2 yang lucu2 juga msh suka hunting...
 
Klo bahan2 bisa dibeli di TBK (toko bahan kue), di pasar traditional biasanya ada aja koq yang jualan..utk kue2 dasar, klo daerah rumahku ada TBK dipasar yang lumayaaaan lengkap bangeet... :)
 
Oh yach, perjalanannku awal2 terjun didunia baking, apa aja yang aku buat disertai resep, dari yang gagal, tempat2 TBK daerah Jakarta, dll, aku shared di MP... di MP aku juga aku shared jenis2 loyang dan alat2 baking, jenis2 bahan diawal2 yang aku punyai, ... hasil hunting.. walaupun ngga semuanya, insya Allah moga bisa membantu yach mbak ...
 
 
Salam Baking
 
Http://ifacha. multiply. com/
 
YangJugaMasihHarusB anyakBelajar. .. :)
 
 

 
2008/5/27 fenda maniss <f3nd4@yahoo. co.uk>:

hallo bunds..
 
saya baru belajar masak nee..dan sekarang pgn nyoba" bikin kue-kue..kira- kira perlengakapan apa aja yaaa yg wajib punya selain oven dan mixer..maklum aku bener-bener amatiran bgt :D
 
oia sama minta tolong tempat beli alat"nya dimana?sama harganya yaa sekalian :D
 
thanks yaaa
 

 

________________________________
Sent from Yahoo! Mail.
A Smarter Email.


__________________________________________________________
Sent from Yahoo! Mail.
A Smarter Email http://uk.docs.yahoo.com/nowyoucan.html
4.

Tanya: resep dough-nya Pizza

Posted by: "Inda Azhar" yossandra@yahoo.com

Mon May 26, 2008 9:24 pm (PDT)

Dear Bundas,
saya udah beberapa kali bikinin anak2 pizza, tapi belum pernah berhasil bikin dough/rotinya yang empuk dan lembut. bahan dasar yang biasa saya gunakan -takarannya gak ingat- cakra, telur, minyak zaitun sedikit gula, garam dan ragi

ada bundas yang bisa share resep andalan nya?

terima kasih
bunda Bimo

5.

Urgent... Cetakan Permen lollipop bentuk huruf V

Posted by: "Reni Fitriani" reni@kreasimaya.com   fitrianireni

Mon May 26, 2008 9:54 pm (PDT)

Dear temen-temen,

Kebetulan aku ada yg mo mesen pemen lollipop bentuk huruf V.

Temen2 ada yg tau dimana beli cetakan lollipop bentuk huruf V soalnya aku
punyanya cetakan cokelat yg tanpa stik.

Mohon infonya segera.

Soalnya customernya pengin dikabarin hari ini juga…hik3x.

Rgds,

Reni

http://reni.kreasimaya.com

http://www.littlebakingshop.com

No virus found in this outgoing message.
Checked by AVG.
Version: 7.5.524 / Virus Database: 269.24.1/1468 - Release Date: 5/26/2008
3:23 PM

6a.

Re: Tanya tips mengatur api dan suhu oven tangkring

Posted by: "Helen Bustami" hbustami2004@yahoo.com   hbustami2004

Tue May 27, 2008 12:37 am (PDT)

DEar bundas

He-eh, ya deh, rajin2 nyoba aja.. Thanks ya teman2 buat sharingnya.
kmrn bikin cake tape guosong lg, huhuhu, terpaksa buang atas dan pinggirannya, abis dalemnya msh basah. hehehe
Salam
Helen

Recent Activity
Visit Your Group
Discover photos

and scrapbooking

groups in the

Familyographer Zone

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

Yahoo! Groups

Find balance

between nutrition,

activity & well-being.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Kunjungi situs kami di http://www.dapurbunda.com

Ingat-ingat... hari jualan adalah hari SENIN
jualan harus berkaitan dengan per-dapuran.

Tidak ada komentar: