Senin, 26 Mei 2008

[daarut-tauhiid] Fw: Kursus The Worldview of Islam (mohon disebar)

Smoga bermanfaat...

The Worldview of Islam adalah suatu pemahaman terhadap konsep-konsep pokok dalam Islam yang melandasi seluruh pemikiran dan aktivitas seorang Muslim. Saat ini, The Worldview of Islam telah diajarkan di Program Pasca Sarjana Pusat Studi Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (PSTTI-UI), Program Pasca Sarjana Pendidikan dan Pemikiran Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), dan Program Pasca Sarjana Pemikiran dan Peradaban Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kursus ini meliputi pemahaman terhadap konsep tentang Tuhan, kenabian, wahyu, agama, ilmu, manusia, dan alam, yang wajib dimiliki setiap Muslim.

MATERI KURSUS

1. Tantangan pemikiran kontemporer (Membahas tentang faham-faham liberalisme, pluralisme, relativisme, sekularisme, feminisme, dan sebagainya)
2. Konsep Islam sebagai agama wahyu (Membahas tentang 'nama Islam' yang unique, konsep ritual berdasar wahyu, konsep agama final dan benar, dan konsep uswah hasanah)
3. Konsep Tuhan dalam Islam (Membahas tentang keunikan nama Tuhan dalam Islam serta perbandingannya dengan konsep sejenis dalam Yahudi, Kristen, Hindu, Budha, dan agama/peradaban lain. Studi kritis terhadap konsep Tuhan dalam Pluralisme Agama).
4. Konsep wahyu dalam Islam (Membahas tentang konsep al-Quran sebagai Kalamullah yang terjaga lafaz, makna, dan cara bacanya; kajian kritis terhadap konsep al-Quran sebagai produk budaya; studi banding dengan konsep kitab-kitab agama lain).
5. Konsep Tafsir dan Hermeneutika (Membahas tentang metode penafsiran al-Quran yang benar dan kajian kritis terhadap berbagai metode penafsiran yang keliru, seperti hermeneutika yang kini telah menjadi mata kuliah wajib di berbagai Perguruan Tinggi Islam di Indonesia).
6. Konsep Ilmu dalam Islam (Membahas tentang fenomena hegemoni konsep keilmuan sekular dan kerusakan yang ditimbulkannya; konsep ilmu fardhu ain dan fardhu kifayah; konsep Islamisasi Ilmu dan aplikasinya dalam dunia pendidikan).
7. Konsep Syariah (Membahas tentang karakter syariah Islam sebagai hukum Allah dan telaah kritis atas paham 'Dekonstruksi Syariah'; konsep maqashid al-syariah, dan sikap ideal Muslim terhadap syariah).

KOMENTAR

1. Prof. Dr. Wan Mohd. Nor Wan Daud (Guru besar pemikiran dan pendidikan Islam di International Islamic University Malaysia): "Kursus ini amat penting karena dapat memberikan asas pemikiran dan amalan Islam serta kriteria untuk menilai segala yang lain. Penting untuk semua bidang kajian dan profesi."
2. Ir. Anita, Dipl.EM (Sarjana Teknik Kimia ITB, Consultant, Trainer, and Auditor for Management System, mahasiswa S2 Pendidikan dan Pemikiran Islam UIKA Bogor): "Dengan memahami The Worldview of Islam kita dapat memahami pemikiran yang sedang berkembang, menjelaskan latar belakang dan memprediksi pandangan/pemikiran tersebut sehingga dapat mengambil sikap terhadap pandangan/pemikiran yang menyimpang."
3. A. Sujai, Lc (Alumnus LIPIA, mahasiswa S2 PSTTI-UI): "Mata kuliah The Worldview of Islam banyak memberi manfaat kepada mahasiswa karena memberikan penjelasan yang mendetail tentang pandangan alam dari kaca mata Islam. Ini sangat penting karena cara pandang itu akan melahirkan tingkah laku."
4. Drs. Syamsul Hidayat, M.A. (Wakil Ketua Majlis Tablig dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah, Kandidat Doktor di UIN Yogya, Dosen Pasca Sarjana UMS): "Manfaat mata kuliah The Worldview of Islam: (1) Memberi arah pemikiran dan pengkajian Islam dengan cara pandang Islam, (2) Membangun kepribadian pemikir Muslim dalam menghadapi ghazwul fikri, (3) Meminimalisir pengaruh 'sipilis' (sekularisme, pluralisme agama, dan liberalisme) .
5. Ir. Budi Hendriyanto (Sarjana Statistiska IPB, profesional, mahasiswa S2 Pendidikan dan Pemikiran Islam UIKA Bogor): "Dengan memahami The Worldview of Islam akan mempermudah menilai paham-paham sesat yang dianggap benar dan ilmiah oleh sebagian cendekiawan."

DOSEN

* Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi (Doktor pemikiran Islam International Institute of Islamic Thought and Civilization- Universitas Islam Internasional Malaysia (ISTAC-IIUM) , Direktur INSISTS, Purek III ISID Gontor Ponorogo)
* Adian Husaini, M.A. (Kandidat Doktor ISTAC-IIUM, Dosen m.k. Islamic Worldview PSTTI-UI, UIKA, UMS).
* Adnin Armas, M.A. (Kandidat Doktor ISTAC-IIUM, Direktur Eksekutif INSISTS, pernah dosen m.k. Islamic Worldview di IIUM, PSTTI-UI, UIKA, UMS)
* Henri Shalahuddin, M.A. (Dosen STID Moh. Natsir, penulis buku Al-Quran Dihujat).
* Fahmi Salim Zubair, M.A. (Lulus master dengan predikat summa cum-laude dari Al-Azhar Kairo, dengan tesis tentang hermeneutika dan tafsir).

Kursus Insyaallah akan dimulai pada tanggal 5 Juli 2008. Peserta dibatasi maksimal 25 orang.

Biaya kursus sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) untuk 10 kali pertemuan. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke Rek. BCA No. 4212344161 an. Adian Husaini

Peminat harap menghubungi:

INSISTS—Institute for The Study of Islamic Thought and Civlization

Jl. Kalibata Utara II No. 84 Jakarta Selatan

Telpon: 021-7940381 / 08111102549 / 081316663707.

Email: kursus@insistnet. com


[Non-text portions of this message have been removed]


------------------------------------

===================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
===================================================
website:

http://dtjakarta.or.id/
===================================================Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:daarut-tauhiid-digest@yahoogroups.com
mailto:daarut-tauhiid-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
daarut-tauhiid-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: