Jumat, 06 Maret 2009

[dapurbunda] Digest Number 3985

Messages In This Digest (10 Messages)

1a.
Re: [tanya] kukusan / klakat From: Desi
2a.
Kue sus yang bagus From: Roosdianny B.S
2b.
Re: Kue sus yang bagus From: Rina Sofiany
2c.
Re: Kue sus yang bagus From: roosdianny@yahoo.co.id
2d.
Re: Kue sus yang bagus From: Rina Sofiany
2e.
Re: Kue sus yang bagus From: Roosdianny B.S
2f.
Re: Kue sus yang bagus From: Sitarasti
3.
Bls: [dapurbunda] Kue sus yang bagus From: RATNA KURNIA SARI
4.
Mohon Info Tips Membuat Cake From: maspupah maspupah
5.
Bls: [dapurbunda] Mohon Info Tips Membuat Cake From: yudhiawati kissa

Messages

1a.

Re: [tanya] kukusan / klakat

Posted by: "Desi" desidwi2000@yahoo.com   desidwi2000

Wed Mar 4, 2009 6:57 pm (PST)

dapat berapa mba harganya .. ? ukuran berapa?
hihi klo ok, mo meluncur nih kesana ...

 Regards,
Desi Mirdasari

________________________________
From: cherry <aly_200106@yahoo.com>
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, March 3, 2009 1:32:08 PM
Subject: Re: [dapurbunda] [tanya] kukusan / klakat

di daerah cawang/dewi sartika  ada mbak.
kebetulan kemaren minggu baru beli kukusan disana.
banyak kok tokonya, berjejer di kiri dan kanan jalan

Cherry
http://dapurcherry. blogspot. com/

--- On Tue, 3/3/09, Desi <desidwi2000@ yahoo.com> wrote:

From: Desi <desidwi2000@ yahoo.com>
Subject: [dapurbunda] [tanya] kukusan / klakat
To: dapurbunda@yahoogro ups.com
Date: Tuesday, 3 March, 2009, 9:51 AM

Dear DBers,

Saya sdg cari info utk beli kukusan/klakat, yg tutupnya kerucut dan ada kacanya.
selain beli di toko loyang edi-ps.mayestik, .. kira2 yg jl. dewi sartika <menuju cililitan>
ada gak yah, mungkiiiiiiinnn .. DB-ers ada yg tau infonya

plizz .. terima kasih yahhh
 Regards,
Desi Mirdasari

________________________________
Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail. com.

2a.

Kue sus yang bagus

Posted by: "Roosdianny B.S" roosdianny@yahoo.co.id

Wed Mar 4, 2009 11:39 pm (PST)

Hallo DBers..
 
Salam kenal sebelumnya dari aku ya...
 
DBers..aku minta pentujuk dong..aku lagi belajar kue sus nih..sudah diajarin sih sama adik ipar aku tapi aku kok kurang puas dengan bentuknya ya..masih agak mendem begitu. enggak seperti yang dijual-jual itu..terus sabtu kemarin aku lihat di acara Gula-Gula,aku ikuti juga cara membuat dan resepnya...tapi masih kurang memuaskan juga hasilnya..kalau dari pengamatan ku seprtinya dari adonannya...ya..sebenarnya adonan yang baik itu yang bagaimana ya?.kalis atau yang agak encer ya? mohon petunjuknya dong DBers...
 
Regards,
Dian
 
++++++++++++++++++++++++++
Perlu Panci Presto?
Visit www.adiraya.indonetwork.co.id
++++++++++++++++++++++++++ 

Mencari semua teman di Yahoo! Messenger? Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger dengan mudah sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/
2b.

Re: Kue sus yang bagus

Posted by: "Rina Sofiany" rina.rinso@gmail.com   rina_sofiany

Wed Mar 4, 2009 11:55 pm (PST)

Mbak boleh sharing resepnya, trus abis gitu mbak sharing juga gimana hasilnya.
Aku pernah buat sus dan hasilnya bisa dilihat di
http://dapurnyarina.blog.com/4070059/ apakah seperti itu yg mbak
maksud ?
kalau aku buat sus selama ini sih pertama adonannya kalis dulu (antara
mentega, air dan terigu), kemudian setelah hangat atau dingin baru
masukkan telur 1 per 1 jadi adonan sudah tidak kalis lagi mbak tapi
tetep bisa di spuit.
Semoga membantu ya.

--
rina rinso

http://keluargarustamaji.blog.com
http://pochopa.com

2009/3/5 Roosdianny B.S <roosdianny@yahoo.co.id>:
> Hallo DBers..
>
> Salam kenal sebelumnya dari aku ya...
>
> DBers..aku minta pentujuk dong..aku lagi belajar kue sus nih..sudah diajarin
> sih sama adik ipar aku tapi aku kok kurang puas dengan bentuknya ya...masih
> agak mendem begitu. enggak seperti yang dijual-jual itu..terus sabtu kemarin
> aku lihat di acara Gula-Gula,aku ikuti juga cara membuat dan resepnya..tapi
> masih kurang memuaskan juga hasilnya..kalau dari pengamatan ku seprtinya
> dari adonannya...ya..sebenarnya adonan yang baik itu yang bagaimana
> ya?.kalis atau yang agak encer ya? mohon petunjuknya dong DBers...
>
> Regards,
> Dian
>

2c.

Re: Kue sus yang bagus

Posted by: "roosdianny@yahoo.co.id" roosdianny@yahoo.co.id

Thu Mar 5, 2009 12:17 am (PST)


Terima kasih Ibu Widya, Ibu Rina dan Ibu Ratna atas infonya..memang kita harus latihan terus ya..ibarat pepatah bilang banyak latihan membuat jadi sempurna..aku coba terus deh..trial by error..nggak papa deh..ada suami dan anak-anak ku yang nampung kalau gagal lagi..
 
Ibu Rina..resep yang aku dapat sama seperti pada umumnya..hanya memang sepertinya aku harus kurangi telurnya kali ya karena aku nggak bisa pakai kantong semprot,pasti bleber di loyang waktu diovennya..jadi harus pakai cetakan kue yang bergerigi-gerigi itu lho untuk ngewadahinnya biar nggak bleber..   
 
Regards,
Dian
 

+++++++++++++++++++++++++++

Perlu Panci Presto?
Visit www.adiraya.indonetwok.co.id

+++++++++++++++++++++++++++

 

--- Pada Kam, 5/3/09, Prajanthi, Widya (CIFOR) <W.PRAJANTHI@CGIAR.ORG> menulis:

Dari: Prajanthi, Widya (CIFOR) <W.PRAJANTHI@CGIAR.ORG>
Topik: RE: [dapurbunda] Kue sus yang bagus
Kepada: roosdianny@yahoo.co.id
Tanggal: Kamis, 5 Maret, 2009, 7:47 AM

Bu Dian,
 
Saya lumayan sering bikin kue sus, memang pertama2 bikin suka gagal, tapi makin sering bikin makin bagus.
Supaya kue sus mengembang dengan baik, setelah adonan terigu + mentega diangkat dr kompor, jangan dulu langsung dikocok dan memasukan telur panas2, agak hangat2 kuku baru dimasukan telurnya.
Kalo kali situ artinya kan gak nempel2 di dinding baskom mixer yah bu, banyaknya terlur disesuaikan dengan ukuran telur, mungkin sebaiknya ikuti dulu resepnya yang ibu pakai kalo masih kurang telur baru ditambahkan sedikit demi sedikit. Pada saat di cetak (kantong semprot) adonan yang baik akan mudah sekali dibentuk (diputar2), dan tidak putus2.
 
Untuk membakar, usahakan oven dipanaskan dulu dan suhu sudah mencapai kurang lebih 150 derajat celcius, baru adonan yang siap di bakar dimasukan ke dalam oven.
Apabila sudah matang (berwarba coklat kulitnya dan kering, tidak kuning atau kekuningan), matikan oven, lalu diamkan kurang lebih 10 menit, tapi kalo masih banyak yang belum dibakar, angkat kue sus kalu simpan diatas oven, pastikan kue sus tidak kempis lagi.
 
Semoga membantu.
 

From: dapurbunda@yahoogroups.com [mailto:dapurbunda@yahoogroups.com] On Behalf Of Roosdianny B.S
Sent: Thursday, March 05, 2009 2:37 PM
To: dapurbunda@yahoogroups.com
Subject: [dapurbunda] Kue sus yang bagus
 

Hallo DBers..

 

Salam kenal sebelumnya dari aku ya...

 

DBers..aku minta pentujuk dong..aku lagi belajar kue sus nih..sudah diajarin sih sama adik ipar aku tapi aku kok kurang puas dengan bentuknya ya...masih agak mendem begitu. enggak seperti yang dijual-jual itu..terus sabtu kemarin aku lihat di acara Gula-Gula,aku ikuti juga cara membuat dan resepnya..tapi masih kurang memuaskan juga hasilnya..kalau dari pengamatan ku seprtinya dari adonannya...ya..sebenarnya adonan yang baik itu yang bagaimana ya?.kalis atau yang agak encer ya? mohon petunjuknya dong DBers...

 

Regards,

Dian

 

++++++++++++++++++++++++++

Perlu Panci Presto?

Visit www.adiraya.indonetwork.co.id

++++++++++++++++++++++++++ 
 

Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang!
Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah

Mencari semua teman di Yahoo! Messenger? Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger dengan mudah sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/
2d.

Re: Kue sus yang bagus

Posted by: "Rina Sofiany" rina.rinso@gmail.com   rina_sofiany

Thu Mar 5, 2009 12:23 am (PST)

Mbak Dian, kalau kita merubah resep, misalnya jumlah telur dikurangi
maka hasilnya jangan diharapkan mirip atau persis seperti yg
digambarkan resep. Karena si pembuat resep pasti punya maksud tertentu
mengapa jumlah telur sekian, berat gula sekian, dan berat terigu
sekian.

Sependek yg aku tahu (resep sus yg pernah aku coba, dan kebetulan
tidak banyak) bisa dispuit semuanya kok mbak, jadi bentuknya bisa
"mumbul" dan tidak perlu cetakan kue khusus atau wadah khusus suoaya
gak melebar kemana-mana.

Coba deh mbak Dian pakai resepnya mbak fatmah atau pak sahak, 2 jenis
sus itu yg sering aku buat dan bisa di spuit dan hasilnya menurutku
cukup memuaskan. Justru aku ingin tahu resep sus punya mbak Dian yg
bleber saat ditaruh di loyang. Sharing dong resepnya mbak supaya kita
bisa coba dan sharing hasilnya.

--
rina rinso

http://keluargarustamaji.blog.com
http://pochopa.com

2009/3/5 <roosdianny@yahoo.co.id>:
> Terima kasih Ibu Widya, Ibu Rina dan Ibu Ratna atas infonya...memang kita
> harus latihan terus ya..ibarat pepatah bilang banyak latihan membuat jadi
> sempurna..aku coba terus deh..trial by error..nggak papa deh..ada suami dan
> anak-anak ku yang nampung kalau gagal lagi..
>
> Ibu Rina..resep yang aku dapat sama seperti pada
> umumnya..hanya memang sepertinya aku harus kurangi telurnya kali ya karena
> aku nggak bisa pakai kantong semprot,pasti bleber di loyang waktu
> diovennya...jadi harus pakai cetakan kue yang bergerigi-gerigi itu lho untuk
> ngewadahinnya biar nggak bleber..
>
> Regards,
> Dian
>

2e.

Re: Kue sus yang bagus

Posted by: "Roosdianny B.S" roosdianny@yahoo.co.id

Thu Mar 5, 2009 1:49 am (PST)

O iya..resepku (kalau lagi nyoba):
Terigu         1 gelas belimbing
Air              1 gelas belimbing
Garam        1/2 sendok teh     
Mentega     kurang lebih 3 sendok makan
Telur          4 Butir
 
Cara masaknya sama :
Air dimasak sampai mendidih terus terigu dimasukkan dan diaduk-aduk sampai kalis, terus didiamkan sampai hangat-hangat kuku baru telur dimasukkan satu persatu (putih dan kuning telur semuanya).
 
Nah, disini yang aku bingung :
1. Adonan aku jadi ada perintil-perintilnya, nggak halus begitu..
2. Adonan encer, enggak bisa dibentuk pakai kantong semprot
3. Karena encer, akua jadi diwadahin,nah karena diwadahin, adonan ngembang tapi
   enggak bagus bentuknya..
 
Regards,
Dian
 
++++++++++++++++++++++++++
Perlu Panci Presto?
Visit www.adiraya.indonetwork.co.id
++++++++++++++++++++++++++
 
--- Pada Kam, 5/3/09, Rina Sofiany <rina.rinso@gmail.com> menulis:

Dari: Rina Sofiany <rina.rinso@gmail.com>
Topik: Re: [dapurbunda] Kue sus yang bagus
Kepada: dapurbunda@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 5 Maret, 2009, 8:23 AM

Mbak Dian, kalau kita merubah resep, misalnya jumlah telur dikurangi
maka hasilnya jangan diharapkan mirip atau persis seperti yg
digambarkan resep. Karena si pembuat resep pasti punya maksud tertentu
mengapa jumlah telur sekian, berat gula sekian, dan berat terigu
sekian.

Sependek yg aku tahu (resep sus yg pernah aku coba, dan kebetulan
tidak banyak) bisa dispuit semuanya kok mbak, jadi bentuknya bisa
"mumbul" dan tidak perlu cetakan kue khusus atau wadah khusus suoaya
gak melebar kemana-mana.

Coba deh mbak Dian pakai resepnya mbak fatmah atau pak sahak, 2 jenis
sus itu yg sering aku buat dan bisa di spuit dan hasilnya menurutku
cukup memuaskan. Justru aku ingin tahu resep sus punya mbak Dian yg
bleber saat ditaruh di loyang. Sharing dong resepnya mbak supaya kita
bisa coba dan sharing hasilnya.

--
rina rinso

http://keluargarust amaji.blog. com
http://pochopa. com

2009/3/5 <roosdianny@yahoo. co.id>:
> Terima kasih Ibu Widya, Ibu Rina dan Ibu Ratna atas infonya...memang kita
> harus latihan terus ya..ibarat pepatah bilang banyak latihan membuat jadi
> sempurna..aku coba terus deh..trial by error..nggak papa deh..ada suami dan
> anak-anak ku yang nampung kalau gagal lagi..
>
> Ibu Rina..resep yang aku dapat sama seperti pada
> umumnya..hanya  memang sepertinya aku harus kurangi telurnya kali ya karena
> aku nggak bisa pakai kantong semprot,pasti bleber di loyang waktu
> diovennya... jadi harus pakai cetakan kue yang bergerigi-gerigi itu lho untuk
> ngewadahinnya biar nggak bleber..
>
> Regards,
> Dian
>

__________________________________________________________
Dapatkan alamat Email baru Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan sebelum diambil orang lain!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
2f.

Re: Kue sus yang bagus

Posted by: "Sitarasti" sita@component.astra.co.id   sitacantik2000

Thu Mar 5, 2009 1:50 am (PST)

jeng Dian,
menurut pengalaman saya saat "nemenin" tetangga bikin sus, ternyata cara
kita "mencetak" sus dari kantong plastik ikut berperan juga thd hasil akhir
bentuk susnya.
saat saya yg menspuit adonan, bentuknya jadinya sih menurut kami berdua
cantik. saat dia yg menspuit, ternyata jadinya agak kempes dan kurang mumbul.

tapi selain kasus di atas, beberapa orang sebenernya bisa membuat sus tanpa
di spuit. cukup di sendokin dg dua sendok seperti kita bikin bola2 daging

sita

At 04:15 PM 3/5/09 +0800, you wrote:
>Terima kasih Ibu Widya, Ibu Rina dan Ibu Ratna atas infonya...memang kita
>harus latihan terus ya..ibarat pepatah bilang banyak latihan membuat jadi
>sempurna..aku coba terus deh..trial by error..nggak papa deh..ada suami
>dan anak-anak ku yang nampung kalau gagal lagi..
>
>Ibu Rina..resep yang aku dapat sama seperti pada umumnya..hanya memang
>sepertinya aku harus kurangi telurnya kali ya karena aku nggak bisa pakai
>kantong semprot,pasti bleber di loyang waktu diovennya...jadi harus pakai
>cetakan kue yang bergerigi-gerigi itu lho untuk ngewadahinnya biar nggak
>bleber..
>
>Regards,
>Dian
>
>+++++++++++++++++++++++++++
>
>Perlu Panci Presto?
>
>Visit <http://www.adiraya.indonetwok.co.id/>www.adiraya.indonetwok.co.id
>
>+++++++++++++++++++++++++++
>
>
>
>
>--- Pada Kam, 5/3/09, Prajanthi, Widya (CIFOR) <W.PRAJANTHI@CGIAR.ORG>
>menulis:
>Dari: Prajanthi, Widya (CIFOR) <W.PRAJANTHI@CGIAR.ORG>
>Topik: RE: [dapurbunda] Kue sus yang bagus
>Kepada: roosdianny@yahoo.co.id
>Tanggal: Kamis, 5 Maret, 2009, 7:47 AM
>
>Bu Dian,
>
>
>
>Saya lumayan sering bikin kue sus, memang pertama2 bikin suka gagal, tapi
>makin sering bikin makin bagus.
>
>Supaya kue sus mengembang dengan baik, setelah adonan terigu + mentega
>diangkat dr kompor, jangan dulu langsung dikocok dan memasukan telur
>panas2, agak hangat2 kuku baru dimasukan telurnya.
>
>Kalo kali situ artinya kan gak nempel2 di dinding baskom mixer yah bu,
>banyaknya terlur disesuaikan dengan ukuran telur, mungkin sebaiknya ikuti
>dulu resepnya yang ibu pakai kalo masih kurang telur baru ditambahkan
>sedikit demi sedikit. Pada saat di cetak (kantong semprot) adonan yang
>baik akan mudah sekali dibentuk (diputar2), dan tidak putus2.
>
>
>
>Untuk membakar, usahakan oven dipanaskan dulu dan suhu sudah mencapai
>kurang lebih 150 derajat celcius, baru adonan yang siap di bakar dimasukan
>ke dalam oven.
>
>Apabila sudah matang (berwarba coklat kulitnya dan kering, tidak kuning
>atau kekuningan), matikan oven, lalu diamkan kurang lebih 10 menit, tapi
>kalo masih banyak yang belum dibakar, angkat kue sus kalu simpan diatas
>oven, pastikan kue sus tidak kempis lagi.
>
>
>
>Semoga membantu.
>
>
>
>From: dapurbunda@yahoogroups.com [mailto:dapurbunda@yahoogroups.com] On
>Behalf Of Roosdianny B.S
>Sent: Thursday, March 05, 2009 2:37 PM
>To: dapurbunda@yahoogroups.com
>Subject: [dapurbunda] Kue sus yang bagus
>
>
>
>Hallo DBers..
>
>
>
>Salam kenal sebelumnya dari aku ya...
>
>
>
>DBers..aku minta pentujuk dong..aku lagi belajar kue sus nih..sudah
>diajarin sih sama adik ipar aku tapi aku kok kurang puas dengan bentuknya
>ya...masih agak mendem begitu. enggak seperti yang dijual-jual itu..terus
>sabtu kemarin aku lihat di acara Gula-Gula,aku ikuti juga cara membuat dan
>resepnya..tapi masih kurang memuaskan juga hasilnya..kalau dari pengamatan
>ku seprtinya dari adonannya...ya..sebenarnya adonan yang baik itu yang
>bagaimana ya?.kalis atau yang agak encer ya? mohon petunjuknya dong DBers...
>
>
>
>Regards,
>
>Dian
>
>
>
>++++++++++++++++++++++++++
>
>Perlu Panci Presto?
>
>Visit <http://www.adiraya.indonetwork.co.id/>www.adiraya.indonetwork.co.id
>
>++++++++++++++++++++++++++
>
><http://sg.rd.yahoo.com/id/messenger/pingbox/mailtagline/*http:/id.messenger.yahoo.com/pingbox/>Buat
>sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang!
>Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah
>
>
>
>Wajib militer di Indonesia?
>Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!
>
>
3.

Bls: [dapurbunda] Kue sus yang bagus

Posted by: "RATNA KURNIA SARI" ratna_kns@yahoo.co.id   ratna_kns

Wed Mar 4, 2009 11:55 pm (PST)

Kalo saya mba biasa na pake resep bunda fatmah bahalwan ...... dijamin suksesssss coba in deh mba ....

Bahan

Terhubung langsung dengan banyak teman di blog dan situs pribadi Anda? Buat Pingbox terbaru Anda sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/
4.

Mohon Info Tips Membuat Cake

Posted by: "maspupah maspupah" maspupah_3@yahoo.com   maspupah_3

Thu Mar 5, 2009 12:31 am (PST)

Rekan milis dapur bunda Mohon infonya dong bagaimana membuat cake yang enak, lembut,mengembang,dan irit bahan?. Terimakasih ^_^  salam,   Maspupah

5.

Bls: [dapurbunda] Mohon Info Tips Membuat Cake

Posted by: "yudhiawati kissa" yudhiawati_2607@yahoo.co.id   yudhiawati_2607

Thu Mar 5, 2009 1:49 am (PST)

bun ...

di arsip milist ini banyak lho resep2 simpel yang irit bahan, mudah dan anti gagal
namun ada yang memang harus lebih diperhatikan, cara pemilihan bahan, alat penunjang dan suasana hati ... terkadang niy kalo udah baking blue, duhhh bisa gagal/bantet deh kuenya
tapi jangan cepat menyerah, gosong/bantet mah biasa ....
di bukunya yenny ismayani ada tips dan trik beserta resep cakenya yang anti gagal

-yudhi-

--- Pada Kam, 5/3/09, maspupah maspupah <maspupah_3@yahoo.com> menulis:

Dari: maspupah maspupah <maspupah_3@yahoo.com>
Topik: [dapurbunda] Mohon Info Tips Membuat Cake
Kepada: "DAPUR BUNDA" <dapurbunda@yahoogroups.com>
Tanggal: Kamis, 5 Maret, 2009, 3:28 PM

Rekan milis dapur bunda Mohon infonya dong bagaimana membuat cake yang enak, lembut,mengembang, dan irit bahan?. Terimakasih ^_^  salam,   Maspupah











__________________________________________________________
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Do More For Cats Group

Connect and share with

cat owners like you

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Kunjungi situs kami di http://www.dapurbunda.com

Ingat-ingat... hari jualan adalah hari SENIN
jualan harus berkaitan dengan per-dapuran.

Tidak ada komentar: