Selasa, 16 April 2013

[daarut-tauhiid] Mencetak Anak Shaleh Melalui Kisah Teladan dan Pesan Rasulullah

 

Mengajarkan anak tentang akhlak lebih efektif dilakukan melalui kisah-kisah teladan. Sebuah sistem pengajaran yang sangat bijak dan santun. Cara ini sangat disenangi anak sehingga mereka sangat mudah menangkapnya dan dapat melekat kuat dalam otaknya. Pada usia anak, setiap informasi yang masuk, baik melalui pendengaran, penglihatan, maupun perasaannya akan sangat berpengaruh terhadap karakter dan mentalnya hingga ia dewasa.

Memberikan pengajaran akhlak melalui kisah-kisah teladan akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kepribadian setiap anak. Kisah-kisah tersebut akan membangkitkan keinginan dalam diri si anak secara alamiah untuk meniru dan meneladaninya. Misalnya tentang kisah-kisah kedermawanan, kekhusyukan beribadah, keikhlasan beramal, kecintaan kepada Allah dan Rasulullah, kesederhanaan, berbakti kepada orangtua, dan lain sebagainya.

Akan sangat disayangkan, jika anak-anak muslim pada zaman sekarang lebih sering menonton atau mendengar tentang kisah-kisah keburukan yang tidak mengandung hikmah positif. Misalnya melalui tontonan televisi yang berisi film-film kartun impor atau drama-drama serial yang tidak mendidik yang semakin hari semakin memprihatinkan. Setiap tontonan yang bermuatan negatif, akan sangat membekas pula di dalam otak si anak. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian dan akhlaknya kelak. Mereka bisa saja dapat meniru hal-hal negatif yang telah mereka tonton tersebut.

Di sinilah saatnya orangtua atau pendidik yang harus berperan dalam memberikan masukan-masukan positif bagi perkembangan kepribadian anak. Bacaan yang positif berupa kisah-kisah keteladanan para rasul, nabi, shahabat, ulama, dan orang-orang shaleh menjadi solusi yang sangat tepat untuk diterapkan. Akan lebih optimal lagi jika diintegrasikan lagi dengan metode pengajaran secara demonstratif dan aplikatif, misalnya dibacakan langsung secara apresiatif, dibuat drama singkat di ruang kelas, atau diberikan pekerjaan rumah untuk melakukan tugas tertentu sesuai pesan moral yang terdapat di dalam suatu kisah keteladanan tertentu.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: