Senin, 24 Juni 2013

[daarut-tauhiid] Tembok Berlin Modern yang Terlupakan

 


http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/06/24/tembok-berlin-modern-yang-terlupakan-571518.html

Tembok Berlin Modern yang Terlupakan
HL | 24 June 2013 | 08:35 Dibaca: 219    Komentar: 3    5
Beberapa waktu lalu kami sekeluarga berkunjung ke Berlin untuk kesekian kalinya dan mampir ke tembok Berlin, seperti Brandenburg Tor dan Checkpoint Charlie. Melihat tembok Berlin saya selalu teringat akan tembok lainnya yang berada 3000 km dari Berlin.

Tembok Berlin
Tembok dengan tinggi hampir 4 meter ini terbentang sepanjang 155 km membelah kota Berlin memisahkan  antara Jerman Barat dan Jerman Timur.  Tembok yang dibangun pada bulan 13 agustus tahun 1961 dan memiliki 302 tower ini menjadi simbol perang dingin  antara negara blok Timur (Uni Soviet) dan blok Barat (US dan sekutunya).  Tembok ini menjadi pemisah antara keluarga, saudara yang dahulunya dapat saling mengunjungi, dengan adanya tembok itu menjadi tidak mungkin untuk berkunjung atau bahkan berkomunikasi.
Seiring perubahan politik di Jerman Timur dan penduduknya yang mulai jengah akan kondisi di negaranya, mereka mulai melakukan pergerakan dan demostrasi dan beberapa kerusuhan sipil yang akhirnya pada tanggal 9 November 1989 tembok Berlin mulai dihancurkan.
Selama 28 tahun tembok ini berdiri, banyak orang yang mencoba kabur dari  Jerman Timur dengan melewatinya namun kebanyak tidak berhasil dan lebih dari 200 orang yang tewas tertembak.
Gambar berikut adalah beberapa runtuhan tembok Berlin yang dipajang di daerah Postdamerplatz
Tembok Pemisah Palestina
Jika tembok Berlin saat ini sudah runtuh, 3000 km di bagian bumi lainnya ada beberapa tembok yang jauh lebih panjang dan tinggi dan masih dibangun yakni Israeli West Bank barrier dan  Israeli Gaza Strip barrier dua tembok pemisah di antara daerah negara penjajah zionis Israel dan Palestina.
Tembok dengan panjang 700 km dan sebagian memiliki tinggi hingga 8 m ini tidak hanya menghancurkan ribuan rumah rakyat Palestina namun juga memisahkan keluarga Palestina  di West Bank dan Gaza juga penduduk Palestina yang berada di dalam wilayah caplokan Israel.
Tembok ini dengan adalah sebuah tembok Berlin modern abad 21, sehingga tidak salah jika ada grafiiti yang menyatakan hal tersebut seperti terlihat di gambar berikut:
sumber: Wikipedia
Beda kedua tembok ini adalah Tembok Berlin keruntuhannya di dukung oleh US sedangkan Tembok Israel pendiriannya didukung penuh oleh US dan sekutunya.
Semoga Tembok Berlin Modern yang jarang dicover oleh media ini akan cepat runtuh sehingga kedamaian kembali hadir di tanah suci berbagai agama tersebut. Serta menjadikan keluarga2 Palestine yang beragam agamanya tersebut tidak harus terhalang untuk saling bertermu keluarganya dan bisa hidup dalam alam kemerdakaan lagi seperti yang mereka dahulu dukung saat kemerdekaan negara kita tercinta ini.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: