Jumat, 02 Desember 2011

[daarut-tauhiid] OOT : PENGIN NAIK HAJI

 


Bismillahhirahmannirahiim.
Ass wr wb
Saya berharap saran/pendapat/bantuan atas pemikiran saya berikut ini :

Saya seorang PNS Gol IIId dengan 2 anak balita, umur 45 th. Suami guru honorer MTs Swasta umur 48 th. Kami tinggal wilayah DI Yogyakarta. Kami berdua sangat ingin menunaikan ibadah haji, bertiga dengan ibu saya (umur 77 th). Tetapi mendaftar pun kami belum bisa karena antara lain terkendala biaya.

Kami berdua sejak beberapa tahun yang lalu sudah menabung melalui asuransi.  Langkah ini kami tempuh antara lain karena: untuk 'memaksa' agar segera menyisihkan sebagian penghasilan demi cita-cita kami tersebut juga agar tabungan tetap utuh dan terlindungi (jika dengan tabungan konvensional khawatir terpakai saat keadaan 'darurat').

Polis asuransi yang kami miliki adalah :Asuransi Bumiputera (dana bahagia) a.n saya, sejak th 2003 dan prudential syariah a.n suami sejak th 2008. Keduanya jatuh tempo Insya Allah pada th 2018.  Penyebutan dua nama asuransi ini semata untuk meyakinkan bahwa kami tidak mengada-ada.

Kami mendapatkan informasi bahwa calon haji yang mendaftar pada tahun ini baru mendapatkan kursi haji pada tahun 2020. Jika sekarang ini saya mendaftar maka usia ibu pada saat berangkat haji adalah 86 th. Jika kami mendaftar sesudah polis cair, maka (asumsi daftar tunggu idem 10 th), maka usia ibu saat berangkat adalah 95 th, dan saya 62 th, suami 65 th (manula semua).

Jadi bersama ini saya berharap kpd pembaca milis yang memiliki informasi, apakah ada sesorang/lembaga yang bersedia meminjami kami biaya ONH dengan jaminan polis asuransi kami.  Terus terang, dalam rentang waktu hingga pencairan polis, kami tidak bisa melakukan pembayaran cicilan, tapi insya Allah premi tetap kami bayar, jadi pelunasan dengan sekali pembayaran yakni pada saat pencairan polis.

Kami juga ingin mendapat tangapan apakah cara ini cukup baik/halal. Juga mohon infonya, tentang tatacara hutang piutangnya agar sah secara hukum agama dan hukun negara.

Atas respon rekan-rekan milis disampaikan jazakumullah khairan katsira.

Wassalam

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: