Jumat, 18 Januari 2013

[daarut-tauhiid] Ruwatan, Rugi Dunia dan Akhirat

Ruwatan, Rugi Dunia dan Akhirat


Ruwatan adalah tradisi untuk menolak bala. Kadang pun dilakukan setelah bala itu terjadi agar tidak terulang lagi. Di desa kami, pernah ada musibah seseorang yang gantung diri karena kesusahan ekonomi. Lalu dibuatlah acara ruwatan yang diadakan untuk satu dusun. Di dalamnya berisi beberapa ritual yang dipimpin oleh seorang dalang. Ada ritual baca do'a, sedekahan, tanam kelapa di pojok desa, yang semua ritual tersebut kalaulah tidak termasuk amalan tanpa tuntunan (alias: bid'ah), maka termasuk dalam perbuatan yang dimurkai Allah, yaitu syirik.
Belakangan yang ditemukan di negeri kita, ruwatan dilakukan oleh kalangan intelektual. Mobil "arep" drive test, maka diruwat dulu, disiram bunga kembang biar ampuh tak kena bala di tengah pengujian. Tak tahunya, mobilnya gagal emisi, bahkan diceritakan pada test yang lain ada yang kena musibah sampai tabrak tebing.
Kami bukan bermaksud mengomentari kegagalan tersebut, karena mau diruwat atau pun tidak, tetap saja bisa gagal jika Allah menakdirkan. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
æóÊóÚúáóãó Ãóäóø ãóÇ ÃóÕóÇÈóßó áóãú íóßõäú áöíõÎúØöÆóßó æóÃóäóø ãóÇ ÃóÎúØóÃóßó áóãú íóßõäú áöíõÕöíÈóßó
"Patut engkau tahu bahwa apa yang ditakdirkan akan menimpamu tidak akan luput darimu dan apa yang ditakdirkan luput darimu tidak akan menimpamu." (HR. Abu Daud no. 4699 dan Ahmad 5: 185, shahih kata Syaikh Al Albani).
Namun yang dipersoalkan adalah ritual yang dilakukan sebelumnya. Kenapa mesti ritual seperti ini yang diadakan?
Seorang muslim diajarkan untuk mengadukan segala hal dan kesusahannya pada Allah, dengan meminta dan berdo'a pada-Nya. Jika ada kesulitan ataupun ingin menolak bala', maka kita diperintahkan meminta pada Allah. Sebagaimana kita dapat renungkan dalam ayat,
æóãóÇ Èößõãú ãöäú äöÚúãóÉò Ýóãöäó Çááóøåö Ëõãóø ÅöÐóÇ ãóÓóøßõãõ ÇáÖõøÑõø ÝóÅöáóíúåö ÊóÌúÃóÑõæäó (53) Ëõãóø ÅöÐóÇ ßóÔóÝó ÇáÖõøÑóø Úóäúßõãú ÅöÐóÇ ÝóÑöíÞñ ãöäúßõãú ÈöÑóÈöøåöãú íõÔúÑößõæäó (54)
"Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan. Kemudian apabila Dia telah menghilangkan kemudharatan itu dari pada kamu, tiba-tiba sebahagian dari pada kamu mempersekutukan Allah dengan (yang lain)" (QS. An Nahl: 53-54). Itulah keadaan manusia saat ini, ada sebagian yang berdo'a hanya pada Allah. Namun sebagian kalangan, ada yang mengadukan kesusahannya kepada selain Allah, kepada jin, mayit dalam kubur, dll.
Yang dilakukan dalam acara ruwatan, bukanlah minta pada Allah. Namun jin dijadikan tempat meminta pertolongan. Jin atau setan itu dipanggil oleh dukun sehingga saat uji emisi, ada yang membantu. Padahal meminta tolong pada jin untuk menolak bala telah disebutkan dalam Al Qur'an Al Karim,
æóÃóäóøåõ ßóÇäó ÑöÌóÇáñ ãöäó ÇáúÅöäúÓö íóÚõæÐõæäó ÈöÑöÌóÇáò ãöäó ÇáúÌöäöø ÝóÒóÇÏõæåõãú ÑóåóÞðÇ
"Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan" (QS. Al Jin: 6). Dari Al 'Aufi, dari Ibnu 'Abbas, ia berkata, "Setan malah menambah dosa pada manusia".
Tak tahunya, jin pun tidak bisa menolak kehendak Allah. Kalau Allah takdirkan gagal, yah gagal walau dengan bantuan 1000 jin sekali pun.
Kalau ritual ruwatan berisi do'a tulus pada Allah, mengapa harus pakai kembang bunga saat ruwat dari mana tuntunannya ataukah itu wasiat dari jin? Mengapa harus datangkan dukun, kenapa tidak meminta atau berdo'a pada Allah langsung? Dukun juga biasanya kagak shalat (itu yang umum ditemukan), mana mungkin ia meminta pada Allah dengan tulus?
Kenapa kita tidak cukup berdo'a pada Allah saja? Di antara do'a yang bisa kita panjatkan,
Çááóøåõãóø Åöäöøì ÃóÚõæÐõ Èößó ãöäú ÒóæóÇáö äöÚúãóÊößó æóÊóÍóæõøáö ÚóÇÝöíóÊößó æóÝõÌóÇÁóÉö äöÞúãóÊößó æóÌóãöíÚö ÓóÎóØößó
"Alloohumma innii a'uudzu bika min zawaali ni'matik, wa tahawwuli 'aafiyatik, wa fujaa'ati niqmatik, wa jamii'i sakhothik" [Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu] (HR. Muslim no. 2739). Do'a ini berisi permintaan, di antaranya agar nikmat itu tetap ada.
Begitu juga yang diajarkan ketika kita melewati tempat angker yang sebelumnya belum pernah dilewati dan ditakutkan kena celaka, kita bisa juga membaca do'a sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut,
ãóäú äóÒóáó ãóäúÒöáÇð Ëõãóø ÞóÇáó ÃóÚõæÐõ ÈößóáöãóÇÊö Çááóøåö ÇáÊóøÇãóøÇÊö ãöäú ÔóÑöø ãóÇ ÎóáóÞó. áóãú íóÖõÑõøåõ ÔóìúÁñ ÍóÊóøì íóÑúÊóÍöáó ãöäú ãóäúÒöáöåö Ðóáößó
"Barangsiapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan "a'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq" (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya)", maka tidak ada sama sekali yang dapat memudhorotkannya sampai ia berpindah dari tempat tersebut" (HR. Muslim no. 2708).
Jika ada yang mengomentari, ruwatan kan hanya budaya?
Iya itu budaya, betul sekali. Namun itu budaya syirik. Dahulu orang musyrik di masa Nabi juga beralasan karena ini adalah budaya. Akhirnya, mereka terus melestarikan budaya kegelapan tersebut. Yang dikatakan oleh orang-orang musyrik dahulu,
ÅöäóøÇ æóÌóÏúäóÇ ÂóÈóÇÁóäóÇ Úóáóì ÃõãóøÉò æóÅöäóøÇ Úóáóì ÂóËóÇÑöåöãú ãõÞúÊóÏõæäó
"Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka" (QS. Az Zukhruf: 22). Lihat mereka pun beralasan karena yang mereka lakukan itu budaya dan tradisi. Tidak ada hujjah dalil atau wahyu yang mereka sampaikan kecuali alasan itu.
Sampai-sampai gara-gara ingin kokoh dengan tradisi, maka paman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun mati dalam keadaan kafir karena digoda oleh teman-temannya untuk tetap terus mempertahankan budaya. Coba renungkan kisah Abu Tholib saat-saat ia mau meninggal dunia.
Kalau mau menjadi muslim, jadilah muslim yang tulen. Jangan separuh-paruh. Allah menyeru kita orang beriman,
íóÇ ÃóíõøåóÇ ÇáóøÐöíäó ÂóãóäõæÇ ÇÏúÎõáõæÇ Ýöí ÇáÓöøáúãö ßóÇÝóøÉð æóáóÇ ÊóÊóøÈöÚõæÇ ÎõØõæóÇÊö ÇáÔóøíúØóÇäö Åöäóøåõ áóßõãú ÚóÏõæñø ãõÈöíäñ
"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu." (QS. Al Baqarah: 208). Kata Mujahid, maksud 'masuklah dalam Islam secara keseluruhan': "Lakukanlah seluruh amalan dan berbagai bentuk kebaikan." Dan semulia-muliannya amalan adalah memurnikan ibadah hanya untuk Allah (mentauhidkan Allah) termasuk dalam do'a.
Point yang mesti diperhatikan bahwa tidak semua tradisi ditolak oleh Islam, yang bertentangan saja dengan akidah dan ajaran Rasul, itu yang tidak kita lakukan.
Sebagaimana kisah yang kami kemukakan di awal, setelah desa kami diruwat biar tidak ada lagi yang bunuh diri, ternyata berselang dua tahun kemudian, ditemukan kasus yang sama, bahkan kejadiannya di tetangga dekat rumah yang sebelumnya menjadi korban bunuh diri. Intinya, ruwatan di samping tidak bisa menolak mudhorot (bahaya), kerugian lainnya akan dinantikan di akhirat kelak berupa siksaan yang pedih bagi pelaku kesyirikan.
Åöäóø Çááóøåó áóÇ íóÛúÝöÑõ Ãóäú íõÔúÑóßó Èöåö æóíóÛúÝöÑõ ãóÇ Ïõæäó Ðóáößó áöãóäú íóÔóÇÁõ
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya." (QS. An Nisa': 48).
Ruwatan mengundang kegagalan dunia, apalagi akhirat. Wallahul musta'an.
Semoga Allah memberi hidayah pada kita untuk terus bertauhid dan menjauhkan kita dari segala macam perbuatan syirik.
@ Sakan 27 Jami'ah Malik Su'ud, Riyadh-KSA, 24 Shafar 1434 H
www.rumaysho.com




------------------------------------

====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
====================================================Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
daarut-tauhiid-digest@yahoogroups.com
daarut-tauhiid-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
daarut-tauhiid-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: