Jumat, 24 Juli 2009

[FISIKA] Digest Number 2801

Messages In This Digest (16 Messages)

Messages

1a.

[tanya] butterfly effect itu apa?

Posted by: "nayaaissa" nayaaissa@yahoo.com   nayaaissa

Wed Jul 22, 2009 2:52 pm (PDT)



salam kenal,
saya naya, kebetulan kuliah di jurusan fisika, semester 5
saya sedang penasaran dengan butterfly effect
banyak penadapat yang saya dengar sehingga membingungkan saya
mungkin ada yang tahu pasti tentang butterfly effect?

butterfly effect yang saya tahu
adalah jika kepakan sayap kupu-kupu disuatu daerah, dapat menimbulkan efek di daerah yang lain
tapi saya masih belum mengerti, kepakan sayap itu sendiri, suatu analogi atau memang yang sebenarnya

dan apakah butterfly effect itu sendiri hubungannya lebih dekat kemana?
mungkin fisika teori, atau fisika material, atau fisika lainnya?
dan buku apa yang bisa dijadikan referensi saya untuk mempelajari butterfly effect ini sendiri

terimakasih
maap panjang :)

1b.

Bls: [FISIKA] [tanya] butterfly effect itu apa?

Posted by: "Icon Manurung" three_durians@yahoo.co.id   three_durians

Thu Jul 23, 2009 2:00 pm (PDT)



teori chaos

________________________________
Dari: nayaaissa <nayaaissa@yahoo.com>
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Rabu, 22 Juli, 2009 21:33:43
Judul: [FISIKA] [tanya] butterfly effect itu apa?

salam kenal,
saya naya, kebetulan kuliah di jurusan fisika, semester 5
saya sedang penasaran dengan butterfly effect
banyak penadapat yang saya dengar sehingga membingungkan saya
mungkin ada yang tahu pasti tentang butterfly effect?

butterfly effect yang saya tahu
adalah jika kepakan sayap kupu-kupu disuatu daerah, dapat menimbulkan efek di daerah yang lain
tapi saya masih belum mengerti, kepakan sayap itu sendiri, suatu analogi atau memang yang sebenarnya

dan apakah butterfly effect itu sendiri hubungannya lebih dekat kemana?
mungkin fisika teori, atau fisika material, atau fisika lainnya?
dan buku apa yang bisa dijadikan referensi saya untuk mempelajari butterfly effect ini sendiri

terimakasih
maap panjang :)

Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi! Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba! http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/
2a.

Re: [INFO] Jupiter (kembali) Dihantam Komet/Asteroid?

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Wed Jul 22, 2009 2:53 pm (PDT)



Ndak ada pengaruhnya. Jupiter itu memang cosmic vacuum cleaner, gravitasinya terlalu besar sehingga sering dihantam komet/asteroid. Secara statistik komet/asteroid, khususnya dengan eksentrisitas orbit > 0,7 memang dikenal takstabil dan rata-rata memiliki umur hidup 10 - 100 juta tahun di dalam tatasurya sebelum kemudian menghilang, baik akibat bertabrakan dengan anggota tata surya lain maupun akibat dilemparkan keluar dari lingkungan tata surya oleh Matahari kita.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: Indra Sutriadi الشافعئ <indra.sutriadi@gmail.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, July 21, 2009 4:07:58 PM
Subject: Re: [FISIKA] [INFO] Jupiter (kembali) Dihantam Komet/Asteroid?

Pada tanggal 21/07/09, Ma'rufin Sudibyo <marufins@yahoo. com> menulis:
............ .
> Note : citra NASA Infrared Telescope terlampir.

Wah, sayang sekali tidak dilampirkan langsung pada email. Btw, apakah
ada pengaruhnya hantaman tersebut pada tata surya?

3a.

Re: Mohon ebook fisika sma

Posted by: "mhd_rizki" mhd_rizki@yahoo.com   mhd_rizki

Wed Jul 22, 2009 6:14 pm (PDT)



aku punya e book fisika tapi untuk smk. klo mau buka aja situs ku;
www.cvrizki.com
buka halaman download nya.

4a.

Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "alextanambon" alextanambon@yahoo.com   alextanambon

Thu Jul 23, 2009 6:03 am (PDT)



misal
momentum = massa x kecepatan
gaya= massa x percepatan

mengapa misalnya tidak ada persamaan
massa x panjang; atau
massa x suhu; atau
massa x jumlah molekul; atau
massa x waktu; atau
massa x arus listrik

Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AlT1veU_4XAeNjtxKoHO8bqgRAx.;_ylv=3?qid=20090723005904AAXWxtn

Terima kasih banyak sebelumnya.

4b.

Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Suharyo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Thu Jul 23, 2009 6:14 am (PDT)




Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.

Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:

- pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.

- penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).

Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "alextanambon" <alextanambon@...> wrote:
>
> misal
> momentum = massa x kecepatan
> gaya= massa x percepatan
>
> mengapa misalnya tidak ada persamaan
> massa x panjang; atau
> massa x suhu; atau
> massa x jumlah molekul; atau
> massa x waktu; atau
> massa x arus listrik
>
> Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AlT1veU_4XAeNjtxKoHO8bqgRAx.;_ylv=3?qid=20090723005904AAXWxtn
>
> Terima kasih banyak sebelumnya.
>

4c.

Bls: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Icon Manurung" three_durians@yahoo.co.id   three_durians

Thu Jul 23, 2009 2:01 pm (PDT)



setuju, sekalian mw nanya, selain perkalian, ada juga fungi lain, misalnya turunan ato integral
misal a=df/da
ato q = integral i dt

tolong dijelasin jua donk...

thx

________________________________
Dari: Suharyo Sumowidagdo <sumowidagdo@gmail.com>
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Kamis, 23 Juli, 2009 20:13:37
Judul: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.

Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:

- pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.

- penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).

Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "alextanambon" <alextanambon@ ...> wrote:
>
> misal
> momentum = massa x kecepatan
> gaya= massa x percepatan
>
> mengapa misalnya tidak ada persamaan
> massa x panjang; atau
> massa x suhu; atau
> massa x jumlah molekul; atau
> massa x waktu; atau
> massa x arus listrik
>
> Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> http://id.answers. yahoo.com/ question/ index;_ylt= AlT1veU_4XAeNjtx KoHO8bqgRAx. ;_ylv=3?qid= 20090723005904AA XWxtn
>
> Terima kasih banyak sebelumnya.
>

Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang! http://id.mail.yahoo.com
4d.

Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "alextanambon" alextanambon@yahoo.com   alextanambon

Thu Jul 23, 2009 2:01 pm (PDT)



Terima kasih pencerahannya. Tanya lagi boleh ya Pak?

http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_(fisika)

Sebenarnya, tak seorang pun dapat mengukur gaya secara langsung. Tetapi, kalau sesuatu mengatakan seseorang mengukur gaya, sedikit berpikir akan membuat seseorang menyadari bahwa apa yang diukur sebenarnya adalah tekanan (atau mungkin kemiringannya). "Gaya" yang Anda rasakan saat meraba kulit anda, misalnya, sebenarnya adalah sel syaraf tekanan Anda yang mendapat perubahan tekanan. Ukuran neraca pegas mengukur ketegangan pegas, yang sebenarnya adalah tekanannya, dll.

Dalam bahasa sehari-hari gaya dikaitkan dengan dorongan atau tarikan, mungkin dikerahkan oleh otot-otot kita.

Di fisika, kita memerlukan definisi yang lebih presisi. Kita mendefinisikan gaya di sini dalam hubungannya dengan percepatan yang dialami benda standar yang diberikan ketika ditempatkan di lingkungan sesuai.

http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_(fisika)

Apakah 'gaya' itu fakta empiris atau konsep buatan manusia atau keduanya?

Mengapa ada berbagai macam rumus 'gaya' tapi satuannya tetap sama yaitu Newton?
F=m.a
F=-k.X
F=k.m1.m2/r^2

Mengapa pula dalam relativitas umum gravitasi tidak dipandang sebagai gaya?

Terima kasih banyak sebelumnya.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Suharyo Sumowidagdo" <sumowidagdo@...> wrote:
>
>
> Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.
>
> Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:
>
> - pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.
>
> - penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).
>
> Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.
>
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "alextanambon" <alextanambon@> wrote:
> >
> > misal
> > momentum = massa x kecepatan
> > gaya= massa x percepatan
> >
> > mengapa misalnya tidak ada persamaan
> > massa x panjang; atau
> > massa x suhu; atau
> > massa x jumlah molekul; atau
> > massa x waktu; atau
> > massa x arus listrik
> >
> > Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> > http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AlT1veU_4XAeNjtxKoHO8bqgRAx.;_ylv=3?qid=20090723005904AAXWxtn
> >
> > Terima kasih banyak sebelumnya.
> >
>

4e.

Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "alextanambon" alextanambon@yahoo.com   alextanambon

Thu Jul 23, 2009 6:10 pm (PDT)



Oya saya lupa, kalau perkaliannya sendiri maknanya apa Pak?

Kalau panjangxlebarxtinggi kan maknanya menambah dimensi. Oleh karena itu meter pangkat 3 ada artinya (volume) sementara kilogram pangkat 3, celcius pangkat 3, ampere pangkat 3 tidak ada artinya. Sampai di situ pemahaman saya. Betul tidak Pak?

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Suharyo Sumowidagdo" <sumowidagdo@...> wrote:
>
>
> Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.
>
> Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:
>
> - pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.
>
> - penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).
>
> Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.
>
>
> --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "alextanambon" <alextanambon@> wrote:
> >
> > misal
> > momentum = massa x kecepatan
> > gaya= massa x percepatan
> >
> > mengapa misalnya tidak ada persamaan
> > massa x panjang; atau
> > massa x suhu; atau
> > massa x jumlah molekul; atau
> > massa x waktu; atau
> > massa x arus listrik
> >
> > Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> > http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AlT1veU_4XAeNjtxKoHO8bqgRAx.;_ylv=3?qid=20090723005904AAXWxtn
> >
> > Terima kasih banyak sebelumnya.
> >
>

4f.

Bls: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Mohammad Fajri" f_4jr1@yahoo.com   f_4jr1

Thu Jul 23, 2009 8:14 pm (PDT)



pak alex,
saya kira pertanyaan bapak sudah di jawab oleh pak suharyo.
dimana belum ada relasi antara hal2 yg bapak maksud... sejauh ini sihh... mungkin beberapa taon akan ada bisa kali yee.... hehe..
seperti volume yg bapak maksud karna dia memang anak kandung dari dimensi jarak...
nahh.. untuk yg lainnya mungkin juga bapak pernah dengar yg namannya sekon^2... ( artinya waktu*waktu, bukan ?? )... jadi bukannya tak bisa silahkan saja bapak menulis Kg^2 atw Kg^3 atw mungkin celcius^4 kalo suatu saat bapak menemukan persamaan yg memang memungkinkan hal tersebut... hehehe..
 
maaf pak baru blajar juga
 
jabat_erat
fajri

--- Pada Jum, 24/7/09, alextanambon <alextanambon@yahoo.com> menulis:

Dari: alextanambon <alextanambon@yahoo.com>
Judul: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 24 Juli, 2009, 8:47 AM

 

Oya saya lupa, kalau perkaliannya sendiri maknanya apa Pak?

Kalau panjangxlebarxtingg i kan maknanya menambah dimensi. Oleh karena itu meter pangkat 3 ada artinya (volume) sementara kilogram pangkat 3, celcius pangkat 3, ampere pangkat 3 tidak ada artinya. Sampai di situ pemahaman saya. Betul tidak Pak?

--- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "Suharyo Sumowidagdo" <sumowidagdo@ ...> wrote:
>
>
> Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.
>
> Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:
>
> - pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.
>
> - penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).
>
> Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.
>
>
> --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "alextanambon" <alextanambon@ > wrote:
> >
> > misal
> > momentum = massa x kecepatan
> > gaya= massa x percepatan
> >
> > mengapa misalnya tidak ada persamaan
> > massa x panjang; atau
> > massa x suhu; atau
> > massa x jumlah molekul; atau
> > massa x waktu; atau
> > massa x arus listrik
> >
> > Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> > http://id.answers. yahoo.com/ question/ index;_ylt= AlT1veU_4XAeNjtx KoHO8bqgRAx. ;_ylv=3?qid= 20090723005904AA XWxtn
> >
> > Terima kasih banyak sebelumnya.
> >
>

Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer
4g.

Bls: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "alextanambon" alextanambon@yahoo.com   alextanambon

Thu Jul 23, 2009 10:49 pm (PDT)



belum ada relasi ya kenalan dong pak. anak kandung dari jarak adalah volume berarti sudah menikah ya pak? hehehe

saya tanya iseng-iseng aja koq. nda terlampau serius.

kalau saya berandai-andai begini menurut anda boleh tidak (sama-sama awam nih):
kelenturan = massa x panjang
tingkat pemuaian = massa x suhu
kepadatan = massa x jumlah molekul
ketahanan bentuk terhadap gravitasi= massa x waktu
ketahanan bentuk terhadap gaya elektromagnet = massa x arus listrik

iseng-iseng aja daripada suntuk. hehehe.

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Mohammad Fajri <f_4jr1@...> wrote:
>
> pak alex,
> saya kira pertanyaan bapak sudah di jawab oleh pak suharyo.
> dimana belum ada relasi antara hal2 yg bapak maksud... sejauh ini sihh... mungkin beberapa taon akan ada bisa kali yee.... hehe..
> seperti volume yg bapak maksud karna dia memang anak kandung dari dimensi jarak...
> nahh.. untuk yg lainnya mungkin juga bapak pernah dengar yg namannya sekon^2... ( artinya waktu*waktu, bukan ?? )... jadi bukannya tak bisa silahkan saja bapak menulis Kg^2 atw Kg^3 atw mungkin celcius^4 kalo suatu saat bapak menemukan persamaan yg memang memungkinkan hal tersebut... hehehe..
>  
> maaf pak baru blajar juga
>  
> jabat_erat
> fajri
>
> --- Pada Jum, 24/7/09, alextanambon <alextanambon@...> menulis:
>
>
> Dari: alextanambon <alextanambon@...>
> Judul: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?
> Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Tanggal: Jumat, 24 Juli, 2009, 8:47 AM
>
>
>  
>
>
>
> Oya saya lupa, kalau perkaliannya sendiri maknanya apa Pak?
>
> Kalau panjangxlebarxtingg i kan maknanya menambah dimensi. Oleh karena itu meter pangkat 3 ada artinya (volume) sementara kilogram pangkat 3, celcius pangkat 3, ampere pangkat 3 tidak ada artinya. Sampai di situ pemahaman saya. Betul tidak Pak?
>
> --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "Suharyo Sumowidagdo" <sumowidagdo@ ...> wrote:
> >
> >
> > Rumus fisika tidak berasal dari permainan memasang-masangkan kuantitas / besaran (massa, tekanan, suhu, dll) dengan berbagai operasi matematika. Ini salah pengertian yang *FATAL* ! Buang jauh-jauh salah pengertaian semacam ini.
> >
> > Rumus fisika berasal dari satu atau dua kemungkinan dibawah:
> >
> > - pengamatan dan percobaan, dimana hubungan/relasi matematika antara besaran-besaran tersebut bisa diamati dan diuji kebenarannya.
> >
> > - penurunan matematika dari suatu rumus fisika lain (yang sudah ditetapkan kebenarannya) sebagai hasil dari perhitungan teoretik, dimana perhitungan tersebut HARUS memenuhi kaidah-kaidah matematika dan menuruti kaidah-kaidah fisika (kekekalan energi, momentum, dll).
> >
> > Jadi jawabannya pertanyaanya: Karena belum ada relasi-relasi yang mengaitkan besaran-besaran yang kamu tuliskan dengan fenomena/deskripsi alam sekitar kita.
> >
> >
> > --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, "alextanambon" <alextanambon@ > wrote:
> > >
> > > misal
> > > momentum = massa x kecepatan
> > > gaya= massa x percepatan
> > >
> > > mengapa misalnya tidak ada persamaan
> > > massa x panjang; atau
> > > massa x suhu; atau
> > > massa x jumlah molekul; atau
> > > massa x waktu; atau
> > > massa x arus listrik
> > >
> > > Mohon jawabannya, boleh di milis ini atau di Yahoo! Answers:
> > > http://id.answers. yahoo.com/ question/ index;_ylt= AlT1veU_4XAeNjtx KoHO8bqgRAx. ;_ylv=3?qid= 20090723005904AA XWxtn
> > >
> > > Terima kasih banyak sebelumnya.
> > >
> >
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
> http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer
>

4h.

Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Suharyo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Fri Jul 24, 2009 2:23 am (PDT)



--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "alextanambon" <alextanambon@...> wrote:
>
> Terima kasih pencerahannya. Tanya lagi boleh ya Pak?
>
> http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_(fisika)
>
> Sebenarnya, tak seorang pun dapat mengukur gaya secara langsung. Tetapi, kalau sesuatu mengatakan seseorang mengukur gaya, sedikit berpikir akan membuat seseorang menyadari bahwa apa yang diukur sebenarnya adalah tekanan (atau mungkin kemiringannya). "Gaya" yang Anda rasakan saat meraba kulit anda, misalnya, sebenarnya adalah sel syaraf tekanan Anda yang mendapat perubahan tekanan. Ukuran neraca pegas mengukur ketegangan pegas, yang sebenarnya adalah tekanannya, dll.
>
> Dalam bahasa sehari-hari gaya dikaitkan dengan dorongan atau tarikan, mungkin dikerahkan oleh otot-otot kita.
>
> Di fisika, kita memerlukan definisi yang lebih presisi. Kita mendefinisikan gaya di sini dalam hubungannya dengan percepatan yang dialami benda standar yang diberikan ketika ditempatkan di lingkungan sesuai.
>
> http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_(fisika)
>
> Apakah 'gaya' itu fakta empiris atau konsep buatan manusia atau keduanya?
>

Ini filsafat, dan anda tahu saya tidak antusias mendebatkan filsafat karena pada hampir semua kasus tidak membawa pencerahan, bahkan bagi yang belajar fisika sekalipun. Dalam belajar fisika saya lebih suka definisi operasional.

> Mengapa ada berbagai macam rumus 'gaya' tapi satuannya tetap sama yaitu Newton?
> F=m.a
> F=-k.X
> F=k.m1.m2/r^2

- Sekali lagi, anda masih melihat persamaan-persamaan ini seperti memasang-masangkan besaran/kuantitas.

- Analisis dimensi (dimensional analysis).

- F=ma (atau F = dp/dt) berada pada *level*/*pemahaman* yang berbeda dengan 2 rumus yang lain.

- The (hopefully) final answer: Karena semua persamaan tersebut bisa dikaitkan dengan hukum Newton II yang mengaitkan gaya dengan percepatan yang dialami massa. Untuk F=-kx anda bisa mengaitkan dengan percepatan yang dialami massa yang diikatkan ke ujung pegas, untuk F=km1m1/r2 anda bisa mengaitkan dengan percepatan yang dialami kedua massa yang saling tarik-menarik (Sekarang: berapa guru dosen/fisika yang mengatakan hal ini, dan kalaupun ada, berapa yang MENEKANKAN hal ini).

And as a reminder to all of us: Physics is not a game of calculation obeying a set of physical laws and mathematical rules, nor it is an exercise of measuring meaningless quantities. Terlalu banyak guru/dosen yang masih berpikir seperti itu. Kegagalan mengaitkan rumus dan konsep fisika dengan realita/pengamatan/pengukuran adalah kegagalan dalam menguasai dan mengajarkan fisika. Semua konsep fisika yang established (mapan), bahkan yang tampak absurd dan aneh pada pandangan pertama, pada dasarnya memiliki kaitan langsung dengan realita/fenomena alam.

> Mengapa pula dalam relativitas umum gravitasi tidak dipandang sebagai gaya?

Karena gravitasi merupakan manifestasi dari ruang-waktu yang melengkung, namun teramati sebagai gaya di ruang-waktu datar (lokal, kerangka acuan pengamat). Jika dilihat dari formulasi GR, benda yang tampak bergerak karena gravitasi dalm formulasi ruang-waktu datar seperti di Hk. Newton, sebenarnya dalam ruang-waktu GR yang melengkung *tidak* mengalami gaya, melainkan bergerak sesuai dengan kodrat alaminya: entah diam atau bergerak melalui lintasan geodesik.

Ini ada ilustrasi sederhana bagaimana kelengkungan ruang-waktu bisa ditafsirkan sebagai "percepatan"/"gaya":

Ada dua orang, mereka terpisahkan jarak 1000 kilometer di katulistiwa. Kemudian dari katulistiwa, mereka berjalan (bergerak lurus beraturan) ke arah utara dengan kecepatan yang sama. Mereka memegang kompas penunjuk arah, dan terus berjalan ke utara. Nah, sekarang kalau kita asumsikan permukaan bumi seluruhnya daratan, maka mereka akan bertemu di Kutub Utara setelah berjalan sekian lama. Tentu ini bertentangan dengan intuisi kita: kalau dua orang terpisah kemudian dua-duanya bergerak dengan kecepatan sejajar dan sama, harusya mereka tidak akan pernah bertemu.

Pertanyaan: Kenapa mereka bisa bertemu, padahal mereka pada awalnya terpisah 1000 kilometer, kemudian mereka sama-sama bergerak dengan kecepatan yang paralel/sejajar dan besarnya sama, sama-sama ke utara? Padahal dari geometri bidang datar kita tahu garis sejajar tidak pernah bertemu.

Apakah ada semacam "percepatan"/"gaya" diantara mereka berdua sehingga mereka pada akhirnya bertemu di Kutub Utara ?

Jawaban dari masalah ini adalah "percepatan"/"gaya" yang "menarik mereka berdua" sehingga mereka bertemu di Kutub Utara adalah "efek" dari kelengkungan bumi. Pengamat dari luar angkasa yang bisa melihat kelengkungan bumi *tidak* melihat gaya, karena pengamat tahu bahwa permukaan bumi melengkung.

General relativity bekerja dengan prinsip serupa, "gaya gravitasi" adalah efek dari "kelengkungan ruang-waktu". Namun dalam formulasi GR, ada 3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu, sementara contoh yang saya berikan hanya ada 2 dimensi ruang. Namun ide bahwa "gaya"/"percepatan" bisa timbul dari kelengkungan ruang bisa dilihat dari contoh tsb.

4i.

Re: Bls: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Fri Jul 24, 2009 2:28 am (PDT)



untuk pesan anda yang terakhir, saya fikir silahkan saja kalo emang
benar. benar disini dalam artian ya penurunan rumusnya jangan ngawur
dan jangan lupa harus taat asas-asas fisika seperti yang dikatakan pak
haryo. dan satu lagi analisa dimensinya penting tuh.....

kalo mengenai perkalian variabel-variebel fisis (atau katakanlah
dimensi-dimensi seperti yang bapak maksudkan), saya lebih tertarik
dengan konsep aljabar dan kalkulus vektor. dan saya fikir itu sudah
cukup untuk dapat difahami oleh seorang fisikawan.

salam.

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master

4j.

Re: Bls: [FISIKA] Re: Apa arti perkalian dalam rumus Fisika?

Posted by: "Asis Pattisahusiwa" asisphysic04@gmail.com   aziz_physic04

Fri Jul 24, 2009 3:04 am (PDT)



Pada tanggal 24/07/09, Icon Manurung <three_durians@yahoo.co.id> menulis:
> setuju, sekalian mw nanya, selain perkalian, ada juga fungi lain, misalnya
> turunan ato integral
> misal a=df/da
> ato q = integral i dt
>
> tolong dijelasin jua donk...
>
> thx

untuk tahu arti fisis dari integral dan diferensial, saya hanya
menyarankan untuk mempelajari kalkulus dasar kembali terutama konsep
Limit. kenapa harus kembali lagi ke kalkulus dasar? ya hal ini
dikarenakan asal dari diferensial tersebut dari konsep Limit tadi.
jadi, jangan berharap anda bisa mendapatkan teorema limit di mata
kuliah Fismat atau yang lainnya yang lebih tinggi.

salam.

--
Asis Pattisahusiwa

Learn, Try, and be a Master

5.

Call for paper : International Conference on Theoretical Physics 200

Posted by: "L.T. Handoko" handoko@teori.fisika.lipi.go.id   lt.handoko

Thu Jul 23, 2009 2:00 pm (PDT)



Titipan informasi :

=============================
23/07/2009 - "Bobby Eka Gunara" <bobby@fi.itb.ac.id> menulis :

Rekan2 ysh,

Berikut kami umumkan call for paper dan registrasi on line. Kami atas nama panitia meminta agar email ini dapat disebarluaskan ke milis atau email sejawat.

International Conference on Theoretical Physics 2009

- Theoretical and Nonlinear Aspects in Nature -
http://situs.opi.lipi.go.id/ictp2009/

This conference is the first international conference and the sixth one of the annual meeting on theoretical physics in Indonesia organized by the Indonesian Consortium of Theoretical Physics (GFTI), Indonesia Center for Theoretical and Mathematical Physics (ICTMP), and Theoretical Physics Laboratory, THEPI, FMIPA, Institut Teknologi Bandung. We invite both local and international participants to attend and present their current research in all theoretical and mathematical physics areas such as algebraic and geometric aspects in the parallel session.

Topics

All topics related on the studies of theoretical and mathematical physics are welcome. The conference consist of invited lectures, invited plenary talks, and parallel session on the following fields:
- Astrophysics
- Biophysics
- Cosmology
- Condensed Matter
- High Energy Physics
- Lattice
- Mathematical Physics
- Algebraic and Geometrical Aspects in Physics
- Non-linear Physics
- Nuclear Physics

Venue: Department of Physics
Institut Teknologi Bandung
Ganesha 10
Bandung, Indonesia

Registrasinya online, bisa dilihat pada situs:
http://situs.opi.lipi.go.id/ictp2009/

Important dates
17/09/2009 registration
10/09/2009 abstract submission
13/10/2009 conference

Atas nama panitia,
Bobby E Gunara

6.

PEMBERITAHUAN:  JARDIKNAS-SCHOOLNET-INDISMART

Posted by: "firmanjul" firmanjul@yahoo.com   firmanjul

Thu Jul 23, 2009 8:59 pm (PDT)



YTH. PRAKTISI DAN PEMERHATI PENDIDIKAN & ORANGTUA SISWA
KOMUNITAS SEKOLAH SE-INDONESIA

Dengan Hormat,

Untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, PUSTEKKOM DEPDIKNAS telah meluncurkan program JARDIKNAS (Jaringan Pendidikan Nasional) yang menghubungkan sekira 20.000 sekolah di Indonesia secara daring (online). PUSTEKKOM DEPDIKNAS telah menunjuk PT. TELKOM, TBK untuk menyediakan layanan koneksi dan sewa internet ke sekolah-sekolah tersebut dengan istilah SCHOOLNET yang untuk sementara ini baru menghubungkan 17.500 sekolah di seluruh Indonesia yang terdiri dari SD, MI, SMP, MTs, SMU, MA, SMK, dan SLB.

Untuk menunjang program ini, PT. TELKOM, TBK bermitra dengan IIB (INKUBATOR INDUSTRI & BISNIS) ITB menyediakan layanan konten pembelajaran online gratis kepada 17.500 sekolah tersebut dengan nama INDISMART. INDISMART adalah program pembelajaran daring (online) interaktif yang dapat membantu guru, siswa, maupun orangtua untuk mendapatkan bahan ajar yang menyenangkan, memudahkan, baku (mengacu KTSP), dan mutakhir karena akan selalu ditambah materi baru setiap bulannya.

Selain dapat diakses 17.500 sekolah tersebut, siswa, guru, orangtua siswa, maupun masyarakat umum dapat menikmati layanan Indismart dengan biaya yang sangat murah, yaitu hanya Rp 60.000.- untuk satu tahun penuh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website www.indi-smart.com atau hubungi kami melalui nomor telepon 022-2503761. Kami juga menyediakan layanan sosialisasi Jardiknas-Schoolnet-Indismart bagi instansi diknas maupun sekolah-sekolah di daerah serta membuka kemitraan dengan berbagai pihak dalam melakukan sosialisasi.

Hormat kami,

Firman Juliansyah
PT. INDISMART CREATIVA IDEA
Jl Tubagus Ismail XVI No. 7, Bandung 40134

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mom Power

Kids, family & home

Join the discussion

Find helpful tips

for Moderators

on the Yahoo!

Groups team blog.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: