Rabu, 30 Juli 2008

[sekolah-kehidupan] Digest Number 2150

Messages In This Digest (6 Messages)

Messages

1a.

Re: LPJ Ketua Umum SK Pusat 2007-2008

Posted by: "setyawan_abe" setyawan_abe@yahoo.com   setyawan_abe

Tue Jul 29, 2008 9:34 pm (PDT)

Yang ini minim komen? aku juga ding, :D (halah, kebanyakan protes)
hehehehe

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, "Kabinet Eska"
<kabinet.eska@...> wrote:
>
> Ass.wr.wb.
>
> Salam sejahtera!
>
> Kepada Yth. Dewan Penasihat Kabinet SK dan yang tercinta Sahabat SK,
berikut
> kami posting Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Umum SK Pusat
Periode
> 2007-2008. Semoga berkenan dan dapat menerima. Mohon maaf atas
segala khilaf
> dan lupa.
>
> Semoga SK semakin jaya. Dirgahayu SK di usia ke-2 tahun!
>
>

2a.

Re: [pena kelana]menerjemah cinta di situ gintung.

Posted by: "Andri Pranolo" apranolo@gmail.com   and_pci

Tue Jul 29, 2008 11:43 pm (PDT)

Wah hebat mata mas Jun jeli ya...
tidak semua sahabat yang hadir disana dapat ngeliat acara itu kan..?.
Oia mas jun, adik saya gak ikut2an diajak ngeliat adegan 1 minute itu
kan..?. hee...2x.

Salam
Apranolo

2008/7/29 tinta_mirah <tinta_mirah@yahoo.co.id>

> liatnya sih ga sengaja,mas.
> cuma lamanya agak-agak disengaja..entah menikmati,entah supaya mereka
> merasa diintipi..biar pindah aja gitu..^_^
>
>
> salam_mirah :jun nizami
> http://zunannizami.multiply.com
>
> --- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com<sekolah-kehidupan%40yahoogroups.com>,
> "Nursalam AR"
>
> <nursalam.ar@...> wrote:
> >
> > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak cadel
> > juga mungkin;-).
> > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di bawah
> > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu dalam
> > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat dari
> > bisik2 yg berisyarat.
> > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg pasrah..dalam
> > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk terusik
> > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak ada apa2.
> > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > Dengan nyanyi2 hati,
> > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya bisa
> > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah semua
> > cinta untuk cintamu"..amin.
> >
> > Duh, bagian yang ini panjang kali ya:). Ngintipin yaa? Awas,nanti
> kepengen:)
> > Btw, sungguh cara yang indah untuk mengabadikan momen indah 27 Juli
> kemarin.
> > Jadi,siapa bilang 27 Juli hanya penuh darah?
> >
> > Tabik,
> >
> > Nursalam AR
> >
> > 2008/7/29 tinta_mirah <tinta_mirah@...>
>
> >
> > >
> > > Padahal,cinta sedang terlihat ria di sana,di teras sana.di dalamnya
> > > sungguh terdengar banyak canda,tawa,suka..entahlah di dalamnya apakah
> > > ada sisa2 lara atau rindu2 lalu yg tuntas kala itu.dan entah,apakah
> > > tumbuh baru benih2 cinta dari pandangan pertama yg menggebrak
> > > dada.entahlah.
> > > Panorama cinta itu jelas terlihat dengan saling sapa yg hangat antar
> > > kerabat sedari kaki menapak pagi.
> > > Cukup terekam sampai sore menjelang bubar acara jumpacinta itu dalam
> > > lembar keasinganku yg blm trbiasa.
> > > Namun ada "bosan" yang bertengger di posisi ke dua sebagai nominasi
> > > musuh tangguh untuk cinta.bosan itu menuntunku untuk menjauh dari
> > > jenuh dan sekadar berjalan merekam sebentar ada apa dengan sekitar.
> > > Memang elok danau ini,anginnya nakal-nakal..bebas menyentuh apa saja
> > > yg ia suka.karena ia memang tak pernah terlibat pada peraturan
> > > apapun.segala apa ia kecup,segala apa ia dekap.aku berjalan dan
> > > mendekapnya..stelah lama mengantuk dlm duduk.
> > > dengan mata jelalatan menikmati aliran danau.
> > > Berjalan dan mulai merangkum suasana.
> > > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak cadel
> > > juga mungkin;-).
> > > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di bawah
> > > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu dalam
> > > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat dari
> > > bisik2 yg berisyarat.
> > > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg pasrah..dalam
> > > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk terusik
> > > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak ada
> apa2.
> > > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > > Dengan nyanyi2 hati,
> > > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya bisa
> > > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah semua
> > > cinta untuk cintamu"..amin.
> > >
> > > jakarta.28-07
> > >
> > > salam_mirah :jun nizami
> > > http://zunannizami.multiply.com
> > >
> > >
> > >
> >
> >
> >
> > --
> > -"When there's a will there's a way"
> > Nursalam AR
> > Translator, Writer, Writing Trainer & Media Consultant
> > 0813-10040723
> > http://nursalam.multiply.com
> > YM ID: nursalam_ar
> >
>
>
>

--
Andri Pranolo
Gendeng GK IV/953, Yogyakarta 55225
Telp. (+62)274-547015/ (+62)81392554050)
http://apranolo.staff.ugm.ac.id
2b.

Re: [pena kelana]menerjemah cinta di situ gintung.

Posted by: "tinta_mirah" tinta_mirah@yahoo.co.id   tinta_mirah

Wed Jul 30, 2008 2:54 am (PDT)

[:)] ...ga lah mas. itu adegan bukan buat tontonan anak-anak dan 17
tahun ke atas juga kayaknya.salam buat adekmu ya! trims dah nemenin saya
gitu.soalnya saya sempet kebingungan. tapi hanya dengan adik mas saya
jadi bebas ngobrol dan ga perlu berbahasa2 intelek.

salam_mirah: jun nizami
http://zunannizami.multiply.com

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, "Andri Pranolo" <apranolo@...>
wrote:
>
> Wah hebat mata mas Jun jeli ya...
> tidak semua sahabat yang hadir disana dapat ngeliat acara itu kan..?.
> Oia mas jun, adik saya gak ikut2an diajak ngeliat adegan 1 minute itu
> kan..?. hee...2x.
>
> Salam
> Apranolo
>
> 2008/7/29 tinta_mirah tinta_mirah@...
>
> > liatnya sih ga sengaja,mas.
> > cuma lamanya agak-agak disengaja..entah menikmati,entah supaya
mereka
> > merasa diintipi..biar pindah aja gitu..^_^
> >
> >
> > salam_mirah :jun nizami
> > http://zunannizami.multiply.com
> >
> > --- In
sekolah-kehidupan@yahoogroups.com<sekolah-kehidupan%40yahoogroups.com>,
> > "Nursalam AR"
> >
> > nursalam.ar@ wrote:
> > >
> > > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak
cadel
> > > juga mungkin;-).
> > > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di
bawah
> > > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu
dalam
> > > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat dari
> > > bisik2 yg berisyarat.
> > > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg pasrah..dalam
> > > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk
terusik
> > > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak ada
apa2.
> > > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > > Dengan nyanyi2 hati,
> > > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya
bisa
> > > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah semua
> > > cinta untuk cintamu"..amin.
> > >
> > > Duh, bagian yang ini panjang kali ya:). Ngintipin yaa? Awas,nanti
> > kepengen:)
> > > Btw, sungguh cara yang indah untuk mengabadikan momen indah 27
Juli
> > kemarin.
> > > Jadi,siapa bilang 27 Juli hanya penuh darah?
> > >
> > > Tabik,
> > >
> > > Nursalam AR
> > >
> > > 2008/7/29 tinta_mirah tinta_mirah@
> >
> > >
> > > >
> > > > Padahal,cinta sedang terlihat ria di sana,di teras sana.di
dalamnya
> > > > sungguh terdengar banyak canda,tawa,suka..entahlah di dalamnya
apakah
> > > > ada sisa2 lara atau rindu2 lalu yg tuntas kala itu.dan
entah,apakah
> > > > tumbuh baru benih2 cinta dari pandangan pertama yg menggebrak
> > > > dada.entahlah.
> > > > Panorama cinta itu jelas terlihat dengan saling sapa yg hangat
antar
> > > > kerabat sedari kaki menapak pagi.
> > > > Cukup terekam sampai sore menjelang bubar acara jumpacinta itu
dalam
> > > > lembar keasinganku yg blm trbiasa.
> > > > Namun ada "bosan" yang bertengger di posisi ke dua sebagai
nominasi
> > > > musuh tangguh untuk cinta.bosan itu menuntunku untuk menjauh
dari
> > > > jenuh dan sekadar berjalan merekam sebentar ada apa dengan
sekitar.
> > > > Memang elok danau ini,anginnya nakal-nakal..bebas menyentuh apa
saja
> > > > yg ia suka.karena ia memang tak pernah terlibat pada peraturan
> > > > apapun.segala apa ia kecup,segala apa ia dekap.aku berjalan dan
> > > > mendekapnya..stelah lama mengantuk dlm duduk.
> > > > dengan mata jelalatan menikmati aliran danau.
> > > > Berjalan dan mulai merangkum suasana.
> > > > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak
cadel
> > > > juga mungkin;-).
> > > > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di
bawah
> > > > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > > > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu
dalam
> > > > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > > > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > > > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat
dari
> > > > bisik2 yg berisyarat.
> > > > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > > > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg
pasrah..dalam
> > > > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > > > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk
terusik
> > > > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > > > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > > > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak
ada
> > apa2.
> > > > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > > > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > > > Dengan nyanyi2 hati,
> > > > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > > > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > > > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya
bisa
> > > > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah
semua
> > > > cinta untuk cintamu"..amin.
> > > >
> > > > jakarta.28-07
> > > >
> > > > salam_mirah :jun nizami
> > > > http://zunannizami.multiply.com
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > > --
> > > -"When there's a will there's a way"
> > > Nursalam AR
> > > Translator, Writer, Writing Trainer & Media Consultant
> > > 0813-10040723
> > > http://nursalam.multiply.com
> > > YM ID: nursalam_ar
> > >
> >
> >
> >
>
>
>
> --
> Andri Pranolo
> Gendeng GK IV/953, Yogyakarta 55225
> Telp. (+62)274-547015/ (+62)81392554050)
> http://apranolo.staff.ugm.ac.id
>

2c.

Re: [pena kelana]menerjemah cinta di situ gintung.

Posted by: "Andri Pranolo" apranolo@gmail.com   and_pci

Wed Jul 30, 2008 4:29 am (PDT)

Dia terkesan juga tuh sama mas Jun.
Insyaalloh kalo ada acara lagi saya akan ajak dia mas.
Oke deh insyaalloh salamnya saya sampaikan.

He.. kalo mas Jun sempat nulis pesan yang motivasi yang dapat menggugahnya
semangat belajar dan ngaji, saya sangat berterima kasih mas.
Biasanya saya cuma memantau ia lewat telepon.
Barangkali dengan sahabat barunya, mas Jun, dapat lebih semangat lagi dia.

Ma'lum mas, di rumah tinggal ibu sendirian yang ngawasi secara langsung
Ahmad dan adik saya yang berusia 5 tahun. Sedang Saya, Adik Saya yang Kedua
dan
Ketiga jarang sekali di rumah.

Salam,
Apranolo

2008/7/30 tinta_mirah <tinta_mirah@yahoo.co.id>

> [image: :)]...ga lah mas. itu adegan bukan buat tontonan anak-anak dan
> 17 tahun ke atas juga kayaknya.salam buat adekmu ya! trims dah nemenin saya
> gitu.soalnya saya sempet kebingungan. tapi hanya dengan adik mas saya jadi
> bebas ngobrol dan ga perlu berbahasa2 intelek.
>
>
> salam_mirah: jun nizami
> http://zunannizami.multiply.com
>
> --- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, "Andri Pranolo" <apranolo@...>
> wrote:
> >
> > Wah hebat mata mas Jun jeli ya...
> > tidak semua sahabat yang hadir disana dapat ngeliat acara itu kan..?.
> > Oia mas jun, adik saya gak ikut2an diajak ngeliat adegan 1 minute itu
> > kan..?. hee...2x.
> >
> > Salam
> > Apranolo
> >
> > 2008/7/29 tinta_mirah tinta_mirah@...
> >
> > > liatnya sih ga sengaja,mas.
> > > cuma lamanya agak-agak disengaja..entah menikmati,entah supaya mereka
> > > merasa diintipi..biar pindah aja gitu..^_^
> > >
> > >
> > > salam_mirah :jun nizami
> > > http://zunannizami.multiply.com
> > >
> > > --- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com<sekolah-kehidupan%
> 40yahoogroups.com>,
>
> > > "Nursalam AR"
> > >
> > > nursalam.ar@ wrote:
> > > >
> > > > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak cadel
> > > > juga mungkin;-).
> > > > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di bawah
> > > > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > > > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu
> dalam
> > > > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > > > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > > > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat dari
> > > > bisik2 yg berisyarat.
> > > > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > > > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg pasrah..dalam
> > > > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > > > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk terusik
> > > > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > > > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > > > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak ada
> apa2.
> > > > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > > > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > > > Dengan nyanyi2 hati,
> > > > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > > > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > > > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya bisa
> > > > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah semua
> > > > cinta untuk cintamu"..amin.
> > > >
> > > > Duh, bagian yang ini panjang kali ya:). Ngintipin yaa? Awas,nanti
> > > kepengen:)
> > > > Btw, sungguh cara yang indah untuk mengabadikan momen indah 27 Juli
> > > kemarin.
> > > > Jadi,siapa bilang 27 Juli hanya penuh darah?
> > > >
> > > > Tabik,
> > > >
> > > > Nursalam AR
> > > >
> > > > 2008/7/29 tinta_mirah tinta_mirah@
> > >
> > > >
> > > > >
> > > > > Padahal,cinta sedang terlihat ria di sana,di teras sana.di dalamnya
> > > > > sungguh terdengar banyak canda,tawa,suka..entahlah di dalamnya
> apakah
> > > > > ada sisa2 lara atau rindu2 lalu yg tuntas kala itu.dan entah,apakah
> > > > > tumbuh baru benih2 cinta dari pandangan pertama yg menggebrak
> > > > > dada.entahlah.
> > > > > Panorama cinta itu jelas terlihat dengan saling sapa yg hangat
> antar
> > > > > kerabat sedari kaki menapak pagi.
> > > > > Cukup terekam sampai sore menjelang bubar acara jumpacinta itu
> dalam
> > > > > lembar keasinganku yg blm trbiasa.
> > > > > Namun ada "bosan" yang bertengger di posisi ke dua sebagai nominasi
> > > > > musuh tangguh untuk cinta.bosan itu menuntunku untuk menjauh dari
> > > > > jenuh dan sekadar berjalan merekam sebentar ada apa dengan sekitar.
> > > > > Memang elok danau ini,anginnya nakal-nakal..bebas menyentuh apa
> saja
> > > > > yg ia suka.karena ia memang tak pernah terlibat pada peraturan
> > > > > apapun.segala apa ia kecup,segala apa ia dekap.aku berjalan dan
> > > > > mendekapnya..stelah lama mengantuk dlm duduk.
> > > > > dengan mata jelalatan menikmati aliran danau.
> > > > > Berjalan dan mulai merangkum suasana.
> > > > > Sepasang dara muda yg masih dalam usia mengeja cinta.masih agak
> cadel
> > > > > juga mungkin;-).
> > > > > Entah sejak kapan..disisi danau,mereka digemulaikan asmara.di bawah
> > > > > pohon rindang bisu dan asmara yg buta..mereka mengartikan cinta
> > > > > semena-mena,di kasidahi semilir angin nakal,nafas mereka menderu
> dalam
> > > > > kebutaan,keegoisan,ke tak sopanan atas lingkungan sekitar.
> > > > > Peduli setan dengan norma dan moral setak peduli angin pada
> > > > > peraturan.yang mereka peduli hanyalah saling menumpah hasrat dari
> > > > > bisik2 yg berisyarat.
> > > > > Mata mereka buta dari mata2 yg memperhatikan mereka.
> > > > > Memeluk bara dlm desah dan saling mengulum rindu dg pasrah..dalam
> > > > > ruang yg dianggap menyembunyi.
> > > > > Syukur,stlh agak lama akhirnya msh ada sisi hati mereka untuk
> terusik
> > > > > juga ats ta2pan skilas orng yg melintas.
> > > > > Merekapun akhirnya duduk ditepi,si dara jelita duduk menggelepok
> > > > > seenaknya diatas pangkuan lelakinya..dng manja dan merasa tak ada
> > > apa2.
> > > > > Stlh Cukup menikmati dan mengutuki adegan semenit bagiku ini.Aku
> > > > > kembali ke teras ramah cinta sekolah kehidupan.
> > > > > Dengan nyanyi2 hati,
> > > > > "maafkan tuhan,jika hamba bukan pejihad yg bisa untuk
> > > > > mengingatkan,dengan perbuatan,dan ucapan.
> > > > > Hamba hanya seorang yg berlari dari diri sendiri dan hamba hanya
> bisa
> > > > > brdoa semoga cinta msh bercitra dan terjaga.dan lebihkanlah semua
> > > > > cinta untuk cintamu"..amin.
> > > > >
> > > > > jakarta.28-07
> > > > >
> > > > > salam_mirah :jun nizami
> > > > > http://zunannizami.multiply.com
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --
> > > > -"When there's a will there's a way"
> > > > Nursalam AR
> > > > Translator, Writer, Writing Trainer & Media Consultant
> > > > 0813-10040723
> > > > http://nursalam.multiply.com
> > > > YM ID: nursalam_ar
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
> >
> >
> > --
> > Andri Pranolo
> > Gendeng GK IV/953, Yogyakarta 55225
> > Telp. (+62)274-547015/ (+62)81392554050)
> > http://apranolo.staff.ugm.ac.id
> >
>
>
3.

[ARDA NEWS] PAUD: Wadah Mengelola Masa Keemasan Anak

Posted by: "arda dinata" reusenews@yahoo.com   reusenews

Wed Jul 30, 2008 2:54 am (PDT)


Wadah Mengelola Masa Keemasan Anak
Oleh Arda Dinata
http://paudnews.blogspot.com

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia 0-6 tahun dalam aspek-aspek pendidikan, kesehatan dan perbaikan gizi. Usaha ini dilakukan oleh lembaga/ lingkungan yang terdiri dari keluarga, sekolah, lembaga-lembaga perawatan, keagamaan dan pengasuhan serta teman sebaya yang berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak.

Para ahli psikologi perkembangan mengemukakan bahwa tumbuh kembang anak ditentukan oleh interaksi antara faktor bawaan dan faktor lingkungan. Adanya pengakuan orang tua, pendidikan, maupun lingkungan makro lainnya termasuk kebijakan pemerintah (keputusan) tentang upaya meningkatkan kualitas anak, merupakan faktor lingkungan yang mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan anak, namun perkembangan itu tetap dipengaruhi juga oleh sifat bawaan yang dimiliki anak.
Kondisi tumbuh kembang anak yang baik akan berpengaruh pada kualitas manusia (anak) di kemudian hari. Walaupun konsep kualitas manusia itu sendiri memang masih abstrak, akan tetapi menurut Juwono Sudarsono (1998), mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengungkapkan bahwa kualitas manusia itu, ditandai dengan ciri-ciri: Pertama, cerdas, kreatif, terampil, terdidik dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, sehat dan berumur panjang. Ketiga, mandiri dan memiliki akses kehidupan yang layak.
Dalam hal ini, yang menentukan kualitas manusia tersebut adalah adanya pembinaan sejak usia dini menyangkut masalah kesehatan, nutrisi, dan stimulus intelektual. Maksudnya, kita tidak dapat mengutamakan hanya salah satu dimensinya saja. Tapi, penanganan ketiga dimensi tersebut (kesehatan, nutrisi dan intelektual) sudah harus dimulai sejak dalam kandungan (prenatal).
Oleh karena itu, upaya pembangunan anak melalui program PAUD, khususnya anak-anak di daerah tertinggal, kritis dan minus harus menjadi prioritas program PAUD. Masalah yang muncul saat ini adalah bagaimana agar program PAUD ini betul-betul mendukung Wajar Dikdas (wajib belajar pendidikan dasar) 9 tahun? Lalu, strategi dan peningkatan akses mutu layanan PAUD seperti apa yang perlu dilakukan guna terwujudnya anak sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, serta memiliki kesiapan memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut?

Layanan PAUD
Saat ini, mutu hasil belajar dan efesiensi pelaksanaan pendidikan nasional masih belum memuaskan sebagaimana yang diharapkan. Sebagai contoh, masih rendahnya mutu hasil belajar dan masih adanya peserta didik yang drop out (DO), baik di SD maupun SLTP. Kondisi ini nampaknya masih memerlukan upaya untuk meningkatkan mutu dan efesiensinya.
Apalagi, berdasarkan serangkaian studi selama 30 tahun, terutama di Amerika Serikat, telah menunjukkan bahwa program pembinaan anak usia dini dapat memperbaiki prestasi belajar, baik di SD, SLTP; dapat meningkatkan produktifitas kerja dan penghasilan di masa depannya; serta mengurangi ketergantungannya kepada pelayanan kesehatan dan sosial (Soedijarto; 1998).
Atas dasar itu, maka untuk melaksanakan program wajar pendidikan dasar 9 tahun, serta upaya meningkatkan mutu relevansi dan efesiensi pendidikan nasional, maka adanya program PAUD menjadi suatu hal yang strategis dan penting dalam pembangunan pendidikan anak.
Namun demikian, saat ini kendala yang masih dirasakan dari program PAUD adalah adanya keterbatasan akses dan belum maksimalnya mutu layanan PAUD di masyarakat. Sebagai contoh, dari 4,5 juta anak usia 0-6 tahun di Jawa Barat baru sebanyak 14,28 persen yang terlayani pendidikan anak usia dini (PAUD), baik formal maupun nonformal. Oleh karena itu, target PAUD untuk sejuta anak di Jawa Barat atau 36,21 persen terasa amat berat jika tanpa peran serta semua lapisan masyarakat (Pikiran Rakyat, 26/6/07).
Sedangkan kondisi layanan PAUD sendiri, di Jawa Barat berdasarkan data kabupaten/ kota tahun 2005 menunjukkan cakupannya 370.565 anak (8,13 persen) untuk PAUD formal dan PAUD nonformal 370.565 anak (8,13 persen). Padahal, menurut Ketua Pelaksana Bermain dan Berlomba di Mapolda Jabar, Novillya Virginia, menyebutkan jumlah mereka di Jawa Barat 4,5 juta anak (PR, 26/6/07). Kondisi tersebut, penulis yakin, tidak jauh berbeda dengan keadaan di provinsi lainnya.
Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan PAUD sendiri di masyarakat dilakukan melalui dua pendekatan. Pertama, PAUD formal dalam bentuk TK/ RA. Kedua, PAUD nonformal diantaranya berupa Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Posyandu, dan satuan PAUD sejenis lainnya.

Pengembangan PAUD
Suatu program dikatakan baik, bila dalam kegiatannya itu memperhatikan kondisi setempat dan melibatkan (baca: memanfaatkan) potensi yang ada di dalam masyarakat secara optimal. Begitu juga dengan program PAUD haruslah memperhatikan kedua aspek tersebut. Dengan kata lain, program PAUD harus dilakukan secara integral dengan program sejenis yang memiliki tujuan sama. Bila hal tersebut tidak dilakukan secara matang, maka bukannya dukungan dan simpati dari pihak lain yang didapat, tetapi justru sikap antipati dari kelompok masyarakat lainnya.
Hal faktual yang dapat menggambarkan kondisi seperti itu adalah apa yang terjadi di daerah Kab. Garut, Jawa Barat. Seperti diberitakan Surat Kabar Priangan (edisi 19-20 Juni 2007), kehadiran program PAUD di desa-desa Kab. Garut, dikeluhkan oleh sejumlah pengelola pendidikan taman kanak-kanak (TK). Dengan maraknya program itu dikhawatirkan akan mengancam keberadaan sekolah TK yang telah lama berdiri.
Selain itu, maraknya program PAUD, juga menimbulkan kecemburuan. Pasalnya, penyelenggaraan pendidikan PAUD mendapat bantuan dari pemerintah, sedangkan pendidikan TK tidak.
Menyikapi hal terakhir, hemat penulis, hal tersebut muncul kepermukaan dikarenakan masih kurangnya sosialisasi dan komunikasi terhadap adanya program PAUD secara integral dengan program sejenis yang ada di daerah tersebut (baca: masyarakat), seperti TK, RA, TPA, dan lainnya.
Artinya, kalau saja sosialisasi program PAUD itu dilakukan dengan baik dan benar, maka pengelola pendidikan semacam TK dan sejenisnya tidak perlu khawatir dan merasa terancam. Sebab, program PAUD sendiri diperuntukan bagi anak umur 2-4 tahun, sedangkan TK untuk anak 4-6 tahun. Walau pun pada kenyataannya, penulis melihat di lapangan pembagian ini kadang-kadang tidak betul-betul dipatuhi dan tidak ada perbeadaan yang berarti.
Sementara itu, kalau dilihat dari tujuannya, program PAUD bertujuan untuk mengenalkan pendidikan sejak usia dini dan diperuntukkan khusus menampung anak-anak dari keluarga kurang mampu. Sedangkan pendidikan di TK rata-rata dari kalangan keluarga mampu. Dan yang pasti siswa PAUD pun dibatasi hanya 30 anak, sedangkan TK pada umumnya tidak dibatasi.
Untuk itu, pengembangan program PAUD ini ke depan, harus jelas-jelas bersinergi dengan lembaga-lembaga sejenis lainnya, baik yang formal maupun nonformal. Pasalnya, pendidikan semacam TK dan program PAUD ini sesungguhnya adalah sama-sama untuk mengelola masa keemasan anak untuk mempersiapkan memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut (baca: mendukung wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun). Di sinilah, kelihatannya harus dipersiapkan strategi yang tepat dari adanya program PAUD di masyarakat.

Strategi Peningkatan Akses
Pelaksanaan pembinaan anak usia dini di Indonesia, sesungguhnya selama ini telah dilakukan melalui berbagai upaya. Baik upaya secara langsung (seperti Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak Kanak), maupun secara tidak langsung (Posyandu, Balai Keluarga Balita, dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PKK, KOWANI). Namun demikian, sayangnya pelayanan tersebut masih terpisah-pisah, belum tersikronisasi dan sinergik dengan baik, serta jumlahnya pun masih sangat terbatas jangkauannya.
Atas dasar fakta yang ada selama ini dan dikaitkan dengan sasaran program PAUD, maka alangkah baiknya bila strategi pelaksanaan yang diambil dalam program PAUD ini adalah lebih difokuskan pada pemberdayaan pendidikan anak usia dini melalui pendekatan nonformal, dan tentunya dengan tetap harus bersinergi serta berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini yang bersifat formal.
Untuk itu, secara pendekatan nonformal, langkah menyatukan Posyandu dan Balai Keluarga Balita dalam merealisasikan dari program PAUD adalah sesuatu hal yang realistis dan akan lebih meningkatkan angka pencapaian dari program PAUD. Dalam hal ini, paling tidak ada tiga strategi yang dapat dilakukan terkait dengan upaya peningkatan akses mutu layanan PAUD nonformal dalam mendukung wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.
Pertama, kegiatan penyatuan Posyandu dan BKB harus berimplikasi dalam wujud adanya satu pelayanan yang memberikan bimbingan masalah gizi dan kesehatan yang memadai bagi ibu dan anaknya, memberikan informasi tentang cara-cara mendidik dan memberdayakan anak usia dini secara benar.
Kedua, harus didukung dengan keterpaduan pada tingkat masyarakat. Yakni berupa fasilitas umum, kader, kurikulum dan pelatihan yang terintegrasi dengan baik. Dalam arti lain, Posyandu dan BKB itu harus disinergiskan dengan semua program yang memiliki tujuan pada kebutuhan anak umur 0-4 tahun dan atau dengan TK. Sehingga transisi dari rumah ke pelayanan PAUD sebelum masuk SD dapat berjalan lancar.
Di sini, pendidikan yang diperlukan bagi anak usia dini sebagai dasar untuk pendidikan selanjutnya, antara lain: pendidikan gerak tubuh & kinestetik; pendidikan untuk mengembangkan kemampuan verbal/ linguistik; dan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan sosio emosional.

Ketiga, adanya program yang integral dalam hubungan birokrasi yang dilakukan oleh berbagai sektor dan departemen yang terkait dengan bidang pemberdayaan pendidikan anak usia dini dan kesejahteraan keluarga. Arti lainnya, adalah perlu adanya gerakan yang bersifat menyeluruh untuk mengembangkan program PAUD melalui KIE.
Sementara itu, Prof. Dr. Soedijarto (1998), dalam makalahnya berjudul: Pembinaan Perkembangan Anak Sejak Dini Sebagai Investasi Untuk Masa Depan, menyebutkan ada 7 pendekatan dan alternatif pelayanan yang dapat dilakukan untuk meningkatnya akses (jangkauan) dan mutu layanan dari program pembinaan pendidikan anak usia dini ini.
Pertama, pealayanan langsung kepada anak-anak melalui program penitipan anak, kelompok bermain, dan berbagai bentuk kelembagaan yang melayani anak secara langsung dan melembaga.
Kedua, pendidikan "caregives" baik orang tua (ibu), atau lembaga sukarela melalui program-program kunjungan dari rumah ke rumah, pendidikan keluarga, Posyandu, atau Balai Keluarga Balita.
Ketiga, peningkatan partisipasi masyarakat melalui program pemasyarakatan dengan melatih kader dan pemimpin seperti yang dilakukan di Malaysia dan Thailand.
Keempat, pengembangan kemampuan tenaga ahli dan semi ahli untuk memberikan model-model pembinaan yang dapat menarik perhatian dan memungkinkan motivasi masyarakat untuk mengikuti jejak model-model yang dikembangkan para ahli.
Kelima, peningkatan kesadaran masyarakat dan peningkatan tuntutan masyarakat perlunya program tersebut.
Keenam, mengembangkan jaringan kerja dalam masyarakat yang dapat mendukung terlaksananya suatu program, seperti ditetapkannya peraturan-peraturan yang secara tidak langsung mendorong atau memperkuat kemauan seluruh masyarakat untuk melaksanakan program pembinaan anak usia dini.
Ketujuh, mengembangkan kebijakasanaan nasional yang menjadi landasan terlaksananya program secara ajeg dan sinambung.
Akhirnya, melalui strategi dan usaha peningkatan akses mutu layanan PAUD seperti di atas, maka diharapkan keberadaan program PAUD ini dapat menjadi wadah dalam mengelola masa keemasan anak, serta memiliki kesiapan memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Tepatnya, mendukung program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Wallahu'alam.***

Penulis, adalah pendidik dan blogger di Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam/ MIQRA Indonesia, www.miqra.blogspot.com.

--
Posted By ardanews to ARDA NEWS at 7/30/2008 02:06:00 AM

4a.

Re: Untitle*

Posted by: "tinta_mirah" tinta_mirah@yahoo.co.id   tinta_mirah

Wed Jul 30, 2008 2:54 am (PDT)

salam_mirah aja..ni mba-mba apa mas-mas?kok ad budi nya?

--- In sekolah-kehidupan@yahoogroups.com, "magnifico_99"
<magnifico_99@...> wrote:
>
> *Silahkan kasih judul sesuai selera...he.he..
>
> Entah tepatnya kapan saya sudah lupa pertama kali saya bergabung
> dengan temen2 di SK. Yang aku inget dulu aku kenal SK dari seorang
> temen yang ada di milis lain yang sekarang aku tinggalkan(biar bisa
> fokus aja sih).
> Sejak saat itu aku seperti menemukan dunia baru, ya dunia bagi orang2
> yang selalu belajar dari kehidupan dan sejak saat itu pula aku yakin
> bahwa SK bisa memberikan banyak manfaat kebaikan untukku.
> Juli milad SK kedua. Sejak membaca tulisan itu aku mulai cemas dan
> was-was. Rasa cemas dan was-was-ku tak lain karena aku khawatir ga
> bisa ikut hadir di acara tahunan tersebut(ga melebih-lebihkan kok).
> Buat aku milad SK bukan segala-galanya akan tetapi ternyata tanpa aku
> sadari(pingsan kali??!) dan aku sengaja, aku telah membuat segala-
> galanya untuk bisa ikutan milad SK. Dalam agenda kerjaku, bulan Juni-
> Juli adalah bulan padat2nya kegiatan. Dari event Nasional tahunan,
> supervisi ke cabang, rapat koordinasi tengah tahun, pelatihan, rapat
> kordinasi departemen-ku dan beberapa event di Bandung sendiri. Belum
> lagi rencana kedatangan Ibu-ku dari Jawa, aku urutkan dari tanggal 28
> Juni sampai 23 Juli full agenda (duh kok dramatis banget?).
> Semua aku rancang agar tanggal 26-27 Juli aku punya waktu
> kosong dan aku bisa hadir di milad SK. Alhamdulillah semua berjalan
> sesuai dengan apa yang aku rencanakan. Meskipun akhirnya aku harus
> bekerja dengan konsentrasi ekstra dan waktu kesempatan OL-ku tersita,
> sampai2 aku ga tahu perkembangan SK dan milad itu sendiri. Sekedar
> bocoran, sampai dengan hari H aku baru tahu kalau ternyata peserta
> diminta bawa kado seharga 10 ribu, untung ada Pak Teha yang baik hati
> yang telah merelakan wafer bekalnya untuk aku bungkus jadi kado. Oia,
> satu lagi aku juga baru sempet bayar biaya milad juga di hari H,
> karena sebelumnya ditalangin ma Mbak Sintha (Ibu Bendahara). Itulah
> SK, orangnya baek-baek, jangan pada GR ya...(tapi itu jujur kok).
> Akhirnya datanglah hari yang kunantikan itu. Baru malam
> menjelang keberangkatan aku update berita keberangkatan barudak
> SK'ers Bandung ke Jakarta, dan dalam daftar yang aku baca di
> postingan digest (setelah dikasih tahu Mbak Shintha), ternyata aku
> digolongkan kelompok wilayah Bandung bagian selatan, yang harus
> berkumpul di depan Carefour. Alhamdulillah deket.
> 10 menit dari jadwal yang dijanjikan aku telah standby
> dilokasi. Celingukan ga jelas karena aku sadar betul bahwa SK'ers
> Bandung tidak banyak yang aku kenal kecuali Pak Teha dan Mas Hadian.
> Untuk meyakinkan bahwa aku ga salah tempat nunggu aku pastikan dengan
> menelpon Pak Teha dan Mas Hadian dan mereka berdua memintaku untuk
> tetap dilokasi sampai dijemput.
> Rasa senang dan grogi pun muncul setiap melihat mobil Avanza
> atau Innova yang mendekat. Karena di postingan itu disampaikan kami
> akan berangkat ke Jakarta dengan kedua jenis mobil itu. Tidak lama
> kemudian Pak Teha muncul dengan mobil Avanza-nya. Dan aku orang
> pertama yang memasuki mobilnya, kemudian disusul Mbak Iin dan...(duh
> satunya siapa aku lupa) yang sebenarnya sudah sempet mondar mandir
> didepanku waktu aku nunggu Pak Teha, kemudian muncul Mbak Ela, Mbak
> Shinta, Mbak Ajeng, Mbak Levi dan Andri (adiknya Mbak Levi) dan yang
> terakhir Mas Jun yang sebenarnya juga dah lama nunggu dan berdiri tak
> jauh dari tempat aku menunggu. Aku yakin, waktu itu hati kalian juga
> saling tebak2 buah manggis:"itu anak SK pa bukan ya?"
> Setelah semua di absen, kami segera meluncur ke pintu Tol
> Buah batu, tempat yang dijanjikan Mas Hadian untuk kami bertemu.
> Sebuah Innova ter-parkir dibahu jalan, mobil kami pun parkir
> mendekati. Dari dalam mobil muncul lah Mas Hadian yang wajahnya tak
> asing bagiku. Akan tetapi ukuran tubuhnya membuat aku cukup terkejut.
> Ia makin tambun dan item. Dan waktu aku tanya, jawabannya membuat aku
> mati kutu. "Jawabannya nikah Bud , karena orang nikah itu seneng ada
> yang "ngopeni (istilah penulis_memelihara, merawat dan sejenisnya)",
> glubrakkk...
> Aku masih terkejut lagi waktu Pak Teha memperkenalkan nama Bunda Ammy
> ternyata orang yang berdiri di sebelah Mas Hadian. "Oh ini to Bunda
> Ammy" gerutuku dalam hati. Aku cukup terkejut karena dalam bayangku
> Bunda Ammy itu sesosok perempuan yang ke Ibu-ibuan banget, dan
> ternyata yang aku lihat adalah sosok perempuan yang tampak "strong"
> bahkan kalau boleh mengutip kata2 Pak Teha: "tampang preman"(Sory
> Bunda, becanda kok...Piss!!). Kejutan lain lagi saat aku melihat Mas
> Jun, ternyata orangnya pendiam banget ga serame tulisannya yang kerap
> muncul di milis. Lah sedangkan aku orangnya yang rame dan suka
> ngomong, tulisannya jarang banget muncul?
> Singkat cerita jam 9 lebih kami telah sampai di lokasi Situ
> Gintung, semuanya asing bagiku kecuali dua orang Asma ma Nia yang
> sempet ketumuan waktu aku ada training di Bogor dan Mbak Novi. Wajah2
> yang ramah menyapa kami. Acara berlangsung. Setelah pembukaan acara
> diawali dengan lounching buku "menggenggam cahaya", tanpa disengaja
> air mataku berderai saat mendengarkan kisah yang dibacakan Mbak Lia
> dan Puisi yang dibawakan Mas Dany. Aku teringat pada Ibu-ku, yang aku
> tinggalkan sendiri menjalani masa lanjutnya di rumah, karena Bapak
> dah berpulang dua tahun silam. Meskipun aku merantau karena
> perwujudan cita2ku, mimpiku, harapan dan doa Ibuku agar aku mejadi
> orang yang bermanfaat bagi orang lain, Aku tetap mendambakan bahwa
> aku bisa hidup dan tinggal bersama Ibu menjalani usia lanjutnya
> seperti apa yang dikisahkan oleh Pak Arham Kendari.
> Ada satu lagi yang membuat aku terkejut. Extravaganza yang
> ceritanya bisa membuat orang terpingkal-pingkal, ternyata scrip
> writer-nya orang yang pendiam banget. "kok bisa ya?"dalam hatiku. Aku
> pikir orang di balik layarnya jauh lebih gokil dan gila dari pada si
> Tora dan Aming. Aku juga inget waktu awal2 kuliah dulu, aku dan
> kawan2 suka pakai kata2 yang muncul ditanyangan extravaganza untuk
> kami pakai berulah membuat kawan yang lain tertawa dan selalu
> berhasil.
> Aku sangat menikmati acara yang disuguhkan. Tanpa terasa
> akhirnya sampai juga dipenghujung acara hari itu. Pukul 17.00 kami
> melaju kembali ke Bandung dengan meninggalkan kesan yang menyenangkan
> dimata anggota milis yang laen dan membawa kenangan indah hari itu.
> Hujan deras mengiringi perjalanan kami keluar dari Jakarta. Dan
> sekitar pukul 18.30 kami sampai di rest area KM 57 (eh salah ga ya?).
> setelah menunaikan Sholat, kami lanjutkan dengan makan bersama di
> sebuah Warung waralaba yang terkenal dengan Friedchicken-nya. Mas
> Hadian bagai bebek ketemu kolam, senang bukan kepalang. Orang jawa
> bilang "tumbu ketemu tutup", orang lapar ketemu makanan enak, ya klop
> banget. Tul ga mas?he..he...just kiding bro.
> Pukul 22.00an kami memasuki Kota Bandung setelah sebelumnya
> mengantarkan Bunda Ammy ke rumahnya di Cimahi. Selanjutnya kami pun
> memisahkan diri. Rombongan mobil yang aku kemudikan ke arah Bandung
> Selatan dan rombongan Mas Hadian ke arah Bandung Utara. Sekitar pukul
> 11.oo saya dan Pak Teha bisa menyelesaikan pengantaran terakhir yaitu
> Mbak Levi dan Andri adiknya, setelah mengantarkan Iin dan temennya di
> daerah Daikolot.
> Perjalan yang luar biasa, ingin rasanya hari itu waktu lebih
> lambat berputar. Agar kami bisa lebih banyak berbagi cerita dan kisah
> dalam kehidupan ini. Dari hal2 konyol yang membuat perut terkocak-
> kocak sampai kisah dramatis yang membuat mata berlinang. Akan tetapi
> itulah kehidupan. Selalu berpasangan. Ada awal dan akhir, ada
> perpisahan ada perjumpaan, ada senang dan duka, ada sedih dan
> gembira. So, yang lagi jomblo jangan pada khawatir pasti ada
> pasangannya...lho kok?? Ujungnya ga yambung banget!! Halah yo ben,
> namanya juga lagi belajar.
> Pokoknya luar biasa lah buat SK'ers...thanks for kebersamaan dan
> persahabatan ini.
>
>
> Salam dahsyat,
>
>
> Budi_magni
> Kayaknya bagus juga nih buat nama baruku, biar ga pada bingung bedain
> dua orang Budi Santoso
>

Recent Activity
Visit Your Group
Biz Resources

Y! Small Business

Articles, tools,

forms, and more.

Best of Y! Groups

Discover groups

that are the best

of their class.

Dog Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to dogs.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web

Tidak ada komentar: