Jumat, 30 September 2011

[daarut-tauhiid] Sejuknya berdoa

 


Assalamualaikum,

bismillahirrahmanirrahiim. Teman, saduran agak panjang tapi
Subhanallah... insya Allah do'a di bawah bisa menambah nikmatnya berdo'a
kita.. :-)

[Kajian Bening Hati -Kajian Hikam] Oleh :Manajemen Qolbu

Jika ada sebuah pertanyaan, kenapa Allah tidak mengabulkan do'a?
Sudah begitu jelekkah kita dimata-Nya sehingga do'anya tidak
dikabulkan ? Sebetulnya berbeda urusannya, antara kita berdo'a
dengan dikabulkannya do'a tersebut.

Karena kita diperintah berdo'a oleh Allah, sedangkan mengabulkan itu
adalah Kehendak Allah. Sesuai dengan kebijakan, kearifan dan janji-Nya.
Bukankah kita tidak berdo'a saja ternyata lebih banyak diberi ?
bukankah kita tidak berdo'a untuk meminta nafas, tapi buktinya kita
selalu bernafas. Kita tidak berdo'a untuk minta makan, namun,
bukankah sampai saat ini kita masih bisa makan terus? Banyak yang tidak
kita minta, namun telah diberikan oleh Allah SWT. Bahkan yang tidak
berdo'a juga sama-sama diberi oleh Allah rejeki.

Do'a itu merupakan dzikir. Do'a itu ibadah. Bahkan dikatakan
sebagai ruhnya ibadah. Orang yang hidupnya tidak dilewati dengan berdoa
maka ia adalah makhluk yang sombong. Semoga kita tidak termasuk golongan
ini.

Sabda Rasulullah Saw: "Tidak ada seorang muslim yang berdo'a
melainkan akan dikabulkan, ada kalanya disegerakan didunia, ada kalanya
disimpankannya untuknya di akhirat. Dan ada kalanya digunakan untuk
menghapuskan dosa-dosanya sesuai dengan kadar do'a yang ia ucapkan
selama ia tidak berdo'a untuk dosa atau memutuskan tali
persaudaraan".

Di bawah ini ada sedikit tulisan do'a yang insya Allah berguna bagi
kita. Waallahualam.

Bening Hati

Ya Allah, Engkaulah yang Maha Pengampun, ampunilah dosa-dosaku selama
ini. Dosa-dosa yang kecil dan yang besar, disengaja dan yang tidak
disengaja, baru-baru ini dan yang sudah lama, yang masih kuingat dan
yang sudah kulupa, pada sesama maupun pada-Mu ya Allah. Tolonglah
senantiasa jauhkan diriku dari godaan syaitan yang terkutuk, Ingatkanlah
aku dikala lupa, khilaf, agar selalu dekat denganmu ya Allah. Berilah
aku petunjuk ke jalan yang benar karena sesungguhnya aku ingin banyak
belajar kebenaran dalam agamaku dan rindu Rasul junjungan Nabi besar
Muhammad saw.

Ya Allah yang Maha Pemaaf, aku yakin masih banyak kekurangan dalam amal
ibadahku, mungkin tak ada yang sempurna sama sekali, namun insya Allah
tak pernah aku ingin merusak niatku untuk memberikan ibadah terbaikku
pada-Mu. oleh karena itu tolonglah bantu maafkan segala kekurangan dalam
ibadahku, sempurnakan amal ibadahku, lipat gandakanlah sehingga bisa
menghapuskan dosa-dosaku yang terdahulu. Berikanlah aku kesempatan dan
kemudahan untuk selalu mempersembahkan ibadah terbaikku pada-Mu.

Ya Allah yang Maha Kekal, tolong beri aku umur yang panjang, kesehatan
lahir batin dan kesempatan untuk lebih mempelajari agama-Mu,
memperdalam, dan menerapkannya di kehidupanku, agar tak putus-putusnya
dapat memperbanyak dan meningkatkan kualitas ibadah kepada-Mu hingga
maut menjemputku. Sesungguhnya aku malu, aku hina, dan karenanya aku
takut menghadap-Mu, aku takut tak memiliki apapun yang bisa kubanggakan
pada-Mu, aku takut hanya membawa cela. Aku malu bertemu junjunganku Nabi
besar Muhammad saw, tapi aku ingin sekali, sangat ingin untuk bersujud
di hadapan-Mu membawa sesuatu yang bisa kubanggakan, dari yang telah aku
perbuat selama di dunia ini. Sesuatu yang besar artinya bagi
keselamatanku di akhirat nanti. Oleh karena itu ya Allah, buanglah
kesombongan yang menyelubungi hatiku ini, yang merasa ibadahku sudah
cukup, sehingga tak merasa perlu untuk menambahnya lagi, buanglah rasa
bangga yang telah aku dapatkan di dunia ini atas segala yang kudapatkan
selain yang diawali oleh niat pada-Mu, buanglah keangkuhanku atas semua
dosa yang berceceran di sepanjang perjalanan hidupku, bukakan hatiku
untuk ucapkan taubat setaubat-taubatnya pada-Mu.

Aku ini tentara-Mu Ya Allah, aku ingin senantiasa berjuang di jalan-Mu,
berperang melawan yang mungkar dan maksiat, yang telah menghina dan
menjatuhkan umat, berperang melawan nafsu dan syahwat yang bersarang di
dalam kalbu. Sungguh berat perang ini Ya Allah, sungguh dahsyat apa yang
kuhadapi, tolong kuatkan iman dan taqwaku pada-Mu Ya Allah seperti
Engkau telah menguatkan Nabi besar Muhammad saw beserta
sahabat-sahabatnya yang terdekat yang berperang di jalan-Mu. Aku ingin
berjuang di garda paling depan, berjihad di jalan-Mu yang paling benar
dengan segala ragaku, lidah, dzikir, nafas dan hatiku selalu, hingga
maut menjemputku.

Ya Allah Yang Maha Esa, Maha Mulia, dan Maha Nyata, bantulah aku,
tanamkan aqidah dalam hatiku, tauhid, hidayah, iman, dan takwa, untuk
senantiasa percaya dan yakin akan kebenaran-Mu, walaupun engkau adalah
dzat yang Maha Gaib, tak tersentuh, tak terlihat, tak terdengar, dan tak
terasa oleh segala keterbatasanku. Ya Allah, tanamkan pula kerinduan
yang mendalam pada junjunganku Nabi Besar Muhammad saw, yang terpisah
denganku, oleh jarak dan waktu. Aku ingin sekali memeluknya, mendekapnya
erat-erat, mencintainya dan senantiasa bershalawat pada beliau, manusia
yang paling Engkau cintai di alam semesta, kekasih-Mu yang membawa
kebaikan dan keselamatan bagi dunia, penyampai berita gembira bagi umat
manusia.

Ya Allah Yang Maha Penyayang, janganlah Engkau berikan padaku siksaan-Mu
di dunia ini, di sakaratul maut, di alam kubur, di hari kiamat, di hari
hisab-Mu, di api neraka-Mu, na `udzubillah min dzaliik. Tolonglah ya
Allah, janganlah Engkau cabut nyawaku saat aku terpuruk, terpeleset,
terjatuh, terjerembab dalam lembah kemaksiatan atau kedzaliman. Cabutlah
nyawaku saat aku memiliki amal ibadah yang berlimpah, jihad fii
sabilillah, islam, indah, dan menutup nafasku dengan ucapan "Asyhadu
allaa illaaha illallah wa asyhadu anna Muhammaddaarasullullah"
berserah diri dengan tulus dan ikhlas sehingga aku bisa langsung
mengetuk pintu surga-Mu dan masuk kedalamnya selama-lamanya.

Ya Allah, mudahkanlah bagiku untuk melewati sakaratul maut, hiburlah aku
di alam kuburku, lapangkan alam kuburku, hiasilah dan terangilah alam
kuburku dengan cahaya-Mu yang indah, mudahkan bagiku untuk melewati hari
kiamat, berilah kesabaran, ketenangan hati, dan lindungilah dan teduhkan
aku dari matahari Padang Mahsyar di hari hisab-Mu, cepatkan dan
gampangkanlah bagiku berlari menyebrangi jembatan Shirattal Mustaqin,
pertemukan aku dengan junjunganku buah cintaku Nabi Besar Muhammad saw,
pertemukanlah aku dengan-Mu Ya Allah, dan perkenankan aku bersujud di
hadapan-Mu, tempatkanlah aku di surga-Mu bersama orang-orang yang Engkau
cintai.

Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Mengetahui masa lalu dan masa yang akan
datang. Tolonglah beri aku ilmu yang bermanfaat, yang dapat aku
turunkan, aku sebarkan, dan aku gunakan di jalan-Mu. Senantiasalah aku
bersyukur atasnya dan janganlah sampai aku takabur karenanya,
menyimpannya hanya untuk kepentingan diri, karena aku tau yang begitu
adalah buruk di hadapan-Mu.

Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Menguasai alam semesta langit bumi beserta
isinya. Tolonglah beri aku titipan rizki yang halal, janganlah Engkau
berikan aku titipan rizki yang haram. Persulit bagiku untuk mendapatkan
yang haram, mudahkan bagiku untuk mendapatkan yang halal. Jadikan aku
dapat menggunakannya di jalan-Mu dengan hati besar ya Allah. Berilah aku
kesempatan agar bisa berzakat lebih banyak dari yang sebelum-sebelumnya.
Senantiasalah aku bersyukur atasnya dan janganlah sampai aku takabur
karenanya.

Ya Allah, Engkaulah Yang Maha Suci, jadikanlah aku orang yang beriman,
islam, sabar dan tawaqal, soleh. Berikan kami taufik dan hidayah yang
terang benderang, yang menunjukkan jalan yang benar, berikan kami
benteng iman dan taqwa yang menjaga kami dari kemaksiatan dan
kemungkaran. Jadikan kami mampu berpikir dan berjiwa pemimpin, dewasa,
peduli, tidak egois, tidak mudah berputus asa, berguna bagi umat dan
agama-Mu. Tolonglah ya Allah, bersihkan diri kami, harta kami, hati kami
dari hal-hal yang kotor, najis dan fasik.

Ya Allah, jadikan aku berhasil di hidupku, di bidangku. Janganlah sampai
aku memiliki kemampuan dan keahlian yang mubazir. Berikan aku
keyakinan, kekuatan, kesehatan, kemampuan, waktu, dan kesempatan untuk
mengerjakannya. Jadikanlah aku pemimpin yang bertanggung jawab, adil,
bijaksana, dan berhasil, yang disenangi oleh atasanku, bawahanku,
temanku, lawanku dan semua orang yang berhubungan denganku. Jadikan aku
senantiasa bekerja hanya di jalan-Mu.

Ya Allah, dari Engkaulah datangnya segala keindahan, berilah aku waktu
untuk bisa menikmati hidupku, menikmati alam ciptaan-Mu, menambah ilmu,
mensyukurinya, sehingga bisa aku bisa merasa selalu dekat dengan-Mu,
meningkatkan ketaqwaan diriku pada-Mu.

Ya Allah, jadikanlah keluarga kami keluarga yang sakinah, mawaddah,
warrahmah. Suami yang bisa memimpin, membina, dan memenuhi kebutuhan
keluarga, yang bisa memberi nafkah materil maupun spirituil, istri yang
solehah, indah, baik dan halus tutur katanya maupun perbuatannya. Ya
Allah, apabila Engkau berkenan menitipkan keturunan pada kami, tolonglah
titipkan keturunan yang Alhamdulillah sehat wal'afiat, jasmani
rohani, indah rupanya, menyenangkan, membahagiakan, pintar, soleh,
jujur, berani dan jauh lebih baik dari kami. Titipan keturunan yang akan
membawa kami, menarik kami kedalam surgamu yang abadi. Yang tidak
melupakan dan selalu mendoakan orang tuanya untuk mendapatkan
keselamatan dunia akhirat.

Ya Allah, ampunilah dosa orang tua kami yang telah tiada, sebagaimana
kami telah memaafkannya, mengikhlaskannya. Terimalah dan lipat gandakan
amal ibadahnya. Lapangkan, hiasi dan terangi alam kuburnya. Janganlah
Engkau berikan siksa kubur padanya. Tempatkan ia di sisi-Mu, masukkan ke
dalam surga-Mu ya Allah. Kami kirimkan Al Fatihah baginya* (* baca Al
Fatihah)

Ya Allah, ampunilah dosa dan khilaf ibuku… dosa dan khilaf
ibuku… dosa dan khilaf ibuku. Berikan senantiasa rahmat,
perlindungan, kebahagiaan, kesejahteraan, kedamaian dalam dunia dan
akhirat padanya. Terimalah dan lipat gandakan amal ibadahnya. Janganlah
Engkau sia-siakan pengorbanannya ketika sembilan bulan mengandung
diriku, darah, tangisan, pedih, beratnya perjuangan ketika melahirkan
diriku, sabar dan perhatiannya ketika membesarkanku dan mendidikku,
semua yang tak mungkin tergantikan oleh apa yang telah aku kerjakan
selama ini.

Ya Allah, ampunilah dosa orang-orang yang telah menanamkan islam dalam
diriku, yang menyampaikan hidayah-Mu padaku. Berikan senantiasa rahmat
dan keselamatan dunia akhirat padanya, karena sesungguhnya melalui
mereka mataku lebih terbuka untuk lebih mencintai-Mu. Dan jadikan aku
senantiasa ingat dan melaksanakan akan pesan dan contoh2 baik yang telah
diajarkannya.

Ya Allah, ampunilah dosaku, dosa kedua orangtua kami, kakek nenek kami,
kakak adik kami, keluarga kami, saudara-saudara kami, guru-guru kami,
tetangga kami, pemimpin kami, muslimin dan muslimat, dan semua
orang-orang yang berbuat baik dan menyayangi kami. Baik yang masih ada
maupun yang sudah tiada. Tunjukkan jalan yang lurus, terangi jalan hidup
kami, antarkan kami dan jadikanlah kami ahli surga-Mu. Apabila diantara
kami ada yang sedang sakit atau sedang berada dalam kesulitan, tolong
sembuhkan dan mudahkanlah. Janganlah Engkau berikan kami cobaan
sekiranya kami tak mampu menghadapinya. Berikanlah kedamaian diantara
kami. Lindungilah dan lepaskan kami dari segala bentuk kejahatan dan
kedzaliman. Jauhi kami dari segala marabahaya. Berilah kami kemurahan
rezeki, jalan yg lurus, diberi petunjuk dlm menentukan semua pilihan dan
jalan hidup. Berikanlah janji surga-Mu pada kami ya Allah.

Ya Allah ampunilah dosa orang-orang yang memusuhi umat islam, bukakan
hati, terangi hatinya dan berilah ia petunjuk dan hidayah atas kebenaran
islam agar bersama mereka, kita semua bisa menciptakan kebaikan dan
kedamaian diantara kami.

Ya Allah berilah pemimpin bangsa ini hidayah, dan kekuatan yang bisa
mengantarkan umat ini, negara ini, bangsa ini menuju kemakmuran,
kesejahteraan, keselamatan, kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Ya Allah, berikanlah kesempatan bagi kami untuk melengkapi semua rukun
islam yang lima dengan sempurna. Berikan kami umur, rizki, kekuatan dan
kesempurnaan iman, islam, niat, ibadah, syahadat, sholat, zakat, dzikir
kami, penglihatan kami, sentuhan kami, langkah kami, nafas kami untuk
menunaikan ibadah haji. Berkumpul bersama umat islam lainnya dari
penjuru dunia, di jazirah para Nabi. Bertatap muka dengan ka'bah,
berkumpul di Arafah, lempar jumrah, serta berziarah ke makam kekasih-Mu
Rasullullah. Berikanlah kami kemampuan serta keridho'an-Mu untuk
semua itu ya Allah. Dan apabila aku bisa memenuhi panggilan-Mu,
jadikanlah aku berangkat hanya dengan harta kami yang paling halal.
Terimalah hajiku sebagai haji yang mabrur sepulangnya dari tanah
suci-Mu.

Ya Allah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan, kabulkanlah doa
hamba-Mu ini, Amin ya rabbal aalamiin.

[border-top-width: 0px;border-right-width: 0px;border-bottom-width:
0px;border-left-width: 0px;border-style: initial;border-color: initial;]

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: