Kamis, 22 September 2011

[sekolah-kehidupan] Digest Number 3485

Messages In This Digest (3 Messages)

1.
[catcil] Hati-hati, ya ^_^ From: novi khansa'
2.
(no subject) From: dhank Ari
3.
(no subject) From: Fanni Kurniawan

Messages

1.

[catcil] Hati-hati, ya ^_^

Posted by: "novi khansa'" novi_ningsih@yahoo.com   novi_ningsih

Wed Sep 21, 2011 9:41 pm (PDT)




Sebuah SMS masuk,
................................................
jgn ketiduran klo di angkot

Maraknya
berita kriminal di angkutan kota tak urung membuat khawatir orang-orang
di sekitarku. Di antara teman-teman, keluarga, dan lain-lain, aku punya
kebiasaan tidur di angkot. Pembelaanku satu, perjalanan menggunakan
angkot itu lama, bisa 30 menit sampai 1 jam, bahkan lebih. Aku pernah
tidur dan bangun berkali-kali, tapi belum sampai juga ~_~,  alamatnya
aja di Ujung Harapan (ini beneran ada di daerah Bekasi, lho).

Jadi kalau nggak baca buku di angkot ,ya tidur, masa bengong :P Sayang kan waktunya, hehe.

Sudah sejak lama, Ummi di Depok, kalau aku pamit pulang ke rumah, selain membekali makanan untuk perjalanan, berpesan agar aku nggak tidur di angkot. Yaelah, Mi, kayak aku mau ke mana aja, aku kan pulang ke rumah, pakai dibekalin lagi, dan nggak boleh tidur di angkot, hehe...

Angkot?
Angkutan kota yang aku sebut di sini bisa berupa KWK, mikrolet, dan
sejenisnya. Mobil kijang yang berisi 12 orang di dalam, dan 2 orang di
samping sopir. Kendaraan ini sudah akrab denganku sejak SMP. Sesekali
menggunakannya dan lebih sering ya saat kuliah di Jaksel dan Depok. Mau
nggak mau, rumahku yang di ujung sana (Bekasi bukan, Jakarta minggir :p)
harus mau menaiki berbagai kendaraan umum berkali-kali untuk mencapai
tujuan. Kenapa nggak pakai motor? Hmm, alasan utama, aku nggak punya
motor, ada punya abangku, dan aku agak tegang kalau bawa motor sendiri,
kecuali diboncengin, hehe.

Aku pernah sangat menikmati duduk di
sebuah angkot ketika kuliah D3 dulu. Membaca Harpot 1 yang dulu belum
ngetren, menikmati susu ultra, sedikit tidur, dan kemudian sampai ke
rumah. Ketiduran di angkot? Sering :P Malah emang sengaja niat tidur,
hehe. Jadi, selain baca doa dalam perjalanan dan naik kendaraan, aku
juga baca doa mau tidur :D
Banyak, deh cerita di angkot yang seru-seru, halah. Tapi, cerita seru ini jauh dari yang bau-bau kriminal. :(

Selama
ngangkot, efek tidur di angkot, biasa aja, sih :P Walau pernah
mengalami lensa lepas dari kacamata, tangkai kacamata yang patah, dan
yang standar itu kebablasan :D Tapi, sekarang? Aku harus lebih
berhati-hati. ~_~

Yah, cerita kriminal di angkot juga pernah
kudengar, sebel, miris, gregetan. Aku sendiri pernah kecopetan HP.
Padahal, tu HP baru lunas T_T Aku menyadari ketika sudah kejadian.
Penumpang di depanku juga ngeh setelah kejadian... Fuuuh. Aku pernah
melihat langsung ada seorang ibu yang melabrak copet di sebelahnya,
nggak ngaku, tapi kemudian menjatuhkan dompet si ibu dan nggak lama
turun dari angkot. Eeeeh, nggak lama si copet turun, 3 teman lainnya
yang posisinya seperti diatur pun ikut turun. Eeeh, pas di jalan, aku
melihat tu copet satu lagi naik angkot lain. Hadeuh.

Pernah
juga, aku bertemu orang yang mencurigakan di angkot. Dia berkali-kali
pindah tempat duduk. Dia sempat melirik aku yang lagi pegang HP (kalau
nggak penting-penting banget, sebaiknya jangan pegang HP, deh ~_~ *jitak
diri sendiri). Terus, lucunya, pas pulang aku ketemu orang itu lagi.
Ajaibnya, tu angkot udah mau abis, dan lebih lucunya lagi, dia duduk
mojok tepat di depanku, padahal masih banyak tempat duduk dan
menyorongkan tubuhnya kayak mau ngambil tasku..... Huaaaaa. Aku langsung
waspada dan bergeser. Dia? Tanpa ekspresi aja gitu... Grrr

Abang
iparku pernah nekat turun dari angkot yang sedang berjalan ketika
sebuah pisau menempel di lehernya. Alhasil, dia terguling-guling. Soal
penjambret kalung, perhiasan rombongan ibu-ibu juga pernah aku dengar.
Aku juga pernah dipalak sama preman bertato ketika di angkot. Ketemu
berbagai pengamen yang kalau biasa aja sih gapapa, tapi kalau pakai
ngancam-ngancam itu yang nyebelin.

Nggak aman bener, sih angkutan kota di Jakarta T_T

Jujur aja, sekarang aku nggak niat tidur lagi di angkot sesuai amanah ibu....
Aku juga mulai pilih-pilih, lebih waspada, dan tentunya selalu ingat pesan ibu untuk selalu berzikir dan berzikir.

Buat teman-teman sesama angkoters, hati-hati ya
Berikut tips yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan dari pengalaman pribadi, silakan ditambahkan ^_^
1. Pilih angkot dengan kaca  jendela yang bening
2.
Pilih yang jumlah penumpangnya agak banyak, tapi hati-hati kalau di
dalam angkot hanya ada 3-4 cowok. Ups, bukan gender, eh, tapi ati-ati
aja, piss :P
Aku belakangan agak parno kalau ada 3-4 cowok naik
angkot, selain nggak lazim dan wajah mereka mencurigakan. Pokoknya
waspada aja.
3. Perhatikan tangan orang yang duduk di sebelah Anda.
Kalau nggak pada tempatnya, curigalah, kali aja lagi jalan-jalan merogoh
tas Anda.
4. Jangan bengong
5. Jangan juga gampang teralih, ada aja orang yang berusaha mengalihkan kita dengan tiba-tiba muntah, dll
6.
Waspada ketika ada orang baca koran di angkot, angkot sempit, bukanya
lebar-lebar lagi. Pernah kejadian tu orang sedang usaha nyopet.
7.
Kalau ada yang tiba-tiba minta tolong buka jendela, padahal dia di
tengah. Curigai itu... Bukain aja jendelanya, tapi tetap waspada sama
barang bawaan Anda. Atau bisa aja dia yang buka jendela, dan otomatis
mata Anda teralih, sekali lagi, jaga barang bawaan Anda. (ini modus pas
aku kecopetan T_T).
8. Perhatikan jalan dari tempat naik angkot sampai tujuan, jangan sampai nggak sadar kalau dibawa muter-muter.
9. Yang pastinya baca doa sebelum naik dan zikir selama dalam perjalanan.
10. Hati-hati kalau tidur di angkot. ^_^ *jujur aja, aku juga kadang masih tidur, tapi sekarang udah berusaha untuk nggak.
11. Hati-hati menggunakan HP di angkot...
12. Intinya WASPADA WASPADAAAAA...

Hati-hati, ya ^_^

***

"Anda adalah cermin dari pikiran-pikiran Anda Sendiri"
(Syekh Muhammad Al Ghazali)

***

novi_khansa'kreatif
~Graphic Design 4 Publishing~
YM : novi_ningsih
http://akunovi.multiply.com
http://novikhansa.wordpress.com/

2.

(no subject)

Posted by: "dhank Ari" dhank_ari@yahoo.com   dhank_ari

Wed Sep 21, 2011 11:33 pm (PDT)

3.

(no subject)

Posted by: "Fanni Kurniawan" fanniid@yahoo.com

Wed Sep 21, 2011 11:33 pm (PDT)

Recent Activity
Visit Your Group
Drive Traffic

Sponsored Search

can help increase

your site traffic.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Find support for

Mental illnesses

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar: