Selasa, 07 Juli 2009

[FISIKA] Digest Number 2788

Messages In This Digest (2 Messages)

1a.
Re: Peluru Kendali From: Ma'rufin Sudibyo
2.
Tanya info beasiswa From: nanotech06@ymail.com

Messages

1a.

Re: Peluru Kendali

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Sun Jul 5, 2009 7:26 pm (PDT)



Terima kasih atas informasinya. Memang betul ada rudal jelajah yang menggunakan mesin ramjet sehingga bisa melesat dengan kecepatan supersonik, Dan karakteristik ramjet memang baru bisa beroperasi jika kecepatannya sudah cukup tinggi sehingga untuk tahap-tahap awal rudal jelajah musti ditenagai roket berbahan bakar padat sebagai pendorong atau pelontar (booster) dari segala platform peluncurnya.

Sebagai tambahan, penggunaan booster pada rudal jelajah subsonik merupakan hal yang umum karena mesin turbofan yang digunakan rudal jelajah tidak cukup mampu untuk mengangkat rudal dari platform peluncuran di permukaan dan bawah permukaan Bumi. Rudal jelajah umumnya bisa diluncurkan dari 3 platform berbeda : atmosfer (pesawat terbang),permukaan (kapal laut, mobile launcher) dan bawah permukaan (kapal selam). Hanya platform atmosfer saja yang tidak membutuhkan booster, karena mesin turbofan sudah bisa dioperasikan begitu rudal dijatuhkan secara bebas dari pesawat. Untuk platform permukaan dan bawah permukaan, butuh booster dengan waktu reaksi +/- 10 detik guna melontarkannya dari tabung peluncur di kapal ataupun lubang torpedo di kapal selam.

Btw, rudal jelajah lebih disukai untuk memusnahkan sasaran-sasaran strategis berjarak jangkau +/- 1.000 km karena ratio of failure-nya cukup rendah. Dalam Perang Teluk II tahun 1991, dari tiap 100 peluncuran rudal jelajah, hanya 1 yang gagal terbang itupun disebabkan oleh gangguan pada booster. Dan setelah booster diganti, rudal yang gagal tadi pun bisa diluncurkan kembali tanpa ada masalah. Bandingkan dengan kegagalan peluncuran rodal berbasis roket yang bisa mencapai 4 %. Dan dengan kemampuan terbang rendahnya, ditambahkan dengan mengubah hululedaknya agar adaptif dengan hardened target, maka rudal jelajah bisa difungsikan sebagai rudal antikapal dengan kemampuan yang tak kalah dibanding antikapal konvensional seperti rudal Exocet, Harpoon maupun Sea Dart. Dan dengan mengubah hululedaknya menjadi deep penetrator, rudal jelajah bisa difungsikan sebagai pembobol target berbasis beton bertulang seperti misalnya bunker.

Karena berbasis PUNA, maka sebenarnya pengembangan rudal jelajah sudah bisa dilakukan di Indonesia. Jika khawatir dengan ancaman MTCR, maka bisa dipilih jarak jangkau rudal maksimum di bawah 300 km. Ini pun masih sanggup berperan sebagai kekuatan deteren atau penggentar, sesuatu yang sangat urgen dalam perang-perang modern. Bayangkan misalnya jika BPPT berhasil mengembangkan rudal semacam ini, dan digunakan oleh TNI AL kita di front Ambalat. Bayangkan jika rudal jelajah itu meluncur dari pangkalan Tarakan untuk kemudian terbang hanya 1 m di atas permukaan laut, dan selanjutnya melintas hanya 2 m di atas KRD Baung milik TUDM yang sedang iseng menerobos batas laut Indonesia. Meski misalnya rudal ini hanya diisi hululedak dummy (palsu) dan rutenya dipilih sedemikian rupa sehingga setelah melewati KRD Baung, dia akan membelok kembali ke perairan Indonesia untuk kemudian ditching di lepas pantai Gorontalo agar bisa diambil kembali oleh TNI-AL, ini tentu
sangat menggentarkan bagi awak KRD Baung. Apalagi jika kita berani meluncurkannya dari titik batas di Kep. Natuna dan menerbangkannya menuju Kuala Lumpur, melewatkannya tepat di antara menara kembar Petronas alias di bawah jejantas udaranya untuk kemudian melakukan ditching di Selat Malaka, efeknya tentu lebih besar dan bisa disetarakan dengan mengonsentrasikan sejumlah batalyon di Pulau Batam.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: yusa permana <yusapermana@yahoo.co.id>
To: jogja_astroclub@yahoogroups.com
Sent: Friday, July 3, 2009 12:35:15 AM
Subject: [[ JAC ]] Re: Peluru Kendali

Maaf sekadar ralat dan menambahkan. Peluru kendali dengan mesin jet bisa mencapai kecepatan supersonik. mesin yang digunakan biasanya adalah ram jet. Walaupun begitu karena sifat khas mesin ram jet yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk bisa beroperasi, maka peluru kendalai dengan mesin ramjet tetap membutuhkan mesin pendorong awal yang biasanya adalah mesin roket.
Fungsi mesin roket ini adalah sebagai pendorong awal hingga rudal mencapai kecepatan operasi mesin ramjet, setelah ramjet beroperasi mesin roket akan dilepas. Mesin ramjet kemudian dapat secara mandiri mempertahankan atau bahkan meningkatkan kecepatan supersoniknya hingga mencapai target
Contoh peluru kendali jenis ini adalah :
SS-N-22, AS-17, SA-6 dan SA-4 dari Russia(dahulu Uni Soviet)
RIM-8 Talos (Amerika Serikat tapi sudah digantikan generasi RIM-66 Standard)
Brahmos (India-Russia)

Demikian tambahan info berdasar pengetahuan saya

________________________________
Selalu bisa chat di profil jaringan, blog, atau situs web pribadi!
Yahoo! memungkinkan Anda selalu bisa chat melalui Pingbox. Coba!


2.

Tanya info beasiswa

Posted by: "nanotech06@ymail.com" nanotech06@ymail.com   nanotech06@ymail.com

Sun Jul 5, 2009 7:27 pm (PDT)



Salam...Kepada seluruh fisikawan indonesia diseluruh dunia...
Mau tanya, ada info beasiswa ke jepang tahun ini? biasanya infonya bulan apa? syarat2 umumnya apa?

silahkan, bila ada yang berkenan menjawab, saya tunggu.Sulton

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Group Charity

Stop Cyberbullying

Keep your kids

safe from bullying

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: