Selasa, 02 Februari 2010

[FISIKA] Digest Number 2957

Messages In This Digest (10 Messages)

1a.
Bls: [FISIKA] mohon bantuan From: tri siswandi syahputra
2a.
Re: mohon bantuan From: Haryo Sumowidagdo
2b.
Re: mohon bantuan From: W
2c.
Re: mohon bantuan From: muhammad baiquni
2d.
Re: mohon bantuan From: Haryo Sumowidagdo
2e.
Re: mohon bantuan From: Mariano Nathanael
2f.
Re: mohon bantuan From: W
3.
fasilitator sains From: A. Muzi Marpaung
4a.
inklinasi bumi From: IqRo physics
4b.
Re: inklinasi bumi From: Ma'rufin Sudibyo

Messages

1a.

Bls: [FISIKA] mohon bantuan

Posted by: "tri siswandi syahputra" tansyah_3@yahoo.co.id   tansyah_3

Mon Feb 1, 2010 7:39 am (PST)



menurut saya untuk memajukan pendidikan fisika, dalam pengajaran hendaknya memadukan hal yang terjadi disekeliling kita dengan fisika. peningkatan alat peraga pendidikan, ke ikhlasan menjdai guru dan liat film the Ron Carlk"Film Amerika yang mengisahkan seorang gurusuper kreatif". itu mungkin dari saya..tri siswandi

--- Pada Sen, 1/2/10, Yusup Azhar <yusup.azhar_pf07@yahoo.co.id> menulis:

Dari: Yusup Azhar <yusup.azhar_pf07@yahoo.co.id>
Judul: [FISIKA] mohon bantuan
Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 1 Februari, 2010, 4:40 PM

 

halo smua'y..,

mav jka sebelum'y tak sesuai dgn anda2 yg mengambil fisika murni.
mohon bantuannya untuk saudara2 di milist fisika indonesia. saya seorang calon guru fisika.
adakah diatara saudara2 mempunyai ide untuk memajukn pendidikan indonesia terutama fisika..,???
saya ingin minta bantuan saudara untuk skripsi saya.., kira2 pa yg bagus judul yg akan saya angkat untuk skripsi fisika mengarah kepada pendidikan. saya mw inovasi dalam pendidikan khususnya fisika di indonesia ini.

mohon bantuannya.. .,

trima kasih

Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!

__________________________________________________________
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/
2a.

Re: mohon bantuan

Posted by: "Haryo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Mon Feb 1, 2010 8:20 am (PST)




Pendapat saya sampai hari ini belajar fisika terbaik adalah dengan mengikuti kembali bagaimana suatu konsep/teori fisika ditemukan, dan bagaimana fisikawan sebenarnya bekerja.

1. Demonstrasi, percobaan, dan peragaan fisika.

2. Menghubungkan bagian #1 dengan analisis kuantitatif dan formulasi matematika dari fisika.

3. Penggunaan formulasi matematika dari #2 untuk problem-problem yang lebih sulit.

4. Pengujian hasil-hasil yang diperoleh pada #3 dengan eksperimen.

Pada umumnya, pengajaran fisika di SMA maupun universitas tingkat I langsung melompat ke nomor 3 dan 4. Sehingga hubungan antara fenomena (gejala fisika di alam) dan formulasi (perumusan matematika dari suatu konsep fisika) terputus. Nomor 1 dan 2 biasanya cuma diceritakan (atau dianggap sudah tahu).

Hasil dari pendidikan setengah-setengah ini adalah siswa pada umumnya pecah menjadi dua golongan:

1. Golongan pertama adalah orang yang merasa fisika hanya merupakan corat-coret di atas kertas atau program komputer, dan tidak berlaku di dunia nyata --> Ini pendapat yang jelas salah, karena persamaan-persamaan fisika itu berasal dari pengamatan dan eksperimen di dunia nyata.

2. Golongan kedua adalah orang yang mampu melakukan perhitungan rumit di atas kertas atau memprogram komputer, namun tidak bisa mengkaitkan perhitungan tersebut dengan suatu fenomena/besaran fisika yang nyata --> Ini bukan fisikawan melainkan matematikawan.

Penerapan sistem belajar semacam ini memang sulit karena mensyaratkan siswa menguasai matematika. Pribadi saya menganggap tidak realistis untuk mengajarkan fisika tanpa matematika: Siswa yang mempelajari fisika tanpa matematika memang menjadi tahu konseptual/ide, namun mereka tidak mampu menyelesaikan persoalan nyata yang memerlukan analisis dan perhitungan kuantitatif. Padahal salah satu uji kebenaran konsep teori fisika dengan hasil eksperimen adalah kesesuaian secara kuantitatif.

Tantangannya disini adalah untuk point #1 dan #2: Bagaimana mendesain dan melaksanakan eksperimen-eksperimen yang mudah, biayanya terjangkau, namun tetap menggambarkan prinsip fisika dengan benar.

Dulu saya ingat ada 2 buku karangan Hans-Jurgen Press yang diterbitkan Penerbit Angkasa Bandung yakni 'Bermain dengan Ilmu Pengetahuan' dan 'Rahasia Sehari-hari' yang berisi banyak percobaan-percobaan semacam ini. Demikian pula buku 'How Things Works' dari Louis Bloomfeld saya dengar sangat bagus.

Pengalaman saya .. siswa pada umumnya baru percaya jika memang mereka melihat buktinya didepan mata: bahwa rumus fisika itu memang benar, bisa dibuktikan, dan bisa memprediksi hasil eksperimen.
Dan bukan cuma sekedar rumus yang direkayasa namun tidak memiliki kaitan dengan dunia nyata.

Haryo

2b.

Re: mohon bantuan

Posted by: "W" wildan.m@gmail.com   hawking_123

Mon Feb 1, 2010 9:11 am (PST)



Terimakasih Mas Haryo,

Berhubung nasihat/masukannya sangat bagus, ijin copast ya ...:)

http://wiki.openthinklabs.com/science-corner/pendidikan-dasar/smp/fisika/bagaimana-belajar-fisika-yang-baik

Selama smp/smu saya terjebak di bermain rumus tanpa memahami konsep yang
kuat, kalau saya kelak ngajar anak2 fisika,
kesalahan yg sama seperti ini jangan sampai terulang lagi ..

Btw, untuk mencari ide2/inspirasi eksperimen fisika yang sederhana,
mungkin bisa lihat2 di youtube, kemarin
saya melihat percobaan2 efek coanda, dan menarik sekali ... :)

Salam,
Wildan
---
OpenThink Labs Indonesia | http://www.openthinklabs.com
Harmonizing IT, Business and Education

Negeri Pelangi | http://www.negeripelangi.com
a Pay it Forward Company

Wildan Maulana Official Blog | http://wildan.negeripelangi.com

>> +62-87884599249

Y! : hawking_123
Linkedln : http://www.linkedin.com/in/wildanmaulana

2010/2/1 Haryo Sumowidagdo <sumowidagdo@gmail.com>

>
>
>
> Pendapat saya sampai hari ini belajar fisika terbaik adalah dengan
> mengikuti kembali bagaimana suatu konsep/teori fisika ditemukan, dan
> bagaimana fisikawan sebenarnya bekerja.
>
> 1. Demonstrasi, percobaan, dan peragaan fisika.
>
> 2. Menghubungkan bagian #1 dengan analisis kuantitatif dan formulasi
> matematika dari fisika.
>
> 3. Penggunaan formulasi matematika dari #2 untuk problem-problem yang lebih
> sulit.
>
> 4. Pengujian hasil-hasil yang diperoleh pada #3 dengan eksperimen.
>
> Pada umumnya, pengajaran fisika di SMA maupun universitas tingkat I
> langsung melompat ke nomor 3 dan 4. Sehingga hubungan antara fenomena
> (gejala fisika di alam) dan formulasi (perumusan matematika dari suatu
> konsep fisika) terputus. Nomor 1 dan 2 biasanya cuma diceritakan (atau
> dianggap sudah tahu).
>
> Hasil dari pendidikan setengah-setengah ini adalah siswa pada umumnya pecah
> menjadi dua golongan:
>
> 1. Golongan pertama adalah orang yang merasa fisika hanya merupakan
> corat-coret di atas kertas atau program komputer, dan tidak berlaku di dunia
> nyata --> Ini pendapat yang jelas salah, karena persamaan-persamaan fisika
> itu berasal dari pengamatan dan eksperimen di dunia nyata.
>
> 2. Golongan kedua adalah orang yang mampu melakukan perhitungan rumit di
> atas kertas atau memprogram komputer, namun tidak bisa mengkaitkan
> perhitungan tersebut dengan suatu fenomena/besaran fisika yang nyata --> Ini
> bukan fisikawan melainkan matematikawan.
>
> Penerapan sistem belajar semacam ini memang sulit karena mensyaratkan siswa
> menguasai matematika. Pribadi saya menganggap tidak realistis untuk
> mengajarkan fisika tanpa matematika: Siswa yang mempelajari fisika tanpa
> matematika memang menjadi tahu konseptual/ide, namun mereka tidak mampu
> menyelesaikan persoalan nyata yang memerlukan analisis dan perhitungan
> kuantitatif. Padahal salah satu uji kebenaran konsep teori fisika dengan
> hasil eksperimen adalah kesesuaian secara kuantitatif.
>
> Tantangannya disini adalah untuk point #1 dan #2: Bagaimana mendesain dan
> melaksanakan eksperimen-eksperimen yang mudah, biayanya terjangkau, namun
> tetap menggambarkan prinsip fisika dengan benar.
>
> Dulu saya ingat ada 2 buku karangan Hans-Jurgen Press yang diterbitkan
> Penerbit Angkasa Bandung yakni 'Bermain dengan Ilmu Pengetahuan' dan
> 'Rahasia Sehari-hari' yang berisi banyak percobaan-percobaan semacam ini.
> Demikian pula buku 'How Things Works' dari Louis Bloomfeld saya dengar
> sangat bagus.
>
> Pengalaman saya .. siswa pada umumnya baru percaya jika memang mereka
> melihat buktinya didepan mata: bahwa rumus fisika itu memang benar, bisa
> dibuktikan, dan bisa memprediksi hasil eksperimen.
> Dan bukan cuma sekedar rumus yang direkayasa namun tidak memiliki kaitan
> dengan dunia nyata.
>
> Haryo
>
>
>
2c.

Re: mohon bantuan

Posted by: "muhammad baiquni" muhammad.baiquni@yahoo.com   muhammad.baiquni

Mon Feb 1, 2010 11:23 am (PST)



waktu saya sekolah dulu (sampai sekarang), kesulitan saya adalah menghapal rumus. Kira-kira bagaimana cara agar rumus itu dimengerti tetapi tidak dihapal.

---------------------------------------
My blogs #1: http://baiquni.net
My blogs #2: http://www.oralpc.net
My blogs #3: http://www.sastrapelangi.com
My jobs : http://www.hostingmahasiswa.com

________________________________
From: Yusup Azhar <yusup.azhar_pf07@yahoo.co.id>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Mon, February 1, 2010 4:40:21 PM
Subject: [FISIKA] mohon bantuan

halo smua'y..,

mav jka sebelum'y tak sesuai dgn anda2 yg mengambil fisika murni.
mohon bantuannya untuk saudara2 di milist fisika indonesia. saya seorang calon guru fisika.
adakah diatara saudara2 mempunyai ide untuk memajukn pendidikan indonesia terutama fisika..,???
saya ingin minta bantuan saudara untuk skripsi saya.., kira2 pa yg bagus judul yg akan saya angkat untuk skripsi fisika mengarah kepada pendidikan. saya mw inovasi dalam pendidikan khususnya fisika di indonesia ini.

mohon bantuannya.. .,

trima kasih

________________________________
Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!
2d.

Re: mohon bantuan

Posted by: "Haryo Sumowidagdo" sumowidagdo@gmail.com   haryo_hep

Mon Feb 1, 2010 11:42 am (PST)




Menurut saya sih rumus itu tidak bisa dihapal. Yang benar adalah digunakan berkali-kali, sehingga akhirnya ingat karena sering digunakan. Demikian pula juga dengan besaran konstanta fisika. Cara menggunakannya berkali-kali adalah dengan latihan soal yang banyak. Pertama kali mengerjakan tidak apa-apa belum hapal dan sambil melihat rumus. Tapi biasanya kalau sudah mengerjakan 10 - 20 soal akhirnya ingat, dan kalau sudah ingat dengan cara begini, sulit lupanya. Di masa depan setelah bbrp tahun misalnya, bisa saja lupa -- tapi biasanya setelah diingatkan sebentar (dengan membaca lagi buku teks/buku catatan, melihat soal-soal lama yang dikerjakan) langsung ingat kembali.

Namun kalau pertama kali belajar sudah langsung menghafal rumus tanpa berusaha mengerti dan menggunakan rumus untuk mengerjakan soal, biasanya cepat lupa dan kalau sekali lupa, sulit diingat kembali.
Dan penguasaan matematika yang kuat tentu sangat membantu dalam fisika -- siswa tidak terganggu dengan pertanyaan seperti "Bagaimana mengerjakan integral tsb ?" atau "Apa itu aturan cosinus untuk segitiga ?".

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@...> wrote:
>
> waktu saya sekolah dulu (sampai sekarang), kesulitan saya adalah menghapal rumus. Kira-kira bagaimana cara agar rumus itu dimengerti tetapi tidak dihapal.

>
> ---------------------------------------
> My blogs #1: http://baiquni.net
> My blogs #2: http://www.oralpc.net
> My blogs #3: http://www.sastrapelangi.com
> My jobs : http://www.hostingmahasiswa.com
>
>
>
>
> ________________________________
> From: Yusup Azhar <yusup.azhar_pf07@...>
> To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Sent: Mon, February 1, 2010 4:40:21 PM
> Subject: [FISIKA] mohon bantuan
>
>
> halo smua'y..,
>
>
> mav jka sebelum'y tak sesuai dgn anda2 yg mengambil fisika murni.
> mohon bantuannya untuk saudara2 di milist fisika indonesia. saya seorang calon guru fisika.
> adakah diatara saudara2 mempunyai ide untuk memajukn pendidikan indonesia terutama fisika..,???
> saya ingin minta bantuan saudara untuk skripsi saya.., kira2 pa yg bagus judul yg akan saya angkat untuk skripsi fisika mengarah kepada pendidikan. saya mw inovasi dalam pendidikan khususnya fisika di indonesia ini.
>
> mohon bantuannya.. .,
>
> trima kasih
>
> ________________________________
> Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!
>

2e.

Re: mohon bantuan

Posted by: "Mariano Nathanael" mariano_nathanael@yahoo.co.id   mariano_nathanael

Tue Feb 2, 2010 12:25 am (PST)



Pa Yusup, saya mencoba untuk memberi usul pemikiran topik skripsi.

Saya mengamati bahwa anak2 indonesia sebenarnya bisa memahami fisika dengan baik, hanya saja masalahnya adalah begitu banyaknya pelajaran yang harus mereka terima di sekolah. Untuk kelas X (kelas 1 SMA) saja, mereka harus menerima 18 pelajaran dalam 1 minggu, kelas berikutnyapun (yang sudah masuk penjurusan) paling hanya berkurang 2 atau 3 pelajaran saja. Sedangkan yang saya dengar di luar negeri, siswa SMA disana paling hanya 5-7 pelajaran saja seminggu. Kuliah saja paling banyak hanya 9 mata kuliah, tetapi di SMA, woowww.... 18 mata pelajaran dalam satu minggu!

Ini permasalahan yang penting, karena akan berkaitan dengan proses pendalaman siswa akan suatu mata pelajaran. Jadi boleh dikatakan hipotesisnya (yang harus dibuktikan oleh penelitian) adalah : Banyaknya jumlah pelajaran di SMA mengurangi daya serap dan pendalaman siswa terhadap satu mata pelajaran.

Untuk fisika, kelas 1 SMA hanya diberi jatah 2 jam pelajaran saja seminggu. Bagaimana mereka bisa mendalami fisika yang sangat menarik itu? Jika guru memberi tugas untuk mengisi kurangnya pertemuan, maka tentu mereka akan kewalahan, karena pelajaran lainpun akan merasa kurang dan tentu memberi tugas pula kepada siswa. Beberapa sekolah dengan kebijakan sendiri, menambahkan jam pelajaran fisika, tetapi aturan dari pemerintah hanya dua jam seminggu untuk kelas 1 SMA, 4 jam untuk kelas 2 dan kelas 3 SMA.

Sungguh kasihan siswa di Indonesia ini, sudah banyak pelajarannya, tugasnya menumpuk, bukunya tebal-tebal pula, dan kesekolah mungkin lebih dari 4 kilo berat tas yang harus mereka pikul setiap hari. Belum lagi ditambah beban UN.

Tetapi kira-kira permasalahan pengajaran fisika di Indonesia ya seperti itu. Mau semenarik apapun metodenya dan inovasinya, tentu siswa yang tertarik ke fisika akan lebih fokus ke fisika sedangkan pelajaran yang lain menjadi agak terbengkalai, tentu ini tidak baik juga. Hanya siswa yang benar-benar pintar saja baru bisa menguasai banyak mata pelajaran dengan baik. Kurikulum KTSP yang dilaksanakan sekarang memang sangat baik dan menurut saya jauh lebih unggul daripada kurikulum2 sebelumnya, tetapi sayangnya jumlah mata pelajrannya semakin banyak saja.

Bayangkan jika siswa hanya menerima 6 mata pelajaran saja yang harus mereka kuasai dalam satu semester, saya yakin kualitas pemahaman siswa akan lebih baik (hipotesis).

Jika Pa Yusup berkenan meneliti hal ini, supaya dapat menjadi saran masukan bagi Departemen Pendidikan, sehingga wajah pendidikan Indonesia menjadi semakin baik lagi.

2f.

Re: mohon bantuan

Posted by: "W" wildan.m@gmail.com   hawking_123

Tue Feb 2, 2010 12:41 am (PST)



Maaf OOT,

Mungkin ini kenapa dulu disebut Sekolah Menengah "Umum"... :)

Kalau seperti ini .., mungkin apa bisa dipertimbangkan home schooling
sebagai solusi ?
Saya dengar2 dari tahun ke tahun di US dan Eropa trend home shooling ini
makin naik ...

CMIIW

Salam,
Wildan

---
OpenThink Labs Indonesia | http://www.openthinklabs.com
Harmonizing IT, Business and Education

Negeri Pelangi | http://www.negeripelangi.com
a Pay it Forward Company

Wildan Maulana Official Blog | http://wildan.negeripelangi.com

>> +62-87884599249

Y! : hawking_123
Linkedln : http://www.linkedin.com/in/wildanmaulana

2010/2/2 Mariano Nathanael <mariano_nathanael@yahoo.co.id>

>
>
> Pa Yusup, saya mencoba untuk memberi usul pemikiran topik skripsi.
>
> Saya mengamati bahwa anak2 indonesia sebenarnya bisa memahami fisika dengan
> baik, hanya saja masalahnya .
>
>
>
3.

fasilitator sains

Posted by: "A. Muzi Marpaung" kakmuzi@gmail.com

Mon Feb 1, 2010 5:59 pm (PST)



Buat adik-adik mahasiswa MIPA, fisika khususnya, yang berminat untuk menjadi
freelancer fasilitator sains bisa kirimkan cv ke
eva.nurnisya@yahoo.com.sgatau kirim ke rumah sains ilma, jalan TPU
Parakan No 148, Pamulang 2,
Pamulang, Tangerang Selatan

--
salam, muzi
http://kakmuzi.blogspot.com
4a.

inklinasi bumi

Posted by: "IqRo physics" iqro_physics@yahoo.com   iqro_physics

Tue Feb 2, 2010 3:33 am (PST)



terkait dengan perbncangan sayah dengan seorang teman, dya mnanyakan "knp rotasi bumi miring 23 1/2 derajat??
knp yach???
apakah ada hbngannya dengan gerak(dalam mekanika)???

4b.

Re: inklinasi bumi

Posted by: "Ma'rufin Sudibyo" marufins@yahoo.com   marufins

Tue Feb 2, 2010 5:49 am (PST)



Inklinasi (kemiringan sumbu Bumi) tidak disebabkan oleh gerak namun disebabkan oleh interaksi Bumi dengan anggota tata surya lainnya dalam sejarah perkembangan Bumi. Teori yang saat ini diterima luas oleh kalangan astrofisikawan dan astrogeologi menyebutkan adanya peristiwa Hantaman Besar alias Big Whack milyaran tahun silam, saat Bumi baru berusia 100 juta tahun sehingga masih berbentuk protoplanet yang cair panas di dalam lingkungan tata surya yang kondisinya pada saat itu juga masih sangat chaotic. Pada saat itulah Bumi dihantam protoplanet seukuran Mars yang semula berada dalam zona kestabilan Lagrangian orbit Bumi, zona kestabilan yang kemudian hancur akibat chaotic-nya tata surya. Hantaman menyebabkan protoplanet seukuran Mars tersebut masuk melesak ke dalam inti Bumi sembari menghamburkan selubung Bumi ke angkasa,yang kelak kemudian membentuk Bulan. Sebagai konsekuensinya, sumbu Bumi miring 23,5 derajat.

Hantaman macam gini adalah hal yang umum di tata surya. Uranus misalnya, juga menderita nasib yang sama, bahkan sampai-sampai inklinasinya hampir mencapai 90 derajat. Sehingga perubahan musim di sana juga dramatik, dimana salah satu kutub akan mengalami musim panas selama 42 tahun sementara kutub yang berlawanan akan mengalami kegelapan selama 42 tahun pula. Mars juga menderita nasib serupa, apalagi posisinya berdekatan dengan kawasan sabuk asteroid.

Salam,

Ma'rufin

________________________________
From: IqRo physics <iqro_physics@yahoo.com>
To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
Sent: Tue, February 2, 2010 6:04:10 PM
Subject: [FISIKA] inklinasi bumi

terkait dengan perbncangan sayah dengan seorang teman, dya mnanyakan "knp rotasi bumi miring 23 1/2 derajat??
knp yach???
apakah ada hbngannya dengan gerak(dalam mekanika)???


Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Dog Lovers Group

Connect and share with

dog owners like you

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
===============================================================
**  Arsip          : http://members.tripod.com/~fisika/
**  Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                     <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
===============================================================

Tidak ada komentar: